Sukses Tingkatkan Personal Branding Berkat Aplikasi Siap Kerja QuBisa

aplikasi siap kerja

"Tante, akhirnya saya diterima kerja dan besok sudah mulai masuk kerja," Kabar bahagia ini saya terima dari keponakan saya yang baru beberapa bulan ini lulus kuliah, setelah menjalani berulang kali interview di tiga perusahaan yang berbeda. Bagi saya, prosesnya cukup cepat, hanya butuh waktu dua bulan setelah lulus kuliah langsung bekerja sesuai disiplin ilmu yang dipelajarinya. Menurut keponakan saya, salah satu poin terbesar yang membuatnya lolos interview karena selama tahun-tahun terakhir masa kuliahnya cukup aktif membuat konten di platform LinkedIn. Apalagi di era digital ini berkat Aplikasi Siap Kerja, para fresh graduate bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk masuk ke dunia kerja dan memulai karir dengan lebih percaya diri.

Sudah sejak lama, LinkedIn yang selain merupakan salah satu platform media sosial yang sering dijadikan media saling berbagi konten antara para profesional, juga merupakan media yang tepat untuk membangun personal branding serta mengakses beragam informasi lowongan kerja. Di lansir dari situs qubisa.com, saat ini pengguna LinkedIn diseluruh dunia mencapai 400 juta lebih, sedangkan di Indonesia jumlah pengguna aktif situs pertemanan sosial ini mencapai kurang lebih 5 juta. Jadi, sangat disayangkan jika karyawan atau pekerja yang ingin meningkatkan karirnya, serta para pencari kerja terutama fresh graduate tidak memanfaatkan LinkedIn untuk membangun dan meningkatkan personal branding. Padahal, personal branding menjadi strategi yang tepat untuk membangun citra diri yang positif serta menunjukkan keahlian demi karir yang lebih cemerlang di masa yang akan datang.

Apa Itu Personal Branding

Nah...sebelum mengetahui cara meningkatkan personal branding, tentu harus tahu dulu tentang apa itu personal branding. Personal Branding sesungguhnya merupakan teknik memperkenalkan atau mempromosikan diri kepada orang lain atau masyarakat luas, baik melalui kepribadian yang bisa ditunjukkan atau melalui aktivitas tertentu agar tercipta kesan atau reputasi yang baik. Spesial di era digital ini, personal branding tidak hanya ditunjukkan secara langsung, tetapi bisa juga melalui berbagai platform media sosial yang bisa diakses siapa saja dan dari mana saja.

wawancara kerja

Personal Branding bisa dikatakan sangat penting, tidak hanya bagi karyawan atau pekerja yang ingin meningkatkan karir, namun juga bagi pencari kerja terutama fresh graduate. Dengan membangun personal branding yang tepat selain dapat mempengaruhi pandangan perusahaan terhadap diri karyawan atau calon karyawan itu sendiri, juga memberikan banyak manfaat untuk perkembangan karir di masa yang akan datang. Setidaknya ada tiga keuntungan atau manfaat terutama bagi seorang fresh graduate jika sukses membangun personal branding sejak sebelum diterima pekerja atau mungkin saat masih duduk dibangku kuliah, seperti berikut ini:

☑ Terlihat Lebih Unggul Dibandingkan yang Lain

Menurut penuturan keponakan saya, salah satu poin yang membuatnya menjadi kandidat calon karyawan yang sangat diperhitungkan karena selain memiliki akun di berbagai platform media sosial terutama LinkedIn, Dia juga rajin mengisi akun media sosialnya dengan berbagai konten sesuai hobi atau passionnya. Ternyata aktivitas hobi yang sering diunggah ke media sosial LinkedIn sangat bersentuhan erat dengan pekerjaan yang dilamarnya. 

Dengan demikian terlihat bahwa portofolio yang ditampilkan di media sosial secara langsung membuka pintu bagi siapa saja terutama perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja untuk melihat keahlian yang dimiliki calon karyawannya. Bayangkan jika konten-konten dalam akun media sosial seorang pencari kerja yang masih fresh graduate menampilkan hasil karya atau prestasi, tentu selain berpeluang menjadi kandidat calon karyawan yang diprioritaskan, juga membuatnya terlihat lebih unggul dibandingkan kandidat lain. 

☑ Dengan Kredibilitas yang Tinggi Maka Berpeluang untuk Dipercayai

Adakalanya dalam sebuah interview atau wawancara kerja, seorang pelamar kerja mampu menampilkan keahlian yang dikuasainya hanya dalam bentuk kata-kata atau cerita tanpa bukti nyata, maka bisa saja perusahaan atau pihak yang menginterview meragukan hal tersebut apalagi untuk seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja.

Dengan Personal Branding yang tentunya sudah dibangun dan dipersiapkan jauh-jauh hari, serta ditampilkan dalam bentuk portofolio melalui berbagai platform media sosial terutama LinkedIn yang bisa diakses dengan cepat, dari mana saja dan kapan saja. Tentu saja perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja tersebut tidak akan meragukan keahlian yang sudah terbukti nyata sesuai dengan hasil karya yang ditunjukkan.

☑ Membantu Mengimprovisasi Diri Sendiri

Keberhasilan menjadi kandidat calon karyawan yang diprioritaskan tentu sangat membanggakan, namun pastikan keberhasilan ini menjadi motivasi untuk selalu mengimprovisasi diri sendiri agar Personal Branding yang sudah tercipta dengan baik bisa dipertahankan atau mungkin terus ditingkatkan, tentunya dengan tujuan peningkatan karir di masa depan.

