Program Blackmores Peduli Tukar Botol, Jaga Laut Bersih Dari Sampah Plastik

Program Blackmores Peduli Tukar Botol

Blackmores Indonesia telah berhasil mengajak masyarakat mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin yang nantinya akan dikelola atau didaur ulang sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut khususnya laut Indonesia, melalui Program Blackmores Peduli "Tukar Botol." Tentu saja hal ini sejalan dengan target pemerintah yang terus berupaya mengurangi sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025. Dukungan yang diberikan PT. Kalbe Blackmores Nutrition (Blackmores Indonesia) dengan produk unggulannya, Blackmores Odourless Fish Oil ini merupakan komitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut.

Lagi-lagi sampah plastik, dan harus diakui sampah plastik termasuk botol plastik masih menjadi isu penting sekaligus tantangan tidak hanya bagi pemerintah tapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat sampah plastik yang mencemari laut bisa berdampak luas tidak hanya bagi kelangsungan ekosistem laut tapi juga kesehatan manusia. Tahukah, bahwa dari 10 juta metrik ton sampah yang terhanyut ke laut, sekitar 10 persen berasal dari daratan. Bayangkan dengan jutaan ton sampah plastik yang mencemari laut, ada berapa banyak kerugian yang harus ditanggung tidak hanya oleh ekosistem laut tapi juga manusia yang sesungguhnya adalah penghasil sampah tersebut.

Dampak Sampah Plastik Terhadap Ekosistem Laut dan Kesehatan Manusia

Dilansir dari situs Indonesiabaik.id, Indonesia menjadi negara peringkat kedua sebagai penyumbang sampah plastik ke lautan di dunia. Fakta ini merupakan hasil riset yang dikeluarkan Grup Penelitian Jambeck dalam jurnal yang berjudul Plastic Waste Inputs From Land Into The Ocean. Untuk itu, diperlukan kesadaran masyarakat agar bisa mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, mengingat sampah plastik merupakan faktor utama penyebab kerusakan ekosistem di laut. 

Mengapa sampah plastik sedemikian berbahaya bagi kelestarian ekosistem laut dan juga kesehatan manusia? Hal ini tentu tidak terlepas dari bahan untuk membuat produk plastik tersebut. Dilansir dari situs sampahlaut.id, plastik merupakan material bendawi yang berbahan polimer sintetis yang dibuat melalui proses polimerisasi. Penggunaan plastik terus berkembang di masyarakat sejak tahun 1950, ketika plastik mulai diproduksi secara besar-besaran untuk berbagai keperluan rumah tangga dan menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari. 

sampah plastik mencemari laut

Tidak heran jika jumlahnya semakin banyak dan tentu saja berakibat pada makin banyaknya sampah plastik terhampar dimana-mana, termasuk di laut. Sebagai informasi, sampah plastik ini membutuhkan waktu 60 - 70 tahun untuk terdegradasi sehingga mampu menyebabkan kerusakan ekosistem yang sangat serius, terutama di laut. Dampak serius ini dalam jangka panjang tidak hanya merusak ekosistem laut lho, karena pada gilirannya manusia juga akan merasakan bagaimana dampak serius jika sampah plastik tidak segera ditanggulangi. Bagaimana sampah plastik dapat mengancam ekosistem laut hingga berujung pada  masalah kesehatan yang dialami manusia, berikut uraiannya.

1. Sampah Plastik Dapat Merusak Terumbu Karang

Pastinya sebagian besar masyarakat sudah pernah mendengar betapa pentingnya peran terumbu karang bagi keberlangsungan ekosistem laut. Terumbuh karang memang memiliki peran besar karena menyediakan habitat yang sangat penting bagi kehidupan banyak spesies laut. Bahkan tidak hanya itu, terumbu karang juga berperan menyesuaikan kadar karbon dan nitrogen dalam air serta menghasilkan nutrisi penting untuk rantai makanan di laut.

