Tips Agar Anak Berprestasi Bisnis Tetap Lancar Untuk Para Mompreneur

Webinar Anak Berprestasi Bisnis Tetap Lancar

Siapa nih ibu rumah tangga yang selain sibuk mengurus rumah dan keluarga, juga memiliki bisnis yang dikelola dari rumah? Kemajuan teknologi digital ternyata memberikan banyak manfaat positif bagi ibu rumah tangga, yang meskipun sehari-hari berada di rumah tapi memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi menjadi ibu sekaligus menjalankan bisnis dari rumah bukanlah perkara mudah. Apalagi kalau masih memiliki anak yang masih kecil sehingga butuh perhatian ekstra. Pastinya seorang mompreneur harus pintar-pintar membagi fokus dan waktu antara mengurus anak, suami, rumah tangga, dan bisnis. Tidak heran jika banyak ibu rumah tangga yang juga berbisnis dari rumah merasa kesulitan hingga tiba pada keputusan akhir, memilih menutup bisnisnya.

Padahal jika semua berjalan seimbang, mompreneur bisa memetik buah yang sangat manis sekaligus finansial keluarga terbantu dan ibu memiliki kesempatan untuk mengaktualisasikan dirinya melakukan sesuatu yang sesuai passion. Bahkan, beberapa dari mompreneur tersebut tidak hanya berhasil menyeimbangkan antara keluarga dan bisnis, tapi juga mendorong anak-anaknya selalu berprestasi...keren kan! Salah satu ibu rumah tangga yang sukses memulai bisnis dari rumah dan menjadi mompreneur sejak tahun 2009 adalah Dwi Gentari Agustin atau akrab dipanggil Tari Agustin, Founder Cemil Cimol dan Sedott.in.

Webinar Sinotif

Sabtu, 18 November 2023 lalu, saya merasa sangat beruntung bisa hadir meskipun secara virtual dalam Webinar yang diselenggarakan Sinotif, Bimbingan Belajar Spesialis Matematika, Fisika, Kimia yang membahas seputar "Anak Berprestasi Bisnis Tetap Lancar" bersama narasumber Tari Agustin, Founder Cemil Cimol dan Sedott.in. Perkenalan pertama tentu saja, Mbak Tari Agustin menceritakan bagaimana perjuangannya memulai bisnis cimol setelah memutuskan resign dari pekerjaannya. Bahkan, disela-sela aktivitas mengurus keluarga dan bisnis, Mbak Tari masih sempat melanjutkan kuliah S2 lho...keren sekali!

Tidak ada yang tidak mengenal Cimol, makanan ringan yang dibuat dari tepung sagu atau kanji. Kata Cimol sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya aci digemol, dibuat dari tepung kanji dan dibentuk bulat-bulat. Cimol biasanya di jual di sekolah atau lebih dikenal sebagai kuliner kaki lima, yang dimakan dengan bumbu tambahan, seperti kacang atau bubuk cabai, dan paling enak dimakan saat masih hangat. Meskipun dikenal sebagai kuliner kaki lima, cimol memiliki banyak penggemar lho, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Diantara pelaku bisnis yang fokus menjual kuliner kaki lima ini, ada mbak Tari Agustin, ibu rumah tangga kelahiran 27 Agustus 1988 yang memulai bisnis cimol sejak tahun 2009. Kalau menurut cerita mbak Tari, awal mula ketertarikannya menjalankan bisnis kuliner ini lantaran kegemarannya dengan makanan yang satu ini. Sayangnya, jajanan masa kecilnya ini sulit ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Kalaupun ada, masih ada kekhawatiran jajanan tersebut ada tambahan bahan pengawet. Hingga akhirnya, Mbak Tari memutuskan membuat jajanan cimol sendiri, yang setelah dicicipi teman dan tetangga sekitar, sangat enak dan layak untuk dijual.

Tari Agustin Founder Cemil Cimol

Awal mula menjalankan bisnis ini, Mbak Tari memulai dari berjualan menggunakan gerobak keliling, sambil konsisten mempromosikan usahanya melalui media sosial. Dari media sosial ini, akhirnya banyak teman yang tahu dan memesan cimol buatannya, sampai akhirnya membuat akun twitter sendiri yang diberi nama Cemil Cimol @cemil_cimol, dan mulai berjualan secara online. Untuk cimol buatannya, Mbak Tari tidak menggunakan bahan pengawet, pengenyal, dan pemutih. Sehingga untuk pemesanan secara online, harus dikirim di hari yang sama menggunakan jasa kurir khusus, sedangkan untuk keluar kota dikirim dalam bentuk mentah menggunakan paket kilat khusus.

