Yuk Dengarkan Hoala & Koala Menyanyikan Lagu Anak Indonesia

lagu anak indonesia

Meskipun sudah memasuki tahun ajaran baru, namun sekolah Aisha, putri bungsu saya yang saat ini berusia 9 tahun dan duduk di kelas 4 Sekolah Dasar masih memberlakukan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring. Biasanya saat Aisha menerima pelajaran melalui Aplikasi Zoom, saya selalu menemani. Nah…suatu hari ibu guru yang mengajar pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) bertanya kepada murid-muridnya, termasuk Aisha tentang Lagu Anak Indonesia mana yang menjadi favorit mereka dan sering dinyanyikan di rumah. Hening…tidak ada satu pun murid-muridnya yang menjawab, termasuk Aisha yang beberapa kali bertukar pandang dengan saya. Wah…ini jadi catatan dan pekerjaan rumah untuk saya, karena sejak Aisha duduk di bangku SD sudah mulai jarang mendengarkan lagu anak-anak atau justru lagu anaklah yang kini semakin langka.

Lagu, bisa dikatakan sebagai salah satu produk budaya popular yang merupakan gabungan antara musik dan bahasa, yang dinikmati oleh banyak orang termasuk anak-anak, tentunya dengan alasan yang berbeda-beda. Namun khusus untuk anak-anak berdasarkan beberapa penelitian, mendengarkan dan menyanyikan lagu anak memiliki beberapa manfaat, yaitu:

1. Sarana Komunikasi.
Umumnya melalui lagu, anak-anak akan lebih mudah menangkap pesan yang ingin disampaikan, bahkan berkomunikasi melalui lagu akan membuat hari anak-anak senang dan gembira, sehingga informasi yang ingin disampaikan bisa terserap dengan mudah.

2. Sarana Pendidikan.
Pernah mendengarkan lagu atau bahkan sering menyanyikan lagu berjudul “Satu Ditambah Satu,” Nah…selain irama lagu yang membuat anak-anak ceria dan bersemangat, lagu ini juga membantu anak-anak belajar berhitung lho. Selain lagu tersebut, sebenarnya masih banyak lagu anak lainnya yang memiliki misi khusus mengajarkan suatu keterampilan atau pengetahuan baru untuk anak. Tidak hanya itu, melalui lagu, anak-anak bisa belajar kosakata baru yang nantinya akan memperkaya bahasanya. Namun sayangnya, setelah era tahun 1990-an, Lagu Anak Indonesia semakin minim.

3. Sarana Untuk Mendekatkan Hubungan atau Mempererat Bonding.
Seberapa seringkah Bunda dan si kecil beryanyi bersama? Ternyata beryanyi bersama bisa memperkuat bonding atau membuat hubungan antara ibu dan anak semakin dekat lho. Apalagi kalau lagu yang dinyanyikan berirama riang, selain menjalin kedekatan emosional, anak juga menjadi lebih gembira serta bersemangat.

Selain tiga manfaat yang telah disebutkan di atas, sesungguhnya masih banyak manfaat menyanyikan lagu untuk anak-anak, seperti melatih fungsi otak, melatih berbicara, mempengaruhi mood, melatih kemampuan mendengar, bersosialisasi, memberikan ketenangan, melatih kerjasama, dan membantu anak untuk belajar. Jadi bisa dikatakan jika lagu merupakan salah satu media untuk membantu stimulasi anak agar tumbuh kembangnya lebih optimal. 

