Kelola Bisnis Lebih Mudah Dengan SooltanPay

aplikasi sooltanpay

Kemajuan teknologi di era digital membuat siapa saja bisa mendapatkan sesuatu hanya dalam satu genggaman tangan atau sentuhan jari. Bahkan tidak hanya itu, kemajuan teknologi digital juga memberikan perubahan yang sangat signifikan bagi dunia bisnis. Alasan inilah yang membuat para pelaku bisnis termasuk UMKM harus menyesuaikan dengan digitalisasi bisnis yang tidak terbatas pada tempat ataupun waktu. Tidak hanya itu, digitalisasi bisnis juga memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap proses yang mengubah komunikasi, interaksi, dan semua manfaat dalam bisnis menjadi digital.

Memasuki tahun 2021, strategi pemasaran modern tidak lagi terbatas pada promosi yang dilakukan secara offline atau konvensional, tapi sudah memanfaatkan teknologi digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Langkah inilah yang kerap di sebut Go Digital atau Go Online, yaitu sebuah langkah yang memanfaatkan internet atau media online untuk memperluas jangkauan promosi. 

Tapi apakah Go Digital artinya hanya sebatas pada aktivitas promosi saja? Tentu saja tidak karena saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan media digital untuk melakukan pembelian barang dan melakukan pembayaran secara digital karena lebih praktis dan efisien. Tentu saja perubahan pola hidup masyarakat yang serba digital ini memunculkan keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnis, karena selain lebih mudah mengelola bisnis juga membuka peluang bisnis baru yang menguntungkan.

Tapi tentu saja, tidak semua pelaku bisnis terutama yang bergerak di sektor UMKM memiliki akses yang mudah dan sumber daya untuk menggunakan teknologi digital dalam mengelola bisnisnya. Untuk kondisi seperti ini, sudah ada solusinya lho, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang memang didesain khusus untuk membantu para pelaku bisnis terutama UMKM lebih mudah mengelola bisnisnya hingga akhirnya meraih keuntungan seperti yang diharapkan. 

aplikasi bisnis digital umkm

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan pelaku bisnis jika menggunakan aplikasi digital untuk membantu mengelola bisnisnya, seperti berikut ini.

  • Proses Transaksi Menjadi Lebih Cepat. Tentu sebagai pelaku bisnis ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Bahkan tidak sedikit konsumen yang menginginkan dilayani secara cepat dan tepat. Nah, untuk kebutuhan ini bisa dibilang aplikasi usaha digital bisa bekerja dengan baik, membantu pelaku bisnis melayani konsumen secara cepat dan tepat. Bahkan, hanya melalui fitur yang terdapat dalam aplikasi, pelaku bisnis dengan cepat bisa mengecek stok barang yang tersisa sesuai kebutuhan konsumen. Jadi tidak perlu repot untuk mengecek stok barang secara manual yang tentu saja membutuhkan waktu lama.
  • Mencatat Semua Transaksi Penjualan Dengan Akurat. Manfaat selanjutnya jika menggunakan aplikasi bisnis digital adalah kemampuan untuk mencatat transaksi penjualan secara akurat. Bahkan transaksi yang dicatat mulai dari pemesanan hingga transaksi pembayaran yang terekam secara otomatis sehingga pelaku bisnis tidak perlu repot mencatat transaksi secara manual.
  • Lebih Hemat Waktu. Untuk seorang pelaku bisnis, waktu sangat berharga sehingga semua aktivitas harus dilakukan secara cepat dan tepat. Aplikasi bisnis digital bisa membantu pelaku bisnis untuk lebih menghemat waktu karena tidak perlu melakukan secara manual aktivitas seperti mengecek stok barang, transaksi penjualan, hingga melakukan analisis bisnis. Penggunaan aplikasi ini juga menghindarkan pelaku bisnis dari biaya tambahan untuk membayar pekerja yang membantu melakukan berbagai aktivitas penjualan. Sehingga bisa dibilang menggunakan aplikasi bisnis bisa membantu lebih hemat waktu.
  • Bisa Membantu Analisis Penjualan. Penting untuk diketahui, jika aplikasi bisnis digital tidak hanya membantu pelaku bisnis dalam melakukan transaksi penjualan seperti mesin kasir konvensional, tapi juga membantu melakukan analisis penjualan.  Analisis penjualan sangat penting karena pelaku bisnis bisa dengan mudah mengukur seberapa maksimalnya performa bisnis yang dijalani. 
  • Peluang Meningkatkan Profit Penjualan. Manfaat penting lainnya ketika menggunakan aplikasi bisnis digital adalah membantu meningkatkan profit penjualan.  Hal ini karena aplikasi bisnis digital bisa membantu pelaku bisnis melakukan analisis penjualan, mencatat neraca keuangan secara real time, membuat laporan laba rugi baik secara harian atau periode tertentu. Di mana data-data ini sangat membantu pelaku bisnis menentukan strategi bisnis berikutnya.
Ternyata, seiring dengan pengembangan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi bisnis digital, penggunaan aplikasi ini memunculkan peluang bisnis baru yang berpotensi memberikan profit tambahan bagi pelaku bisnis. Salah satu aplikasi bisnis digital yang tidak hanya memiliki fitur memudahkan pelaku bisnis terutama UMKM untuk mengelola bisnisnya, tapi juga membuka peluang bisnis baru adalah SooltanPay. Apa itu Aplikasi SooltanPay? Bagaimana cara aplikasi ini membantu mengelola bisnis lebih mudah? Yuk cari tahu penjelasannya di bawah ini.