Selain giat mengembangkan bisnisnya disela-sela aktivitas sebagai ibu rumah tangga yang tetap harus mengurus anak dan keluarga, mbak Tari juga fokus melanjutkan pendidikannya hingga jenjang S2 di Universitas Bina Nusantara. Kesuksesan ini tentu butuh perjalanan panjang dan jatuh bangun mengingat mbak Tari saat memulai bisnisnya masih memiliki anak yang masih kecil, yang tentu saja membutuhkan perhatian penuh. Lantas, apa saja kiat dan tips yang dibagikan mbak Tari agar anak berprestasi dan bisnis tetap lancar?

Tips Agar Anak Berprestasi Bisnis Tetap Lancar Untuk Para Mompreneur

Waktu satu jam terasa sangat kurang karena Mbak Tari banyak sekali menceritakan pengalaman sekaligus berbagi tips selama menjalani aktivitas sebagai mompreneur, seorang ibu rumah tangga yang juga memiliki aktivitas mengelola bisnis kuliner. Dalam rentang waktu, sejak mulai berbisnis tahun 2009 sampai sekarang, harus mengakui banyak sekali momen yang pada akhirnya menyadarkan mompreneur bahwa menjalankan dua aktivitas tersebut bukanlah perkara yang mudah. Apalagi harus berkompromi dengan anak-anak yang masih kecil, yang pastinya butuh pendampingan lebih banyak dari orangtua, terutama ibunya di rumah.

Webinar Bersama Tari Agustin

Berdasarkan pengalaman mbak Tari yang kini telah memiliki tiga orang anak dengan rentang usia yang cukup jauh, setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan ibu rumah tangga jika ingin antara keluarga dan bisnis berjalan beriringan, yaitu memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, membangun komunikasi yang baik dengan anggota keluarga lainnya terutama pasangan, dan mampu menempatkan skala prioritas. 

Menurut Mbak Tari, setidaknya seorang ibu rumah tangga yang juga pebisnis atau mompreneur harus memiliki kemampuan mengelola tiga hal penting tersebut agar antara keluarga dan bisnis bisa berjalan beriringan. Tapi yang pasti, Mbak Tari berpesan, "lupakan keinginan untuk menjadi ibu yang sempurna karena semua ibu selalu sempurna di mata anak-anaknya, tapi berusahalah yang terbaik dan jangan lupa untuk memikirkan diri sendiri."

Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Pada sesi pertama, Mbak Tari menceritakan bagaimana sulitnya saat awal memulai bisnis untuk mengatur waktu dengan baik, apalagi saat itu anak-anak masih sangat kecil dan pastinya membutuhkan perhatian ekstra, bukankah salah satu alasan seorang ibu untuk berhenti dari pekerjaan adalah karena ingin dekat dan mengasuh sendiri anak-anaknya. Setelah melewati proses yang tidak mudah, bahkan bisa dikatakan trial dan error, akhirnya Mbak Tari bisa menemukan pola yang tepat agar keluarga dan bisnis bisa berjalan seimbang, bahkan Mbak Tari berhasil mengantarkan putra sulungku tetap berprestasi di sekolah.

Meskipun butuh perjuangan yang panjang dan cukup melelahkan, Mbak Tari mengakui keberhasilannya menyeimbangkan antara keluarga dan bisnis tidak terlepas dari keinginan kuat agar dirinya memiliki manajemen waktu yang baik. Dari pengalamannya selama bertahun-tahun menjadi seorang mompreneur, Mbak Tari akhirnya menemukan formula yang tepat untuk mememiliki manajemen waktu yang baik, yaitu tidak pernah lupa membuat list atau jadwal aktivitas setiap hari. Setelah membuat list atau jadwal aktivitas yang akan dilakukan setiap hari, Mbak Tari juga selalu konsisten untuk mematuhinya, agar rencana yang disusun bisa berjalan dengan lancar.