Namun, lagu seperti apa sih yang bisa dikategorikan sebagai lagu anak. Dalam suatu diskusi bertema, “Laguku Bukan Lagu Duniaku” di Balai Budaya Samirono Yogyakarta tahun 2016 lalu, dijelaskan setidaknya ada tiga kriteria lagu anak, yaitu:
  1. Lirik atau syairnya menggunakan bahasa sederhana dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan bahasa anak.
  2. Iramanya mendorong anak untuk merespon lagu dengan gerakan-gerakan sederhana yang dilakukan dengan gembira. Untuk itu, ritme lagu cenderung konstan dengan tempo riang berenergi.
  3. Tema lagu menggambarkan dunia keseharian dengan berbagai pengalaman yang ceria, bersemangat, polos, dan lepas.
Setelah mencapai titik puncak kejayaan Lagu Anak Indonesia di era tahun 1990-an, di mana pada tahun-tahun tersebut banyak sekali beredar dan diluncurkan album lagu anak-anak serta banyak bermunculannya penyanyi cilik. Kini setelah tahun berganti hingga kemajuan teknologi digital yang semakin pesat, lagu anak Indonesia tidak lagi terdengar gaungnya. Meskipun masih ada yang menyanyikan lagu anak, namun hanyalah lagu lama yang dikemas lagi dengan musik yang yang berbeda.

Saya sebagai orangtua, tentu sangat prihatin dengan kondisi ini, apalagi melihat Aisha yang justru lebih mengenal dan menyukai lagu-lagu untuk orang dewasa, yang tentu saja liriknya tidak sesuai dengan usia Aisha. Tidak heran jika Karina Adistiana, Psikolog Pendidikan dan Perkembangan menghimbau agar orangtua lebih selektif memilih lagu untuk diperdengarkan pada anak, terutama yang masih berusia batita dan balita. Menurut Karina Adistiana, sebaiknya orangtua memilih lagu berkualitas untuk anak, yang tidak hanya menghibur namun juga mendidik.

Dengan perannya sebagai salah satu inisiator Gerakan Peduli Musik Anak, Kania Adistiana mengajak para orangtua untuk lebih peduli dengan memilih lagu anak yang berkualitas dan sebagai referensi, berikut ini beberapa kriteria lagu yang ramah didengar anak terutama yang masih berusia batita dan balita, yaitu:
  • Liriknya sederhana dan mudah dipahami anak-anak.
  • Isi lirik bermuatan positif.
  • Sesuai dengan tahap perkembangan usia anak dan membantu anak untuk belajar.
  • Lagu anak tidak selalu dinyanyikan oleh penyanyi anak, bisa juga dinyanyikan oleh orang dewasa.
  • Lagunya bisa didengarkan anak-anak dan juga orangtua.
Tapi di era di mana kemajuan teknologi digital sudah sangat pesat, masih adakah lagu anak Indonesia yang memenuhi kriteria tersebut ditengah derasnya arus informasi lagu-lagu baru dengan lirik yang sama sekali tidak ramah anak. Kalaupun ada, jumlahnya masih sangat sedikit dan tentu saja karena dianggap lagu untuk anak-anak sehingga penggarapan musiknya tergolong sederhana. Padahal, untuk anak-anak generasi milenial, musik yang digarap dengan serius juga disukai anak-anak lho, apalagi jika berirama riang dan membuat anak bergembira serta semangat.

Sampai suatu hari, ketika Aisha sedang mencari episode terbaru serial kartun animasi 3D favoritnya di salah satu kanal Youtube, tiba-tiba muncul di beranda pencarian video lagu anak Indonesia yang berjudul “Kuman” yang dinyanyikan oleh karakter animasi 3D Hoala & Koala, karena penasaran Aisha langsung klik dan menonton video lagu tersebut.

lagu anak indonesia

“Benar ya kata Bunda, kalau habis main di luar rumah harus mandi agar terhindar dari penyakit.” Senang mendengar kata-kata Aisha setelah menonton video lagu Hoala & Koala, soalnya Aisha sering sekali menunda-nunda mandi setelah beraktivitas di luar rumah padahal saya sudah sering mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh, apalagi saat ini masih pendemi. Dari satu video lagu anak Indonesia Hoala & Koala, saya langsung subscribe channel Youtube Hoala & Koala, dan menemukan ternyata ada banyak lagu dengan lirik serta musik yang sesuai dengan kriteria lagu ramah anak.

