Kulit Lebih Cerah Berkat RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya

RDL Sabun Papaya

Siapa nih yang ingin kulitnya lebih cerah dan kembali sehat? Saya ingin berbagi pengalaman kulit lebih cerah berkat RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya. "Bu, jus seperti biasa habis, adanya jus buah pepaya, enak juga kok bu dan banyak manfaatnya untuk kesehatan kulit, mau ya bu!" Kata penjual jus langganan saya di dekat sekolah anak-anak. Biasanya saat menunggu anak-anak pulang sekolah, saya selalu mampir di booth penjual jus dekat sekolah, lumayan bisa menghilangkan rasa haus sambil berteduh dari sinar matahari yang sedang terik-teriknya. Apalagi bulan-bulan terakhir ini, saya mengalami masalah kulit terlihat kusam, kering, dan muncul kerutan yang makin terlihat jelas.

Sambil menyesap jus pepaya, saya ngobrol dengan penjual jus yang menceritakan banyak ibu-ibu yang mengantar dan menjemput anak-anak di sekolah sangat suka dan sering pesan jus pepaya untuk dibawa pulang soalnya buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit dan kecantikan. Setelah mendengar cerita penjual jus, saya jadi ingat beberapa tahun lalu ketika mengalami masalah kulit yang sama terutama kulit wajah, saya pernah menggunakan RDL Sabun Papaya untuk mengatasinya. Sepertinya setelah menjemput anak pulang sekolah, saya harus bergegas mencari informasi tempat membeli produk ini.

Harus saya akui, kebiasaan naik sepeda motor untuk melakukan berbagai aktivitas ibu rumah tangga, termasuk belanja dan mengantar anak-anak ke sekolah menjadi penyebab utama munculnya berbagai masalah kulit, terutama kulit wajah. Seringnya kulit wajah terpapar sengatan sinar matahari di siang hari, belum lagi kondisi lalu lintas yang sarat polusi udara dari asap kendaraan bermotor turut menyumbang makin beratnya masalah kulit yang saya alami beberapa bulan terakhir ini dan sangat mengganggu!

Kenapa harus RDL Sabun Papaya? Saya ingat dahulu alasan memilih produk ini karena rekomendasi almarhum mama yang sangat suka buah pepaya, dan mama dulu juga menggunakan RDL Sabun Papaya karena kandungan Ekstrak Pepaya, jadi sudah terbukti manfaat baiknya. Buah pepaya adalah salah satu buah yang umum ditemukan di pasar, toko buah, hingga supermarket. Sebagian orang tahu buah pepaya memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan. Ternyata tidak hanya itu, buah pepaya juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan.

manfaat buah pepaya

Tahukah, kalau kandungan yang paling banyak pada buah pepaya adalah Vitamin C. Jumlah kandungan Vitamin C pada 100 gram buah pepaya dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C tubuh dalam satu hari. Selain itu, buah pepaya juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat lainnya untuk kesehatan, seperti Beta Karoten, Pro Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B6, Vitamin K, Folat, Niacin, Kalium, Magnesium, Kalsium, enzim papain, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi ini, Ekstrak Pepaya pastinya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan, seperti:
  1. Melembapkan Kulit Wajah. Kandungan Enzim Papain yang terdapat pada buah pepaya dapat membantu mengatasi masalah kulit kering dan terkelupas. Kandungan enzim ini juga membantu kulit wajah menjadi lebih lembut dan kenyal.
  2. Mencerahkan Kulit Wajah. Buah pepaya ternyata cukup populer di kalangan industri kosmetik dan skincare karena memiliki fungsi alami memutihkan dan mencerahkan kulit wajah secara alami.
  3. Mengatasi Masalah Pigmentasi Kulit. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pepaya, seperti Enzim Papain, Beta Karoten, dan lainnya berperan sebagai pencerah alami dan menghilang noda. Selain itu, asam alfa-hidroksi dalam kandungan buah pepaya juga berperan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati akibat paparan radikal bebas. Kandungan inilah yang membantu mengatasi masalah pigmentasi kulit yang tidak merata.
  4. Mengurangi Kerutan di Wajah. Bagi yang ingin memiliki wajah awet muda atau babyface harus tahu nih, kalau buah pepaya kaya akan antioksidan seperti likopen yang berfungsi melawan tanda-tanda penuaan di wajah. Selain itu, buah pepaya juga mengandung Vitamin C dan E yang mampu melawan radikal bebas hingga membantu kulit terlihat lebih awet muda. Tidak cukup sampai di sini, pepaya juga bermanfaat memperbaiki elastisitas kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan seperti flek hitam dan juga kerutan.
  5. Mengatasi Masalah Jerawat. Buah pepaya juga dapat membantu mengontrol dan mengatasi jerawat. Kandungan Enzim Papain dalam pepaya yang juga memiliki fungsi sebagai eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Kandungan Vitamin A dalam buah pepaya juga diyakini dapat mencegah peradangan pada kulit wajah jika mengalami masalah jerawat.
Wow…siapa nih yang sama seperti saya baru tahu kalau buah pepaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan, selama ini saya hanya tahu buah pepaya memiliki manfaat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya

Kalau Ekstrak Pepaya saja sudah memiliki begitu banyak manfaat, bagaimana jika digabungkan dengan kandungan bahan aktif lainnya, seperti yang terdapat pada RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya. Pastinya akan lebih banyak manfaat yang membantu kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

Review RDL Sabun Papaya

RDL Sabun Papaya

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya saya mengenal dan menggunakan RDL Sabun Papaya. karena beberapa tahun lalu saya pernah memakainya bersama almarhum mama. Bisa dibilang, mama yang mengenalkan saya pada RDL Sabun Papaya hingga akhirnya saya berhenti memakainya setelah mama tiada. Di usianya yang ketika itu 60 tahun lebih, kulit mama terlihat masih sehat, cerah, dan tidak terlalu banyak keriput, karenanya ketika penjual jus bercerita tentang manfaat buah pepaya saya jadi ingat lagi dengan RDL Sabun Papaya yang dulu pernah saya pakai bersama mama.

Tidak ingin berlama-lama mengalami masalah kulit kusam dan kering, apalagi akhir-akhir ini saya memiliki segudang aktivitas di luar rumah selain mengantar dan menjemput anak-anak dari sekolah, akhirnya saya membeli RDL Sabun Papaya. Tidak udah pusing urusan membeli RDL Sabun Papaya, karena produk ini bisa dibeli secara online, tinggal duduk manis menunggu produk diantarkan ke rumah. Dari informasi yang saya baca, ada produk RDL Sabun Papaya palsu atau tiruan lho, bahkan ada juga yang ilegal…jadi berhati-hatilah dan waspada saat melakukan pembelian!

Wajib tahu! RDL adalah brand asli dari Filipina, yang diproduksi oleh RDL PHARMACEUTICAL LAB. INC yang sudah memiliki pengalaman memproduksi berbagai produk skincare dan personal care dengan kualitas terbaik. Untuk di Indonesia, RDL PHARMACEUTICAL LAB. INC menunjuk PT. RDL DISTRIBUSI INDONESIA sebagai partner untuk mengembangkan brand serta distribusi berbagai produk kecantikan RDL. Sebagai wujud komitmen dan keseriusan dalam mengembangkan jaringan bisnis, PT. RDL DISTRIBUSI INDONESIA melakukan kerjasama dengan Nita Gunawan sebagai Brand Ambassador.

Beli di RDL Official Shopee

Untuk kehati-hatian agar tidak salah memilih RDL Sabun Papaya, saya membeli secara online di toko RDL Official di Shopee, kebetulan dapat gratis ongkir. Hanya menunggu satu hari dari tanggal pembelian, akhirnya RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya yang saya beli tiba, kebetulan saya pilih Paket Glowing, jadi dalam satu paket terdapat dua produk tersebut yang pastinya saling melengkapi agar manfaat yang dirasakan bisa maksimal. Untuk yang pertama, saya mau cerita pengalaman menggunakan RDL Sabun Papaya dulu ya!

Ternyata RDL Sabun Papaya memiliki tampilan kemasan yang baru, agak berbeda dari yang saya dan mama pakai dahulu, apalagi pada kotak kemasan terdapat keterangan RDL Papaya Brightening Soap. Kotak kemasan RDL Sabun Papaya tetap sama, dengan dominasi warna khas buah pepaya di setiap sisinya, bahkan masih terdapat gambar buah pepaya segar pada kotak kemasannya.

kemasan RDL Sabun Papaya

Pada kotak kemasan, juga terdapat keterangan dengan Whitening Formula dan Sunscreen, ditambah Vitamin A, C, dan E. Dibanding saat pertama kali menggunakan, RDL Sabun Papaya, kandungan atau ingredients sekarang lebih lengkap. Pada sisi kotak kemasan lainnya, terdapat informasi tanggal produksi dan Expired/kadaluarsa, produsen RDL Pharmaceutical Laboratory Inc. beserta alamat lengkapnya, distributor resmi RDL di Indonesia, yaitu PT. RDL Distribusi Indonesia, logo sertifikasi halal, dan Kode izin edar BPOM RI NA40220500001.

Sedangkan pada sisi kotak kemasan sebaliknya terdapat informasi singkat tentang manfaat RDL Sabun Papaya, cara penggunaan, komposisi, dan poin penting untuk menjadi perhatian. Peringatan! RDL Sabun Papaya hanya untuk pemakaian luar!

Kandungan Bahan Aktif atau Active Ingredients RDL Sabun Papaya

Terdapat beberapa kandungan bahan aktif dalam RDL Sabun Papaya, yaitu:
  1. Ekstrak Pepaya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ekstrak pepaya memiliki manfaat mengangkat sel kulit mati, membantu mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah, dan membantu mencegah penuaan dini.
  2. Vitamin A. Pastinya banyak yang sudah tahu kalau Vitamin A memiliki manfaat mencegah munculnya kembali jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mengurangi kerutan di wajah, serta membantu mencegah penuaan dini pada kulit.
  3. Vitamin C. Seperti yang diketahui, Vitamin C sangat membantu mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari paparan sinar UV, hingga membantu mengurangi kerutan di wajah.
  4. Vitamin E. Kalau vitamin yang satu ini memiliki manfaat melembapkan kulit wajah, mengatasi hyperpigmentasi, membantu menyamarkan bekas jerawat, serta membuat kulit menjadi lebih kenyal.
Ekstrak pepaya, Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E bekerja secara harmonis untuk memberikan manfaat luar biasa bagi kulit.