Dengan mengimprovisasi diri, secara tidak langsung akan disadari bahwa kini bukan saatnya lagi untuk berkompetisi dengan orang lain, tapi justru harus berkompetisi dengan diri sendiri agar terus bergerak maju dan menjadi lebih baik. Apalagi jika berhasil diterima bekerja diperusahaan tersebut dan perusahaan membuka peluang bagi siapapun karyawannya yang memiliki keahlian terbaik untuk mendapatkan karir yang juga terbaik.

Nah...setelah mengetahui ternyata banyak manfaat atau keuntungan yang bisa diraih jika sukses membangun Personal Branding sejak sebelum memulai karir. Sekarang saatnya untuk mengetahui cara meningkatkan personal branding atau strategi yang tepat untuk membangun personal branding yang akurat. Penting untuk diketahui, Personal Branding tidak boleh sembarangan dibangun atau harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, karena jika salah langkah maka bukan hanya reputasi yang terancam, namun juga kredibilitas akan diragukan. Tentu saja untuk seorang fresh graduate yang sedang giat-giatnya mencari kerja, hal ini sangatlah merugikan.

cara meningkatkan personal branding

Meskipun idealnya membangun personal branding dilakukan sejak sebelum memulai karir atau bahkan sejak masih kuliah, namun pada prinsipnya memulai untuk membangun personal branding yang baik dan positif bisa dilakukan kapan saja. Bahkan untuk seorang fresh graduate, keinginan untuk terus meningkatkan personal branding yang positif bisa membantunya mempersiapkan diri lebih baik saat memasuki dunia kerja dan memulai karir lebih percaya diri. 

Apalagi untuk seorang fresh graduate, proses untuk mencari dan menemukan pekerjaan yang ideal bukanlah hal mudah. Bersumber dari data BPS, jumlah angkatan kerja Indonesia sampai dengan bulan Februari 2020 adalah sebanyak 137,91 juta orang dengan angka pengangguran sebanyak 6,88 juta orang. Jadi jangan lengkah, waspadalah karena jumlah pengangguran akan selalu naik setiap tahunnya karena persaingan untuk mendapatkan kerja kian sulit. 

Baca juga:

Lowongan Kerja Untuk Lulusan Sastra

Wujudkan Mimpi Kerja Di Bali Melalui Lokerbali.info

Salah satu cara untuk mencari celah diantara banyaknya pencari kerja adalah dengan membangun personal branding yang baik dan tahu cara meningkatkan personal branding yang dimiliki, seperti berikut ini.

Cara Membangun dan Meningkatkan Personal Branding

Membangun Personal Branding bukanlah sulap atau sihir yang bisa dilakukan dalam waktu semalam, namun harus melalui suatu proses yang harus dilakukan secara konsisten dan mungkin saja membutuhkan waktu cukup lama. Jika proses membangun Personal Branding dilakukan secara instan, maka mungkin saja hal tersebut tidak akan bertahan lama. Untuk itu, ketahuilah poin-poin penting berikut ini sebagai langkah awal untuk membangun personal branding agar nantinya lebih mudah dan tahu cara meningkatkan personal branding yang tepat.

1. Kenali dan Pahami Potensi Diri

Langkah pertama untuk membangun personal branding secara akurat dan tepat, yang mencerminkan identitas pribadi serta profesional, pertama-tama harus mengenali dan memahami diri sendiri dahulu. Semakin seseorang mengenali dirinya sendiri, maka akan mengetahui apa yang kemungkinan besar orang lain katakan tentang dirinya. Nah...salah satu cara untuk mengenali dan memahami diri sendiri adalah dengan mengidentifikasi nilai-nilai yang dipercayai, serta minat dan cara pandang seseorang terhadap sebuah masalah.

Pastikan terlebih dahulu, jenis pekerjaan apa yang diinginkan sesuai minat, hobi, dan passion. Ketika sudah mengetahuinya, maka akan lebih mudah membangun Personal Branding yang tepat dan akurat. Ingatlah untuk selalu konsisten dalam membangun personal branding, agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai. Apalagi, untuk membangun personal branding yang baik dibutuhkan waktu cukup lama dan sebisa mungkin hindari cara instan. 

Terkadang, dalam sebuah interview atau wawancara kerja, calon karyawan hanya diberikan pertanyaan singkat seputar motivasi, harapan, serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Nah...jika seorang fresh graduate sudah memiliki personal branding yang kuat, tidak hanya bisa menjawab dengan tepat semua pertanyaan seputar dirinya sendiri, namun akan mampu memperlihatkan sisi lain dari dirinya dalam memandang dan memecahkan sebuah masalah. Bayangkan, jika perusahaan bisa mengakses keahlian tersebut, peluang mendapatkan pekerjaan sesuai impian tentu akan lebih besar.

2. Tentukan Ingin Di Kenal Sebagai Apa

Personal Branding yang sedang dibangun saat ini tidak hanya cerminan diri hari ini, melainkan menjadi peta jalan ke arah mana akan pergi di waktu-waktu berikutnya. Untuk itu, selain memahami dan mengenali keterampilan dan kompetensi yang dimiliki, ada baiknya untuk mengenali juga kelebihan dan kekurangan yang berkaitan dengan karir yang nantinya akan dijalani.

Dengan mengenali potensi diri, kelebihan serta kekurangan dalam diri, maka akan lebih mudah untuk membangun personal branding seperti apa yang membuat seseorang merasa nyaman dan ingin orang lain mengenalinya. Hal ini juga membantu seseorang untuk meningkatkan personal branding yang sudah dirintisnya dengan mengakses berbagai pengetahuan serta keterampilan baru. Apalagi saat ini sudah tersedia Aplikasi belajar online untuk meningkatkan kemampuan serta memaksimalkan potensi yang dimiliki.