Carilah waktu yang menurut ibu paling ideal untuk membuat list atau menyusun rencana aktivitas yang akan dilakukan esok hari. Biasanya Mbak Tari menyusun jadwal atau membuat daftar list aktivitas harian di pagi hari, sebelum anak-anak bangun dan melakukan persiapan untuk anak-anak sekolah serta suami menuju tempat kerja. Buatlah jadwal atau list aktivitas harian dengan detil, seperti waktu mengurus anak, waktu memasak, bertemu partner bisnis atau melakukan aktivitas bisnis, dan sederet aktivitas lainnya. 

Selain itu, menurut Mbak Tari jika kondisi tidak memungkinkan, jangan ragu untuk meminta pertolongan pada anggota keluarga lainnya untuk membantu menemani anak-anak jika harus mengurus bisnis keluar rumah. Lantas, kapan waktunya menemani anak-anak belajar jika waktu seharian sudah tersita untuk mengurus keluarga dan bisnis? Selain membiasakan anak-anak untuk mandiri dalam belajar, Mbak Tari juga tidak segan untuk mendaftarkan anak-anak ke bimbingan belajar yang tepat agar belajar anak-anaknya bisa lebih maksimal. 

Untuk bimbingan belajarnya, Mbak Tari mereferensikan bimbingan belajar online, karena dinilai lebih praktis dan waktunya juga lebih fleksibel. Anak-anak mbak Tari, terutama si sulung yang mulai beranjak remaja bisa mengikuti bimbingan belajar secara intensif tanpa perlu mengorbankan aktivitas lainnya. Hasilnya, meskipun terhitung ibu rumah tangga yang sibuk, karena harus mengelola bisnisnya, Mbak Tari sukses mengantarkan si sulung memiliki prestasi yang bagus di sekolah, terutama untuk pelajaran eksakta, seperti Matematika. Ada tips nih dari Mbak Tari, carilah Bimbel Matematika dengan metode belajar fleksibel dan interaktif.

Bagaimana pun menjadi sosok ibu rumah tangga yang juga memiliki bisnis tidaklah mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Untuk itulah mompreneur harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, yamg tentunya telah melewati proses trial dan error. Manajemen waktu inilah yang bisa digunakan dalam mengelola bisnis secara profesional dan juga mampu mengurus keluarga dengan baik. Sedikit tips dari Mbak Tari nih, jika masih merasa kesulitan untuk melakukan manajemen waktu, sebaiknya bisa mulai dari menetapkan jam kerja khusus untuk menyelesaikan segala urusan bisnis. Saat semua urusan pekerjaan sudah bisa diselesaikan dengan baik, maka ibu dapat membangun kualitas hubungan yang baik bersama keluarga. Jadi jangan pernah menyerah untuk terus berlatih manajemen waktu, ya!

Membangun Komunikasi yang Baik Dengan Anggota Keluarga Lainnya, Terutama Pasangan

Menurut Mbak Tari, ketika seorang ibu rumah tangga memutuskan untuk mulai menjalani bisnis, seharusnya sudah memahami konsekuensinya, yaitu harus pintar dalam membagi waktu antara keluarga dan bisnis. Untuk itulah, seorang ibu rumah tangga yang juga pelaku bisnis harus mampu dan bisa membangun komunikasi yang baik dengan anggota keluarga lainnya. Harus diakui, kendala terbesar saat ibu rumah tangga mulai membangun bisnis dari rumah adalah kesulitan mengatur anak-anak agar memahami bahwa meskipun ibunya berada di rumah tapi juga bekerja.

Butuh waktu dan kesabaran ekstra memang, apalagi jika anak-anak dalam usia yang masih sangat kecil dan pastinya belum bisa memahami apa yang ibu sampaikan. Dalam pandangan anak-anak, jika ibu berada di rumah maka aktivitas ibu hanya mengurus dan menemani dirinya. Tidak salah memang! Usahakan perlahan namun pasti beri pengertian kepada si kecil bahwa ibu butuh waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Akan lebih baik lagi jika ada anggota keluarga lain yang bisa membantu meringankan tugas ibu dalam mengurus si kecil terutama ketika sedang mengurus bisnis di luar rumah. Kerjasama yang baik antar anggota keluarga menjadi bantuan yang sangat berarti untuk mompreneur.