Tekstur dan Cara Pakai RDL Sabun Papaya

RDL Sabun Papaya dikemas dalam kotak 135 gram dengan dominasi warna kuning terang seperti warna khas buah pepaya. Setelah dikeluarkan dari kotak, terdapat kemasan plastik berlogo RDL untuk melindungi sabun sebelum digunakan, pada plastik juga terdapat informasi produsen RDL dari Philipina. Untuk tekstur RDL Sabun Papaya, sama seperti sabun lainnya, berukuran kotak dan berwarna kuning terang seperti warna khas buah pepaya yang matang dan manis.

Tekstur RDL Sabun Papaya

Cara pakainya juga mudah, usapkan pada wajah dan leher secara merata dengan gerakan melingkar yang lembut. Diamkan selama 3 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air. Untuk hasil terbaik, gunakan setiap hari saat mandi agar manfaatnya bisa dirasakan lebih maksimal.

Review Setelah Menggunakan RDL Sabun Papaya

Jujur, baru sekitar satu minggu saya memakai kembali RDL Sabun Papaya, sama seperti dahulu manfaat pertama yang saya rasakan adalah kulit wajah terasa lebih segar dan bersih. Harumnya yang lembut membantu kulit wajah terasa lebih rileks setelah mandi dan memakai RDL Sabun Papaya.

Apalagi kalau habis beraktivitas di luar rumah, kulit wajah yang awalnya terasa panas dan seperti terbakar, setelah cuci muka dengan RDL Sabun Papaya, terasa lebih lembut dan lembab. Berikut beberapa manfaat yang dalam satu minggu ini mulai saya rasakan.
  • Kulit wajah terasa lebih bersih, terlihat agak cerah, dan segar meskipun habis beraktivitas di luar rumah. Apalagi RDL Sabun Papaya memiliki perlindungan ekstra, yaitu Whitening Formula dan Sunscreen yang memberikan perlindungan dari efek buruk sinar matahari meskipun efek brightening belum terlalu terasa.
  • Kulit wajah terasa lebih lembap dan lebih kencang, karena terhidrasi dengan baik.
  • Beberapa bagian kulit, terutama area pipi yang awalnya sedikit mengelupas dan teriritasi ringan karena terpapar sinar matahari, perlahan mulai hilang bahkan lebih kini terasa lebih lembut.
kulit lebih cerah berkat RDL Sabun Papaya

Repurchase?
Pasti dong, meskipun RDL Sabun Papaya ukurannya cukup besar dan pastinya hemat, tapi baru satu minggu pemakaian saya sudah merasakan cukup banyak manfaatnya.

Kulit wajah sedikit naik tone-nya, sedikit lebih cerah dan mulai terlihat tidak kusam lagi. Masalah kulit kering juga perlahan mulai hilang, berganti dengan lembap dan lebih kencang sehingga lebih nyaman saat beraktivitas di luar rumah. Mudah-mudahan setelah lebih dari satu bulan pemakaian, saya memiliki waktu luang menulis review RDL Sabun Papaya kembali.

Review RDL Facial Cleanser Papaya

Review RDL Facial Cleanser Papaya

Dalam satu Paket Glowing dari RDL yang saya beli di Shopee, selain RDL Sabun Papaya terdapat juga produk lainnya, yaitu RDL Facial Cleanser Papaya. Terus terang, saya baru tahu dan belum pernah mencoba RDL Facial Cleanser Papaya, tapi demi mendapatkan hasil yang terbaik bagi kulit wajah, double cleansing wajib dilakukan.

Apa itu Double Cleansing? Double Cleansing adalah metode pembersihan kulit wajah yang melibatkan dua tahap pembersihan, dalam hal ini saya menggunakan RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya. Alasan mengapa double cleansing dianjurkan untuk dilakukan, karena metode ini sangat membantu membersihkan kulit dengan lebih efektif dan menyeluruh.

Pada tahap pertama, membantu melarutkan kotoran dan sisa make up yang terdapat pada kulit, bahkan yang terdapat pada pori-pori yang sangat kecil. Langkah ini dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat, jerawat, dan peradangan kulit. Untuk tahap kedua, membantu membersihkan kotoran yang masih tersisa dan membantu menjaga kelembaban alami kulit.