Keberlangsungan peran penting terumbu karang ini makin mengkhawatirkan setelah makin banyaknya sampah plastik di laut. Di mana dengan banyaknya sampah plastik di laut, jumlah patogen diperairan juga meningkat dengan cepat. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan sebanyak 89 persen terumbu karang yang bersentuhan dengan sampah plastik cenderung terjangkit penyakit. Sehingga fakta yang menunjukkan sebanyak 60 persen dari keberadaan terumbu karang mengalami kerusakan. Kerusakan ini tentu berdampak besar pada ekosistem laut.

2. Sampah Plastik Dapat Merusak Keseimbangan Nutrien Di Laut

Keberadaan mikroplastik atau serpihan plastik yang berukuran lebih kecil dari 5mm membuat nutrien di laut menjadi tidak seimbang. Tidak hanya itu, mikroplastik adalah ancaman yang besar untuk penyaring sekaligus pengumpan, seperti ikan paus dan Manta Ray. Sungguh sangat menyedihkan, mengingat kedua jenis ikan tersebut mempunyai peranan besar pada setiap pergerakannya di laut. Setiap hari, jenis ikan tersebut menyerap air dalam jumlah besar untuk kemudian disaring dan nutriennya disebarkan pada ribuan spesies bawah laut.

3. Sampah Plastik Dapat Membahayakan Keselamatan Hewan Bawah Laut

Saat ini, diperkirakan 3 dari 7 spesies penyu terancam punah. Mengapa? Karena penyu merupakan salah satu fauna di lautan yang kerap salah mengira sampah plastik adalah makanannya. Penyu yang seharusnya makan ubur-ubur, justru memakan sampah plastik di laut. Bayangkan, betapa berbahaya jika sampah plastik masuk dalam sistem metabolisme tubuh penyu. Tidak hanya pentu, ternyata masih ada 267 spesies fauna di seluruh dunia turut terkena bahaya sampah plastik, yang tentunya dapat membahayakan keberlangsungan ekosistem laut.

4. Sampah Plastik Dapat mengurangi Populasi Fitoplankton

Siapa nih yang suka nonton SpongeBob SquarePants? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan tokoh plankton, makhluk kecil yang berperan sebagai antagonis. Di laut terdapat beberapa jenis plankton yang memiliki peran besar untuk keberlangsungan kehidupan bawah laut, salah satunya adalah fitoplankton. Sama seperti tumbuhan yang ada didaratan, tumbuhan yang hidup di air pun membantu produksi oksigen di lautan, Salah satunya adalah fitoplankron yang menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Bayangkan jika sampah plastik di laut makin banyak, maka bisa menyebabkan populasi fitoplankton makin berkurang.

5. Sampah Plastik Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia

Banyak yang sudah mengetahui kalau sampah plastik sulit sekali untuk terurai, melainkan hanya bisa berubah menjadi serpihan yang lebih kecil. Bagaimana hubungan sampah plastik dengan kesehatan manusia? Untuk diketahui, sampah plastik berbahaya bagi kesehatan manusia melalui rantai makanan. Ketika hewan-hewan di laut memakan sampah plastik, kesehatan manusia pun turut terancam lantaran manusia juga mengonsumsi makanan yang berasal dari laut, seperti ikan dan makanan laut lainnya.

Bahkan, dilansir dari situs idntimes.com, sebuah studi kasus yang dikembangkan oleh mahasiswa Montana State University tahun 2012 menyebutkan bahwa dalam plastik terdapat kandungan timbal, kadmium, dan merkuri yang sangat beracun. Nah, paparan zat-zat yang sangat berbahaya ini seringkali menimbulkan beragam masalah kesehatan bagi manusia, seperti kanker, terganggunya sistem kekebalan tubuh, gangguan hormon, dan lainnya.

Dari uraian tersebut nampak jelas jika sampah plastik di mana pun keberadaannya sangatlah berbahaya, tidak hanya bagi lingkungan tapi juga manusia, hewan, dan tumbuhannya lainnya. Apalagi tumbuhan, hewan, dan manusia terlibat dalam suatu rantai makanan. Lantas, bagaimana cara untuk mengurangi sampah plastik, terutama di laut Indonesia agar tidak berdampak semakin luas terhadap ekosistem laut dan kesehatan manusia? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan membantu agar sampah plastik bisa di daur ulang kembali, seperti Program Blackmores Peduli "Tukar Botol" yang digagas oleh Blackmores Indonesia.

