Rekomendasi Face Wash Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat yang Cocok Buat Kulit Wajah Pria

Face Wash Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


Masalah kulit wajah apa nih yang paling mengganggu penampilan dan kerap menimbulkan rasa kurang percaya diri bagi para pria? Apakah masalah kulit wajah yang terlalu berminyak atau berjerawat atau justru sedang mengalami kedua masalah tersebut? Pastinya kondisi ini sangat mengganggu yah. Tapi tenang, ada solusinya kok dengan membersihkan dan merawat wajah secara teratur menggunakan produk face wash untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tepat serta memiliki kandungan formula khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Kulit berminyak dan berjerawat memang masalah yang paling sering dialami pria, terutama yang sebagian besar aktivitasnya dilakukan di luar ruangan dan kerap terpapar sinar matahari, debu, berkeringat, polusi udara, dan masih banyak lagi. Kondisi ini semakin diperparah karena kulit pria cenderung lebih tebal dari kulit wanita sekitar 20-25% sehingga diperlukan perawatan lebih ekstra untuk menjaga kebersihan serta kesehatannya. Meskipun banyak yang mengatakan kulit pria yang lebih tebal memiliki ketahanan lebih tinggi dibanding kulit wanita, tapi jangan terlena karena kulit pria yang tebal ini ternyata memiliki kelenjar minyak 15% lebih banyak dari wanita.

Dengan kondisi kelenjar minyak yang 15% lebih banyak dari wanita, tentu kulit pria akan memproduksi minyak lebih banyak dan kadar minyak yang tinggi pada kulit wajah pria ini bisa berujung menyebabkan beragam permasalahan kulit lainnya. Kulit akan menjadi lebih kusam ketika minyak terlalu lama berada di permukaan kulit, selain itu kotoran yang menempel lebih lama bisa berisiko menyebabkan jerawat serta flek hitam lho. Jadi, jangan pernah sepelekan kondisi minyak yang berlebih pada kulit wajah yah! Nah, bagi para pria yang mengalaminya, sangat direkomendasikan untuk mencari tahu cara mengatasi atau mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah.

5 Cara Mengatasi atau Mengurangi Minyak Berlebih Pada Kulit Wajah Pria

Dilansir dari orami.co.id, dalam laporan yang berjudul “Oily Skin: A Review of Treatment Options” dari Dawnielle C. Endly, DO, and Richard A. Miller, DO, disebutkan bahwa pria secara umum memiliki produksi sebum yang lebih tinggi karena dikaitkan dengan tingkat testosteron yang juga lebih tinggi.

Masalah Kulit Berminyak dan Berjerawat Pada Pria
Foto: Freepik.com

Meskipun bagi pria memiliki kelenjar minyak lebih banyak adalah hal yang biasa, namun jika produksi minyak berlebih dan kulit wajah tidak dirawat dengan baik, tentu akan menimbulkan masalah yang berisiko membuat kulit tidak sehat. Untuk itu diperlukan cara yang tepat agar produksi minyak berlebih pada kulit wajah pria bisa diatasi atau setidaknya bisa dikurangi agar tidak terlalu mengganggu penampilan.

1. Cari Tahu Penyebab Minyak Berlebih Pada Kulit Wajah

Sekilas sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kulit pria cenderung memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan wanita, dimana hormon menjadi salah satu penyebab kondisi tersebut. Pria memang memiliki hormon testosteron yang lebih dominan, dan keberadaan hormon ini juga yang merangsang produksi minyak serta sebum lebih banyak dibandingkan wanita. Jika hormon testosteron berlebih maka hal tersebut dapat memicu kelenjar sebaceous yang menjadi penyebab munculnya kondisi minyak berlebih. Saat produksi minyak berlebih pada kulit wajah, maka risiko munculnya jerawat serta kulit kusam menjadi lebih besar.

Selain hormon, dilansir dari American Academy of Dermatology, tipe kulit berminyak biasanya juga disebabkan oleh stres, kondisi lingkungan atau cuaca, serta faktor genetik. Lantas, bagaimana jika pria memiliki tipe kulit selain berminyak? Sama saja, meskipun pria memiliki tipe kulit kombinasi atau gabungan dari tipe kulit kering dan berminyak, potensi mengalami masalah minyak berlebih tetap ada. Biasanya, kulit cenderung kering di area T-Zone (dahi, hidung, dagu) justru berminyak. Jadi, jika ingin mengatasi atau mengurangi minyak berlebih yang dirasa sudah mengganggu penampilan, langkah pertama pastikan untuk tahu penyebab dari masalah tersebut.