Yuk Dengarkan Hoala & Koala Menyanyikan Lagu Anak Indonesia

Meskipun perkembangan platform media hiburan saat ini sangat pesat, nyatanya belum memberikan angin segar untuk anak-anak agar bisa menikmati konten-konten hiburan yang sesuai dengan tahapan usia mereka. Minimnya konten hiburan terutama lagu anak Indonesia, memaksa mereka menikmati sajian musik khas orang dewasa dengan lirik yang tentu saja tidak cocok untuk dicerna anak-anak, termasuk Aisha yang sejak sekolah daring banyak mengakses musik dengan lirik tidak sesuai usianya.

lagu anak indonesia

Keresahan saya sebagai orangtua akan minimnya lagu anak Indonesia, ternyata juga dirasakan Rendyadi Amnar selaku CEO dari PT. Amnar Awandi Kazoku yang lalu menginisiasi lahirnya karakter animasi 3D Hoala dan Koala pada pertengahan tahun 2020 lalu. Selain menawarkan kualitas secara visual, karakter musical Hoala & Koala yang berbentuk animasi 3D itu juga menyuguhkan konten hiburan dengan musik-musik yang ceria disertai lirik edukasi yang bisa dinikmati anak-anak melalui kanal Youtube Lagu dan Animasi Anak.

Untuk bisa dekat dengan kehidupan serta keseharian anak-anak, karakter yang divisualisasikan dengan animasi 3D ini memiliki karakter layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh dan berkembang di era digital. Wah…jadi penasaran nih, seperti apa sih karakter animasi 3D Hoala & Koala itu? Dan siapa saja karakter lainnya yang juga ada dalam video musik animasi 3D ini?

Siapa Saja Karakter Dalam Hoala & Koala?

Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang memiliki persamaan, yaitu sama-sama gemar bernyanyi, pastinya kedua karakter ini akan terus bernyanyi dan mengeluarkan banyak lagu. Lantas, mengapa karakter dalam Youtube lagu dan animasi anak ini digambarkan dengan karakter 3D? Salah satu alasan karakter dalam Hoala & Koala di buat dalam karakter 3D adalah agar bisa selalu berkontribusi pada perkembangan lagu anak Indonesia tanpa menghawatirkan karakter tersebut akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. Siapa saja sih karakter dalam Hoala & Koala, yuk cari tahu!

👉 Hoala Awandi
Hoala adalah anak perempuan dari Keluarga Awandi yang berusia 3 tahun, gemar bernyanyi, dan menyukai susu rasa coklat serta stroberi. Meskipu usianya masih tergolong kecil, namun Hoala tergolong anak cerdas karena mampu berbicara dengan lancar dan bernyanyi dengan sangat merdu di usia yang masih sangat kecil.

👉 Koala
Sahabat dekat Hoala. Koala adalah hewan yang berasal dari negeri Mykonos, dunia yang berada dalam buku cerita favorit Hoala. Miss Jeruk lah yang kemudian mewujudkan keinginan Hoala memiliki teman baik di rumah saat pandemic, bahkan teman baiknya ini memiliki hobi yang sama, yaitu bernyanyi. Siapa Miss Jeruk?

👉 Miss Jeruk (Peri Baik Hati)
Miss Jeruk adalah peri baik hati berbentuk jeruk yang asalnya dari negeri di atas awan. Miss Jeruk selalu setia mendampingi Hoala, mewujudkan keinginan Hoala, dan membantu mendidik Hoala agar menjadi anak yang baik.

👉 Amar Awandi (Ayah)
Amar adalah ayah dari Hoala dan sangat saying pada Hoala. Selain ayah Hoala, Amar adalah seorang pengusaha yang memiliki usaha bergerak di bidang digital.

👉 Nara Awandi (Ibu)
Nara adalah ibu Hoala yang sehari-hari adalah ibu rumah tangga. Ibu Nara selalu memberikan yang terbaik dalam mendidik Hoala dan banyak menyampaikan nasihatnya dalam bentuk lagu.

youtube lagu dan animasi anak

Selain karakter utama Hoala & Koala, serta Miss Jeruk, Ayah, dan Ibu, masih ada beberapa karakter lainnya, seperti Rubin, Lincul, Burhan, Bu Aya, Serigili, Om Pong, dan Om Bre. Wah…ternyata banyak juga karakter animasi 3D Hoala & Koala, dan semuanya bisa bernyanyi lho. Diharapkan dengan banyaknya variasi karakter dan suara, tidak hanya membuat anak-anak terhibur, tapi juga orangtua yang menemani, ikut menonton, serta mendengarkan lagu dari Youtube lagu dan animasi anak, bersama anak-anak mereka juga ikut terhibur.