Program Blackmores Peduli Tukar Botol, Jaga Laut Indonesia Bersih Dari Sampah Plastik

Program Blackmores Peduli "Tukar Botol" yang digagas Blackmores Indonesia ini telah berhasil mengajak masyarakat Indonesia mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin, di mana salah satu produk unggulannya adalah Blackmores Odourless Fish Oil, yang nantinya akan dikelola atau di daur ulang agar tidak menambah banyak angka sampah plastik yang mencemari laut Indonesia. Jika diolah dengan baik, sampah plastik daur ulang dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 16.379.472 perbulan, hanya dari produksi 48 ton sampah plastik. 

Blackmores Indonesia

Agar program ini bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan, dibutuhkan kolaborasi serta komitmen dari semua pihak agar masalah sampah plastik terutama di laut Indonesia bisa diatasi dengan baik, salah satunya melalui program pengumpulan botol plastik bekas vitamin yang berhasil digagas oleh Blackmores Indonesia untuk dikelola atau didaur ulang kembali.
Country Head Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto mengatakan, “Blackmores percaya bahwa menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan. Untuk itu, sejalan dengan target pemerintah dalam menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025, Blackmores Indonesia telah menjalankan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang merupakan langkah bersama untuk mempermudah masyarakat mengelola sampah botol plastik untuk kualitas lingkungan dan kehidupan Indonesia yang lebih baik.”

Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga kualitas dari keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beririgan. Mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern, hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. Inilah yang menjadi landasan langkah Blackmores terus mendukung berbagai upaya untuk mengurangi pencemaran sampah plastik di laut.

Kalbe Blackmores Nutrition

Telah dijelaskan sebelumnya, Program Blackmores Peduli "Tukar Botol" yang berlangsung sejak 1 September 2022 hingga akhir tahun 2022 yang digagas Blackmores Indonesia ini telah berhasil mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin. Lantas, apa yang akan dilakukan dengan botol-botol plastik bekas vitamin tersebut? 

Selanjutnya, botol-botol plastik yang telah terkumpul tersebut akan dikelola dan didaur ulang, sebagai upaya untuk mengurangi serta mencegah sampah plastik mencemari laut. Dengan keberhasilan program ini, Country Head Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto menyatakan, "Blackmores mengucapkan terima kasih kepada semua konsumen yang telah mendukung dan ikut berpartisipasi serta untuk para mitra yang telah mendukung agar Program Blackmores Peduli "Tukar Botol" bisa berjalan dengan baik, sebagai upaya bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan."

pengumpulan botol plastik bekas vitamin

Keberhasilan program yang digagas Blackmores Indonesia ini tidak lepas dari komitmen bersama antara Blackmores, mitra pendukung, dan tentu saja konsumen itu sendiri serta kemudahan mekanismenya. Mekanisme penukaran dan pengumpulan botol plastik bekas vitamin ini sangatlah mudah, di mana konsumen yang memiliki botol plastik bekas vitamin merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya langsung ke apotek, mitra Blackmores Indonesia yang telah tersedia dropbox Blackmores. Atau bisa juga melalui Blackmores Pop Up Store yang tersedia di beberapa mall di Indonesia.

Blackmores berharap, inisiatif kolaborasi yang dilakukan melalui Program Blackmores Peduli "Tukar Botol" dapat dijadikan inspirasi bagi banyak pihak untuk bekerjasama memperbaiki kualitas lingkungan, terutama keberlangsungan ekosistem laut yang lebih sehat. Tidak hanya Blackmores yang merasa bangga dengan keberhasilan program ini, konsumen pun merasa pun merasa senang dan bersemangat untuk ikut berpartisipasi dalam program ini. 

Bagaimana tidak? Dengan ikut berpartisipasi dalam Program Blackmores Peduli "Tukar Botol" ini, artinya konsumen ikut menjaga kelestarian lingkungan khususnya kebersihan ekosistem laut dan sampah plastik yang mecemarinya. Terciptanya laut yang bersih bebas sampah plastik pastinya akan membuat konsumen bisa mengambil manfaat kesehatan dari sumber alami di laut, di mana minyak ikan dikenal sejak dahulu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Dropbox Blackmores Peduli

“Kedepannya, Blackmores Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan. Sebab, kami meyakini jika semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga,” tutup Dickson Susanto, selaku Country Head Kalbe Blackmores Nutrition.