Kelola Bisnis Lebih Mudah Dengan SooltanPay

Seringkali pelaku bisnis terutama UMKM merasa kesulitan untuk menerima pembayaran tunai dari konsumen, karena seiring dengan kemajuan teknologi digital semakin banyak masyarakat yang memilih pembayaran secara digital yang memang memiliki karakteristik lebih aman dan nyaman. Sebagai solusi atas kesulitan yang dialami pelaku bisnis UMKM, PT. Telkom menghadirkan Aplikasi Digital, yaitu SooltanPay.

aplikasi bisnis sooltanpay

SooltanPay sendiri merupakan aplikasi usaha terlengkap besutan PT. Telkom yang dilengkapi beragam fitur untuk memudahkan UKM atau UMKM mengelola bisnisnya, mulai dari mencatat penjualan, menerima pembayaran non tunai, mengelola pencatatan keuangan, hingga peluang menambah penghasilan dengan berjualan PPOB atau Payment Point Online Banking

Dengan menggunakan aplikasi bisnis digital ini, semua aktivitas bisnis atau usaha bisa dilakukan secara terpusat, sehingga bisnis lebih mudah dikelola bahkan oleh para pelaku bisnis UMKM sekalipun yang memang sebagian besar belum memiliki akses mudah untuk masuk ke pasar digital. Selain itu, akses terhadap fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi bisnis SooltanPay sangatlah mudah dan lengkap, sehingga hanya berbekal aplikasi bisnis SooltanPay, pelaku bisnis bisa menjalankan bisnisnya dengan cepat dan praktis. 

Fitur Utama Aplikasi Bisnis Digital SooltanPay

Fitur Produk Toko, Tidak Perlu Repot Urus Transaksi Penjualan dan Bikin Laporan Keuangan

Penting untuk diketahui, Fitur Produk Toko merupakan fitur kasir yang memberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan transaksi penjualan, mendapatkan laporan keuangan lengkap dengan pilihan periode harian atau mingguan atau bulanan secara real time serta tepat. Melalui fitur ini, pemilik bisnis bisa melakukan berbagai hal, seperti mengelola dan memantau kinerja karyawan, toko cabang, serta kasbon yang dilakukan pelanggan dengan praktis, hanya lewat aplikasi.

fitur produk toko aplikasi sooltanpay

Melalui fitur yang terdapat dalam aplikasi bisnis SooltanPay ini, pelaku bisnis bisa mendapatkan akses mudah untuk melakukan pencatatan transaksi secara digital yang lebih praktis dan efisien, monitoring usaha kapan saja dan dari mana saja sehingga lebih fleksibel, serta mendapatkan laporan penjualan lebih akurat karena aplikasi ini membantu meminimalisir kesalahan dalam pencatatan yang dilakukan secara manual.

Fitur Produk Toko menggunakan sistem yang otomatis, baik dalam melakukan pencatatan maupun pelayanan sehingga pelaku bisnis bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada pelanggan. Data transaksi juga tersimpan secara otomatis dalam sistem database, hal ini akan membuat data tersimpan secara aman dan menguransi risiko data transaksi hilang atau tercecer.

