SehatQ, Solusi Hidup Sehat Dalam Genggaman

beli obat di sehatq

"Duh, kotak obatnya lupa di bawa, bagaimana nih?" Keluh saya kepada suami setelah tiba dirumah dari perjalanan luar kota. Padahal saya sangat membutuhkan obat pereda nyeri untuk mengatasi sakit kepala yang saya alami karena kurang tidur selama perjalanan. Saat membuka ponsel untuk mengirimkan email ke hotel tempat saya dan keluarga menginap, tiba-tiba saya ingat pernah mengunduh Aplikasi SehatQ yang memiliki fitur beli obat secara online dan dikirim ke rumah, langsung deh saya cari toko atau apotik terdekat dari rumah.

Sejak pandemi mulai merebak beberapa waktu lalu, ada beberapa kebiasaan baru yang saya terapkan untuk keluarga, terutama yang berhubungan dengan masalah kesehatan. Selain selalu menerapkan protokol kesehatan ketat di mana pun berada, terutama saat beraktivitas di luar rumah, saya juga selalu memastikan agar keluarga mendapat nutrisi terbaik. Bahkan stok obat-obatan seperti obat penurun panas dan pereda nyeri selalu ada di rumah, serta tidak lupa vitamin untuk seluruh anggota keluarga. 

Kebiasaan belanja pun tidak luput dari perubahan, karena kini saya lebih suka belanja secara online dari rumah untuk membeli beragam kebutuhan keluarga, termasuk obat-obatan dan vitamin. Apalagi saat ini sudah tersedia berbagai platform layanan kesehatan yang memiliki fitur beli obat secara online dari mana saja dan kapan saja. 

Meskipun terlihat sangat memudahkan, namun saya tetap berhati-hati dan waspada karena tidak semua layanan tersebut memberikan jaminan keamanan bagi pengguna, baik dari segi keaslian produk maupun keamanan data transaksi yang dilakukan pengguna melalui situs atau aplikasi layanan kesehatan tersebut. Berikut rekomendasi tips sebelum beli obat secara online.

  1. Beli Obat Dari Platform Kesehatan Terpercaya. Kemajuan teknologi digital memungkinkan semua orang bisa membeli berbagai barang secara online, termasuk beli obat. Namun pastikan platform tersebut telah memiliki izin untuk menjual obat-obatan secara resmi, serta telah mengantongi izin dari Kementerian Kesehatan RI dan menjadi mitra resmi dari Kementerian Kesehatan RI.
  2. Jangan Lupa Cek Izin Edar Obat. Dalam kondisi kesehatan tertentu, kehadiran platform kesehatan online sangat membantu memudahkan mendapatkan obat yang dibutuhkan tanpa harus repot keluar rumah. Namun, pastikan untuk tidak sembarangan membeli obat resep dan memperhatikan izin edar obat. Selain itu, pastikan platform kesehatan tersebut telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan farmasi terkemuka agar produk obat-obatan terjamin keamanan dan keasliannya.
  3. Teliti Cara Pengiriman Obat. Penting untuk diketahui, ada beberapa jenis obat yang membutuhkan tempat penyimpanan khusus, seperti harus diletakkan dalam suhu dingin. Untuk itu, pastikan beli obat di platform kesehatan yang sistem pengantarannya bisa dipertanggungjawabkan, baik dari segi durasi waktu pengiriman maupun cara mengemas produk obat tersebut.
  4. Jaminan Keamanan Bertransaksi. Umumnya platform yang memiliki fitur beli obat secara online telah menyediakan beragam metode pembayaran yang memudahkan pengguna untuk bertransaksi atau melakukan pembayaran. Bahkan, banyak platform layanan kesehatan yang menyediakan metode pembayaran melalui dompet digital. Sebelum bertransaksi, pastikan platform tersebut telah memberikan jaminan keamanan saat pengguna melakukan pembayaran.

tips beli obat secara online

Semakin banyaknya masyarakat yang memilih beli obat secara online dari berbagai platform layanan kesehatan digital tentunya harus dibarengi dengan jaminan keamanan bertransaksi yang maksimal. Inilah yang membuat banyak platform layanan kesehatan menambahkan fitur Telefarmasi sehingga masyarakat bisa beli obat yang dibutuhkan dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus bertatap muka dengan apoteker. 

Hal inilah yang membuat pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menerapkan peraturan sertifikasi bagi platform layanan kesehatan yang menyediakan fitur Telefarmasi, yaitu Sertifikasi Penyelenggaraan Sistem Elektronik Farmasi (PSEF). PSEF sendiri adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan e-farmasi baik untuk keperluan diri sendiri atau pihak lain, yang diatur dalam PERMENKES RI. Keberadaan PSEF ini sebagai bentuk antisipasi agar masyarakat bisa mengakses layanan beli obat yang aman.