Sekilas Tentang Kalbe Blackmores Nutrition

KALBE Blackmores Nutrition (KBN) hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan produk suplemen premium di Indonesia. KBN sampai saat ini terus berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami, menyediakan suplemen kesehatan yang aman dan efektif, dibarengi dengan layanan yang berkualitas tinggi. Ditunjang oleh distribusi yang kuat, KBN melengkapi pelayanannya dengan fitur layanan konsumen yang terpadu, seperti customer care dan home delivery, sebagai cara untuk membantu kesehatan sehari-hari seluruh keluarga di Indonesia.

Sumber Foto: Blackmores Indonesia
Mutia Erlisa Karamoy
Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Mombassador SGM Eksplor | Another Blog bundadigital.my.id

Related Posts

44 komentar

  1. Di Kudus ada nggak ya? Aku punya botol vitamin Blackmores nih.. Bangga rasanya kalau ada perusahaan peduli lingkungan kayak gini

    BalasHapus
  2. Salut dengan program Blackmores Indonesia yg sudah mengajak masyarakat untuk ikut peduli menjaga kelestarian lingkungan khususnya kebersihan ekosistem laut dan pencemaran sampah plastik. Semoga program ini terus berlanjut ya 👍

    BalasHapus
  3. Ternyata udah selesai ya programnya, semoga bisa lanjut lagi di tahun ini. Biasanya botol kaca, aku simpen dulu. Kalau ke tempat sampah, takut ada pecahan kacang yg nanti terkena kaki. Semoga programnya bisa kolab dg pihak lain

    BalasHapus
  4. Program yang sangat baik di tahun lalu, semoga di tahun ini akan diadakan program yang lebih dari ini dan bisa menjadi contoh oleh perusahaan lain, agar sama - sama sadar terhadap lingkungan, karena dengan seperti itu kita bisa melahirkan keselarasan yang baru dan sehat, ini juga langkah untuk mengurangi global warming yang efeknya juga sangat berbahaya untuk kehidupan manusia.

    BalasHapus
  5. Laut yang bersih dari pencemaran sampah plastik, selain jadi nampak bersih juga membuat habitat dibawah laut bisa terjaga kelestariannya. Terumbu karang terhindar dari kerusakan.

    Bagus nih Program Blackmores Peduli Tukar Botol, wujud nyata Kalbe untuk turut serta dalam upaya pencegahan pencemaran sampah plastik

    BalasHapus
  6. Botol Blackmores ini tebal dan gelap, kualitas bagus, aku dulu pas konsumsi udah mikir sayang banget ni botol kalo gak langsung didaur ulang sama perusahaannya. Alhamdulillah sekarang mereka sudah punya programnya Mba. Semoga diikuti perusahaan lainnya karena setiap perusahaan seharusnya bertanggung jawab atas setiap jejak karbon yang mereka keluarkan

    BalasHapus
  7. Keren banget ini programnya ya mbak, karena memang bagaimanapun sampah botol vitamin tuh punya peran juga sih kalau sudah selesai digunakan. Semoga banyak produk lainnya juga mencontoh apa yang dilakukan oleh Blackmores

    BalasHapus
  8. Suka kasihan dengan binatang di laut yang kehidupannya jadi tercemar. Semakin banyak sampah di laut. Makanya saya dukung juga nih program Blackmores.

    BalasHapus
  9. saya selalu bingung kalau ada bekas botol apalagi kalau botol kaca.. kalau penanganannya kurang tepat bisa membuat cedera para pengumpul sampah.. syukurlah ada progra tukar botol seperti ini

    BalasHapus
  10. Salut pada perusahaan-perusahaan yang peduli pada lingkungan seperti Blackmores ini. Sedih memang mendengar berita bahwa banyak binatang yang mengira sampah plastik itu makanannya. Merasa berdosa sekali.

