Inilah Cara Alami Merawat Kulit Tubuh Kering

cara alami merawat kulit tubuh kering

Saat kita mengalami kulit kering tentunya sangat tidak menyenangkan. Pada dasarnya, kulit kering bisa menimbulkan gejala yang serius. Meskipun begitu, penyebabnya kebanyakan faktor lingkungan sehingga menghilangkan kelembapan kulit.

Contohnya seperti udara kering ketika cuaca dingin membuat kelembapan kulit menghilang. Untuk bisa mengatasinya, kamu perlu memakai cara alami agar tidak ada efek samping bahan kimia. Beberapa langkah merawat kulit tubuh kering dengan cara alami adalah sebagai berikut.

1. Tidak Mandi Memakai Air Panas

Langkah pertama adalah tidak mandi memakai air panas. Perlu kamu ketahui bahwa mandi menggunakan air panas bisa membuat kulit semakin kering. Sebab, mandi dengan air yang terlalu panas bisa menghilangkan minyak alami yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Sebagai solusinya, hindari penggunaan air panas untuk mandi agar mencegah dan mengatasi kulit kering. Akan lebih baik lagi jika kamu mandi menggunakan air dingin maupun hangat.

2. Sebaiknya Tidak Mandi Terlalu Lama

Masih berhubungan dengan mandi, tapi ini dari sisi waktu. Selain tidak mandi dengan air panas, kamu juga perlu menghindari mandi terlalu lama. Tujuannya agar mencegah dan mengatasi kulit kering. 

Mandi berlama-lama hanya akan membuat kulit jadi semakin kering. Sebab, air yang ada di permukaan tubuh akan banyak menguap. Kamu dianjurkan untuk tidak mandi lebih dari 10 menit. 

3. Keringkan Tubuh Dengan Cara yang Benar dan Tepat

Kamu terbiasa meninggalkan wajah tetap basah setelah mandi? Lebih baik tidak lagi melakukannya saat ini. Faktanya, setelah air benar-benar menguap dari permukaan kulit, kulit justru cenderung akan lebih kering dari sebelumnya. 

Maka dari itu, pastikan kamu mengeringkan kulit dengan tepat setelah mandi maupun cuci muka. Tapi, perlu dipahami bahwa handuk kasar dapat merusak lapisan kulit terluar. Bahkan, bisa menyebabkan kekeringan lebih lanjut hingga iritasi. 

Dalam penggunaan handuk, lebih baik jika tidak digosok-gosokan pada kulit. Cukup ditepuk-tepukkan saja sampai kulit mengering. Selain itu, akan lebih tepat jika menggunakan handuk berbahan kain lembut agar mencegah kulit iritasi. 

4. Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Antioksidan dan Omega 3

Tidak hanya faktor eksternal, kamu juga perlu merawat kulit tubuh kering dari dalam. Makanan yang kaya antioksidan bisa meminimalkan kerusakan kulit akibat racun. Sehingga, membantu tubuhmu membuat sel-sel sehat. Beberapa makanan yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit termasuk: 
  • Blueberry 
  • Tomat 
  • Wortel 
  • Kacang polong 
  • Kacang-kacangan 
  • Buah-buahan 
  • Sayuran 
Makanan yang kaya dengan asam lemak omega-3 seperti salmon juga berkontribusi pada terciptanya kulit lebih cerah. 

5. Oleskan Minyak Kelapa sesering mungkin

Minyak kelapa mempunyai sifat emolien. Zat Emolien bisa mengisi ruang di antara sel-sel kulit dan menciptakan permukaan halus. Maka dari itu, asam lemak jenuh yang terjadi secara alami pada minyak kelapa dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. 

Kamu dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari di bagian tubuh paling sensitif. Hal Ini termasuk area di bawah mata dan di sekitar mulutmu. Keuntungan lain dari minyak kelapa adalah kamu tidak perlu mencampurnya dengan apa pun. Minyak kelapa cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari. 

6. Gunakan Petroleum Jelly

Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit kering, bisa memanfaatkan petroleum jelly. Tujuannya untuk melembapkan dan merawat kesehatan kulit. 

Petroleum jelly alami didapatkan dari pemurnian minyak tanah (petroleum) untuk menghilangkan bau dan mengubah warnanya. Bahan ini mampu menjebak kelembapan di dalam kulit. Hal Ini membantu menyembuhkan kulit yang kering dan teriritasi. 

7. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Penuhi kebutuhan air putih, karena Memiliki kulit yang kering membuatmu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar. Minum cukup air putih saja dapat membuatmu tetap terhidrasi. Sehingga, kulit akan lebih lembap. Sesuai anjuran, minumlah sekitar 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari.

8. Gunakan Humidifier atau Pelembab Udara

Terakhir, simpan humidifier di rumah. Tujuannya adalah dapat membantu melembapkan udara di ruangan. Kondisi ini baik untuk kamu yang memiliki kulit kering. Kelembapan udara bisa membuat kulit keringmu terasa lebih lembap dan tidak mudah gatal. 

Demikian cara alami merawat kulit tubuh kering. Salah satu produk yang bisa kamu coba untuk merawat kulit kering adalah Naturally Speaking Joy Mangosteen Refreshing Body Lotion. 

Body Lotion ini berasal dari ekstrak manggis dan 7% active ingredient. Sehingga, manfaatnya adalah dapat menjaga kelembaban dan menenangkan kulit. Sehingga, terasa lebih lembut dan halus serta terlindungi dari radikal bebas.  

Kandugan pertama pada Naturally Speaking Joy Mangosteen Refreshing Body Lotion adalah Skin Hydration. Efeknya adalah meningkatkan hidrasi kulit dalam 1 minggu pemakaian. 

Lalu terkandung juga Brightening yang dapat mengurangi 5% pembentukan melanin pada kulit. Kemudian, Soothing Agent Diperkaya dengan 3x bahan bahan alami untuk menenangkan kulit yang teriritasi ringan. Terakhir, Fragrance adalah jenis parfum yang bisa bertahan hingga 4-5 jam. 
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog seputarbunda.com | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Alami Merawat Kulit Tubuh Kering"