Inilah 5 Rekomendasi Gunung Di Pulau Jawa yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Tenda Camping Consina
Foto: Travel.kompas.com
Indonesia memiliki banyak sekali gunung yang indah dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, di pulau Jawa saja sudah ada ratusan gunung yang tersebar di beberapa wilayahnya. Ada beberapa orang sengaja mendaki gunung hanya ingin menikmati keindahan yang ada di puncak. Walaupun, melewati perjalanan yang yang tidak mudah dan menguras tenaga. Namun, semua itu akan terbayarkan dengan melihat keindahan alam yang ada di puncak gunung tersebut. Bagi yang baru pertama kali mendaki, sebaiknya mulailah dari gunung yang tidak terlalu tinggi dan tidak memiliki jalur pendakian yang sulit. Berikut ini adalah daftar gunung yang cocok untuk para pendaki pemula. Mau tahu? Langsung saja, yuk disimak bersama!

1. Gunung Gede Pangrango

Tenda Camping Consina
Foto: Radarsukabumi.com
Gunung yang satu ini berada di perbatasan kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Untuk sampai ke puncaknya kamu bisa melewati jalur gunung Putri Cipanas, jalur Selabintana Sukabumi dan jalur Cibodas. Walaupun gunung Gede Pangrango ini memiliki ketinggian 2.958 mdpl. Namun, gunung ini terbilang mudah untuk didaki. Karena, hanya butuh waktu 6 jam untuk sampai ke ke puncaknya, jika melewati jalur Cibodas. Kondisi alam gunung Gede Pangrango masih sangat asri, sehingga memiliki banyak jenis flora dan fauna.

Jangan lupa, setelah mendaki dan menikmati indahnya pemandangan di Gunung Pangrango serta daerah sekitarnya, mampir di Kota Purwakarta sejenak, banyak destinasi wisata keren lho di sini.

2. Gunung Andong

Tenda Camping Consina
Foto: Nativeindonesia.com
Gunung Andong sangat cocok sekali untuk para pendaki pemula yang tidak ingin mendaki gunung yang tinggi. Gunung ini memiliki ketinggian tidak lebih dari 2000 mdpl yaitu sekitar 1726 mdpl. Berada di daerah Magelang dan tidak jauh dari D.I Yogyakarta, kalian hanya butuh waktu 2 jam, untuk sampai di puncak gunung ini. Jalur pendakian di gunung ini terbilang mudah dan aman. Karena, dilengkapi dengan papan petunjuk. Gunung Andong, memiliki pemandangan sunrise yang sangat indah. Jadi, jika kamu berniat untuk memuncaki gunung ini. Bawalah tenda camping consina, untuk menginap dan menikmati sunrise yang indah di pagi hari.

3. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tenda Camping Consina
Foto: Alodiatour.com
Sepertinya gunung ini cocok dijadikan alternatif gunung pertama untuk para pendaki pemula. Karena, Gunung Api Purba hanya memiliki ketinggian 700 mdpl saja. Terletak di Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Meskipun termasuk gunung, namun bentuk dari gunung Api Purba ini lebih mirip seperti bukit batu yang puncaknya ditumbuhi aneka flora.

4. Gunung Telomoyo

Tenda Camping Consina
Foto: Solo.tribunnews.com
Gunung selanjutnya berada di Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Telomoyo lebih tepat disebut bukit dengan ketinggian 1.894 mdpl. Karena, fasilitas di Gunung Telomoyo yang sudah dibangun jalan, sehingga dapat diakses dengan menggunakan kendaraan bermotor.

5. Gunung Panderman

Tenda Camping Consina
Foto: Manusialembah.com
Gunung yang cocok untuk para pendaki pemula selanjutnya adalah Gunung Panderman. Gunung yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur memiliki ketinggian 2.024. Meskipun gunung ini memiliki ketinggian lebih dari 2.000 mdpl. Namun, jalur pendakian di gunung ini terbilang mudah dan tidak terjal. Puncak tertinggi gunung Panderman dinamakan puncak Pasundaran dan hanya memerlukan waktu 3 jam untuk sampai. Di puncak Pasundaran kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Kota Batu, Gunung Arjuno, serta Gunung Welirang.

Itulah 5 gunung yang cocok untuk para pendaki pemula. Nah...bagi para pendaki pemula, janganlah mendaki sendirian, karena, itu akan membahayakan diri sendiri. Carilah rekan satu tim yang sudah berpengalaman mendaki gunung, untuk dijadikan pemandu. Jangan lupa untuk mencari tahu medan apa yang akan di lalui selama mendaki. Selain itu, sebelum berencana melakukan pendakian pastikan untuk mempersiapkan mental dan fisik yang kuat, salah satunya dengan berolahraga secara teratur atau melakukan simulasi seperti saat melakukan pendakian nanti. Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan perlengkapan mendaki serta tenda menginap seperti tenda camping Consina agar banyak momen indah yang bisa terekam saat melakukan pendakian. Selamat mendaki gunung!

Tidak ada komentar