3. Maksimalkan Media Sosial Untuk Memperluas Jaringan

Pesatnya perkembangan dunia digital harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena sudah bukan rahasia lagi jika daya jangkau media digital sangat luas dan nyaris tanpa batas. Apalagi seiring dengan berkembangnya media digital, berbagai platform media sosial pun makin banyak bermunculan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan platform yang banyak diminati para profesional serta pencari kerja untuk menemukan pekerjaan sesuai keinginan adalah LinkedIn. Jadi, sangat disayangkan jika seseorang tidak memaksimalkan fitur-fitur yang terdapat pada platform media sosial tersebut untuk membangun dan meningkatkan personal branding.

Bahkan menurut survei yang dilakukan CareerBuilder pada tahun 2018, sebanyak 70 persen pemberi kerja menggunakan media sosial calon pekerjanya untuk menyaring kandidat selama proses perekrutan. Oleh karena itu, sedini mungkin bangunlah dan terus tingkatkan personal branding melalui akun media sosial yang dimiliki, agar tampak berbeda dari kandidat lainnya. Buatlah profil di platform media sosial tersebut seprofesional mungkin, unggahlah foto terbaik, serta isilah media sosial tersebut dengan konten-konten positif yang mencerminkan keahlian serta kompetensi yang dimiliki.

Jangan lupa, pastikan untuk memaksimalkan media sosial yang dimiliki untuk memperluas jaringan, yang bisa dilakukan dengan cara membagi ide, berkolaborasi dengan orang lain, dan memperluas komunikasi dengan menjadi bagian dari berbagai komunitas di media sosial sesuai hobi atau passion. Semakin luas koneksi dan jaringan yang dibangun seseorang, maka peluang untuk membangun interaksi pun akan semakin besar, dan semakin besar pula kemungkinan profil seseorang akan dikenali orang banyak. Semakin banyak orang yang mengenali, maka peluang untuk sukses membangun personal branding melalui media sosial akan semakin besar.

4. Miliki Sikap Percaya Diri dan Etika yang Baik

Lazimnya seseorang yang sudah mampu mengenali dan memahami potensi diri dengan baik, tentu akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Namun, dalam perjalanan membangun dan meningkatkan personal branding, adakalanya harus berhadapan dengan beragam masalah. Nah...selain dibutuhkan sikap konsisten, hal yang tidak kalah pentingnya adalah seseorang harus memiliki sikap percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Sikap percaya diri akan membuat seseorang bisa menghargai dan mencintai diri sendiri, dalam kondisi apapun.

Selain memiliki sikap percaya diri, juga penting untuk memiliki etika yang baik karena saat membangun jaringan atau koneksi tentu akan berkomunikasi. Komunikasi yang baik harus diiringi dengan etika yang baik pula. Meskipun interaksi masih sebatas melalui media sosial, namun etika seperti ucapan sopan santun, kata sapaan, dan bahasa yang baik, tentunya akan membuat komunikasi menjadi berkualitas sehingga personal branding yang telah dibangun tidak akan sia-sia.

5. Tingkatkan Keahlian Dengan Mengikuti Kursus Online

Tidak ada kata terlambat untuk mulai membangun personal branding, dan tidak ada kata berhenti untuk terus meningkatkan personal branding, karena itu jangan ragu untuk terus meningkatkan kemampuan dan keahlian agar personal branding yang dimiliki selalu relevan dengan perkembangan zaman. Salah satu cara untuk terus meningkatkan kemampuan adalah dengan mengikuti berbagai Kursus Online Gratis, untuk kebutuhan Upskilling dan Reskilling.

kursus online gratis

Mengapa harus kursus online? Tentu saja kemajuan teknologi digital harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, dan dengan mengikuti Kursus Online Gratis semua orang bisa mengakses beragam ilmu untuk meningkatkan kemampuan dari mana saja dan kapan saja, jadi bisa dikatakan menjadi cara belajar efektif. Tentu saja, kursus online yang bisa diakses melalui Aplikasi Belajar Online ini akan sangat membantu siapa saja, terutama fresh graduate sebagai persiapan untuk masuk ke dunia kerja dan meningkatkan personal branding yang dimilikinya. Nah...salah satu Aplikasi Siap Kerja yang menyediakan berbagai kursus online gratis adalah QuBisa.

Sukses Tingkatkan Personal Branding Berkat Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Mau tahu cara meningkatkan Personal Branding sesuai kemampuan yang dimiliki dan cara belajar gak ribet? QuBisa adalah jawabannya, karena QuBisa adalah Aplikasi Siap Kerja yang terpercaya untuk pendidikan dan pembelajaran di mana siapa saja bisa mengakses beragam materi dan konten dalam bentuk video yang interaktif sesuai kebutuhan untuk meningkatkan personal branding yang dimilikinya. Saya bahkan sudah beberapa kali mengakses berbagai materi, baik berupa Webinar, Microlearning, maupun Kursus Online Gratis di QuBisa tentang bagaimana membangun dan meningkatkan personal branding yang tepat.

aplikasi belajar online

Kursus Online Gratis QuBisa

Ada beragam materi untuk meningkatkan kemampuan yang bisa diakses melalui berbagai kursus online di QuBisa. Bahkan juga tersedia Kursus Online Gratis dengan materi cara meningkatkan personal branding yang tentunya sangat membantu fresh graduate memahami lebih jauh tentang personal branding. Materi kursus, selain bisa diakses melalui dokumen PDF, juga tersedia Modul Video Pembelajaran sehingga kursus bisa berlangsung interaktif.

cara belajar efektif

Tidak hanya materi seputar personal branding, di fitur kursus, pengguna bisa mengakses beragam materi kursus lainnya, terutama yang berkaitan dengan Personal Development, motivasi, bisnis, kepemimpinan, Personal Brand Building, Career Development, dan masih banyak materi lainnya. Bahkan fresh graduate atau yang sudah menjadi karyawan sekalipun bisa mengikuti materi yang membantu kebutuhan Upskilling dan Reskilling. Jangan khawatir, karena durasi kursus di Aplikasi Belajar Online QuBisa cukup singkat, sehingga dalam satu waktu bisa mengakses berbagai materi yang berbeda sesuai kebutuhan.