    BalasHapus
  11. Semoga banyak produsen yang semakin aware atas limbah sampahnya ya mba. Ini program inspirarif sekali

    BalasHapus
  12. Aku setuju, memang dibutuhkan kolaborasi dan komitmen dari semua pihak untuk mengatasi permasalahan plastik agar bisa dikelola atau didaur ulang dengan baik.

    BalasHapus
  13. Produk blackmores komplit tuk jaga kesehatan. Program tukar botolnya juga kereen. Sehat badan, sehat lingkungan

    BalasHapus
  14. vitamin andalan aku ini Blackmores, dan seru deh kalau pada akhirnya ada tukar botol jadi merasa lebih aman dalam menjaga lingkungan. Sedih juga alam kita khususnya laut sudah banyak tercemar oleh sampah plastik

    BalasHapus
  15. Serem melihat banyak keseimbangan di alam dan laut terganggu karena ulah manusia yang gak mau jaga kebersihan dan kelola sampahnya dengan baik. Melalui Program Blackmores Peduli Tukar Botol, semoga bisa menjadi jalan keluar untuk kita semua dalam bijak menggunakan plastik kemasan.

    BalasHapus
  16. Sampah plastik ini ya, bener-bener mempengaruhi ekosistem yang ada. Perlahan tapi pasti merusak alam.

    Emang betul banget, kita kudu kompak dan saling bersinergi untuk menanggulangi sampah-sampah tersebut.

    Apa yang dilajukan Blackmores ini keren nih. Tukar botol gitu, diharapkan semianya bisa komitmen dan terus lanjut.

    BalasHapus
  17. Begitu meresahkan sampah plastik ini. Makanya kalau lihat plastik bertebaran di pantai tuh ikut kesal rasanya ya, mbak. Kalau emang terjangkau, bisa bantu ambil sampahnya. Tapi kan enggak bisa maksimal.

    Semoga program dr Blackmores semakin dilancarkan, ya. Impactnya pasti terasa banget, kok.

    BalasHapus
  18. Semoga program "Tukar Botol" seperti ini juga ditiru oleh perusahaan lainnya, ya, supaya bisa mengurangi timbunan sampah dan lingkungan kita tetap lestari. Aamiin..

    BalasHapus
  19. Jujur, saya juga sering bingung kalau mau membuang tepat bekas skincare, botol bekas vitamin, dll. Sering saya daur ulang menjadi peralatan lainnya, cuma terkadang sudah terlalu banyak. Senang jadinya kalau ada brand yang melakukan tukar botol kosong gini.

    BalasHapus
  20. keren nih program blackmore, semoga programnya tetap berlanjut
    kebersihan laut tanggung jawab bersama ya kak

    BalasHapus
  21. Black mores bagus dimana ikut pedulo terhadapan longkungan alam sekitar.
    Semoga perusaan lain bisa menirunya

    BalasHapus
  22. Sedih loh ketika sedang di tempat wisata dan menemukan banyak sampah plastik. Udah buang sembarangan, susah banget diingatkan, apalagi peduli. Semoga dengan program peduli tkar botol vitamin Blackmores, bisa menginspirasi lebih banyak perusahaan melakukan hal yang sama.

    BalasHapus
  23. Sedih ya kalau melihat begitu banyaknya sampah plastik yang mencemari lingkungan. Salut dengan Blackmores yang melakukan gerakan mengumpulkan bekas kemasan ini. Semoga produsen yang lain pun melakukan hal yang sama demi kelestarian lingkungan.

    BalasHapus
  24. Masalah sampah terutama di pesisir pantai dan laut perlu ditangani dengan baik biar nggak merusak lingkungan. Baguslah ada program Blackmores Peduli Tukar Botol ini, semoga saja turut menginspirasi masyarakat agar lebih aware menjaga lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. jadi ingat berita-berita tentang ikan-ikan yang makan sampah plastik itu. sedih deh membacanya

      Hapus
  25. wah semoga saja nanti program tukar botol dari blackmores ini bisa diadakan di seluruh Indonesia ya, mbak soalnya membantu banget bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam pengumpulan sampah plastik ini

    BalasHapus
  26. Iya benar, sedih banget melihat laut penuh sampah plastik
    Semua harus ikut berperan ya mbak, termasuk ikutan program tukar botol dari Blackmores ini

    BalasHapus
  27. Semoga program Blackmores ini diikuti yg lain karena pengelolaan sampah plastik masih minim, mash banyak yg terbuang daripada diolah

    BalasHapus
  28. Di rumah sudah ngumpulin sekitar 10 botol. Pas pandemi kemarin kan rajin beli-beli vitamin sekarang tinggal antar aja ke tempat penukarannya.

