6 Cara Tepat Dapatkan Tiket Kereta Api Dengan Harga Murah

Cari tiket murah untuk naik kereta api

Siapa nih yang suka bepergian naik kereta api? Kereta api menjadi salah satu alat transportasi darat yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Pasalnya selain dapat melakukan perjalanan dalam jarak jauh, kereta api juga di kenal dengan harga tiketnya yang murah. Nah...bagi yang ingin bepergian dalam waktu dekat ini dan ingin cari tiket murah untuk naik kereta api, tidak perlu khawatir karena saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket dengan harga yang murah dan asyiknya tidak perlu bersusah payah karena untuk mendapatkan tiket murah tersebut bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Ingin tahu bagaimana cara tepat dapatkan tiket kereta api dengan harga murah? Yuk simak uraian serta penjelasan berikut ini.

Beli Tiket Kereta Api Secara Online

Untuk saat ini, pemesanan tiket kereta api tidak hanya dilakukan di stasiun kereta api saja, tetapi ada pula cara lain, yang bahkan lebih mudah dan cepat untuk membeli tiket kereta api. Cara tersebut adalah dengan memesan dan membeli tiket kereta api secara online. Pembelian tiket kereta api secara online ini dapat dilakukan melalui situs resmi milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) atau melalui Online Travel Agent (OTA) lainnya yang menyediakan layanan membeli tiket kereta api secara online serta telah resmi ditunjuk oleh PT. KAI. Selain memudahkan, cara ini dapat membantu untuk membeli tiket kereta api dari mana saja dan kapan saja, lebih cepat dan pasti mendapatkan tiket. Selain itu, sistem pemesanan tiket kereta api secara online juga memberikan keuntungan lainnya, yaitu bisa membeli tiket dengan harga murah. Tentunya hal inilah yang membuat banyak masyarakat yang ingin bepergian naik kereta api lebih memilih membeli tiket kereta api secara online.

Pesan Tiket Kereta Api Dari Jauh Hari

Selain cara di atas, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah adalah dengan pesan tiket dari jauh hari. Memangnya bisa? Sangat bisa, namun untuk sistem pemesanan tiket kereta api yang satu ini umumnya dilakukan oleh mereka yang hendak melakukan perjalanan jarak jauh dengan waktu perjalanan yang telah direncanakan sebelumnya. Sementara itu, bagi mereka yang melakukan pemesanan tiket kereta api untuk perjalanan harian atau rute jarak dekat tentu akan kesulitan jika memilih pesan tiket dari jauh hari. Meskipun begitu, jika perjalanan jarak dekat dilakukan secara rutin dengan jadwal yang pasti, tentu cara ini dapat dilakukan dengan melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelumnya, selain mendapatkan keuntungan mendapatkan harga tiket yang lebih murah juga bisa mempersiapkan budget perjalanan dari jauh hari.

Beli Tiket Melalui Agen Perjalanan 

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah adalah membeli tiket melalui agen perjalanan. Jenis tiket kereta api ini umumnya telah disandingkan dengan beragam tiket perjalanan lainnya, seperti halnya tiket wisata dengan perjalanan menuju beberapa lokasi berbeda, atau tiket kereta api yang telah digabungkan dengan biaya akomodasi untuk menginap, serta beragam tiket bundling lainnya, yang pada intinya membantu memudahkan perjalanan penumpang yang ingin naik kereta api untuk berbagai tujuan. Umumnya agen perjalanan membuat pilihan paket seperti ini untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan wisata atau liburan ke suatu daerah dengan menggunakan transportasi kereta api. Agar tidak kesulitan harus mencari tiket kereta api serta membuat itinerary perjalanan wisata, pilihan paket yang ditawarkan agen perjalanan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Jangan khawatir? Harga tiket yang didapatkan tentu sama murahnya atau bahkan lebih murah dari tiket perjalanan lainnya.

Cari tiket murah untuk naik kereta api

Pilih Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi 

Nah...cara lainnya untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah yang sangat membantu meringankan budget perjalanan adalah dengan memilih membeli tiket kereta api kelas ekonomi. Mengapa pilih kelas ekonomi? Umumnya tiket kereta api kelas ekonomi di jual dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan harga tiket kelas lainnya, seperti bisnis atau eksekutif. Tapi jangan khawatir, meskipun harga tiketnya jauh lebih rendah, namun fasilitas yang ditawarkan tidak kalah nyaman dengan kelas lainnya. Bahkan saat ini, kelas ekonomi menawarkan fasilitas lengkap dengan layanan maksimal yang sama seperti kelas lainnya, seperti dilengkapi pendingin udara atau AC yang memberikan kesejukan disepanjang perjalanan, fasilitas gerbong yang bersih dan nyaman, serta fasilitas lainnya. Jadi untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah bisa dilakukan dengan memilih tiket kelas ekonomi.