Jangan pernah lupa untuk melibatkan pasangan, karena tanpa bantuan dan kerjasama yang baik dengan pasangan atau ayah dari anak-anak, maka ibu akan mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan antara keluarga dan bisnis. Bangun komunikasi yang baik dan sehat dengan pasangan, agar dapat membantu atau berbagi tugas saat momen-momen penting dimana ibu memang harus fokus dengan bisnisnya atau ada masalah penting yang harus ditangani berkaitan dengan bisnis yang dikelola. Jangan pernah ragu untuk melibatkan pasangan dalam urusan belajar anak, karena saat ibu sedang butuh konsentrasi mengurus bisnis dan pasangan memiliki waktu luang, maka mintalah bantuan pasangan untuk mengawasi serta membantu belajar anak, agar anak berprestasi bisnis tetap lancar.

Mampu Menyusun Skala Prioritas

Ibu rumah tangga yang juga memiliki bisnis harus mampu lho menyusun skala prioritas. Mengapa? Adakalanya ibu juga harus fleksibel menempatkan urusan keluarga dan bisnis dalam skala prioritas. Ada satu waktu, keluarga dan anak-anak menempati skala prioritas pertama tapi terkadang ada suatu momen di mana bisnis harus ditempatkan di posisi pertama prioritas karena ada hal penting berkaitan dengan bisnis yang harus diselesaikan. Mampu menyusun skala prioritas dengan fleksibel akan membantu ibu lebih nyaman dan rileks saat melakukan dua hal sekaligus, yaitu mengurus keluarga dan mengelola bisnis.

Bicara soal skala prioritas, saya jadi ingat sebuah teknik manajemen yang disebut Eisenhower Decision Matrix, yang diciptakan oleh Dwight Eisenhower. Pada intinya teknik ini akan membantu seseorang membuat dan menempatkan skala prioritas sekaligus membantu melakukan manajemen waktu dengan lebih baik, dengan memisahkan hal-hal yang akan dilakukan dalam empat buah kategori, yaitu:

  1. Penting dan mendesak.
  2. Penting namun tidak mendesak.
  3. Mendesak namun tidak penting.
  4. Tidak penting dan tidak mendesak.
Memang tidak mudah menyusun skala prioritas, apalagi bagi yang belum terbiasa sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri. Nah, dengan bantuan kuadran tersebut, ibu bisa terbantu untuk menyusun urutan skala prioritas harian agar antara keluarga dan bisnis bisa berjalan beriringan. Mbak Tari sudah membuktikannya, kemampuan manajemen waktu yang baik dan menyusun skala prioritas, akan membantu ibu rumah tangga menyeimbangkan antara keluarga dan bisnis. Hasilnya, anak berprestasi bisnis tetap lancar. Untuk mendukung prestasi belajar anak, Mbak Tari menyarankan agar anak ikut bimbingan belajar live interaktif, seperti Sinotif agar hasil belajarnya lebih optimal. Nah, bagi yang penasaran ingin tahu tentang bimbingan belajar Sinotif, berikut informasinya.

Sinotif Bimbel Live Interaktif, Bimbel Spesialis Matematika Fisika Kimia

Banyak orangtua yang merasa kesulitan dan kewalahan saat menemani anak-anak belajar eksakta, terutama Matematika, Fisika, Kimia. Mbak Tari pun mengalaminya lho! Ditengah padatnya aktivitas mengurus keluarga dan bisnis, Mbak Tari kerap mengalami masalah saat menemani anak-anak belajar, terutama pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Apalagi, anak-anak Mbak Tari tergolong memiliki jam belajar di sekolah yang cukup padat, sehingga kesulitan untuk meluangkan waktu mengikuti bimbingan belajar. Nah, beruntung Mbak Tari mendapatkan referensi bimbingan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya, yaitu bimbingan belajar berbasis online dengan metode belajar live interaktif di Sinotif.

Sinotif Bimbingan Belajar Online

Nah, bagi yang belum mengetahuinya, Sinotif adalah bimbingan belajar spesialis eksakta, yang secara khusus bergerak di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia. Sinotif secara resmi berdiri pada 25 Maret 2000, dan sejak pandemi pada tahun 2020 bertransformasi menjadi bimbingan belajar online dengan konsep "live dan interaktif." Sampai dengan saat ini, Sinotif telah sukses membimbing lebih dari tiga puluh tibu siswa di seluruh kota di Indonesia melalui metode belajar live interaktif ini.