Baca juga:

SehatQ, Semua Informasi Kesehatan Keluarga Ada Di Sini

Tips Memilih Pelembab Untuk Kulit Kering

Salah satu platform penyedia layanan kesehatan digital yang selama ini kerap saya gunakan untuk mendapatkan informasi penting seputar kesehatan adalah SehatQ. Bahkan, sampai saat ini SehatQ menjadi satu-satunya aplikasi kesehatan yang ada di ponsel saya. Meskipun sudah cukup lama mengunduh dan mengakses informasi kesehatan di SehatQ, terus terang saya belum pernah mencoba fitur beli obat di SehatQ. Kondisi kesehatan yang saya alami itulah yang membuat saya akhirnya tahu kalau di SehatQ ada fitur beli obat secara online. Lantas, apakah SehatQ sebagai salah satu platform yang memiliki fitur Telefarmasi sudah tersertifikasi PSEF? Yuk cari tahu!

SehatQ, Solusi Hidup Sehat Dalam Genggaman

SehatQ merupakan aplikasi kesehatan digital yang berdiri pada November 2018 dan memiliki fitur terlengkap sebagai solusi hidup sehat bagi banyak keluarga di Indonesia. SehatQ hadir untuk membantu banyak keluarga dalam mengelola kesehatan, mulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, hingga perawatan setelah sembuh, tentunya sesuai dengan kondisi masing-masing keluarga. 

aplikasi sehatq

Hadir sebagai solusi hidup sehat bagi keluarga, SehatQ memiliki banyak fitur yang bisa diakses dengan mudah, cepat, dan aman serta user friendly pastinya, seperti berikut ini:

Chat Dokter

Pada fitur Chat Dokter, SehatQ menawarkan beragam keunggulan yang membuat hidup sehat terasa lebih mudah karena seluruh interaksi dengan dokter pilihan bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja. Tidak hanya lebih simpel, melalui fitur Chat Dokter, pengguna bisa mendapatkan fasiltas berinteraksi dengan dokter terpercaya dan kredibel serta merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Pengguna juga bisa memilih berbagai opsi dokter, mulai dari dokter umum hingga spesialis sehingga keluhan kesehatan bisa tertangani lebih baik. Tidak perlu khawatir soal kerahasiaan data kesehatan pengguna, karena SehatQ menjamin tidak hanya soal kerahasiaan data tapi juga kondisi pengguna saat menggunakan fitur Telemedicine. Layanan konsultasi ini bisa diakses kapan saja dan dimana saja, tidak perlu mengantri lama hanya untuk mendapatkan solusi atas keluhan kesehatan yang dialami.

Informasi Rumah Sakit

Terkadang dalam kondisi darurat, bisa saja seseorang lupa lokasi fasilitas kesehatan terdekat tempat tinggalnya. Nah, melalui fitur Rumah Sakit, pengguna mencari dengan mudah dan cepat fasilitas kesehatan terdekat berdasarkan kota tempat tinggal, jenis faskes, tipe faskes, hingga layanan pemeriksaan. Dengan akses data yang mudah dan cepat, maka kemungkinan masalah kesehatan bisa teratasi dengan baik peluangnya akan semakin besar.

Informasi fasilitas kesehatan yang bisa diakses melalui fitur ini menurut saya sangat lengkap, mulai dari jenis layanan pemeriksaan, alamat, jam operasional, nomor kontak yang bisa dihubungi, profil lengkap fasilitas kesehatan, hingga fasilitas yang tersedia. Data fasilitas kesehatan di SehatQ cukup lengkap, seperti klinik pratama, klinik gigi, klinik kecantikan, hingga laboratorium.

Booking Tindakan Medis

Hal yang paling dihindari saat mengalami masalah kesehatan adalah antri berjam-jam lamanya di fasilitas kesehatan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Nah, SehatQ menjadi solusi untuk membantu pengguna agar tidak mengalami hal tersebut. Dengan memanfaatkan Fitur Booking Tindakan Medis, pengguna bisa mengatur waktu untuk melakukan pemeriksaan dengan mudah, sehingga tidak perlu antre dan menunggu lama untuk mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan mitra SehatQ.

