6 Bahan yang Gak Baik Di Aplikasikan Ke Wajah, Ada yang Kamu Pakai?

Oppo A5s
Sumber: pinterest.com

Memiliki wajah sehat dan cerah memang membuat penampilan jadi terlihat menarik dan mempesona. Berbagai cara pun dilakukan demi memiliki wajah sehat, cerah dan terawat dengan baik. Mulai dari menggunakan serangkaian skincare, perawatan ke dokter kecantikan, hingga mengikuti berbagai tips and trik merawat kulit wajah di internet. Banyaknya orang yang menawarkan tips membuat wajah cerah dan sehat di internet, bikin kita dibuat penasaran untuk mencobanya.

Cara-caranya pun banyak yang menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Memang lebih mudah dan hemat budget, sih. Tapi, kamu juga harus pintar-pintar dalam memilih sebab ada sejumlah bahan yang sebenarnya berbahaya buat wajah. Apa saja kah itu?

1. Soda Kue

Soda Kue
Sumber: pinterest.com

Ada sebagian orang yang menggunakan soda kue buat mengatasi jerawat. Kalau kamu termasuk, mulai sekarang hindari mengaplikasikan soda kue pada kulit wajah. Karena soda kue memiliki kandungan berupa basa tinggi yang bisa membuat keseimbangan pH alami kulit wajah terganggu, kulit jadi kering serta pelindung kulit menghilang.

2. Cuka Apel

Cuka Apel
Sumber: pinterest.com

Walau sering dianggap bisa mengatasi jerawat dan menyamarkan bekas luka, nyatanya cuka apel yang dipakai sebagai toner dan digunakan langsung ke wajah bisa merusak kulit wajah, lho. Tingkat keasaman cuka apel sendiri sangat tinggi sehingga gak baik buat kesehatan kulit wajah. Apalagi jika mengoleskannya ke jerawat langsung, maka bisa mengakibatkan kondisi jerawat kamu makin bertambah parah dan meradang.

So, lebih baik gunakan produk khusus untuk mengatasi jerawat saja demi menghindari jerawat yang semakin parah. Kamu bisa mencarinya di internet lewat Oppo A5s andalanmu. Merek dan harga produknya pun bervariasi.

3. Air Panas

Air Panas
Sumber: pinterest.com

Wajah yang dibasuh pakai air panas bisa mengakibatkan lapisan minyak alami kulit wajah terkikis dan bikin kulit wajah jadi kering. Jika kulit wajah kering, maka bisa mengalami peradangan dengan mudah. Untuk itu, pastikan dulu air yang ingin digunakan buat membasuh muka tidak terlalu panas demi menjaga kesehatan kulit wajahmu.

4. Body Lotion

Body Lotion
Sumber: pinterest.com

Body lotion umumnya punya konsistensi yang lebih pekat, wangi, dan minyak yang lebih banyak. Seringkali body lotion dijadikan pelembab wajah oleh sebagian orang. Tapi tahukah kamu? Mengaplikasikan body lotion ke wajah bisa mengakibatkan jerawat dan reaksi alergi pada kulit. Maka dari itu, sebaiknya hindari memakai lotion tubuh untuk wajah. Pakailah produk yang dibuat khusus buat kulit wajah. Ada banyak pelembab wajah yang murah namun berkualitas baik dipasaran.

Bagi kamu yang mau tahu 3 langkah dapatkan kulit cerah bersinar, baca di sini ya

5. Pasta Gigi

Pasta Gigi
Sumber: pinterest.com

Beberapa orang percaya pasta gigi bisa membunuh bakteri akibat jerawat. Pasta gigi memiliki kandungan bahan kimia seperti kalsium karbonat, sodium lauryl sulfate, gliserin, baking soda, sorbitol dan lainnya. Karena diformulasikan buat gigi, odol gigi mengandung banyak bahan berbahaya bagi wajah kamu. Berbagai bahan yang dimiliki pasta gigi bisa mengakibatkan iritasi pada kulit wajah serta memicu ruam dan rasa terbakar di kulit.

6. Lemon

Lemon
Sumber: pinterest.com

Lemon juga termasuk bahan yang sering digunakan untuk perawatan wajah. Lemon diyakini bisa menghilangkan jerawat sampai memudarkan noda hitam pada wajah. Tapi sayangnya, lemon gak boleh dioleskan langsung ke wajah. Pasalnya, lemon memiliki kandungan psoralen yang bisa menyebabkan reaksi fototoksik di kulit saat paparan sinar UV secara langsung. Kalau dipakai sebagai toner, air lemon bakal bikin kulit wajah jadi iritasi bahkan sampai melepuh.

Itulah keenam bahan yang sebaiknya tidak diaplikasikan ke kulit wajah. Ada bahan yang lagi kamu pakai, gak?

Tidak ada komentar