Double Cleansing juga membantu meningkatkan penyerapan bahan-bahan aktif dalam produk perawatan kulit yang akan dilakukan setelah menggunakan RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya, yaitu produk seperti serum, krim, dan lainnya. Hal ini karena sulit sudah bersih dan bebas dari sisa kotoran yang berpotensi dapat menghalangi penyerapan.

kemasan RDL Facial Cleanser Papaya

RDL Facial Cleanser memiliki kandungan bahan aktif atau Active Ingredients, yaitu:
  • Ekstrak Buah Pepaya yang mencerahkan dan menyehatkan kulit wajah.
  • Minyak Kelapa, Minyak Mineral, dan Minyak Kedelai, yang memberikan kelembapan.
  • Tokoferol asetat, mengatasi kekurangan Vitamin E pada tubuh.
  • Askorbil palmitat, antioksidan yang mencegah penuaan dini.
  • Retinyl palmitate, Vitamin A untuk kulit.
  • Oksibenzon, melindungi dari paparan radiasi sinar UVA.
RDL Facial Cleanser dikemas dalam botol plastik bening berwarna kuning terang dengan tutup fliptop terbuat dari plastik berukuran 150 ml. Pada kemasan botol RDL Facial Cleanser Papaya terdapat informasi tentang manfaat produk, cara penggunaan, komposisi, informasi tentang produsen dan distributor resmi, tanggal produksi dan expired, serta barcode yang berisi izin edar BPOM RI NA40221200001.

Tekstur RDL Facial Cleanser Papaya

RDL Facial Cleanser Papaya with Papaya Extract merupakan pembersih wajah yang diformulasikan secara efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran secara menyeluruh yang menjadi penyebab komedo dan jerawat. Produk ini juga membantu menjadikan kulit lebih halus, cerah bersinar tanpa noda. Teksturnya cair dan cepat meresap di kulit, baunya lembut dan tidak terlalu menusuk hidung sehingga nyaman digunakan.

Cara pakainya juga mudah, tuangkan RDL Facial Cleanser with Papaya Extract ke kapas. Usapkan ke wajah dan leher sampai semuanya bersih. Untuk hasil terbaik, gunakan 2x sehari, pagi hari dan sebelum tidur secara teratur agar kulit menjadi lebih cerah dan sehat.

Review Setelah Menggunakan RDL Facial Cleanser Papaya

Berbeda dengan RDL Sabun Papaya yang sudah pernah saya pakai beberapa tahun lalu, produk RDL Facial Cleanser Papaya bisa dibilang baru saya kenal. Setelah saya cari informasinya, ternyata produk ini melengkapi pemakaian RDL Sabun Papaya agar hasilnya makin maksimal, dengan kata lain bisa melakukan double cleansing. Berikut review Facial Cleanser Papaya.

Hampir seminggu ini saya memakai RDL Facial Cleanser saat pagi hari dan malam hari sebelum mencuci muka dengan RDL Sabun Papaya. Hasilnya benar-benar mantap dan bagi saya cukup sempurna, karena bisa mengangkat kotoran dan sisa make up di wajah sampai habis tak bersisa. Kemudian dilanjut mencuci muka memakai RDL Sabun Papaya, hasilnya kulit terasa lebih bersih dan lembap. Untuk satu minggu pemakaian, RDL Facial Cleanser Papaya cukup memberikan efek lebih cerah pada kulit jika dipakai bersamaan dengan RDL Sabun Papaya.

Review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya

Berarti harus double cleansing dong? Jika ingin kulit lebih cerah dengan cepat, double cleansing memakai RDL Facial Cleanser Papaya dilanjut RDL Sabun Papaya wajib dilakukan. Repurchase? Pasti dong agar saya bisa merasakan double manfaat yang bikin kulit lebih cerah.

Hati-hati dan waspada, jangan salah beli karena saat ini cukup banyak beredar produk palsu atau tiruan bahkan ilegal. Untuk keamanan dan kenyamanan menggunakan produk RDL sebaiknya membeli melalui toko distributor resmi RDL Official di Shopee ya!

Kalau ingin update terus tentang hal-hal baru mengenai RDL, promosi, tips perawatan kulit, juga waspada produk palsu, Follow saja akun media sosial RDL, di:
  • Instagram @rdlofficialstore
  • TikTok @rdlofficialstore
  • TikTok @official.rdl
Ekstrak pepaya tidak hanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan kulit wajah. Mari jelajahi keajaiban alam dalam setiap aktivitas membersihkan kulit wajah dengan RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya untuk kulit lebih cerah.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

101 komentar untuk "Kulit Lebih Cerah Berkat RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya"

Comment Author Avatar
Wah.. Selama ini aku pake sabun pepaya dan sekarang juga ada facial cleanser pepaya ya.. Jadi pengen coba juga nih facial cleanser pasti wajah bersih dan sehat nih
Comment Author Avatar
Berarti samaan kita ya, dulu saya juga pakai RDL Papaya sebelum ada cleansernya. Sekarang sudah ada cleansernya pasti hasilnya makin maksimal ya
Comment Author Avatar
Saya pernah disarankan sama teman untuk pakai RDL sabun Papaya ini, Mba. Katanya bisa membuat wajah lebih cerah dan ga kusam. Dari saatdisarankan mau beli tapi ga jadi mulu. Kayaknya nanti saya mau coba aah, apalagi pas baca reviewnya mba muthia
Comment Author Avatar
Wah aku sudah pernah coba pake RDL Sabun Pepaya ini dari jaman dulu banget. Kebetulan tanteku juga ada yang make dan memang mantul banget buat ngecerahin muka sih.
Baru tahu sekarang ada facial cleansernya juga. Jadi pengen coba ah.
Comment Author Avatar
Ini sabunnya sudah lama ada ya ternyata, aku baru tahu tiga tahun terakhir sering lihat di etalasw toko. Ketinggalan info nih
Comment Author Avatar
ideeem mba Kenni. Saya malah baru tahu tahun kemarin.. hahaha.. kemana aja kita yaaa
Comment Author Avatar
Wah, pernah tahu produk ini , tapinbelum pernah coba. RDL Sabun Pepaya ini pas banget diaplikasikan tiap hari ya Mbak? Bayangin segarnya.
Comment Author Avatar
makin cantiiikkk mb Mutia