    BalasHapus
  29. Keren maksimaaallll
    Program yg kudu didukung ini yaahh

    Semoga korporasi lain juga punya program se-ciamiiiikk ini. 😁😂

    BalasHapus
  30. keren nih programnya blackmores. Aku pun juga kadang sayang loh buangin botol vitaminnya merk ini. Soalnya tebel banget gitu kan. Kadang dikoleksi dulu. Ternyata ada program tukar botol gini yah untuk peduli lingkungan.

    BalasHapus
  31. Sampah plastik memang mencemari lingkungan, ya. Bahkan sekarang mulai ditemui kandungan mikroplastik dari ikan dan bahan-bahan lain yang dikonsumsi manusia. Hiks. Inisiatif mendaurulang sampah plastik seperti yang dilakukan Blackmores ini harus diapresiasi, didukung dan diikuti supaya masalah sampah plastik bisa berkurang.

    BalasHapus
  32. Program yang sangat baik dari Blackmores, apalagi sejak pandemi 2020 Blackmores jadi barang yang sangat langka karena diminati banyak orang untuk imunitas.

    BalasHapus
  33. Bahaya sampah plastik yang merusak banyak keseimbangan alam. Semoga semakin bijak dalam menggunakan dan terus mendukung program Tukar Botol dari Blackmores yang selalu konsisten kelola sampah plastik minimal dari produknya sendiri.

    BalasHapus
  34. Program tukar botol ini semoga terus berlanjut dengan management lebih baik. Karena efeknya cukup besar terhadap lingkungan. Blackmores patut diacungi jempol. Karena kepedulian yang totalitas sekali.

    BalasHapus
  35. Salut dengan program Blackmores ini. Ga kebayang, satu keluarga aja bisa menghasilkan limbah botol plastik berapa dalam satu tahun. Coba ditotal sekian banyak keluarga huhu

    BalasHapus
  36. Lagi bayangin program ini ada di semua brand yang menggunakan botol.. enak kali ya.. ramah lingkungan

    BalasHapus
  37. Nah iya sih kebayang kalau sampah plastik mencemari laut pasti banyak dampak buruknya, ikan atau terumbu Karang pada mati, laut tercemar, pokoknya merusak keseimbangan ekosistem laut. Untunglah ada program Blackmores Peduli Tukar Botol setidaknya mengurangi popasi sampah plastik

    BalasHapus
  38. Gerakan Blackmores ini keren banget, seandainya semua brand dàn semua pihak berpegang tangan saling bekerjasama mengelola lingkungan tentu kerusakananya dapat diminimalisir

    BalasHapus
  39. Seneng deh makin banyak produsen yang peduli lingkungan seperti Blackmores ini. Bakal sangat bermanfaat buat keselamatan lingkungan

    BalasHapus
  40. Sedih sih memang, Indonesia, negara dengan salah satu batas perairan terluas dunia, justru menyumbang sampah plastik sedemikian banyak juga. Padahal sampah plastik dan efeknya, termasuk mikroplastik, sangat berdampak bagi kelestarian lingkungan. Semoga semakin ke sini, banyak yang meniru jejak blackmores, mengimplementasi program-program recycling untuk kemasan produknya.

    BalasHapus
  41. Keren banget pokoknya Blackmores untuk program 'Tukar Botol' nya. Salut sama brand yang gak hanya peduli soal produk tetapi juga peduli dampak lingkungan nya. Btw banyak sekali dampak buruk sampah di laut ya

    BalasHapus
  42. Alhamdulillah banyak produsen besad yang peduli terhadap kesehatab lingkungan. Semoga semakin banyam yang sadar bagaimana seharusnya mengelola sampah

    BalasHapus
  43. Keren ya program peduli tukar botol ini bisa jadi inspirasi untuk gerakan pelestarian lingkungan

    BalasHapus

Posting Komentar