5 Manfaat Belajar Alat Musik Untuk Anak

chord

"Ma, kata bapak guru kalau mau belajar alat musik terutama gitar harus tahu chord dulu ya?"

Meskipun masih berusia sembilan tahun, keingintahuan Aisha, putri saya terhadap beragam alat musik sangatlah besar. Bermula dari praktek pelajaran Seni Budaya yang mengharuskan Aisha dan teman-temannya menguasai satu jenis alat musik, ternyata keterusan...Aisha jadi tertarik untuk mengetahui cara memainkan beragam alat musik, terutama pianika dan gitar, kebetulan dua alat musik ada di rumah. 

Terus terang, meskipun suka mendengarkan lagu dan memiliki banyak lagu favorit tapi saya sangat tidak mahir memainkan alat musik padahal di rumah ada beberapa jenis alat musik, sehingga saya harus mencari referensi artikel dulu untuk menjawab pertanyaan Aisha. Setelah mencari referensi di internet, saya jadi tahu nih kalau chord sering disebut juga kunci dan jika ingin menguasai alat musik terutama gitar, harus tahu dulu tentang chord ini.

Dari beberapa referensi, chord atau sering disebut juga kunci adalah gabungan beberapa nada yang dibunyikan sehingga menciptakan suara yang harmonis. Chord dapat dimainkan atau dibunyikan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Kategori chord sendiri ada berbagai tipe, antara lain chord-chord mayor, minor, diminished, augmented, suspended, dan masih banyak lagi. Wah...ternyata memang tidak mudah ya belajar alat musik, karena ada beberapa hal yang wajib dikuasai agar alat musik yang dimainkannya menghasilkan nada-nada yang harmonis dan enak didengar. 

Nah...jika si kecil menunjukkan ketertarikan untuk mempelajari alat musik, harus didukung lho karena belajar alat musik memiliki banyak manfaat positif untuk anak, terutama untuk perkembangan otak, keterampilan motorik, serta mengembangkan keterampilan interaksi sosial anak. Bahkan, beberapa penelitian yang dilakukan para ahli baik di dalam maupun diluar negeri menunjukkan jika sejak dini anak diberikan stimulasi dengan belajar berbagai alat musik, terdapat banyak kemajuan positif dalam berbagai keterampilan dasarnya. Berikut beberapa manfaat positif jika anak tertarik untuk belajar alat musik.

1. Membantu Meningkatkan Koordinasi Tubuh Anak.

Pernah melihat anak-anak bermain musik? Ada beberapa jenis alat musik yang jika dimainkan membutuhkan koordinasi tubuh yang baik, terutama mata, tangan, dan kaki. Nah...jika si kecil tertarik untuk belajar alat musik, tentu akan sangat bermanfaat sekali untuk membantu meningkatkan koordinasi gerak tubuh anak sehingga bisa dijadikan media yang optimal untuk mengasah stimulasi anak sejak dini.

Semua orangtua pasti sudah mengetahui jika stimulasi merupakan bagian terpenting selain asupan nutrisi untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Untuk itu, beragam cara dilakukan orangtua agar anaknya mendapatkan stimulasi yang optimal. Bermain dan belajar alat musik bisa menjadi salah satu media untuk bantu mengasah stimulasi anak, karena dalam mempelajari alat musik, anak membutuhkan koordinasi gerak bagian-bagian tubuh yang baik.

2. Membantu Melatih Konsentrasi atau Daya Fokus Anak.

Ternyata, belajar alat musik tidak hanya membantu meningkatkan koordinasi gerak anggota tubuh anak, tapi juga membantu melatih konsentrasi anak lho. Konsentrasi, sangat dibutuhkan anak agar bisa mempelajari sesuatu dengan baik, karena itu sejak dini orangtua harus menyadari bahwa konsentrasi anak bisa dilatih dengan cara yang tepat, dan belajar alat musik menjadi salah satu solusinya. 