Kontribusi Hoala & Koala Untuk Lagu Anak Indonesia

Sampai saat ini, Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat serta didengarkan melalui Youtube Hoala & Koala, Spotify Hoala & Koala, hingga Itunes Hoala & Koala. Nah…orangtua serta anak-anak bisa mendengarkan lagu-lagu baru dari Hoala & Koala di berbagai platform media digital ya, atau bisa juga mendengarkan lagu sambil nonton video animasinya di Official Youtube Hoala & Koala.

Untuk menarik perhatian anak-anak serta orangtua, Hoala & Koala selalu menggarap musiknya dengan serius dan matang. Inilah yang membedakan animasi 3D Hoala & Koala dengan lagu anak lainnya, yang selama ini tidak mendapat perlakukan istimewa terutama saat penggarapannya. Padahal ditengah minimnya jumlah lagu anak Indonesia, sesungguhnya peluang tersebut akan selalu ada. Duh…saya jadi merindukan masa-masa di mana lagu anak mendapat tempat istimewa di kalangan pecinta musik Indonesia, bahkan saya tumbuh bersama banyak lagu anak-anak dengan lirik sarat akan nilai edukasi.
Baca juga:
Tidak hanya digarap dengan konsep serius dan matang, Hoala & Koala juga melibatkan banyak musisi internasional lho, terutama dari sisi pembuatan aransemen music Hoala & Koala…keren kan! Jika didengarkan secara seksama, musik Hoala & Koala mengandung banyak bunyi-bunyian alat musik yang selama ini tidak lazim dipergunakan dalam proses pembuatan aransemen lagu anak. Namun justru banyak digunakan dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti terompet, saxophone, double bass, clarinet, cello, trombone, serta harpa. Selain itu, juga terdapat instrumen etnik khas Indonesia, seperti gamelan dan angklung yang digunakan dalam penggarapan musik Hoala & Koala.

youtube lagu dan animasi anak

Dengan aransemen musik lagu-lagu Hoala & Koala yang digarap secara serius dan matang ini, serta disertai bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ini, Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tidak selamanya musik untuk lagu anak Indonesia dibalut dengan musik yang sederhana juga karena zaman sudah berubah dan pengetahuan anak-anak tentang musik tentu tidaklah sama seperti masa tahun 1990-an ke bawah.

Selain digarap dengan aransemen yang kaya dengan bunyi-bunyian alat musik, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas vokal yang menyanyikan lagu anak Hoala & Koala. Bisa dikatakan jika kualitas vokal yang menyanyikan lagu Hoala & Koala disandingkan dengan aransemen musiknya di luar genre anak-anak. Hal ini dengan tujuan agar penikmat lagu-lagu Hoala & Koala bersifat universal dan tidak dibatasi usia serta bisa didengarkan dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa terutama orangtua.

Keunikan lagu dan musik Hoala & Koala lainnya adalah dari pemilihan genre atau jenis musik yang tidak dibatasi untuk satu jenis musik, yaitu jenis musik children pop. Ada banyak variasi genre atau jenis musik dalam lagu-lagu Hoala & Koala, seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Diharapkan anak-anak bisa memperkaya pengetahuan serta wawasan musiknya dengan mendengarkan lagu-lagu Hoala & Koala.