Fitur Top Up dan Tagihan, Bisa Jadi Peluang Tambah Penghasilan Secara Online

Ternyata Aplikasi Bisnis SooltanPay memberikan peluang bagi pelaku bisnis UMKM untuk menambah penghasilan lho. Fitur Top Up dan Tagihan adalah sebuah sistem pembayaran yang memanfaatkan fasilitas perbankan untuk digunakan melakukan berbagai macam pembayaran sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Melalui Fitur Top Up dan Tagihan, SooltanPay menyediakan layanan PPOB atau Payment Point Online Bank, yang selain memudahkan pelaku bisnis mengontrol tagihannya juga membuka peluang jasa untuk melakukan berbagai jenis pembayaran secara online hanya lewat satu aplikasi. Dengan fitur ini, pemilik bisnis bisa menjual pulsa, paket data internet, pembelian token listrik, pembelian voucher game, top up e-wallet, serta beragam transaksi perbankan lainnya.

fitur top up dan tagihan aplikasi sooltanpay

Dengan aplikasi bisnis SooltanPay, ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan pemilik bisnis, yaitu:
  1. Menambah penghasilan dan memperluas peluang usaha baru,
  2. Menambah jumlah pelanggan karena ada peningkatan fasilitas pelayanan kepada pelanggan,
  3. Melakukan pembayaran tagihan online tanpa perlu antri dan lebih hemat waktu.
Apapun layanan perbankan yang diinginkan pelanggan, seperti Top Up Pulsa dan E-Wallet, maka akan tersedia dengan cepat. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa Jualan Pulsa, Jualan Voucher Game, serta layanan perbankan lainnya yang berpeluang memberikan keuntungan tambahan, selain jualan produk tentunya, seperti berikut ini.
  • Keuntungan berupa komisi dari setiap transaksi penjualan. Semakin banyak pelanggan yang menggunakan layanan PPOB ini, maka akan semakin besar pula komisi yang akan didapatkan.
  • Terdapat banyak pilihan produk yang terdapat dalam fitur Top Up dan Tagihan sehingga peluang mendapatkan komisi atau keuntungan juga semakin banyak dengan menjual berbagai produk.
  • SooltanPay juga memberikan struk digital sebagai bukti pembayaran untuk setiap transaksi pembayaran yang dilakukan melalui Fitur Top Up dan Tagihan. Bahkan tidak hanya itu, SooltanPay menyimpan data transaksi tersebut pada server sehingga bukti transaksi bisa diakses dan dicek kembali pada Laman Riwayat jika diperlukan.
Penting untuk diketahui, pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan peluang usaha dari SooltanPay ini harus mengisi saldo modal usaha untuk dipakai jualan pulsa, jualan voucher game, jualan kuota internet, top up e-wallet, dan layanan lainnya. Namun, tidak ada saldo minimal yang ditetapkan untuk mengisi saldo modal usaha, melainkan disesuaikan dengan kemampuan pelaku bisnis tersebut. Umumnya pelaku bisnis yang ingin menambah penghasilan melalui peluang usaha Top Up dan Tagihan bisa melihat dari rata-rata layanan PPOB yang digunakan pelanggan.
Oh ya, ada informasi penting nih khusus untuk pengguna aplikasi bisnis SooltanPay, karena ada Promo Spesial Cashback yang berlaku sampai akhir bulan Februari 2022 dan tentu saja promo ini terbatas. Promo ini spesial untuk pembelian pulsa, pembayaran tagihan, atau semua transaksi yang dilakukan melalui Fitur Top Up dan Tagihan tanpa minimal Transaksi...wah bisa untung berlipat-lipat nih!


promo cashback top up dan tagihan sooltanpay


Fitur Pembayaran Digital, Memudahkan Pelanggan Dengan Berbagai Metode Pembayaran

Bisa dibilang, fitur pembayaran digital ini menjadi favorit sebagian besar masyarakat saat ini karena tidak perlu repot membawa uang tunai untuk melakukan berbagai pembayaran. Adapun Fitur Pembayaran Digital yang terdapat pada aplikasi bisnis SooltanPay ini menyediakan berbagai metode pembayaran sesuai kenyamanan pelanggan ketika melakukan transaksi non-tunai melalui Scan QR Code yang sudah terintegrasi dengan QRIS (Quick Response Indonesian Standard) dari Bank Indonesia. Fitur ini juga sudah terintegrasi dengan penjualan sehingga saat pelanggan melakukan pembayaran digital maka transaksi penjualan akan dihitung secara otomatis.