Webinar Di QuBisa

Webinar merupakan singkatan dari web dan seminar, di mana seminar tersebut diselenggarakan melalui sebuah situs atau website atau aplikasi mobile yang terhubung dengan jaringan internet. Dalam webinar ini, narasumber atau pembicara akan membagikan materi atau konten informasi melalui media digital untuk semua peserta yang hadir secara virtual. Webinar menjadi cara belajar efektif di mana peserta bisa mengakses materi dari mana saja dan kapan saja, bikin belajar gak ribet.

Di Aplikasi Siap Kerja QuBisa, pengguna yang ingin mengikuti webinar harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum jadwal penyelenggaraan webinar berlangsung. Jika sudah mendaftarkan diri, maka menjelang jam webinar, peserta akan mendapatkan notifikasi pengingat. Kebetulan ada info menarik nih di kelas webinar QuBisa, setiap senin sampai dengan sabtu ada acara spesial dengan beragam tema dan narasumber yang kompeten dalam bidangnya dengan tujuan menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan.

belajar gak ribet

Adapun acara spesial tersebut membahas seputar Career Coaching, QuBisa Ladies Corner, Indonesia Bisa, QuBisa Night Show, Cugibara yang membahas psikologis dalam relationship, serta QuBisa Pedia dengan materi seputar bedah buku. Bagaimana? Tertarik untuk ikutan salah satu kelas webinar yang spesial dari Aplikasi Belajar Online QuBisa, yuk segera daftar jadi anggota dan pilih webinar dengan materi sesuai kebutuhan untuk meningkatkan personal branding.

Kelas Microlearning Di QuBisa

Selain Kursus Online Gratis, Kelas Microlearning di QuBisa terbilang cukup diminati pengguna, termasuk saya nih karena durasi pembelajarannya yang pendek sehingga belajar gak ribet. Meskipun begitu, jangan khawatir meskipun durasinya pendek, materi yang diberikan sangat lengkap dan ini menjadi cara belajar yang efektif bagi siapa saja termasuk fresh graduate sebagai persiapan untuk masuk ke dunia kerja.

meningkatkan kemampuan

Dengan durasinya yang pendek, ada beragam materi yang pastinya sangat membantu fresh graduate membangun dan meningkatkan personal branding, seperti video pembelajaran tentang kemampuan berkomunikasi. Untuk meningkatkan personal branding, tentunya seseorang harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dong. Nah...setelah mengikuti video pembelajaran tentang kemampuan berkomunikasi di kelas microlearning QuBisa, saya jadi tahu nih bahwa kemampuan berkomunikasi tidak hanya fokus pada kemampuan berbicara dan mempengaruhi lawan bicara semata tapi juga kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik. 

Pengalaman Mengikuti Kursus Personal Branding (Pencitraan Pribadi) Di Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Setelah beberapa kali mengikuti video pembelajaran di kelas microlearning QuBisa tentang cara meningkatkan personal branding, akhirnya saya menemukan satu kursus yang menarik bertemakan personal branding juga di QuBisa, yaitu Kursus Personal Branding (Pencitraan Pribadi) dengan instruktur yang sangat kompeten dalam bidang Human Resources, Bayu Setiaji selaku Chief of Learning Development Solution PT. GML Perfomance Consulting.

Nah...dalam kursus ini saya jadi tahu bahwa untuk memenangkan persaingan di tengah semakin banyaknya pencari kerja, seseorang harus terlihat unik atau berbeda dari yang lain, karena itulah terutama untuk seorang fresh graduate harus memiliki Personal Branding (Pencitraan Pribadi). Di kursus ini, saya jadi tahu bahwa personal branding mencakup semua hal yang mempengaruhi cara pandang orang lain terhadap diri, kejujuran, transparansi, dan keaslian yang menjadi pembeda untuk jangka panjang karena tidak akan ada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang unik dan positif...hmmm penting banget nih diketahui para fresh graduate.

upskilling dan reskilling

Ada dua konten pembelajaran yang bisa diakses dengan mudah saat mengikuti Kursus Personal Branding (Pencitraan Pribadi) di Aplikasi Siap Kerja QuBisa dengan durasi total sekitar 42 menit, yaitu:

  1. Reading Material dalam bentuk dokumen PDF.
  2. Modul "Tips Sukses Menampilkan Nilai Jual Diri Anda Dalam Meniti Karir" dalam bentuk video pembelajaran.
Interviewer saat ini sudah jenuh karena banyak mendapatkan kandidat calon karyawan yang hampir sama. Untuk dapat memenangkan persaingan seseorang harus nampak berbeda atau unik dengan yang lain, karena itu ciptakan Personal Branding.

