SehatQ.com, Semua Informasi Kesehatan Keluarga Ada Di Sini

"Nak...carikan mama informasi obat ini ya, kemarin sih sudah dijelaskan sama bagian farmasi, tapi mamanya masih kurang jelas terus mau tanya enggak enak, banyak antrian,"
"Siap mama sayang, nanti dikirim informasinya"

Untuk urusan obat, mama termasuk orang yang super hati-hati dan teliti, biasanya sebelum minum obat yang diresepkan dokter setiap kali berobat, mama bertanya panjang lebar dan detil sekali tentang obat yang diberikan, tidak puas hanya diberikan instruksi dosis obatnya. Terkadang saat menemani mama berobat, saya merasa agak tidak enak dengan antrian di belakang mama, karena lazimnya rumah sakit besar, bagian farmasinya selalu ramai oleh pasien yang mengantri menunggu obat, apalagi baik rumah sakit besar maupun kecil atau klinik, bagian farmasi umumnya hanya satu atau tidak terlalu banyak. Selama beberapa tahun terakhir ini, mama didiagnosa mengalami tekanan darah tinggi yang komplikasi dengan kolesterol dan asam urat, bahkan hasil pemeriksaan terakhir menunjukkan mama mengalami gejala  Osteoarthritis yang meskipun masih stadium menengah tapi harus rutin dilakukan pemeriksaaan, menjaga agar kondisinya tidak semakin parah. Dulu saat masih tinggal bersama mama, sayalah yang sering menemaninya ke rumah sakit, karenanya agar mama tidak lagi sering bertanya secara detil tentang obat yang diresepkan kepadanya apalagi jumlah obat yang harus di konsumsi mama biasanya 4 - 5 jenis obat, saya menawarkan alternatif untuk mencari informasinya di internet. Setelah itu sih, lumayan mama tidak lagi terlalu ngotot minta penjelasan kepada bagian farmasi, melainkan hanya bertanya yang umum dan penting saja, selebihnya saya yang akan bantu mama mencarikan informasi.

Meskipun saat ini saya tidak tinggal bersama mama lagi, karena harus pindah mengikuti suami yang ditempatkan ke luar kota, bukan berarti kebiasaan membantu mama mencarikan informasi obat mama berhenti, karena setiap kali mama habis berobat, foto-foto obatnya dikirimkan kepada saya melalui pesan WA selanjutnya saya harus mencarikan informasinya dan mengirimkan screenshoot informasi tersebut kepada mama tersayang. Oh ya...meskipun sudah berusia lebih dari 70 tahun, mama masih suka membaca, apa saja entah itu koran, majalah atau informasi lain, bahkan mata mama jauh lebih sehat dari pada saya yang tidak bisa dipisahkan dari kacamata, mama masih bisa membaca pesan WA tanpa kacamata...hehehe. Nah...yang jadi masalahnya, seringkali permintaan mama ini datangnya di saat yang tidak tepat, kebetulan selain mengurus rumah dan mengasuh anak-anak, saya juga menjadi web content writer dan lazimnya seorang penulis web yang dibayar klien, ada deadline artikel yang harus saya penuhi setiap hari. Kebetulan suatu hari, saya sedang di kejar deadline menulis artikel, dan masuk pesan WA dari mama dengan berondongan foto-foto obatnya plus catatan agar saya mencarikan informasi obatnya seperti biasa. Biasanya jika sedang senggang, pesan mama langsung saya balas lengkap dengan screenshoot informasi obatnya, tapi saat itu pesan mama tidak langsung saya balas melainkan keesokkan harinya itupun saya ingatnya sudah sore, dan mama pun kesal.

Biasanya setiap hari ada saja pesan WA dari mama, hanya sekadar menanyakan sudah makan atau masak apa, nah...karena sedang kesal hampir tiga hari mama tidak mengirim pesan dan itu yang bikin saya sedih. Padahal jika dipikirkan, kebiasaan mama ini sesungguhnya sangat baik, karena minum obat yang diresepkan dokter sejatinya agar sembuh tapi jika pasien tidak tahu atau tidak mau tahu informasi seputar obat yang diminumnya, terkadang justru memperlambat kesembuhan pasien itu sendiri. Setidaknya, ada beberapa hal penting yang harus diketahui pasien seputar informasi obat yang diresepkan kepadanya, diantaranya:
  • Apa efek samping obat tersebut atau adakah instruksi khusus saat obat di konsumsi.
  • Bagaimana cara terbaik untuk menyimpan obat tersebut.
  • Bisakah obat tersebut di minum sekaligus.
  • Apakah ada jarak waktu tertentu saat minum obat tersebut
  • Bagaimana jika lupa minum obat.
Apalagi untuk ukuran lanjut usia seperti mama yang miliki beberapa jenis penyakit, tentu harus lebih berhati-hati saat minum obat, karenanya tidak ada yang salah dari sikap hati-hati dan teliti mama ini.

