Kiat Memulai Bisnis Waralaba

bisnis waralaba

Siapa nih yang tertarik ingin memulai Bisnis Waralaba? Bisnis Waralaba, kini berkembang menjadi salah satu sistem bisnis yang dianggap cukup menguntungkan di kalangan masyarakat, terutama pelaku bisnis pemula. Cara memulai bisnisnya yang dianggap cukup mudah dan murah, dimana hanya dengan membayar sejumlah modal, maka seseorang bisa memulai bisnis dengan nama brand dan produk yang telah dikenal serta memiliki pasar tersendiri di masyarakat. 

Meskipun sekilas terlihat mudah untuk memulai bisnisnya, namun dalam kenyataannya serta praktiknya tidaklah sesimpel dan sepraktis itu. Mengapa? Karena meskipun brand tersebut telah memiliki pasar dengan jumlah konsumen yang cukup mengiurkan di suatu daerah tapi belum tentu di minati atau direspon dengan baik di daerah lainnya. Bagaimanapun masyarakat yang akan menjadi konsumen tentunya memiliki ciri atau karateristik yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain.

Memang jika dibandingkan sistem bisnis lainnya, Bisnis Waralaba tentu memiliki sisi-sisi kelebihan tersendiri, diantaranya sudah memiliki sistem yang terintegrasi dengan baik, terorganisir, dan memiliki pangsa pasar yang jelas serta terukur. Namun, untuk memulainya tetap dibutuhkan pertimbangan yang matang dan tentu saja keseriusan untuk memulai usaha. Tanpa kedua hal tersebut, maka tidak akan ada bisnis yang bisa berjalan dengan lancar dan peluang sukses yang sudah ada di depan mata mungkin akan hilang begitu saja. Berikut beberapa kiat sebagai referensi untuk memandu pelaku bisnis yang ingin memulai dan menekuni Bisnis Waralaba.

Dimulai Dari Mengenai Passion Bisnis Lebih Dahulu

Penting untuk diketahui, ada banyak sekali jenis Bisnis Waralaba yang ditawarkan kepada calon pebisnis waralaba atau Franchise, mulai dari waralaba minimarket, rumah makan, kafe, makanan ringan/kecil, pendidikan, laundry, dan lainnya. Semua jenis waralaba ini tentu saja menarik dan sama-sama telah teruji kehandalannya dalam dunia bisnis serta memiliki konsumen atau pelanggan loyal yang akan selalu menunggu inovasi produk terbaru.

Untuk alasan itulah, pelaku bisnis pemula perlu mempertimbangkan secara matang jenis bisnis waralaba yang akan dipilih dan untuk solusi mudahnya pilih bisnis waralaba sesuai dengan passion agar lebih mudah dan lebih bersemangat dalam menjalaninya. Karena layaknya sebuah bisnis pada umumnya, bisnis waralaba tetap membutuhkan konsenstrasi/fokus, kerja keras, dan inovasi dalam menjalankannya agar memberi hasil sesuai yang diharapkan.

Potensi Bisnis Waralaba

Hal yang sangat penting dan harus diingat oleh calon pebisnis waralaba adalah tidak semua jenis usaha tersebut sesuai atau bisa diterima di semua tempat atau daerah. Nah, sebagai solusinya pilihlah jenis usaha waralaba yang sesuai dengan karakteristik tempat atau daerah di mana usaha waralaba tersebut akan dibuka. Jika perlu, lakukan riset sederhana sebelum memulai bisnis waralaba untuk mengetahui dan mendapat data secara pasti jenis usaha waralaba yang diminati atau akan direspon baik oleh masyarakat yang nantinya akan menjadi konsumen.