Ada beberapa catatan penting dari kursus yang saya ikuti ini, dan menurut saya penting sekali untuk diketahui para fresh graduate untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja, yang berhubungan dengan cara meningkatkan Personal Branding, yaitu:

  • Tumbuhkan potensi terbaik yang terpendam dalam diri akan jauh lebih penting daripada berusaha "menjadi yang terbaik."
  • Mapping Your Self atau petakan kemampuan diri, terutama kekuatan dan kelemahan yang menjadikan diri berhasil atau gagal.
  • Tips bagaimana meningkatkan personal branding.
  • Tips untuk menciptakan Personal Branding yang kuat dan positif.
  • Tips mempertahankan Branding dalam jangka panjang atau selamanya.
kursus online gratis cara meningkatkan personal branding

Menurut saya, selain materinya sangat mudah dipahami dan tentu saja relevan dengan kebutuhan dunia kerja di era digital ini, fitur-fitur yang tersedia di ruang kursus QuBisa sangat friendly termasuk saat mengakses video pembelajaran. Sehingga siapapun yang mengakses kursus pembelajaran di Aplikasi Belajar Online QuBisa merasa nyaman dan keinginan untuk menambah pengetahuan serta keahlian terus bertambah. 
Baca juga:
Inilah yang menjadi salah satu alasan saya merasa nyaman menggunakan Aplikasi QuBisa untuk mengakses beragam ilmu pengetahuan baru melalui Kursus Online Gratis. Alasan lainnya? Tentu ada dong, seperti:
  1. Saya jadi lebih memahami potensi diri dan tahu cara untuk memaksimalkan serta meningkatkan potensi tersebut, agar bisa dipergunakan untuk menunjang karir.
  2. Saya memiliki kesempatan memperbaiki dan meningkatkan kemampuan diri agar menjadi pribadi yang berkualitas dan tahu cara untuk mengembangkan potensi dalam diri.
  3. Tidak hanya skill dan pengalaman saya yang makin meningkat, tapi saya juga berpeluang menambah keahlian atau keterampilan baru.
  4. Dengan banyaknya bekal ilmu pengetahuan dan keahlian baru, tentu peluang peningkatan karir untuk jangka panjang akan semakin besar.
Jadi, mengapa harus menunda keinginan meningkatkan kemampuan? Di Aplikasi Siap Kerja QuBisa, siapa saja bisa mengakses berbagai materi dan video pembelajaran baik dalam format Webinar, Kelas Microlearning, atau bahkan Kursus Onlien Gratis, agar semakin banyak orang tahu cara mengembangkan diri dan meningkatkan Personal Branding yang dimilikinya. Sehingga peluang untuk sukses tingkatkan Personal Branding akan semakin besar.

Lalu, bagaimana jika terkendala tidak bisa mengakses materi dan video pembelajaran di Aplikasi Siap Kerja QuBisa melalui situs atau website QuBisa? Jangan khawatir, karena sudah tersedia Aplikasi Mobile QuBisa yang bikin belajar gak ribet dan bisa diunduh melalui:

App Store untuk yang berbasis IOS.
Play Store untuk yang berbasis Android.

Bagaimana? Sudah tahu akan cara meningkatkan Personal Branding dengan Aplikasi Belajar Online QuBisa, atau sudah sukses nih karena sudah memiliki Personal Branding yang unik dan berbeda dari yang lain. Nah...bagi yang sudah memiliki pengalaman belajar dan mengikuti beragam kursus di QuBisa serta suka menulis ada peluang bagus nih! Yuk ikutan Kompetisi Blog dengan tema "Memulai Karir Lebih Percaya Diri Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa" Periode 20 September - 10 Desember 2021. Hadiah total jutaan rupiah sudah menanti nih, karena itu yuk segera ikutan sambil berbagi pengalaman mengikuti berbagai Kursus Online Gratis di Aplikasi Siap Kerja QuBisa. 

kompetisi blog aplikasi siap kerja QuBisa

Personal Branding merupakan investasi karir masa depan, namun tentu saja personal branding merupakan sesuatu yang perlu di bangun secara terus-menerus dan konsisten agar selalu update dengan perkembangan zaman. Untuk sukses membangun dan meningkatkan personal branding, tentu harus dibarengi dengan keinginan untuk meningkatkan kemampuan serta keahlian baru. 

Di Aplikasi Siap Kerja QuBisa, ada banyak sekali materi dan video pembelajaran, baik dalam format Webinar, Kelas Microlearning, atau Kursus Online Gratis yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja agar para fresh graduate bisa sukses tingkatkan Personal Branding. Personal Branding yang berbeda dan unik dari kandidat calon karyawan yang lain akan membuat seseorang bisa memulai karir lebih percaya diri, karena #AkuBisaKamuBisa!

Referensi Artikel:
https://www.qubisa.com/
https://curriculumvitae.id/pentingnya-personal-branding/

Sumber Foto/Ilustrasi: 
pixabay.com dan qubisa.com

69 komentar

  1. Keren nih, keponakannya. Tahu banget cara personal branding dengan memanfaatkan medsos, ya. Hal ini bisa dipelajari di QuBisa

    BalasHapus
  2. Punya kemampuan yang bagus kalau tidak diimbangi dengan akhlak yang baik sama saja dengan sia-sia ya. Semoga nih dengan tipsnya ini kita bisa mendapatkan personal branding dan tetap memiliki atitude yang menjadi contoh kebaikan. Aamiin...

    BalasHapus
  3. Seruuu banget Qubisa ini ya Mba
    bener2 mengusung semangat Aku Bisa!

    Bisa melakukan hal2 baik, upgrading skills dll.
    Suka sekaliii dgn app ini.

    BalasHapus
  4. Personal Branding bukan hasil yang didapat dalam 1 malam, perlu diupayakan secara konsisten dan terus menerus ya mbak. Saat sudah memilikinya pun bisa hilang dalam sekajab mata, bila tak dijaga.

    Aplikasi QuBisa nampaknya bisa diandalkan untuk membimbing seseorang, khususnya pemula di dunia kerja, atau mereka para freshgraduate untuk meningkatkan skill dan kemampuan sebelum memasuki dunia kerja.