SehatQ.com
Foto: SehatQ.com
Saat sedang sedih karena sudah beberapa hari tidak ada pesan WA dari mama, saya putuskan untuk membaca pesan-pesan dikirimkan teman sesama penulis dalam grup WA, dan salah satu teman membagikan link artikel kesehatan lansia dari situs SehatQ.com. Ingat kata lansia, jadi ingat mama lagi yang masih kesal dengan saya, akhirnya beberapa artikel dari SehatQ.com yang sesuai dengan penyakit mama, saya screenshoot dan kirimkan kepada mama, kebetulan sejak beberapa tahun terakhir ini mama terdeteksi mengalami penyakit darah tinggi dan asam urat, bahkan dinyatakan oleh dokter karena asam uratnya ini, akhirnya mama mengalami Osteoartritis atau radang sendi, yang jika sedang kambuh biasanya mama harus di suntik agar bisa beraktivitas, dan ini yang menjadi salah satu alasan mengapa mama sangat hati-hati terhadap segala jenis obat yang diresepkan dokter kepadanya.
Di SehatQ.com Ada Database Obat dan Penyakit yang Lengkap
Ini adalah fitur pertama SehatQ.com yang membuat saya tertarik karena bukan hanya mama yang butuh tapi juga saya dan keluarga, apalagi ketiga anak saya terdeteksi mengalami alergi, sehingga saya harus ekstra waspada mengawasi aktivitas dan asupan nutrisi anak-anak. Selain itu, saya juga enggak perlu lagi nih repot-repot menulis keyword atau kata kunci jenis obat mama satu persatu seperti dulu, karena tinggal klik nama obatnya di fitur direktori obat, maka semua informasi yang dibutuhkan tersedia, mulai dari merek dagang obat tersebut, indikasi atau manfaat, komposisi, dosis, cara penggunaan, efek samping, hingga interaksi obat jika diminum bersamaan dengan obat lain. Tentu saja informasi ini sangat dibutuhkan, apalagi untuk lansia yang nyaris setiap hari harus minum obat seperti mama saya.

SehatQ.com
Foto: SehatQ.com
Selain urusan obat, direktori penyakit yang lengkap pastinya membantu sekali bagi yang membutuhkan informasi awal untuk penyakit yang dicurigai di alami dirinya atau keluarganya, apalagi informasi yang termuat dalam fitur penyakit SehatQ.com cukup lengkap, mulai dari definisi, gejala, penyebab, diagnosis, pencegahan, hingga pengobatan. Siplah...pokoknya fitur SehatQ.com ini bikin saya enggak repot lagi keluar masuk website hanya untuk mencari informasi yang diinginkan mama.

SehatQ.com
Foto: SehatQ.com
Di SehatQ.com, Mau Tanya Jawab dan Live Chat Dengan Dokter, Atau Mendapatkan Informasi Direktori Dokter dan Rumah Sakit, Bisa Banget!
Pernah enggak sih mengalami seperti saya saat konsultasi ke dokter, sudah susah-susah antri...eh pas sudah berhadapan dengan dokter, semua yang ingin ditanyakan jadi lupa. Kadang saya jadi kesal sendiri, apalagi kalau hal yang ingin saya tanyakan itu sangat penting. Nah...fitur tanya jawab dan live chat ini pastinya membantu sekali bagi orang yang suka lupa seperti saya, atau ketika sedang mengalami gejala suatu penyakit, dan belum sempat untuk berobat ke rumah sakit, fitur ini pastinya sangat bermanfaat karena dokter akan membantu pasien melakukan sendiri langkah awal menangani penyakit tersebut agar bisa di cegah atau di obati lebih dini.

SehatQ.com
Foto: SehatQ.com
Di SehatQ.com juga tersedia database atau direktori dokter spesialis berikut jadwal praktek dan lokasi prakteknya yang cukup lengkap, sehingga mudah di akses siapa saja yang membutuhkan. Terkadang, kesibukan bekerja membuat pasien tidak cukup waktu untuk datang dan mendaftarkan diri secara langsung, atau hanya sekadar mencari informasi jadwal praktek dokter yang ingin di kunjungi. Nah...bagi yang belum mengetahu lokasi rumah sakit di daerahnya, SehatQ.com menyediakan fitur yang memudahkan seseorang mengakses dan mencari alamat rumah sakit terdekat berikut informasi detil rumah sakit tersebut, karena berdasarkan fasilitas dan kelengkapan peralatan medisnya, rumah sakit dibedakan dalam beberapa tipe, mulai dari tipe A, B, dan C. Selain informasi rumah sakit, di website SehatQ juga terdapat informasi klinik umum, klinik gigi, klinik kecantikan, laboratorium, hingga puskesmas dengan database yang cukup lengkap dan sangat membantu pasien yang membutuhkan informasi tersebut.