Hadirnya Youtube animasi dan lagu anak Hoala & Koala diharapkan dapat menjadi pemantik untuk kebangkitkan kembali dunia musik anak Indonesia, serta untuk menaikkan level dan pandangan umum masyarakat atas penggarapan lagu anak Indonesia dengan menghadirkan lagu yang tidak hanya berlirik sarat edukasi, nasihat, serta mendidik, namun juga musik dengan aransemen yang berkualitas.

lagu anak indonesia

Inilah kontribusi Hoala & Koala untuk lagu anak Indonesia yang harus didukung oleh seluruh masyarakat terutama para orangtua, agar anak Indonesia bisa mendengarkan lagu sesuai tahapan usianya. Caranya, yuk dengarkan terus Hoala & Koala menyanyikan lagu anak Indonesia melalui Youtube, Spotify, dan Itunes, serta jangan lupa follow media social Hoala & Koala juga ya untuk tahu update lagu-lagu terbaru Hoala & Koala. Maju terus lagu anak Indonesia!

Referensi Artikel dan Foto:
https://www.hoaladankoala.com/

28 komentar

  1. Wah baru tahu kalau ada kanal youtube Hoala & Koala yang memiliki banyak konten musik lagu anak, kabar baik nih soalnya sudah belasan tahun ini jarang terdengar lagu anak terbaru bahkan jarang sekali ada konten musik lagu anak di media sosial serta di televisi.

    BalasHapus
  2. Keren ya, ternyata masih ada lagu anak Indonesia terbaru ditengah sulitnya menemukan lagu anak kekinian. Harus di subcribe nih youtube Hoala & Koala buat referensi konten musik anak-anak.

    BalasHapus
  3. Baguss bun ini yang terus ditingkatkan bun soalnya miris beda sama jaman saya kecil dulu tv masih hitam putih banyak lagu anak2 skrg malah pd kpop-an

    BalasHapus
  4. Untung skrng ada channel bagus utk anak anak ya mbak. Miris anak anak tahunya joged tiktok aja

    BalasHapus
  5. Senaaaanggg banget ada channel yg menarik dan edukatif
    anak2 bisa mendapatkan hiburan sesuai usia.
    menarik bangettt ini

    BalasHapus
  6. Aku belum nonton atau dengar lagu Hoala & Koala. Kayanya nanti bakal lihat deh biar gak penasaran. Lagu anak sekarang kan jarang banget, tapi aku kadang nyanyiin lagu jadul buat Keponakanku

    BalasHapus
  7. Hoala & Koala menambah opsi nih bagi ortu yang ingin menghibur anak dengan lagu namun tetap edukatif. Good banget menurutku.

    BalasHapus
  8. Asli baru tau ada lagu anak ini. Bakal saya tunjukkin ke anak-anak ntar. Berharap banget makin banyak ya mak lagu anak Indonesia. Karena sekarang ini udah makin sedikit banget nggak kayak zaman dulu.

    BalasHapus
  9. Kok aku jadi ikut bahagia ya dengan hadirnya Hoala Koala ini. Mengingat selama ini minimnya konten hiburan terutama lagu anak Indonesia, memaksa mereka menikmati sajian musik khas orang dewasa dengan lirik yang tentu saja tidak cocok untuk dicerna anak-anak. Beneran solusi ini!

    BalasHapus
  10. Channel seperti Hoala & Koala ini yang layak direkomendasikan sebagai channel untuk nonton/dengar musik dan lagu, dan belajar bernyanyi. Saya sudah kunjungi channelnya, secara visual kualitasnya bagus, dan memang cocok untuk anak. Semoga jadi channel favorit keluarga.

    BalasHapus
  11. Asyik ya bisa ditonton di youtube, bisa jadi rekomendasi lagu anak-anak ini. Apalagi sekarang lagu anak udah jarang banget yang bagus, anak sekarang cepat dewasa. Dulu kecil banyak lagu anak yang berkualitas dan punya pesan mendidik. Andai bisa seperti dulu

    BalasHapus
  12. Hoala diambil dari karakter anak usia 3 tahun ya. Wah, anak saya hampir 3 tahun, nih. Dan sangat suka menonton lagu-lagu di Youtube

    BalasHapus
  13. Ya Allah..sedih yaa..
    Anakku juga kalau ditanya lagu anak, gak ada yang bisa dan bahkan gak ada yang nyantol.

    Sedih banget.

    Alhamdulillah, Hoala Koala membawa angin segar bagi anak juga orangtua. Semoga anak Indonesia todka kehilangan sosok anak-anaknya.