    BalasHapus
  5. Enaknya anak-anak zaman now, ada aplikasi siap kerja QuBisa. Jadi sebelum lulus udah bisa upskilling dan reskilling supaya lebih kompeten dibanding saingan lain yg sama-sama mencari kerja ya... Keren-keren. Pantes cepet banget dapet kerjanya...

    BalasHapus
  6. Di era yg makin digitalized seperti sekarang, penting banget untuk paham dan mempraktikkan Cara Membangun dan Meningkatkan Personal Branding.

    Aakk, untunglah ada Qubisa ya.
    Berfaedah banget ini

    BalasHapus
  7. Makin memudahkan saja untuk meningkatkan kualitas diri, personal branding yang dibangun bisa melalui aplikasi Qubisa yang akan membuat kita makin yakin dan percaya doro untuk siap kerja, tentunya dengan skill yang dimiliki. ASik banget tuh ponakannya, selamat yaa.

    BalasHapus
  8. Setuju banget aku mba. Untuk meningkatkan personal branding ini sebaiknya kita harus kenali dan pahami diri sendiri. Karena kalau jadi diri sendiri tentu lebih nyaman dan lebih bisa mengeksplorasi diri kita untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat keluar dari diri kita karena memang kita suka. Jadi otomatis kita jadi lebih mudah untuk di kenal orang.

    Ngomong ngomong aplikasi Qubisa ini keren juga ga. Kita bisa mengupgrade diri sendiri juga jadinya karena di sana banyak konten konten edukasi yang kita butuhkan

    BalasHapus
  9. Mengenal potensi diri itu penting sekali. KArena dengan ini kita juga jadi tahu apa yang sebetulnya kita butuhkan untuk diri menjadi lebih baiik ya mba. Tapi satu yang penting emang jangan berhenti belajar termasuk lewat aplikasi Qubisa

    BalasHapus
  10. Keren ya Qubisa ini.. Persiapan sebelum kerja emang penting banget..karena sekarang yang dicari SDM yang bener-bener siap kerja dan gajinya oke..

    BalasHapus
  11. Wah keren ya aplikasi QuBisa sampai dapat meningkatkan branding..besok aku info ke adikku yang baru mau aply lamaran kerja..supaya ikut kursus online saja dulu di Aplikasi Qubisa

    BalasHapus
  12. Membaca tulisan mbak Elisa, aku jadi semakin penasaran dengan aplikasi Qubisa ini :) Kepengen ikutan belajar juga soal personal branding supaya makin percaya diri dan memiliki kemampuan diri sesuai minat dan bakat kita. Penjelasannya lengkap banget mbak. Belajar personal branding butuh proses ya ga instan seperti mie hehehehe.

    BalasHapus
  13. Semakin banyak yang membajas personal branding. Bahkan sampai ada kursusnya segala. Menurut saya ini bagus. Supaya kita bisa terus mawas diri. Berhati=hati dalam bersikap. Apalagi bila ingin mempunyai personal branding yang baik

    BalasHapus
  14. Keren nih Qubisa. Aku udah jadi member nya mba dan beberapa kali ikutan webinar gratis, topik ya bagus2 buat nambah wawasan di dunia kerja

    BalasHapus
  15. Paling suka kalau mengikuti webinarnya dari QuBisa ini. Materi yg diinginkan bisa kita pilih. Mana yg cocok bisa kita ikuti. Yang penting sinyal dan koneksi lancar selalu aja.

    BalasHapus
  16. menarik sekali mba pembahasannya tentang personal branding, sejak 2020 personal brandingku perlahan mulai tak tentu arah nih hahaha.. tapi ini penting ya supaya orang2 memahami siapa kita terutama di dunia digital

    BalasHapus
  17. Setuju mbak, kalau begini enggak ada alasan lagi untuk menunda meningkatkan kemampuan ya, sudah ada aplikasi siap kerja QuBisa dengan pilihan kelas beragam , user friendly dan praktis digunakan. Cuz ah pengin coba kursus personal branding juga saya

    BalasHapus
  18. Sekarang semua serba mudah. Mau ikut kursus untuk meningkatkan persoanl branding cukup dalam genggaman tangan dengan adanya aplikasi Qubisa ini. Materi personal branding kayaknya tidak hanya berguna untuk fresh graduate aja ya mbak. Ibu rumah tangga kayak saya pun perlu, agar kita juga punya kemampuan untuk mengelola diri dengan baik.

    BalasHapus
  19. Memang jaman sekarang sosial nwdiajd salah satu penilaian juga ya mbak klo melamar kerjaan. So personal branding memang harus kuat, ga hanya dunia nyata tapi juga di dunia maya supaya orang bisa melihat kemmapuan kita

    BalasHapus
  20. hebat ponakannya maksimalkan linkedin nih, aku aja di linkedin jarang makanya penawaran job buatku jadi dikit wkwkk...seneng deh ada aplikasi Qubisa ini sampe materinya relevan dengan dunia kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ada LinkedIn tapi jarang dibuka. Notif masuk diabaikan saja, hehehe ...

      Hapus
  21. Beajar Personal branding bisa menambah keahlian menghadapi dunia kerja, ya, Mbak. Selain itu juga bisa memupuk rasa percaya diri, kita.

    BalasHapus
  22. Belajar di QuBisa ini apa aja bisa, ya. Mau yang udah kerja atau yang masih nyari kerjaan. Cocok buat siapa aja jadinya.