Selain melakukan riset untuk mengetahui potensi bisnis waralaba tersebut, calon pebisnis waralaba juga perlu mengetahui berapa lama bisnis tersebut telah berjalan, berapa banyak cabang atau franchise yang dimiliki bisnis tersebut, besarnya modal yang dibutuhkan untuk mendapat hak waralaba dari usaha tersebut, dan hal penting lainnya. Data-data ini sangat penting dan bermanfaat sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jenis usaha waralaba, di samping tentunya apakah usaha tersebut sesuai dengan pasar yang akan dituju.

Fee Royalti yang Ditetapkan dan Tempat Usaha

Penting untuk diketahui, ada beberapa jenis usaha waralaba yang menerapkan sistem Fee Royalti kepada pemegang lisensi usaha waralabanya. Semakin terkenal brand usaha waralaba tersebut, maka kemungkinan fee royalti akan semakin mahal. Untuk itu, pilihlah jenis usaha waralaba sesuai dengan besarnya modal yang dimiliki. Atau jika perlu, pilih jenis usaha waralaba yang tidak menetapkan fee royalti kepada para pemegang lisensi usahanya, jadi hanya menetapkan pembayaran di awal kerjasamanya. 

Baca juga:

Selain itu, perlu diperhitungkan secara teliti tempat atau lokasi usaha untuk menjalankan bisnis waralaba tersebut, apakah menyewa atau langsung membeli tempat tersebut. Kedua cara ini sama-sama menawarkan keuntungan dan tentu saja kerugian, karena itu pertimbangan secara matang opsi mana yang akan dipilih, tentunya disesuaikan dengan besarnya modal yang dimiliki. Opsi lain yang juga sangat menarik adalah membuka usaha di rumah, apalagi jika rumah tersebut berlokasi di tempat yang strategis, tentu sayang jika tidak dimanfaatkan membuka usaha.

Cara Memasarkan Bisnis Waralaba

Ingat! Bisnis waralaba hanya sebuah produk atau cara bisnis yang memudahkan pebisnis pemula, namun untuk sukses serta menjangkau pasar seluas-luasnya pebisnis harus memiliki konsep pemasaran yang baik dan terukur. Terkadang bisnis waralaba yang sukses dan memiliki potensi pasar yang sangat besar belum tentu mengulang kesuksesan serupa setelah bisnis tersebut berada di tangan orang lain. 

Kenyataan tersebut menunjukkan, meskipun bisnis waralaba tersebut telah mapan dan sukses, namun untuk berkembang di tangan pebisnis selaku pemegang lisensi tetap membutuhkan kerja keras untuk mempromosikan dan memasarkan usaha tersebut. Untuk itu, lakukan riset pasar sedetil dan selengkap mungkin agar potensi dan peluang dari bisnis waralaba tersebut bisa dimaksimalkan.

Cashflow Management yang Baik

Tujuan utama untuk memulai bisnis pastilah ingin mendapatkan keuntungan. Untuk apa memulai dan membangun bisnis jika tidak menghasilkan pendapatan yang memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis. Nah, untuk alasan tersebut penting bagi pebisnis memiliki Cashflow Management yang baik, selain bertujuan meminimalisir kerugian juga menjaga agar bisnis yang dikelola tetap sehat secara finansial. 

Jadi sekali lagi, bukan masalah besarnya omset dari bisnis tersebut, namun yang paling penting adalah apakah usaha atau bisnis tersebut memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis atau tidak, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Meskipun sistem bisnis waralaba memiliki sejumlah kelebihan, namun pada prinsipnya bisnis waralaba tetap sama dengan bisnis lainnya, hanya pada bisnis ini produk dan tools untuk memulai bisnis umumnya sudah lengkap. Ada beberapa jenis bisnis waralaba yang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan memulai usaha dari rumah. Besaran modalnya pun bervariasi, biasanya sudah disiapkan alat-alat bisnis yang lengkap untuk membantu pemasaran dan produknya juga sudah jelas serta teruji kualitasnya. Jadi, jika tidak ingin repot mencari ide produk untuk memulai bisnis, sistem bisnis waralaba bisa menjadi solusinya.

Tidak ada komentar