2. Perbaiki atau Ubah Pola Makan

Untuk mengatasi atau mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah pria tidak cukup hanya perawatan dari luar saja, tapi juga harus dari dalam, salah satunya dengan mengubah atau memperbaiki pola makan yang selama ini berantakan. Kegemaran makan makanan seperti gorengan, makanan bersantan, serta berlemak harus dihindari, karena makanan tersebut bisa memicu kelenjar sebaceous memproduksi minyak di kulit wajah lebih masif yang tentu saja akan menambah kuantitas dari minyak di kulit wajah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, sangat disarankan menghindari makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti karbohidrat non-kompleks, yaitu nasi putih, roti tawar putih, mie, dan pasta. Mengapa? Makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa meningkatkan kadar gula darah yang merangsang produksi sebum lebih banyak.

Nah, alternatif makanan yang lebih sehat untuk kulit dan cenderung tidak berpotensi merangsang produksi minyak berlebih pada kulit serta memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, atau makanan yang mengandung gandum utuh. Jangan lupa juga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C cukup yang dapat membantu mencerahkan wajah dimana sebelumnya kulit terlihat kusam dan terdapat bintik hitam.

3. Hindari Stres yang Berlebihan

Jangan stres…jangan terlalu banyak berpikir, demikian nasihat banyak orang karena kondisi stres bisa memicu berbagai masalah dalam tubuh, salah satunya bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Kondisi pria saat stres dapat memicu pelepasan hormon yang bisa menghasilkan sebum lebih banyak, karena itu hindari stres yang berlebihan untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Mulailah untuk mengelola stres dari hal-hal yang sederhana dan diyakini dapat mengalihkan kepenatan pikiran yang dirasakan.

Lakukan aktivitas yang menyenangkan, salah satunya dengan berolahraga karena cara ini cukup ampuh untuk menurunkan tingkat stres, selain itu olahraga juga membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Dalam kondisi tubuh yang bugar dan pikiran yang sehat, pastinya kelenjar minyak tidak akan terpicu untuk memproduksi lebih banyak. Kelenjar minyak yang memproduksi minyak dalam jumlah wajar pastinya tidak akan memicu masalah pada kulit wajah. Apalagi jika langkah ini dibarengi dengan rutinitas mencuci muka, tentu masalah kulit berminyak dan berjerawat bisa teratasi dan produksi minyak tidak akan berlebih.

4. Rutin Mencuci Muka

Perawatan dari dalam sudah, selanjutnya langkah yang tidak kalah penting adalah melakukan perawatan dari luar, yaitu rutin mencuci muka. Jangan pernah malas membersihkan wajah, apalagi setelah seharian beraktivitas di luar rumah, terpapar sinar matahari, berkeringat, berdebu, dan berada di tempat yang terhitung memiliki tingkat polusi udara yang tinggi. Setiba di rumah, jangan langsung beristirahat, bersihkan tubuh dan segera cuci muka, agar tidak memicu kelenjar minyak makin banyak berproduksi.

Rutin membersihkan atau mencuci muka, terutama setelah beraktivitas di luar rumah dapat membantu membersihkan sebum yang menempel, sehingga produksi minyak pun akan berkurang. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan aktivitas mencuci muka setiap pagi dan malam, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan atau setelah berolahraga agar kulit tetap terjaga kebersihannya. Tapi hati-hati, jangan terlalu sering mencuci muka agar kulit tidak menjadi kering.

5. Pilih Produk Face Wash yang Tepat

Dalam skincare routine, mencuci muka menggunakan face wash menjadi salah satu step yang paling dasar yang tidak boleh terlewatkan. Mengapa? Karena face wash memiliki fungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran dan minyak yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Apalagi dalam kondisi di luar ruangan, kulit wajah rentan terpapar sinar matahari, debu, dan polusi udara lainnya.