Mengapa begitu? Karena musik bisa membantu meningkatkan mood atau perasaan positif seseorang termasuk anak-anak, selain itu biasanya anak sangat tertarik dengan beragam bunyi-bunyian. Jika kedua hal ini dimanfaatkan orangtua, tentu anak akan tertarik untuk menguasainya. Untuk menguasai atau belajar alat musik, mau tidak mau anak harus melatih konsentrasi atau daya fokusnya, yang tentu saja akan sangat bermanfaat saat anak-anak belajar di sekolah. Jadi jangan ragu untuk mengajari anak-anak belajar alat musik.

3. Membantu Melatih Kedisiplinan Anak.

Sikap disiplin menjadi salah satu kunci sukses anak kelak, karena itu sejak dini ajaklah anak untuk belajar memainkan alat musik. Memang belajar alat musik bukanlah hal yang mudah karena anak dituntut tidak hanya memiliki koordinasi gerak anggota tubuh yang baik, mampu berkonsentrasi, namun juga memiliki sikap disiplin agar tujuannya belajar alat musik bisa tercapai.

Tanpa disadari sikap disiplin inilah yang akan membentuk kepribadiannya kelak, dan hal ini bisa didapatkan jika anak mempelajari alat musik. Aktivitas belajar alat musik yang harus dilakukan secara rutin agar semakin mahir memainkan mengajarkan anak-anak untuk disiplin berlatih. Tidak hanya itu, anak-anak yang belajar alat musik juga memiliki kemampuan untuk mengatur waktu sehingga aktivitasnya belajar alat musik tidak akan menganggu waktu belajar di sekolah.

4. Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak.

Percaya diri anak, menjadi suatu hal penting yang harus distimulasi orangtua sejak dini dan belajar alat musik menjadi salah satu solusi untuk membantu anak memiliki rasa percaya diri. Apalagi belajar alat musik bukanlah hal yang mudah, seperti contohnya alat musik gitar, anak dituntut harus menguasai atau memiliki kemampuan dasar memainkan kunci gitar sehingga permainan musiknya bisa menghasilkan nada-nada yang harmonis.

Jika anak kursus atau belajar alat musik di tempat tertentu, adakalanya anak harus tampil bersama teman-teman kursusnya dalam suatu pertunjukkan musik di tempat umum dan dihadiri orangtua serta keluarga. Tampil di muka umum ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri anak yang tentunya sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

5. Membuat Anak Lebih Bersemangat Berprestasi dan Berkreativitas.

Mungkin pada awalnya tidak mudah belajar memainkan alat musik, apalagi ada jenis-jenis alat musik yang membutuhkan effort lebih untuk menguasainya. Namun jika anak menyukainya dan tekun berlatih tentu lambat laun akan menguasai alat musik tersebut. Jika sudah menguasainya, dijamin anak akan lebih bersemangat untuk berprestasi.

Tidak hanya memacu semangat anak untuk lebih berprestasi, belajar memainkan alat musik juga membantu anak untuk meningkatkan daya kreativitasnya lho. Dengan bermain alat musik, maka otak kanan akan semakin terasah sehingga memancing anak untuk terus meningkatkan kreativitasnya.

Jangan ragu untuk mengajari si kecil bermain beragam alat musik, karena selain anak akan mendapatkan banyak manfaat positif. Meskipun harus diakui, memang tidak mudah belajar alat musik karena membutuhkan ketekunan dan daya konsentrasi anak untuk fokus pada aktivitas belajarnya. Namun semua manfaat positif itulah yang nantinya akan membantu memaksimalkan potensi anak di masa depan, sehingga anak tidak hanya memiliki keahlian namun mampu mengasah keahlian tersebut agar bermanfaat untuk hidupnya. 

Apalagi ada beragam jenis alat musik yang bisa dipelajari anak sesuai umurnya, seperti alat musik gitar. Untuk bisa memainkan alat musik yang satu ini, tentu anak harus tahu dulu istilah-istilah seperti chord dan lain-lain. Baru selanjutnya akan mempelajari kunci gitar untuk bisa memainkan sebuah lagu, dan jika sudah berhasil menguasai lagu, tentu akan memberikan sensasi kebahagiaan tersendiri untuk anak sehingga membuatnya lebih bersemangat, penuh konsentrasi, hingga akhirnya akan memicu kreativitas anak. Yuk dukung terus minat anak untuk belajar alat musik!

Tidak ada komentar