Review

Salah satu fitur unggulan lainnya dari SehatQ adalah Review, di mana melalui fitur ini pengguna bisa mengakses beragam informasi kesehatan sesuai kebutuhan. Fitur ini menjadi solusi agar pengguna bisa hidup lebih sehat dan mengakses informasi dari sumber yang terpercaya. Melalui fitur ini, bisa diakses berbagai artikel yang mengulas keunggulan dan kelemahan suatu produk, sebagai bahan pertimbangan bagi pengguna sebelum memutuskan membeli produk kesehatan tersebut.

Forum

Ada lagi nih fitur unggulan dari SehatQ, yaitu Forum, melalui fitur ini pengguna bisa menanyakan berbagai masalah terkait kesehatan, baik yang dialaminya sendiri atau keluarga terdekatnya. Nantinya, tim SehatQ yang terdiri atas dokter sudah teregister di Ikatan Dokter Indonesia akan menjawab pertanyaan tersebut. Selain bertanya, pengguna juga bisa mengakses berbagai kasus kesehatan yang dialami pengguna lain sebagai bahan referensi atas kasus yang mungkin saja juga dialami.

Toko SehatQ

Produk kesehatan apa nih yang dibutuhkan di rumah? Semua bisa didapatkan pengguna hanya dengan mengakses fitur Toko pada aplikasi atau website SehatQ. Selain beragam produk kesehatan, pengguna juga bisa berbelanja secara online produk kecantikan, pastinya belanja di Toko SehatQ terjamin keaslian produknya. 

fitur chat dokter sehatq

Tidak hanya belanja produk lho, melalui fitur SehatQ ini pengguna juga bisa mengakses berbagai layanan kesehatan sesuai kebutuhan, mulai dari Paket Medical Check Up, Vaksinasi, Rapid Swab Antigen, Swab PCR, dan lainnya. Berikut beberapa kategori produk yang tersedia di fitur Toko SehatQ.

  • Vitamin, Herbal, dan Suplemen, tentunya dengan jaminan keaslian produk dan penawaran harga yang sangat kompetitif. Bahkan tidak jarang, pengguna akan mendapatkan promo harga menarik.
  • Beragam Produk Obat. Sebagai salah satu platform digital Telefarmasi, di SehatQ terdapat dua jenis obat yang bisa dibeli secara online oleh pengguna, untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialaminya. Pertama adalah obat bebas yang dapat membantu meredakan masalah kesehatan ringan. Kedua adalah obat keras yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.
  • Alat Kesehatan. Di SehatQ, pengguna bisa membeli berbagai alat kesehatan, terutama untuk penyakit yang membutuhkan perawatan khusus, seperti Hipertensi, Tes Gula Darah, Tes Kehamilan, Masker sesuai standar kesehatan, P3K, dan lainnya.
  • Treatment Kecantikan. Berbagai jenis treatment kecantikan dan kesehatan bisa didapatkan melalui fitur Toko SehatQ, bahkan dari brand ternama, seperti Klinik Holicare, Klinik Beautylogica, Dermis Skin and Slimming Center, Klinik Utama Glowing Anti Aging & Wellness, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan pengguna.
  • Medical Check Up (MCU). Salah satu cara untuk deteksi dini penyakit adalah melalui Medical Check Up dan di fitur Toko SehatQ, pengguna bisa mengakses berbagai layanan MCU dengan pilihan paket sesuai kebutuhan. Paket-paket tersebut diselenggarakan oleh laboratorium dan klinik yang terpercaya.
Melalui fitur Toko SehatQ, ada banyak sekali layanan kesehatan dan kecantikan yang bisa diakses pengguna, dan beberapa layanan yang diuraikan di atas hanya sebagian kecilnya. Salah satu layanan yang dari SehatQ yang menjadi solusi hidup sehat bagi masyarakat adalah Tebus Resep Secara Online, dari rumah atau dari mana saja. Tidak perlu bersusah payah antri di apotek, pengguna bisa menebus resep dari dokter melalui aplikasi atau website SehatQ. Bagaimana soal jaminan keamanan produk obat di SehatQ?