Bimbel Matematika

Selama lebih dari dua puluh tahun, Sinotif terus mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dari berbagai sekolah nasional maupun internasional, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, bahkan hingga mahasiswa semester awal perguruan tinggi. Setidaknya, ada 7 alasan mengapa Sinotif Bimbel Live Interaktif sangat direkomendasikan untuk membantu anak-anak belajar agar berprestasi sekaligus membantu mengatasi kesulitan belajar eksakta.
  1. Proses belajar disusun untuk mencapai target belajar dan nilai yang ingin dicapai siswa.
  2. Dibimbing langsung oleh guru-guru spesialis matematika, fisika, dan kimia.
  3. Siswa dibimbing secara personal sesuai dengan kebutuhan dan karakternya.
  4. Modul belajar lengkap dan sistematis, sesuai kebutuhan siswa di sekolah.
  5. Orangtua merasa lebih tenang dan bisa fokus pada aktivitasnya, karena perkembangan belajar anak bisa dimonitor dan dilaporkan secara berkala.
  6. Bisa bertanya soal atau PR, memperdalam materi, dan latihan soal kapan saja serta dimana saja 24 jam nonstop.
  7. Belajar secara online, live, dan interaktif.
Sinotif juga memiliki metode mengajar yang spesial dan pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan siswanya, yaitu Sinotif Learning Method. Sinotif Learning Method adalah suatu metode mengajar matematika fisika kimia yang sistematis, sehingga mudah dipahami siswa dan mampu mengidentifikasi kebutuhan siswa secara tepat. Berikut beberapa keunggulan Sinotif Learning Method:
  • SPECIALIZED. Di Sinotif para siswa memiliki kesempatan untuk belajar dengan guru-guru yang kompeten dan ahli dalam bidangnya, yang merupakan guru spesialis matematika, fisika, dan kimia. Selain ahli, guru-guru tersebut telah tersertifikasi khusus sehingga memahami metode belajar yang menarik dan mudah dimengerti para siswa.
  • PERSONALIZED. Di Sinotif siswa mendapatkan layanan personal sesuai kebutuhan dan target belajar yang diinginkan. Catatan dan laporan belajar dikirimkan setiap selesai sesi belajar.
  • SYSTEMIZED. Di Sinotif belajar jadi mudah dan efektif, karena siswa mendapatkan modul soal yang sistematis dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsep.
  • LIMITLESS. Layanan 24 jam nonstop. Di Sinotif siswa bisa mengakses website e-learning untuk belajar mandiri melalui seratusinstitute.com, dan tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal - kapan pun, dimana pun.
Sinotif Bimbel Live Interaktif

Selain itu, ada 2 program Sinotif, yaitu Sinotif Premier dan Sinotif Mobile, yang akan dijelaskan secara singkat berikut ini.

1. Sinotif Premier, belajar live dan interaktif serta tatap muka secara online. Ada 4 Sinotif Premier, yaitu Premier Diamond, Premier Platinum, Premier Gold, dan Premier Silver.
  • Premier Diamond merupakan layanan belajar privat, eksklusif, dan bergaransi uang kembali.
  • Premier Platinum dimana siswa bisa belajar sesuai kebutuhan tentunya dengan penanganan personal.
  • Premier Gold dimana siswa bisa belajar bersama guru spesialis dengan modul lengkap dan sistematis.
  • Premier Silver, siswa bisa belajar mandiri dengan bimbingan guru dan bebas tanya PR kapan saja, 24 jam nonstop.
2. Sinotif Mobile, para siswa bisa belajar kapanpun, dimanapun, selama 24 jam sehari 7 hari seminggu. Bagaimana cara belajarnya? bisa dengan mengakses situs web seratusinstitute.com dan Aplikasi Tanya Jawab Soal by Sinotif.