aku juga mupeng

wajah jd sehat berseri ya mba

kece bangettt
Comment Author Avatar
RDL Sabun Papaya ini tidak hanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan kulit wajah, ya. Jadinya lebih praktis.
Comment Author Avatar
Aku suka banget buah pepaya, Mbak. Terus suka juga lihat warnanya yang sudah mateng, langsung kebayang aja berbagai nutrisi di dalamnya yang baik bagi tubuh. Aku juga suka lihat warna RDL Sabun Papaya ini. Segar banget gitu, seperti buah pepaya. Artinya banyak manfaat juga untuk kulit kita kalau secara rutin menggunakan sabun ini ya..
Comment Author Avatar
Sabun RDl Pipaya ini terbukti membuat kulit tubuh dan wajah lebih halus, sehat dan bersih, yaa..
Comment Author Avatar
Sama nih mbak kulitku juga tipe kering dan mudah kusam, apalagi pas pulang kampung di daerah dingin, cepet banget keringnya padahal udah pakai pelembab, kayaknya kudu pakai RDL sabun papaya nih
Comment Author Avatar
Aku juga pake iniiii, skrg cleasernya udah mau abiss hahaha.. mau repurcharge jugaa, dan suprisingly ini tuh ngga bikin kulit kering lhoo
Comment Author Avatar
wah banyak yang emmberi testi positif sabunRDL ini ya, jadi ingin coba juga, karena setahu saya pepaya memnag mempunyai banyak manfaat
Comment Author Avatar
Sabun RDL Papaya ini legend banget ga sih mba... Udah ada sejak aku remaja. Emang trusted untuk mencerahkan kulit.
Comment Author Avatar
Iyah legend karena kasiatnya emang bagus jadi disukai banyak orang dan emang perlu banget distok dan gak usah diragukan lagi
Comment Author Avatar
warna nya emnag kayak pepaya ya kan Mba, kalo pake ini dan rutin juga makan pepaya, mungkin hasilnya juga akan lebih maksimal yah
Comment Author Avatar
Pepaya kan mudah didapat di tempat tropis seperti indonesia
Comment Author Avatar
Wah jadi inget akutu Ibuku juga pengguna sabun papaya...berasa dejavu, mesti kembali lagi nih ke bahan alami karena bagus ekstrak Pepaya ini yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan kita. Mana sudah praktis ada RDL sabun dan facial cleanser Papaya sekarang ya
Comment Author Avatar
Jadi makin cinta sama pepaya karena tak hanya memiliki manfaat menjaga kesehatan saluran pencernaan tapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan
Comment Author Avatar
Ini rdl sabun papaya tuh favoritnya ibuku sampai sekarang masih pakai, sekarang udah makin lengkap ya produknya ada cleanser-nya juga. Makin kinclong deh kulitnya.
Comment Author Avatar
Kalau banyak beredar versi KWnya berarti kualitasnya enggak perlu diragukan lagi ya, makanya banyak yang meniru... Biar aman beli di official store aja ya...
Comment Author Avatar
Dulu waktu sekolah sering banget gunain ini..tapi sekarang udah nggak lagi.. baca ini jadi pingin nyoba lagi deh
Comment Author Avatar
Seneng banget ya..
Kini menemukan sabun dan facial cleanser yang cocok untuk kulit dan bikin kulit bebas masalah jerawat juga bersih, Btw, aku juga kurang suka buah pepaya. Tapi sejak membaca manfaatnya, jadi mulai membiasakan konsumsi dan kini ada di dalam kandungan skincare yang terpercaya.
Comment Author Avatar
Abis makai sabun RDL Papaya ini kulit emang jadi lebih bersih dan kencang. Saya juga makai sabun ini. Praktis, simple, makainya juga gampang banget.
Comment Author Avatar
Iya mba kulit lebih kencang, halus, tetapi masih lembab. Memang sabun RDL ini sudah terkenal sejak zaman saya masih SD
Comment Author Avatar
Saya juga suka wanginya sabun papaya khas banget, lembut di wajah, dan membersihkan secara menyeluruh. Wajah nggak kering, malah halus dan lembab setelah cuci muka
Comment Author Avatar
wah banyak yang cocok dengan RDL ini ya, jadi ingin coba juga merasakan manfaat buah pepaya yang dikemas RDL
Comment Author Avatar
Iya mba mungkin karena formulasi sabunnya yang pas ya untuk kulit wajah negara tropis
Comment Author Avatar
sabun RDl nih legend ya, sudah lama tahu beredar di pasaran tapi belum pernah cob, ternyata banyak sekali manfaatnya, jadi ingin coba apalagi setelah baca reviewnya
Comment Author Avatar
Toss mbak
Aku pun pakai dua produk dari RDL papaya ini