    BalasHapus
  14. Suka banget kalau ada chanell lagi anak Indonesia yang juga menggambarkan keseharian. Jadinya ga perlu kuatir anak ama lagu Indonesia ya

    BalasHapus
  15. Anak saya yang kecil juga nggak kenal lagu-lagu anak, Mbak, hahaha, sedih. Nanti mau diajak nonton Hoala Koala ah, biar tahu lagu-lagu anak.

    BalasHapus
  16. Gemes banget lihat Hoala Koala. Tapi aku penasaran deh, kenapa kok yang dipilih binatang koala yang berasal dari australia ya?

    BalasHapus
  17. Animasinya cakep banget ya jadi tak hanya disuguhi lagu-lagu anak yang baru tapi juga video musiknya lucuuu.. Bisa nih aku share ke teman-teman yang punya anak kecil..

    BalasHapus
  18. seneng ada lagu baru yang mendidik dan sesuai anak ya mak
    soalnya tau sendiri lagu sekarang itu ya ampun susahnya kebanyakan lagu anak-anak masak dah cinta-cintaan
    kalau videonya lucu seru gini mau dengerin juga aaaah

    BalasHapus
  19. Semoga saja hadirnya Hoala & Koala untuk lagu anak Indonesia, diterima oleh masyarakat terutama orang tua yang mempunyai anak, biar mereka mengenal lagu anak sesuai dengan usianya. Lagu anak yang pernah menghilang lama, ayo bangkit lagii..

    BalasHapus
  20. anak-anak aku juga suka nonton hoala dan koala ini mak apalagi si annasya yang seing banget dapat tugas bernyanyi di sekolahnya, ia paling suka ama miss jeruk, trim ya tim kreatif hoala koala udah jadi gudangnya lagu anak-anak

    BalasHapus
  21. Jujur makin sulit mendaparkan lagu anak yang memang asli bahasa Indonesia bukan terjemahan di channel youtube, jadi channel hoala koala ini sangat bermanfaat, apalagi syair dengan bahasa yang sederhana tapi memiliki makna mudah dicerna anak-anak

    BalasHapus
  22. MasyaAllah sangat mendukung sekali aku nih adanya Hoalah koala. Biar pada belajar lagu sesuai usianya. Sedih kalo jaman sekarang nih anak lebih kenal lagu orang dewasa

    BalasHapus
  23. Wah, boleh juga ini mbak. KEbetulan anakku suka banget dengerin lagu. Ntar mau nyoba cari Hoala dan Koala di youtube. Sekarang susah banget rasanya cari lagu anak-anak, amaksih mbak infonya

    BalasHapus
  24. Karakter Hoala dan Koala lucu dan unik, terobosan terbaru lagu2 anak Indonesia. Anak saya juga suka dengerin lagunya

    BalasHapus
  25. Nah, emang harusnya ada yg peduli gini nih thd anak-anak Indonesia. Prihatin emang dg minimnya lagu anak di jaman sekarang. Bisa dibilang malah nyaris ga ada lagu baru. Kalau pun ada, bisa dihitung dg jari. Bagus ada YouTube anak Hoala & Koala gini

    BalasHapus
  26. wah baru tahu ada kanal youtube lagu anak indonesia hoala dan koala. Pasti anak anak akan suka ya dengan lagu-lagu di Hoala KOala. jadi pengen ajak Saki lait juga. makasih rekomendasinya mbak

    BalasHapus
  27. Lagu memang bisa jadi sarana edukasi juga buat anak-anak ya, menyanyikan sambil belajar nilai-nilai kebaikan yang ada di dalam lagu.

    Asyik ada lagu-lagu anak di Hoala Koala ini, kayaknya bakal jadi channel favorit anak-anak nih

    BalasHapus
  28. Aku udah buntu ide deh dengan lagu-lagu anak Indonesia. Jadinya selama ini seringnya buka channel luar untuk lagu anak. Baru tahu dengan Hoala dan Koala. Boleh-boleh nih aku kenalin ke anak-anak. Cus ke tekapeee...

    BalasHapus