Manfaatkan Harga Promo

Satu lagi cara yang tepat untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah, yaitu dengan memanfaatkan momen promo yang diberikan PT. KAI. Untuk diketahui, saat ini PT. KAI sering memberikan harga spesial atau promo pada momen tertentu atau perayaan hari besar, bahkan untuk pelanggan setianya pun PT KAI juga memberikan harga promo yang jauh lebih murah pada waktu tertentu. Dengan pembelian secara online, maka masyarakat bisa menemukan harga promo ini bahkan tiketnya pun bisa dibeli dari jauh hari. Nah...salah satu trik untuk mendapatkan update tercepat jika PT. KAI memberikan harga promo atau harga spesial yang jauh lebih murah adalah dengan berlangganan email pemberitahuan, baik dari PT. KAI maupun agen perjalanan lainnya. Terkadang, pada momen tertentu diberikan harga promo yang pemberitahuannya bisa di akses melalui email yang dikirimkan kepada calon penumpang. Cara lainnya dengan memantau secara berkala situs PT. KAI atau agen perjalanan lainnya jika ada momen spesial seperti akhir tahun, perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, dan lain-lain, karena seringkali PT. KAI menawarkan harga promo untuk memeriahkan hari spesial tersebut.

Tentukan Tanggal Pasti Keberangkatan

Pembelian tiket yang makin mudah melalui situs atau website secara online tentu sangat memudahkan karena calon penumpang bisa mengakses secara cepat informasi jadwal keberangkatan kereta api ke berbagai kota. Salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah adalah menentukan tanggal pasti keberangkatan. Untuk pembelian tiket kereta api secara online, biasanya harga yang ditawarkan kerap berubah apalagi jika ada momen harga promo. Dengan kemudahan yang diberikan PT. KAI di mana calon penumpang bisa membeli tiket dari jauh hari dan pemesanan secara online maka mungkin saja harga murah bisa didapatkan. Tapi tentu saja, calon penumpang harus mempersiapkan dan menentukan tanggal keberangkatan jauh-jauh hari. Bahkan, calon penumpang bisa mendapatkan tiket kelas bisnis atau eksekutif dengan harga murah jika kebetulan mendapatkan harga promo, tentunya setelah menentukan tanggal pasti keberangkatan. Selain mendapatkan harga murah, dengan menentukan tanggal pasti keberangkatan jauh-jauh dari, calon penumpang pasti mendapatkan kursi atau tiket pada tanggal yang diinginkan, bandingkan jika membeli tiket hanya berjarak tidak jauh dari hari H keberangkatan, kemungkinan mendapatkan harga yang jauh lebih mahal mungkin saja terjadi atau bahkan justru tidak mendapatkan tiket pada tanggal tersebut.

Dari uraian dan penjelasan di atas, jelas bahwa untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga murah sesungguhnya tidaklah sulit asalkan langkah atau pilihan yang diambil sudah tepat. Dengan menerapkan cara tersebut, cari tiket murah untuk naik kereta api bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja secara online, baik melalui PT. KAI maupun agen perjalanan yang secara resmi ditunjuk oleh PT. KAI. Jika ada cara yang memudahkan untuk mendapatkan harga tiket dengan harga murah seperti penjelasan di atas, mengapa harus mencari lagi cara lainnya?

Sumber Foto: Milik Pribadi

24 komentar

  1. KA ekonomi sekarang udah assoy ya Mak.
    Asyik armada bersih, toilet OK, tapi kok HADAP-HADAPAN HEHEHEHEH
    kalo pergi keluarga sendiri sih asyik.
    pas hadap2an ama penumpang lain itu yg kdg bikin kurang nyaman *menurut aku*

    BalasHapus
  2. Yah di Kudus nggak ada statiun kereta api Mbak 😂😂 jadi nggak ada kereta yang lewat dalam kota juga. Tapi sih ya siapa tau ya suatu hari bisa naik kereta lagi, dan bisa nerapin cara di atas biar dapat harga miring.

    BalasHapus
  3. Pas banget ini aku juga sedang cari tiket kereta api murah, kadang males banget kalau buka di website. Makanya sekarang senang sekali kalau di Traveloka sudah bisa membeli tiket kereta api.