Pakai facial cleanser dan sabunnya juga
Comment Author Avatar
saya juga ada nih mbak produk RDL sabun papaya ini. sabun mukanya memang cukup oke untuk membersihkan kulit
Comment Author Avatar
Jadi repurchased yaa, kak Antung.
Karena puas banget sama hasilnya setelah pemakaian rutin RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya.
Comment Author Avatar
Bebrapa tahun lalu saya punya toko obat dan kosmetik waktu masih di rumah yg lama, produk ini yg paling laku karena banyak yang cocok dan harganya pun ramah di kantong. Ternyata hingga hari ini masih bagus dan masih banyak yg suka. Aku pun jadi makin sayang walaupun tokoku sudah tutup.
Comment Author Avatar
Ada yang jual jus pepaya ya, kak..?
Wah, aku baru tau banget. Soalnya selama ini makan pepaya ya, dimakan daging buahnya, hehhe.. Dan kini adalah era baru perawatan wajah yang praktis menggunakan bahan alami. Kuncinya memilih produk yang tepat yakni RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya, yang semakin mudah didapatkan di toko offline maupun online.
Comment Author Avatar
RDL sabun papaya ini bagus ya bun, bikin kulit terawat bersih. Produk RDL ini selain berkualitas juga ramah di kantong.
Comment Author Avatar
Betul sekali Mak ramah di kantong. Buat saya golongan mending mendang ini, harga ramah di kantong tu yg utama sih. Apalagi kalau khasiatnya sebagus sabun papaya ini, why not kan yah?
Comment Author Avatar
Senang banget sama dua produk andalan dari RDL Papaya ini
Facial cleanser dan sabunnya bikin waiah jadi cerah
Comment Author Avatar
Wah siapa sih yang gakenal sama RDL Sabun Pepaya ini, primadona sejak saya masih belia gampang juga dicari di minimarket pun ada, khasiatnya tidak main-main, memang terdengar sepele hanya sabun pepaya, tetapi sekarang sudah semakin berkembang banyak lagi varian lainnya.
Comment Author Avatar
Aktivitas yang seabrek nih sering menyisakan kulit muka kusam, jerawat dan komedo intinya muka kusut masai untung banget ada RDL sabun papaya nih mbantu bersihkan muka
Comment Author Avatar
ini kayak nggak tau keriput pas umur udah mulai menua hihihi.. Emang harus lebih getol ya mbak merawat wajah kita hehe
Comment Author Avatar
RDL Sabun Papaya memang bisa bikin kuit lebih cerah, ya. Aku suka sama aroma khas pepayanya tapi gak menyengat.
Comment Author Avatar
RDL Sabun pepaya itu legend banget, salah satu skincare yang tetap bertahan ditengah ketatnya persaingan dunia perskincare-an
Comment Author Avatar
aku udah nyoba nih mak sabun RDL Papaya ini.bagus untuk mencerahkan kulit dan merawat kulit. apalagi kalau digunakan secara rutin ya mak
Comment Author Avatar
Senang sekali kini membeli RDL Sabun Papaya, bisa secara online, tinggal duduk manis menunggu produk diantarkan ke rumah dan bisa deh memiliki kulit lebih sehat dan cerah.
Comment Author Avatar
Sejak kecil paling suka buah pepaya karena rasanya manis, lumer di mulut, dan bikin lancar ke belakang. Hehehe. Eh, sekarang udah ada sabun Papaya untuk mencerahkan kulit. Bisa dicoba, nih, Mbak, rekomendasinya.
Comment Author Avatar
Sabun pepaya memang terbukti banyak khasiatnya ya. Aalagi cocok buat dijadiin bodycare sehari-hari.
Comment Author Avatar
Wow, RDL ini ada versi cleanser nya ya Mbak? Blom pernah coba.
Comment Author Avatar
Buah pepaya memang banyak manfaatnya ya, kak, saya juga suka dimakan begitu saja, TPI kalo dijuz blm pernah. Krn banyak manfaatnya untuk kulit pas sekali diekstrak menjadi sabun dan cleansing foam papaya.
Comment Author Avatar
Suka pepaya dalam bentuk buah segar, campuran sayur lodeh, selai kue. Tapi belum coba dalam bentuk jus. Apalagi untuk facial wash.. banyak sekali variasi manfaatnya ya
Comment Author Avatar
Dulu tahunya cuma produk sabun batangan doang.. sekarang makin banyak ya
Comment Author Avatar
Masih ada ya Mba sabun papaya, sy pakenya zaman dulu bgt wkt masih kuliah. Bagus sih bikin warna kulit jd lebih cerah. RDL jg sy pernah pake, tp krn dulu pake bahan berbahaya sprt merkuri dan aromanua menyengat bgt, jd sy hentikan. Stlh baca postingan ini ternyata bahannya skrg lbh aman ya