Keamanan Transaksi Produk dan Layanan Kesehatan Di Toko SehatQ

SehatQ, sebagai solusi hidup sehat bagi masyarakat menjadi salah satu platform kesehatan digital yang memberikan opsi mudah bagi masyarakat yang ingin menebus obat atau mengakses layanan kesehatan hanya melalui ponsel pintar dalam genggaman. Tidak perlu repot mengantri di apotek atau di klinik, pengguna bisa memanfaatkan fitur booking online atau tebus resep online kapan saja dan dari mana saja, dengan jaminan keamanan penuh dari SehatQ.

fitur toko sehatq

Jaminan keamanan yang diberikan SehatQ tidak hanya perihal transaksi pembayaran, tapi juga keaslian produk obat yang di beli oleh pengguna. Jadi tidak perlu khawatir ya, karena SehatQ yang merupakan salah satu platform di bidang teknologi kesehatan telah berhasil mendapatkan Sertifikasi PSEF atau tanda daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementerian Kesehatan RI, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tidak mudah untuk mendapatkan sertifikasi ini, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi penyelenggara PSEF seperti SehatQ ini, antara lain memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo), Akses Pengawasan Pemerintah, dan Izin dari Kementerian Kesehatan. Inilah alasannya mengapa hingga 15 Desember 2021 hanya terdapat lima penyelenggara PSEF yang telah mendapat sertifikasi dan terdaftar di Kementerian Kesehatan RI dimana SehatQ adalah salah satunya.

data pengguna telemedicine di Indonesia
Sumber Gambar: Katadata.co.id

Dengan memiliki sertifikasi PSEF ini, SehatQ terus berkomitmen untuk menyediakan layanan online kefarmasian yang berkualitas dan terpercaya sehingga masyarakat bisa mengakses berbagai layanan telefarmasi tanpa ragu. Tentunya kemudahan ini menjadi solusi bagi masyarakat untuk hidup lebih sehat bersama keluarga tercinta. Lantas, bagaimana langkah-langkah beli obat di Toko SehatQ?

Langkah Mudah dan Aman Beli Obat Di Toko SehatQ

  1. Akses melalui website SehatQ.com atau unduh Aplikasi SehatQ melalui Google Play Store atau App Store.
  2. Daftar untuk memiliki akun di SehatQ dan memudahkan login. Adapun manfaat login adalah historis chat dokter akan tersimpan, beli obat lebih mudah, dan akses artikel sesuai keinginan.
  3. Temukan fitur Toko SehatQ, dan jangan lupa aktifkan lokasi untuk memudahkan SehatQ mencarikan apotek atau layanan kesehatan terdekat.
  4. Ketik atau cari produk yang ingin di beli, jika ingin beli obat pastikan nama produk obat tersebut benar.
  5. Setelah itu klik "tambahkan ke keranjang."
  6. Jangan lupa klik "gunakan voucher" jika mendapatkan promo diskon produk tertentu.
  7. Cek kembali pesanan dan alamat pengiriman, lalu klik "beli."
  8. Pilih pengiriman, lalu lanjut ke pembayaran.
  9. Pilih metode pembayaran yang paling mudah diakses. Di SehatQ terdapat berbagai pilihan metode pembayaran, melalui transaksi bank atau e-wallet.
  10. Lakukan pembayaran sesuai metode pilihan setelah klik "bayar."
beli obat

Dengan kemudahan ini, tentu saja akan semakin banyak masyarakat yang terbantu untuk hidup lebih sehat tanpa harus bersusah payah antre di apotek dan keluar rumah, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan keluar rumah. Tapi sebelum mengakses fasilitas telefarmasi, pastikan platform tersebut sudah mendapat sertifikasi PSEF seperti SehatQ, agar obat yang diterima terjamin keasliannya. Berikut hal yang perlu diperhatikan ketika beli obat secara online berdasarkan referensi dari BPOM RI.
  1. Obat wajib memiliki izin edar serta memenuhi persyaratan cara pembuatan dan distribusi obat yang baik sesuai peraturan perundang-undangan.
  2. Pastikan penyedia layanan penjualan obat online dapat memberikan pelayanan informasi obat sesuai label dan memiliki fungsi komunikasi realtime antara pasien dengan apoteker.
  3. Jika yang dibeli merupakan obat keras harus menggunakan resep dokter. Resep tersebut dapat ditulis secara elektronik atau manual dengan mengunggah resep ke dalam sistem elektronik. Selain itu, pasien juga wajib menyerahkan resep aslinya ke Apotek atau PSEF yang melaksanakan penjualan obat secara online.
  4. Pastikan obat yang diterima dalam kondisi baik, jangan lupa cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kadaluwarsa.
Jadikan SehatQ sebagai asisten kesehatan dan solusi hidup sehat bersama keluarga tercinta, karena ada banyak layanan kesehatan yang bisa diakses, baik melalui website atau aplikasi SehatQ, seperti Konsultasi Dokter, Tes COVID-19, Beli Produk Kesehatan, Cari Lab Terdekat, Cari Home Service, dan lainnya. Dengan jaminan keamanan transaksi produk dan layanan kesehatan, SehatQ menjadi solusi hidup sehat dalam genggaman.

Tidak ada komentar