Nah, bagi ibu rumah tangga yang juga memiliki bisnis untuk dikelola dari rumah, Sinotif Bimbel Live Interaktif bisa menjadi solusi nih untuk mendukung belajar anak agar tetap maksimal. Apalagi, materi pelajaran, terutama eksakta di masa sekarang lumayan sulit dipahami untuk orangtua. Solusi terbaiknya, biarlah Sinotif yang menemani anak-anak belajar, apalagi metode belajar live interaktif bisa dilakukan dari rumah, sehingga orangtua tidak perlu khawatir anak terlalu sering berada di luar rumah sampai larut malam. 

harga Sinotif

Untuk para mompreneur, tidak perlu khawatir soal prestasi belajar anak, terutama untuk pelajaran eksakta, matematika, fisika, kimia. Cukup serahkan pada ahlinya, yaitu Sinotif Bimbel Live Interatif yang akan menemani anak-anak belajar, dan ibu hanya memantau serta memonitor hasil belajar anak melalui laporan yang diberikan secara berkala pada orangtua. Tersedia juga fasilitas 1 kali belajar gratis yang bisa dimanfaatkan siswa mencoba Sinotif Learning Method. Untuk informasi Harga Sinotif bisa langsung klik website www.sinotif.com atau melalui WA 0812 3645 8100Mau anak berprestasi bisnis tetap lancar, Sinotif Bimbel Live Interaktif solusinya!

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

25 komentar untuk "Tips Agar Anak Berprestasi Bisnis Tetap Lancar Untuk Para Mompreneur"