fitur pembayaran digital sooltanpay

Jadi jangan ragu untuk menggunakan Fitur Pembayaran Digital pada SooltanPay, karena ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan, seperti:
  • Bisa menerima pembayaran tunai menggunakan metode pembayaran Cashless atau Cardless.
  • Lebih praktis dan aman, karena transaksi dapat tersimpan secara digital, jadi tidak perlu repot mencari kembalian. Lebih aman tentunya, karena pelanggan tidak perlu membawa uang tunai.
  • Lebih Up To Date dengan perkembangan teknologi pembayaran dan tentunya sesuai dengan kebutuhan pelanggan masa ini.
Lantas, benefit apa saja yang akan didapatkan pelaku bisnis terutama UMKM ketika menggunakan Fitur Pembayaran Digital dari SooltanPay ini.
  1. Lebih Praktis Dengan Uang Digital. SooltanPay akan menyimpan saldo dalam bentuk digital atau uang elektronik yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi lainnya, termasuk membeli bahan baku produk atau menambah stok barang yang akan dijual.
  2. Tersedia Pin Keamanan Untuk Transaksi Pembayaran Lebih Nyaman. Setiap kali pemilik bisnis melakukan transaksi menggunakan QR Payment yang diambil dari dana simpanan di Saldo SooltanPay, maka akan selalu diminta mengisi PIN sebagai perlindungan keamanan sekaligus konfirmasi atas transaksi yang akan dilakukan.
  3. Leluasa Mengatur Saldo Uang Digital. Di SooltanPay, pengguna bisa dengan leluasa mengatur saldo digital, apakah ingin mengisi ulang saldo untuk kepentingan bisnis, mentransfer dana ke sesama pengguna aplikasi SooltanPay atau rekening bank, bahkan bisa meminta dan menerima dana dari pengguna lain untuk saldo SooltanPay. 
fitur pembayaran digital aplikasi sooltanpay

Lalu, bagaimana agar pengguna bisa mendapatkan QRIS untuk pembayaran digital? Sangat mudah dan cepat, karena pengguna hanya diminta untuk melakukan Upgrade Akun dengan mengisi form sesuai identitas yang tertera pada E-KTP secara lengkap dan jelas. Setelah proses upgrade akun selesai dilakukan, maka pengguna bisa mendapatkan Kode QRIS. Cetak kemudian bagikan kode QRIS tersebut agar transaksi bisa dilakukan secara cepat dan fleksibel. Keuntungan lainnya, pengguna bisa menerima pembayaran dari berbagai dompet digital dengan biaya per transaksi adalah 0%.

Bagaimana? Menarik bukan berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi bisnis SooltanPay. Cara daftar Aplikasi Bisnis Digital SooltanPay sangat mudah, cukup dengan mengakses website www.sooltanpay.id atau download aplikasi SooltanPay melalui PlayStore melalui link ini https://app.sooltanumkm.id/register.

Dengan berbagai kemudahan yang bisa diakses melalui fitur-fitur pada Aplikasi Bisnis Digital SooltanPay, tidak ada alasan lagi bagi pelaku bisnis terutama UMKM untuk tidak Go Digital. Dengan Go Digital, UMKM berpeluang besar meraih lebih banyak pelanggan, mengembangkan bisnisnya dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Bahkan tidak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi bisnis SooltanPay, bisnis yang dikelola akan terlihat lebih profesional dan siap memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Yuk saatnya jadi Sooltan dengan menjadi Pengusaha Sooltan bersama SooltanPay!

5 komentar

  1. Terima kasih ulasannya. Aplikasi yang bermanfaat dan memudahkan, terutama untuk pelaku UMKM

    BalasHapus
  2. Sooltan pay ini besutannya PT Telkom ternyata ya Mba.

    Nah iya nih, aku setuju bahwa pengusaha UMKM jangan sampai tidak memanfaatkan fitur-fitur pada Aplikasi Bisnis Digital SooltanPay supaya lebih berpeluang besar meraih lebih banyak pelanggan dan mengembangkan bisnis.

    BalasHapus
  3. Wahh aku baru ini mbak, ternyata inovasi dari PT. Telkom ya
    Makin praktis aja sekarang. Dan aku seringnya memang cashless mbak, ga perlu bawa tentengan duit banyak di tas

    BalasHapus
  4. Pemilik umkm termasuk warung memang sudah harus melek digital ya, karena sekarang apa2 banyak dijual secara digital, tinggal kitanya mau apa gak menjalankannya, aplikasi sooltanpay ini memang ditujukan untuk bisnis ya mba, jadi keuntungannya lebih kelihatan ya daripada aplikasi sejenis

    BalasHapus
  5. Waah baru tau mam ada aplikasi baru Sooltanpay dari Telkom, memudahkan sekali ya bagi pelaku usaha UMKM.
    Semoga UMKM.negeri ini bisa bangkit kembali.

    BalasHapus