    BalasHapus
  4. Saya sekarang lebih seneng beli tiket lewat KAI Access.
    Iya sekarang semua kelas, baik eksekutif, bisnis maupun ekonomi sudah nyaman gerbongnya. Cuma sayangnya, yang ekonomi duduknya masih hadap-hadapan

    BalasHapus
  5. Kelas ekonomi pun sekarang udha nyaman. Gak kayak dulu yang berdesak-desakan dan kumuh. Pesan tiketnya juga nyaman. Saya juga suka pakai Traveloka

    BalasHapus
  6. Memanfaatkan harga promo ini sering banget aku lakuin :D tapi sekarang udah jarang naek kereta api, semenjak ada travel ke Bandung, padahal dulu sebelum ada travel, kerjaannya nyari kereta api murah terus buat pulang :D

    BalasHapus
  7. Sekarang naik kereta api tuh nyaman banget ya mba. Dan senangnya bisa mendapat tiketnya lebih mudah :)

    BalasHapus
  8. Kalau bisa keberangkatannya bukan pas peak season atau high season ya biar harganya juga murah. tapi kalau untuk lebaran gak bisa dihindari sih harganya cuma haru spesan jauh hari biar ga kehabisa

    BalasHapus
  9. Catat tipsnya. Paling penting memang menentukan tanggal keberangkatan. Jadi bisa persiapan jauh-jauh hari. Kadang kalau mepet, semua pada kebooking

    BalasHapus
  10. Aku belom pernah deh pesan tiket kereta pake OTA. Biasanya ke loket langsung atau di minimarket. Nanti kayaknya kudu nyoba deh. Lebih praktis ya.

    BalasHapus
  11. Aku sendiri udah lama banget mbak gak naik kereta api. Soalnya di Kalimantan gak ada seh ya kereta api itu. Tapi nanti kalau aku ada rencana ke Jakarta pengen deh naik kereta api lagi. Kan sekarang udah mudah bisa beli di Traveloka.

    BalasHapus
  12. terakhir kali naik kereta sekitar 8 tahun lalu. duh udah lama ya. sepertinya harus diagendakan lagi jalan2 naik kereta sekeluarga. seru banget pastinya melihat reaksi anak2

    BalasHapus
  13. Iya, beli lebih awal sering dapat harga lebih miring, terus manfaatkan vocer promo Ota ya, lumayan diskonnya..

    BalasHapus
  14. Pas baca tulisan ini pas banget aku lagi di atas kereta mbak, dapat promo beli di OTA. Belinya kyknya seminggu sebelumnya. Btw skrng naik kereta api ekonomi jg lumayan ya, aku juga pernah bawa anakku naik ekonomi,nyaman2 aja, biar merasakan naik kereta jenis apapun hehe

    BalasHapus
  15. Seneng yah kalau beli tiket kereta api pas ada promo, travelling hemat dan menyenangkan.

    BalasHapus
  16. Aku blom pernah sih naik kereta api untuk tujuan jarak jauh. BIasnaya cuma yang deket2 aja kayak Solo-Jogja gt. Itu juga belinya online sih. hehehe. Dan itu juga nggak pernah ada promo, udah fix aja harganya segitu. Tipsnya menarik nih buat kalau pengen jalan jauh nanti.

    BalasHapus
  17. KA sekarang cakep ya, mbak. Jadi udah nyaman banget bepergian dengan KA. Padahal thn 90an masih ngantrindi stasiun utk beli tiket. Kadang udah capek antri, tiketnya habis. Hahaha.

    BalasHapus
  18. Saya biasa beli tiket Kereta Api di Traveloka Mbak. Mudah dan kalau dipesan jauh-jauh hari harganya lebih murah. Alhadulillah sampai saat ini belum ada keluhan apapun.

    BalasHapus
  19. Aku juga kadang kalau udah fix tanggal berangkat beli tiket kereta api jauh -jauh hari Mbak. Mayan sih biasanya lebih murah beberapa puluh ribu soalnya kalau udah dekat biasanya dapat tarif yang mahal.

    BalasHapus
  20. Kereta ekonomi sekarang udah bagus-bagus loh kondisinya. Aku senang sekali menikmati perjalanan antar kota maupun antar propinsi menggunakan kereta api. Mana pesan tiketnya pun sekarang udah mudah banget. Tinggal pake aplikasi agen ataupun langsung dari KAI. Sama-sama enaknya.

    BalasHapus
  21. Suka banget kalau naik kereta api sekarang. Nyaman banget. Kelas ekonomi ACnya dingin, kamar mandinya juga bersih dan wangi. Kalau pesan tiket kereta api enak online. Gampang banget. Bisa beli lewat KAI Access atau OTA.

    BalasHapus
  22. Aku jarang banget naik kereta api tapi KA adalah moda transportasi favoritku. Nah, seneng banget pas di app KAI bisa beli tiket lokal, heheh. Biasanya kan harus antri di stasiun

    BalasHapus
  23. Betul Mbak, sekarang kelas ekonomi kereta api tuh udah nyaman banget, mau itu kereta jarak jauh atau jarak dekat. Jadi makin suka sama transportasi umum satu ini.
    Kalau pesen tiket kereta jauh2 hari bisa dapet murah ya ternyata.

    BalasHapus
  24. Naik kereta api sekarang nyaman banget, jadi makin favorit sama kendaraan satu ini. Apalagi pilihan tiketnya beragam, bisa menyesuaikan budget. Kereta api adalah moda favorit kalau ngajak anak-anak bepergian, seru banget sih!

    BalasHapus