Nah, face wash sendiri merupakan salah satu produk skincare yang umumnya berupa sabun pembersih wajah yang berbahan dasar air, bisa berbentuk gel, busa, atau batangan. Produk face wash sendiri cukup banyak pilihan, karena itu pilihlah yang sesuai dengan tipe dan masalah kulit wajah yang dialami, agar manfaat baik yang terkandung dalam produk tersebut bisa memberikan manfaat secara maksimal. Jangan salah pilih produk face wash ya, karena bisa berakibat produksi kelenjar minyak yang makin banyak. Untuk mengatasi atau mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah pria, pilih face wash untuk kulit berminyak dan berjerawat yang banyak direkomendasikan, yaitu Kahf Oil and Acne Care Face Wash.

Pentingnya Mencuci Muka Menggunakan Face Wash Untuk Kulit Wajah Pria

Dilansir dari situs klikdokter, face wash umumnya memiliki kandungan astringent sehingga menghasilkan busa saat diusap dan dipijit ke kulit wajah. Nah, busa inilah yang menandakan bahwa face wash yang dipakai benar-benar masuk ke dalam kulit dan membersihkan pori-pori sekaligus menghilangkan minyak yang tersisa di wajah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan menggunakan face wash dua kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum beraktivitas, dan sore atau malam hari sepulang beraktivitas di luar rumah. Jangan gunakan face wash secara berlebihan ya!

Aktivitas Pria Berolahraga
Foto: freepik.com

Step menggunakan face wash saat malam hari sebelum tidur menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah. Berikut ini manfaat mencuci muka menggunakan face wash untuk kulit wajah pria, terutama sebelum tidur di malam hari.

Membantu Meregenerasi Kulit

Pakar kecantikan mengatakan kalau saat tidur, kulit akan melakukan regenerasi. Saat proses regenerasi, sel-sel kulit yang baru dan lebih sehat akan muncul menggantikan sel-sel kulit mati atau rusak. Jadi, jika tertidur dalam kondisi wajah belum dibersihkan, tentu proses regenerasi akan terhambat sehingga wajah terlihat kusam dan tidak segar.

Untuk itulah, jangan pernah melewatkan aktivitas mencuci muka menggunakan face wash dengan kandungan bahan aktif yang tepat dan sesuai dengan tipe kulit wajah agar proses regenerasi kulit tidak terhambat. Regenerasi kulit yang berjalan lancar akan menyebabkan kulit menjadi lebih bersih, sehat, kenyal, lembut, dan lembap serta terhindar dari tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan lain-lain.

Membersihkan Pori-pori Kulit

Aktivitas mencuci muka menggunakan face wash pastinya akan membuat pori-pori kulit menjadi lebih bersih lho. Tapi pastikan memilih produk face wash yang tepat, yaitu face wash untuk kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, sangat direkomendasikan melakukan teknik double cleansing.

Caranya, sebelum membersihkan muka menggunakan face wash, bersihkan lebih dahulu menggunakan micellar water atau cleansing oil yang berfungsi membersihkan wajah dari skincare dan make up yang dipakai saat pagi hari. Pembersihan tahap pertama ini juga menjadi pembuka pori-pori kulit wajah yang selama beraktivitas tertimbun oleh skincare dan kotoran lainnya. Barulah setelah itu, aktivitas dilanjutkan dengan mencuci muka menggunakan face wash.

Mengurangi Risiko Kulit Berjerawat

Tahu kan kalau salah satu penyebab kulit berjerawat karena banyaknya debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Nah, rutinitas mencuci muka menggunakan face wash bisa mengurangi risiko kulit berjerawat lho, karena pori-pori kulit lebih terbuka dan kotoran yang menempel bisa disapu bersih. Jika tidak ingin mengalami masalah kulit berjerawatan pastikan sebelum tidur di malam hari, wajah dalam kondisi sudah bersih.