    BalasHapus
  23. wah jadi pengen ikutan kelas personal branding di aplikasi siap kerja qubisa saya mbak. Supaya lebih percaya diri dan mampu mengembangkan diri lebih baik lagi. Thanks infonya ya mbak

    BalasHapus
  24. wahh bisa ya ikutan kursus online personal branding di Qubisa
    mau ikutan ah, karena kan personal branding itu penting juga buat blogger

    BalasHapus
  25. Senang ya kalau dengar anggota keluarga dapat pekerjaan apalagi di masa pandemi kaya sekarang.
    mereka yg baru lulus kuliah bisa meningkatkan skill untukmenghadapi dunia kerja dengan mengikuti berbagai pelatihan di QuBisa yang dapat digunakan untuk modal kerja

    BalasHapus
  26. Saya sudah download aplikasi QuBisa dan ternyata menyesal kenapa nggak dari dulu download. Banyak banget kelas-kelas yang sangat bermanfaat untuk upskilling dan reskilling.

    BalasHapus
  27. Petakan kemampuan diri, jadi tahu ya kelebihan dan kelemahan di mana. Tips nya untuk personal branding bagus nih, aku suruh baca anak bungsuku yang tidak se-pede kakaknya. Dia udah di semester 5, bentar lagi kan mau magang jadi harus bisa tampil percaya diri

    BalasHapus
  28. Sekarang ini mau belajar dan meningkatkan skill apa aja semua bisa dilakukan dari rumah. Modal laptop/hp dan akses internet aja. Contohnya ya dengan QuBisa ini. Hal terpenting adalah, kitanya mau berusaha apa nggak.

    BalasHapus
  29. Kelas online ini sangat membantu sekali.
    Di masa pandemi, kudu banget belajar banyak hal yan bisa jadi menjadi nilai tambah kita saat melamar lowongan pekerjaan.

    BalasHapus
  30. Lengkap sekali Mba ulasannya:)
    Setuju jika tidak ada kata terlambat untuk mulai membangun personal branding, dan tidak ada kata berhenti untuk terus meningkatkan personal branding, biar mengikuti zaman. Dan memilih kursus personal branding atau yang lain di Aplikasi Qubisa adalah jawaban

    BalasHapus
  31. Yeay, QuBisa ni jadi andalan buat upskilling deh jadi tetap bisa upgrade ilmu dan keterampilan dari rumah aja...

    BalasHapus
  32. Terima kasih banyak sharing ilmunya komplit bermanfaat bisa saya recomendasikan kepada ponakan saya

    BalasHapus
  33. Menarik banget mom. Zaman sekarang memang luar biasa canggih, tinggal maunya kita saja mau memanfaatkannya seperti apa.

    BalasHapus
  34. Wiwin | pratiwanggini.net30 Oktober 2021 07.02

    Baca review ini saya jadi penasaran pengin belajar banyak dari aplikasi QuBisa. Minimal untuk refresh skill dan siapa tahu bisa dapat ilmu-ilmu baru untuk upskilling saya.

    BalasHapus
  35. wah saya jadi pengen ikutan juga nih kursus personal branding di qubisa biar di kantor bisa memberikan kesan yang baik buat rekan kerja dan atasan

    BalasHapus
  36. Personal branding adalah skill yang wajib dimiliki saat ini ya mbak
    dulu buat kursus personal branding tu susah ya, untung sekarang ada Aplikasi Qubisa ini
    kursus personal branding jadi mudah

    BalasHapus
  37. Selama ada akses internet, meski lagi 'mager'di rumah karena pandemi, kita bisa belajar apa aja ya. Apalagi banyak pilihan materi kelasnya.

    BalasHapus
  38. wah bagus banget mempelajari Personal Branding melalui Qubisa. Apalagi bisa dilakukan dirumah belajarnya, jadi kita semua bisa ningkatin skill :) caranya mudah pula.

    BalasHapus
  39. Aplikasi QuBisa ini pas banget jadi aplikasi siap kerja saat ini di mana banyak kursus online gratis yang tersedia tapi juga berkualitas

    BalasHapus
  40. Aplikasi Siap Kerja QuBisa ini keren banget ya mbak bisa banget buat Kita-kita upgrade kemampuan diri kita

    BalasHapus
  41. Makasih sudah sudah mengunggah pembahasan ini, saya jadi tahu. Sebelumnya, pernah tahu..

    BalasHapus
  42. Personal branding sebagai blogger sedang saya bangun sih mba. Memang butuh waktu ya mba. Dengan aplikasi qubisa kita jadi tahu ilmunya ya

    BalasHapus
  43. Personal branding ini memang materi yang kudu diterapkan karena sebagai content writer, membutuhkan sekali yang namanya penguatan dan materi yang paling dikuasai.
    Mau tanya donk kak..
    Kalau untuk personal branding ini baiknya ada satu ajakah?

    Gak sabar pengen ikutan belajar di Qubisa untuk upgrade skills.

    BalasHapus
  44. Tulisannya daging banget mbak. Aku baca dan resapi pelan-pelan. Berarti prku harus mulai banyak bikin konten di sosmed nih ya. Apalagi kontennya harus yang bermanfaat, jadi ga sia-sia main sosmed. Hehe

    BalasHapus
  45. Ada salah satu micro learning favorit saya terkait personal branding: Meningkatkan Personal Branding di LinkedIn.
    Pembahasannya lengkap mendetil dengan video series yang durasinya pas tidak terlalu panjang tapi materi tersampaikan secara menyeluruh.