SehatQ.com
Foto: SehatQ.com
Di SehatQ.com, Tersedia Ribuan Artikel Kesehatan, Infografis, Animasi, Serta Video yang Kredibel dan Tepercaya
Tidak bisa di pungkiri, masyarakat milenial kini lebih menyukai konten digital yang dapat diakses melalui perangkat smartphone, entah itu dalam bentuk konten artikel, infogaris, animasi, atau video. Nah...dengan menyasar golongan masyarakat milenial yang hidup di kota-kota besar, SehatQ.com pun menyediakan fitur yang memudahkan pengunjung mengakses informasi kesehatan keluarga secara cepat dan tentunya dari sumber yang bisa dipertanggung jawabkan. Ribuan artikel dari berbagai kategori, mulai dari masa kehamilan, masa menyusui, kesehatan bayi, hingga problem kesehatan yang sering di alami kalangan lanjut usia, seperti mama saya. Biasanya artikel yang berhubungan dengan penyakit mama, saya screenshoot dan saya kirimkan melalui pesan WA kepada mama. Oh ya tampilan website SehatQ.com juga sangat mobile friendly, sehingga mudah di akses melalui smartphone, jadi saya bisa mencari informasi kesehatan keluarga dari mana saja dan kapan saja.

SehatQ.com
Foto : SehatQ.com
Selain bermanfaat untuk pasien yang sudah menderita penyakit, keberadaan artikel kesehatan juga memberikan referensi dan informasi tentang pola hidup sehat lho, plus tindakan terbaik untuk mencegah penyakit hingga bagaimana mendeteksi dini gejala penyakit secara mandiri. Jangan khawatir, konten-konten tersebut sudah diakurasi oleh dokter yang ahli dalam bidangnya, sehingga aman dan kredibel.
Di SehatQ.com, Tersedia Forum Diskusi yang Memudahkan Member Berkomunikasi dan Berbagi
Saat mengalami masalah dengan kesehatan, dukungan dan perhatian memiliki arti yang sangat penting untuk mengurangi beban psikologis yang di alami penderita. Itulah alasannya, mengapa rumah sakit menyediakan jam khusus agar pasien bisa di jenguk oleh keluarga atau sahabatnya, karena kehadiran orang-orang terdekat tersebut secara tidak langsung memberikan semangat bagi pasien untuk sembuh. Nah...SehatQ.com telah menyediakan platform khusus yang memungkinkan para membernya saling berinteraksi dan berbagi informasi, terkadang bisa menjadi referensi saat menghadapi masalah kesehatan yang sama. Selain saling berinteraksi, siapapun bisa mengajukan pertanyaan tentang gejala atau penyakit yang dideritanya, dan semua pertanyaan tersebut akan di jawab oleh tim dokter SehatQ.

SehatQ.com
Foto: SehatQ.com
Satu lagi...bagi yang suka promo, di website SehatQ.com juga terdapat beragam promo paket kesehatan yang bisa di pilih agar tubuh lebih sehat dan jika ada penyakit yang mungkin diderita, bisa cepat terdeteksi. Dengan memanfaatkan aneka promo ini, biaya cek kesehatan atau berbagai layanan imunisasi juga lebih murah dan ramah di kantong. Akhir-akhir ini, layanan kesehatan digital sedang di gemari masyarakat, hal ini diperkuat dengan survei yang dilakukan Deloitte Indonesua dan bekerja sama dengan Center For Healthcare Policy and Reform Studies (Chapters) Indonesia, yang mengungkapkan sekitar 84,4 persen pengguna layanan kesehatan digital mengaku puas dengan layanan yang tersedia. Layanan kesehatan digital dianggap memenuhi unsur kenyamanan pengguna, kepraktisan, biaya lebih ekonomis, dan banyaknya pilihan layanan yang tersedia untuk konsumen. Apalagi layanan kesehatan digital seperti SehatQ.com ini dapat di akses pengguna dari mana saja dan kapan saja, tanpa perlu repot-repot antri, lazimnya layanan kesehatan konvensional.Tidak hanya itu, pengguna layanan kesehatan digital juga bisa mendapatkan semua informasi kesehatan keluarga secara cepat, tepat, dan dari sumber yang kredibel. 