Comment Author Avatar
Modelnya pas banget sih ya..
NNita Gunawan, cantik memesona dan rahasia kecantikannya ada pada penggunaan bahan alami yang kini bisa diperoleh praktis dengan menggunakan RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya.
Comment Author Avatar
Setujuu hihi.. aku juga pake ini untuk cleansernya, udah abis malaaah, harus repurcharge lagiii >.<
Comment Author Avatar
praktis banget ya mbak sabunnya bisa untuk seluruh tubuh, jadinya ga perlu ganti ganti sabun lagi, cukup pakai sabun RDL sabun Pepaya ini yaa dengan berbagai manfaat yang bagus banget untuk kulit
Comment Author Avatar
Wah seger ya mba.. sabun muka itu habisnya suka bikin kering kalau extrac pepaya ini enga terlalu yaa.. bisa lebih lembab jadinya karena mengandung vit C juga..
Comment Author Avatar
Aku baru pakai sabunnya aja, mesti dicoba nih paduan RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya untuk double cleansing buat membantu membersihkan kulit dengan lebih efektif dan menyeluruh
Comment Author Avatar
Aku suka sih produk dari bahan-bahan alami seperti RDL sabun papaya ini. Karena mereka memberikan manfaat secara alami walaupun tidak instan
Comment Author Avatar
Kalau yang bentuknya sabun batang gitu, biasanya aku potong kecil dan tipis2 Mak supaya awet dan penggunaannya lebih praktis aja kalau dipakai untuk kulit wajah :3
Comment Author Avatar
Saya belum pernah cobain sabun RDL pepaya ini tapi sering lihat produknya di pasaran
Comment Author Avatar
Mba Elisa makin cakep cerahan pakai produknya Sabun Papaya. Jadi mau coba juga. Aku juga setuju memang sebaiknya hati-hati pilih produknya harus yang asli agar digunakan dan hasilnya juga efektif :)
Comment Author Avatar
sabun dari zaman dahulu kala ada sejak saya masih SD kayaknya, saudara sering pakai ini dan sekarang dikemas dengan desain baru dna varian yang banyak ya
Comment Author Avatar
Setuju banget mbak
RDL Sabun Papaya ini memang terbukti bisa mencerahkan kulit
Aku juga pakai sabun dan facial cleanser nya
Comment Author Avatar
Udah ada testimoninya ini.. recommended banget berarti ini produk
Comment Author Avatar
Pepaya itu emang banyak khasiat dan manfaatnya buat kesehatan juga kecantikan. Karena aku kurang suka buahnya, udah paling bener manfaatin produk yang bahannya Pepaya kaya RDL ini. Bahannya alami. Jadi gak takut gimana-gimana
Comment Author Avatar
Sabun Papaya ini lagi jadi primadona ya sekarang, soalnya aku tuh tau produk ini juga sudah ada dari lama. Memang bagus banget dia, kebetulan tanteku pakai. Kalau aku tuh penasaran sama wanginya.
Comment Author Avatar
Produknya sudah lama ada ya Mbak? Jadi ingin coba. Kebetulan aku juga bermasalah timbul melasma.di wajahku. Apa bisa pakai sabun pepayanya ya?
Comment Author Avatar
Saya juga pakai ini, enakeun. Tapi saya pakainya ke badan juga. Badan menajdi lebih kesat dan bersih
Comment Author Avatar
Saya sering mendapat review bagus tentang sabun dan cleanser dari RDL ini dari teman blogger, memang hasilnya sebagus itu ya mba. Terus gak bikin kulit jadi kering lagi dan harganya pun ramah kantong banget ya
Comment Author Avatar
RDL papaya bagus dipakai bikin kulit muka yang kering kerontang supaya ternutrisi. Nah kalau pucat mungkin baju lupa daster2 aajjja
Comment Author Avatar
Suka juga pakek produknya wanginya harum, tapi saya kurang rutin pakenya, mau coba dirutinin lagi pakenya agar bisa cerah wajahnya seperti kakak
Comment Author Avatar
Baca ini jadi tahu manfaat pepaya untuk kecantikan dan kesehatan kulit ternyata banyak. Coba cari sabun papaya akh di Dandan penasaran
Comment Author Avatar
Saya suka dengan wanginya yang adem tapi kuat. Khas gitu. Sejak pakai rdl Papaya saya juga jadi merasa lebih pede karena kulit wajah makin cerah dibandingkan sebelumnya
Comment Author Avatar
wah mba ini mah pembersih wajah andalan mamahku banget sejak beberapa tahun belakangan ini
Comment Author Avatar
Belum pernah pake RDL Sabun Papaya, sih .. karena yhaaa dalam bayangan, pepaya itu = buah yang dimakan untuk dirujak, atau untuk dimakan begitu saja, mentok-mentok dijus.