    BalasHapus
  46. Aku juga punya aplikasinya nih mbak QuBisa emang juara. Sebagai tempat buat belajar kursus online. Seneng bisa ikutan kelas gratisan juga

    BalasHapus
  47. Selamat untuk keponakannya yang diterima kerja ya Mba. Dan betul memang persona branding itu penting banget buat kita ya mba

    BalasHapus
  48. aplikasi qubisa bisa pake kartu prakerja gak ya? kalo bisa molly tertarik nih ikutan kursus gimana cara personal branding yang bagus

    BalasHapus
  49. Personal Branding itu bukan kayak punya jin lampu ya mbak, triiing!

    tau tau terkenal ... bukaaaan!Selain perlu diupayakan konsisten juga harus terus dijaga

    Aplikasi QuBisa membimbing seseorang atau freshgraduate untuk meningkatkan skill dan kemampuan sebelum memasuki dunia kerja.

    BalasHapus
  50. Fresh graduate sekarang...meski secara akses lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan (tinggal apply dengan kirim email) tapi persaingan nya lebih ngeri juga...

    Bener banget harus bisa menjadi "Beda" dengan mengembangkan personal branding. Untung banyak kursus online ya sekarang...termasuk Qubisa ini

    BalasHapus
  51. Personal branding jaman now bisa dimulai dari sebelum bekerja ya mba, klo jaman dulu udah kayak gini, wah HRD ngecek2 juga ke medsos kita kali ya. Qubisa ini ada yg gratisnya juga ya, jadi mau trial. Mau cari2 app upgrade skill nemu Qubisa, udah ada IOS dan android juga ya jadi tinggal instal dulu deh iniii..

    BalasHapus
  52. Aplikasi siap kerja QuBisa ini menyediakan materinya beragam ya, Mbak. Seperti misalnya materi personal branding untuk bekal dalam pekerjaan.

    BalasHapus
  53. Pandemi gini memang penting punya bekal ilmu yang dipelajari otodidak. Aku pun pernah coba pake QuBisa ini kak, cara belajarnya efektif untuk milenial karena lewat video dan pre test yang mudah. Jadi lebih cepat paham

    BalasHapus
  54. Iya, kini media sosial pun bisa menjadi salah satu penilaian dalam menentukan calon karyawan baru diterima atau tidak. Ponakannya keren deh, saat masih kuliah sudah punya pandangan jauh ke depan, sehingga medsosnya nggak cuma buat curhat alay aja, tapi di isi portofolio karya yang pernah dibuatnya

    BalasHapus
  55. Aku Pertama kerja tuh gak banyak persiapan. Jadi ya begitu saja. Sekarang lebih tahu apalagi soal personal branding. Keahlian dan kemampuan juga kudu ditingkatkan agar bisa bersaing di dunia kerja

    BalasHapus
  56. Mengenal istilah personal branding sejak giat update media sosial dan blog. Dari situ aku masih mencari-cari personal branding diriku. Belum ada yang klik sih. Barangkali kalau ikutan Qubisa ketemu ya apa yang jadi keunggulanku.

    BalasHapus
  57. Menarik juga materi Personal Branding ini. Meski nggak kerja kantoran tapi bisa diterapkan dalam pekerjaan sebagai bloger. Kebetulan udah punya akun QuBisa nih, mau ikut kelasnya juga ah.

    BalasHapus
  58. materi kursus online personal branding di Qubisa ini sangat menarik ya mbak
    membantu kita memiliki personal branding yang baik

    BalasHapus
  59. Nampaknya personal branding sekarang menjadi tambahan modal untuk mengajukan aplikasi lamaran kerja. KArena memang penampilan bisa jadi nilai tambah bagi calon pekerja ya. Aku coba deh kasih infonya ke ponakan sama anak bungsu, ntar kalo udah lulus S1 bisa nih ikut kelasnya Qubisa

    BalasHapus
  60. Sebagai blogger, perlu juga nih meningkatkan personal branding biar banyak yang baca blog kita. Enak nih kursusnya bisa online ya. Ga perlu uang transport.

    BalasHapus
  61. Wah jadi di LinkedLn itu bisa untuk personal branding juga ya pernah dengar juga namun belum ngerti bisa digunakan sebagai fortopolio

    BalasHapus
  62. terkadang saat interview itu banyak user atau pewawancara yang justru fokus dengan pengalaman si pelamar dan bagaimana ia menceritakan pengalaman personalnya sehingga membuat pewawancara terpesona.

    BalasHapus
  63. Penting banget ini personal branding untuk setiap insan yang ingin sukses. Aku tertarik banget sama Kelas Microlearning di QuBisa, karena durasi pembelajarannya yang pendek sehingga belajar gak pake ribet ya, cara belajar yang efektiif bagi siapa saja buat perispan dunia kerja.

    BalasHapus
  64. Bagus sekali testimoni belajar di Qubisa. Dengan merasakan sendiri belajar secara online melalui sebuah aplikasi, langsung praktek untuk mendapatkan 10.000 jam terbang yang membuat semakin lancar melakukan apa yang ingin diasah.

    BalasHapus
  65. Keren ya QuBisa. Bisa upgrade skill secara online. Ini nih bisa diandalkan untuk para pencari kerja. Sebelum kerja, upgrade diri dulu di QuBisa. Saat turun ke dunia kerja kan jadi sudah mahir.

    BalasHapus
  66. iya di era digital kita dituntut untuk kreatif, punya personal branding yang kuat, Qubisa memfasilitasi kita untuk kreatif dengan mengupgrade skill secara online, praktis dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  67. Personal branding itu emang penting banget ya, Mba. Dan kita bisa ikuti kelas online gratis untuk mengetahui cara dalam melakukan branding yang tepat.

    BalasHapus
  68. QuBisa memang oke kalau urusan pekerjaan jadi lebih mudah diperoleh karena peningkatan kualitas SDM menjadi salah tujuannya

    BalasHapus