Comment Author Avatar
wah kayaknya cocok untuk yang homeschooling juga ya. terima kasih infonya :)
Comment Author Avatar
Duh Mbak Tari bener banget, urusan manajemen waktu ini yang kudu dibenahi agar urusan bisnis dan anak lancar.
Comment Author Avatar
Iya nih penting banget memiliki manajemen waktu yang baik dan seimbang.
Comment Author Avatar
Gak cuma buat ibu berbisnis, IRT pun juga rasanya memerlukan bimbel seperti sinotif buat anaknya ya. Materi anak-anak saat ini sudah berbeda banget. Bimbel juga biasanya punya metode agar anak cepat menyerap pelajaran. Jadi bu-ibu gak bingung.
Comment Author Avatar
Jika sering mendengar bahwa ibu yang sibuk sering kali menjadikan anak kehilangan waktu belajar, ternyata itu tidak lagi menjadi persoalan setelah ada Sinotif, ya, Mba. Ibu juga bisa memantau pembelajaran putra dan putrinya sambil terus mengelola bisnis. Btw, tentang Eisenhower Decision Matrix adalah ilmu baru yang bermanfaat bagi saya. Terima kasih banget, ya, Mba :)
Comment Author Avatar
Yaps betul mbak menurutku dengan adanya sinotif ini bisa membantu para ibu untuk memberikan pelajaran terbaik bagi putra atau putrinya
Comment Author Avatar
Kalau punya management waktu yang baik dan pas semua jadi lebih lancar ya. Kita sudah tahu apa yang jadi prioritas dan pekerjaan yang bisa dikerjakan nanti. Oh iya sinotif ini full online ya kak belajarnya? Atau ada tatap mukanya?
Comment Author Avatar
Sepakat banget dengan pendapatnya Mba Tari mengenai prinsip ini memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, membangun komunikasi yang baik dengan anggota keluarga, dan melakukan sesuatu sesuai skala prioritas dalam menjalankan bisnis, karena semuanya haru seimbang. Btw kebetulan keponakan saya sedang mencari tempat kursus Matematika, bisa saya rekomendasikan ini buat dia
Comment Author Avatar
Kesibukan orang tua dalam mencari nafkah tak menjadikan halangan untuk memberikan bimbingan maksimal kepada anak dalam hal pembelajaran mata pelajaran sekolah nya ya. Adanya sinotif memang sangat membantu nih. Apalagi pelajaran eksakta kan udah terkenal sulit jadi emang harus belajar dengan ahlinya
Comment Author Avatar
Setuju banget, Mba. Kerasa banget di zaman dahulu masih sulit sekali menemukan teman belajar seperti Sinotif ini. Alhamdulillah waktu itu tertolong sama banyak buku fisik. Hehehe.
Comment Author Avatar
Wah...para Mama yg punya bisnis engga perlu galau lagi nih dengan pendidikan anak-anaknya. Ada Sinotif yang siap mendampingi anak mengejar prestasi juga. Bisa online pula bimbingannya. Sip... cus ah kepoin cara daftarnya. Makasih Mbak Elisa...
Comment Author Avatar
Wah inspiring ya si Mbak Tari. Menemukan pola manajemen waktu memang kuncinya. Dan betul juga menuliskan daftar kegiatan per harinya membantu banget agar lancar kegiatan hariannnya dan terorganisir. Btw sinotif ini bisa gak ya untuk anak homeschooling?
Comment Author Avatar
Sepakat nih, manajemen waktu untuk ibu itu harus betul-betul dilakukan secara jobdesc nya dari mulai bangun sampai tidur lagi ga ada habisnya
Selain manajemen waktu kerja sama dengan support system juga perlu, karena ga mungkin semua dikerjakan sendiri bukan
Sinotif salah satu support sistem untuk mendampingi kiddos belajar ya mbak
Comment Author Avatar
Setuju banget nih sama poin-poin artikelnya, peran sebagai ibu itu banyak banget. ya ibu ya istri ya diri sendiri, apalagi kalau passionnya memang berbisnis, pasti tetep pengen bisnis lancar tapi tugas membersamai anak nggak keteteran juga. Manajemen waktu penting, tapi menurut saya memanage ekspektasi juga penting sih. Hehe.. Nggak perlu semuanya perfect, asal bisa dijalankan sebaik mungkin juga sudah patut diapresiasi..
Comment Author Avatar
Salut untuk para Ibu yang bekerja.
Karena memang sepenting itu menyeimbangkan kehidupan keluarga dengan bisnis dan pastinya gak mudah. Gak ada yang perlu dikorbankan karena semuanya bisa seiring sejalan asalkan ada pihak yang bijak dalam membantu seperti pendampingan belajar bersama Sinotif.
Comment Author Avatar
Bener banget, urusan manajemen waktu ini yang kudu dibenahi agar urusan bisnis dan anak lancar.
Comment Author Avatar
ini solusi jituuuuu
supaya ortu tdk pusiiingg mikirin pelajaran bocah yg makin susaah
makasi rekomennya yaaahhhh
Comment Author Avatar
Membagi waktu dan mengatur prioritas memang penting sekali nih bagi para ibu. Tentu agar anak tetap terurus dan semua urusan lainnya pun berjalan lancar. Tertarik juga saya dengan sinotif nih. Mungkin mau coba di semester depan untuk anak sulung.
Comment Author Avatar
Kisah Mbak Tari ini inspiratif. Buat para perempuan yang tetap ingin berkarya saat sudah berumah tangga bisa belajar banyak hal darinya.
Comment Author Avatar
Aku juga ngerasain sulitnya saat awal memulai bisnis jualan buku beberapa tahun lalu yaitu untuk mengatur waktu dengan baik, apalagi saat itu dua anakku masih sangat kecil. Tapi Alhamdulillah berjalan dengan baik, ya walaupun akhirnya off juga bisnisnya karena alasan lain.
Comment Author Avatar
Wah keren ya dari makanan kecil kesukaan di rumah bisa berubah menjadi bisnis. Ketika kita bisa mengatur waktu dan skala prioritas dengan baik, semua pun bisa berjalan dengan beriringan..
Comment Author Avatar
Management waktu ini masih susah banget. Seringnya suka molor dan banyak hal yang harus selesai dilakukan hari itu, eh, malah nggak selesai. Akhirnya semua berantakan, waktu dengan anak pun berkurang. Huhu
Comment Author Avatar
memang ya kunci sukses jadi bisnis women sekaligus mendampingi anak meraih prestasi yaitu harus pandai mengatur waktu dan konsisten menjalankannya. Bagi aku sendiri masih PR banget bisa konsisten dan komitmen menjalankan jadwal yang telah dibuat
Comment Author Avatar
Masya Allah tipsnya berguna banget mbak.. sebagai pelaku s2 yg juga ibu rumah tangga aku bener2 agak kuwalahan akhir2 ini.

Salut sama mbak tari yg juga sambil berbinis ya
Comment Author Avatar
Meski aku nggak menuntut anak buat dapat nilai bagus di semua mata pelajaran, tapi aku pasti seneng kalau dia pinter.

Yang lebih penting lagi, anak menikmati proses belajar yang menyenangkan. Sinotif ini tutor nya menyenangkan, bikin belajar jadi fun.