Mau coba juga kalo gitu, thanks fyi

Comment Author Avatar
Hebat juga ya mba, biasanya sabun batangan rentan bikin kulit kering tapi ini memang khusus wajah sih jadi malah bikin kulit wajah lebih lembab dan lembut ye pengen coba
Comment Author Avatar
Sabun pepaya ini legendaris ya. Udah ada dari lama. Berarti kualitasnya bagus dan memang cocok bagi wanita Indonesia. Harganya juga ramah di kantong
Comment Author Avatar
Sepertinya saya bisa sabun RDL Papaya ini untuk gantikan sabun mandi yang lama. Sabun mandi yang lama, malah bikin kulit saya tambah kering. Semoga sabun ini cocok. Baru tahu juga ternyata nita gunawan pakai sabun ini, pantes dia glowing
Comment Author Avatar
Gak main-main ya sabun RDL Papaya ini, langsung ambil Kak Nita Gunawan sebagai BAnya. ..auto pengen nyobain lah biar kulit biar glowing kek Kak NIta..
Comment Author Avatar
Wah, manfaatnya langsung terasa ya... Kulit wajah menjadi lebih bersih, lembap, dan cerah... Harganya terjangkau pula...
Comment Author Avatar
Terima kasih atas ulasan produk sabun muka dan sabun badan yang benar-benar baru saya lihat. Melihat khasiat pepaya bagus untuk kesehatan kulit. Aromanya juga khas
Comment Author Avatar
Jadi pengen ... ternyata ampuh ya ... manfaatnya banyak juga ... perlu dicoba mbak terima kasih
Comment Author Avatar
Wah papaya ada sabun cairnya. Inget dulu aku suka pakai yang batangan. Emang terbukti bikin kulit lembut. Mau dong nyoba yang ini.... ❤️❤️
Comment Author Avatar
wah sabun legen dari zaman dahulu banyak saudara yang pakai ini, kulitnya bagus-bagus mulus dan fleknya hilang gitu setelah beberapa waktu pemakaian
Comment Author Avatar
Bagus banget produknya ya, gak bikin kulit jadi kering walau pake sabunnya malem2. Saya biasanya menghindari sekali pake produk sabun muka yg banyak busanya, karena bikin kulit gampang kering. Harganya nya juga murah ya
Comment Author Avatar
Dulu pernah beli. Tapi dah lama nggak pakai. Kayaknya harus coba pakai lagi nih. By the way baru tau kalau ini produk dsri brand Philipina kirain lokal punya
Comment Author Avatar
Ini tuh nagih bangett emang, aku udah repurcharge untuk face cleansernya wkkw
Comment Author Avatar
aku sendiri nggak nyangka, kalau buah pepaya bisa dijadikan bahan dasar untuk produk kecantikan seperti sabun RDL
Dan ternyata produk ini udah lama banget ya mbak, sepupu aku juga pakai soalnya
Comment Author Avatar
Pengen coba juga Sabun Papaya ini, udah lama penasaran, he..he,..
Comment Author Avatar
Dulu zaman SMA pernah gunain produk ini tapi yang batangan. Sekarang ada produk yang cair ya .. jadi pingin coba deh..
Comment Author Avatar
Manfaat pepaya memang banyak sekali ternyata ya. Selain baik untuk pencernaan, ternyata untuk kulit pun sangat bermanfaat. Double cleansing dengan sabun dan facial cleanser RDL papaya jadi solusi yang praktis untuk membersihkan wajah dengan sempurna.
Comment Author Avatar
Aku suka banget sama produk RDL Papaya ini
Sabun dan facial cleanser nya emang bikin kulit lebih cerah
Love banget
Comment Author Avatar
Hemat nggak sih pakai sabun ini? Harga berapa?
Comment Author Avatar
Semakin banyak yang rekomendasikan RDL jadi bikin makin mau coba deh sabunnya, siapa tau cocok ke mukaku yang makin berumur semakin banyak masalah hahahaha
Comment Author Avatar
RDL Papaya ini selain terjangkau harganya juga bermanfaat untuk menjaga lekembapan kulit sih menurutku. Cocok digunakan untuk segala usia juga
Comment Author Avatar
Kebetulan aku lagi cari sabun yang alami tapi berkhasiat membantu memperbaiki kulit wajah yang sedikit kusam karena habis lahiran, cobain rdl sabun papaya ah
Comment Author Avatar
sabun legend dari zaman dahulu, keren banget sih RDL ini bertahan dan sekarang makin banyak variannya dan inovasinya makin bagus
Comment Author Avatar
Aku pakai RDL Juga nih. Awalnya nggak ngeh kalo ini bisa ngilangin flek. Dua minggu pakai baru nyadar ternyata flek di sekitar hidung berangsur pudar.
Comment Author Avatar
sekarang aku pake, pas pake aku nostalgia banget karena ini andalan ibuku dulu wkwkwk emang khas banget dan ga berubah wanginya ya mba
Comment Author Avatar
RDL sabun papaya kereen bagus buat kulit apalagi cocok di kantong emak emak yaa bunn
Comment Author Avatar
wah kalau hasil maksiman harus pakai dua duanya ya mbak.

pernah coba sabu pepaya waktu jaman masih sekolah. katanya ampu mengatasi masalah jerawat nyatanya di wajah aku tidak cocok, malah banyak beruntusan jerawatnya. harusnya yang cleansernya nih, siapa tahu cocok