Untuk mendapatkan update terbaru seputar informasi kesehatan keluarga secara real time dari SehatQ.com, bisa follow akun media sosial seperti berikut ini:

Twitter      : https://twitter.com/sehatq

21 komentar:

  1. Keren nih, salah satu problem yg biasa sy hadapi kalau pengen beli obat mesti nanya2 dulu, dr pada ngerepotin org mending akses website ini yah

    BalasHapus
  2. wah, sekarang cari info tentang obat akan lebih mudah ya mbak..

    SehatQ.com sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan keluarga ya

    BalasHapus
  3. wah hebat mamanya mba, saya aja jarang browsing kalau dapet obat, main konsumsi aja, hehehe, jadi malu. ada aplikasi gini emang jadi memudahkan banget ya

    BalasHapus
  4. penting banget aplikasi ini ya, manfaat buat cari info cepat tentang kesehatan, apalagi bisa langsung konsultasi dengan dokter yang standby secara online

    BalasHapus
  5. Memang sebagai pasien kita dituntut cerdas ya mbak, gak asal terima aja diresepin obat tapi kudu ditanya juga obat itu apa dan utk apa. Jgn sampai kita minum obat yang gak perlu.
    Wah SehatQ ini wesbistenya cukup lengkap juga ya memberikan informasi ttg kesehatan. Ada forum diskusinya juga, nanti aku buka2 ah. TFS

    BalasHapus
  6. Bahagianya semakin banyak aplikasi untuk kesehatan. Jadi kita sebagai ibu ga gampang panik ketika ada anak atau keluarga kita yg sakit, mantap

    BalasHapus
  7. Sekarang bakal jadi andalan banget ini si SehatQ karena beneran lengkap dan sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  8. sehatQ ini lengkap banget ya informasi kesehatannya, pastinya akan sangat membantu masyarakat agar lebih melek kesehatan

    BalasHapus
  9. Eh iya, app ini sangat membantu deh. Bikin lebih mudah cari informasi tentang gejala penyakit serta penanganan penyakit ringan. Jadi ngga harus buru buru ke rumah sakit

    BalasHapus
  10. mantap ya mba ada info tentang obat dan sakitnya, aku juga udah cobain fitur tanya dokternya alhamdulilah memuaskan banget jawabannya Sehatq.com memang membantu banget

    BalasHapus
  11. Lengkap selakali ya mba sehatQ.com kita bisa mencari informasi obat termasuk komposisinya. Aku suka sekali mencari informasi obat untuk anak2 sebelum membelinya karena ada beberapa obat yang menyelipkan alkohol di dalamnya.

    BalasHapus
  12. Ibuku juga kemarin pas cek ke dokter ternyata Osteoarthritis, kak...
    Dan diberi vitamin serta resep untuk olahraga dengan gerakan kaki memutar (rotasi).
    Alhamdulillah,
    Saat ini ada info kesehatan yang terpercaya dari sehatq.

    BalasHapus
  13. Mbak, Ibu Mertuaku juga sering nanya oerihal obat dan info kesehatan ke akuu. Kalau ada SehatQ com bisa jadi referensiku nih. Senengnya ya karena bisa di akses pengguna dari mana saja dan kapan saja, gak perlu repot-repot antri lagi, lazimnya layanan kesehatan konvensional.Juga ada layanan kesehatan digital , bisa mendapatkan semua informasi kesehatan keluarga secara cepat, tepat, dan dari sumber yang kredibel.keren ini!

    BalasHapus
  14. sehatQ serasa punya asisten pribadi kesehatan tersendiri, ga usah repot mesti tanya-tanya ke orang lain. tinggal klik aplikasi sehatQ tersampaikan penyakit yang kita alami. dapatkan solusi kesehatan di sehatQ

    BalasHapus
  15. Keren ya SehatQ ini. Bisa jadi referensi keluarga Indonesia dalam hal kesehatan. Kumplit banget isinya. Dari mulai obat, penyakit, bahkan sampe janjian sama dokter. Bisa ngecek kesehatan sendiri pula

    BalasHapus
  16. SehatQ.com untuk informasi kesehatan terpecaya dan antihox pokonya karena sudah di verikiasi oleh dokter di setiap tulisannya

    BalasHapus
  17. Aplikasi SehatQ.com makin memudahan semua orang mengetahui tentang kesehatan

    BalasHapus
  18. Sip nih aplikasi yg useful buat para penggunanya agar tetap merasa bahwa kesehatan itu terpenting yaaa.

    BalasHapus
  19. Aku coba download deh jadi nanti bisa nanya mengenai ttg kesehatan apa aja kan yah?

    BalasHapus
  20. Aku pakai SehatQ.com nih kemarin mbaak. Enak ya bisa tau jadwal dokter ada di RS mana dan jam berapa. Sayang untuk Bogor masih belum lengkap.

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.