Enggan mencuci muka terutama sebelum tidur, selain berpotensi masih terdapatnya debu serta kotoran lain yang menempel di wajah sehingga menyumbat pori-pori, juga berisiko memunculkan banyak bakteri yang menyebabkan berbagai masalah lain di kulit wajah, seperti komedo, kulit menjadi kusam, kurang bercahaya, dan pastinya tidak sehat. Jadi, jika ingin mengurangi risiko kulit berminyak dan berjerawat, pastikan rutin mencuci muka menggunakan face wash untuk kulit berminyak dan berjerawat secara rutin, dua kali sehari saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Membantu Melembapkan Kulit

Setelah sepanjang hari kulit wajah bekerja keras melawan segala jenis bahaya seperti sinar UV, polusi, debu, dan lainnya saat beraktivitas, saat malam hari tiba saatnya kulit wajah beristirahat untuk memperbaiki dan memulihkan sel-sel kulitnya, dengan kata lain melakukan regenerasi sel-sel kulit baru. Dengan rutin mencuci muka menggunakan produk face wash yang tepat dan sesuai tipe kulit wajah, tentunya proses regenerasi akan berjalan dengan lancar karena saat beristirahat kulit sudah dalam kondisi bersih.

Nah, rutinitas mencuci muka terutama malam hari sebelum tidur tidak hanya melancarkan proses regenerasi sel-sel kulit baru tapi juga membantu memaksimalkan efek perawatan atau step-step skincare routine berikutnya, terutama penggunaan pelembap. Pelembap yang digunakan tentu akan bekerja lebih maksimal setelah kulit bersih dan pastinya kulit akan terhindar dari kekeringan. Kulit yang kelembapannya terjaga tidak hanya terlihat lebih sehat tapi juga mengurangi produksi minyak berlebih dan terhindar dari jerawat yang mengganggu penampilan.

Membantu Memaksimalkan Manfaat Skincare Routine

Sekilas sudah dijelaskan di atas bahwa skincare routine bisa bekerja lebih baik jika wajah dalam kondisi bersih. Untuk itu, sebelum masuk ke tahapan skincare routine lainnya, pastikan wajah sudah dibersihkan menggunakan face wash untuk kulit berminyak dan berjerawat. Jika wajah dalam kondisi bersih, tentu manfaat skincare di tahap berikutnya akan lebih terasa.

Tahu kan kalau skincare memiliki kandungan yang membantu mengatasi beragam masalah kulit yang dialami para pria, seperti kulit berminyak dan berjerawat. Nah, karena penggunaan face wash berada di tahap awal dari aktivitas skincare routine, maka pemilihan produk face wash yang tepat menjadi sangat penting. Untuk para pria yang memiliki masalah minyak berlebih pada kulit wajah dan berpotensi menimbulkan masalah jerawat, sudah ada solusinya dengan Kahf Oil and Acne Care Face Wash dengan formulasi untuk melindungi kulit wajah dari masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Kontrol Minyak dan Lawan Jerawat Dengan Kahf Oil and Acne Care Face Wash

Kahf Oil and Acne Care Face Wash merupakan sabun pembersih wajah dengan kandungan HydroBalance dan Pure Cleanse yang menjadikan wajah bersih dan lembap secara menyeluruh. Produk face wash dari Kahf ini diperkaya dengan ekstrak Mediterranean Sage dan French Cypress yang dapat membantu melawan jerawat. Sangat cocok digunakan untuk jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat. Sabun cuci muka pria yang diformulasikan secara mild ini mampu membersihkan wajah hingga ke pori tanpa membuat kulit menjadi kering setelah dibersihkan.

Kahf Oil and Acne Care Face Wash

Manfaat Kahf Oil and Acne Care Face Wash

  • Membuat Kulit wajah terasa lembap dan halus.
  • Membantu membersihkan beragam kotoran hingga ke pori-pori.
  • Membantu lebih maksimal melawan jerawat.

Kandungan Bahan Aktif Utama atau Hero Ingredients Kahf Oil and Acne Care Face Wash

  • Mediterranean Sage: Mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat baru serta mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat.
  • French Cypress: Mengurangi minyak berlebih sehingga membuat wajah bebas kilap.
  • HydroBalance: Menjaga kelembapan alami kulit dan tidak membuat kulit kering.
  • Pure Cleanse: Mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori.
Dengan kandungan bahan aktif utama atau Hero Ingredients ini, Kahf Oil and Acne Care Face Wash adalah pilihan tepat bagi para pria dalam memilih face wash untuk kulit berminyak dan berjerawat, yang dikemas dalam tube dengan tutup fliptop berukuran 100 ml.

Hero Ingredients Kahf Oil and Acne Care Face Wash

Wajah bersih dan lembap menyeluruh dengan paduan HydroBalanceTM dan Pure Cleanse. Ekstrak Mediterranean Sage dan French Cypressnya mengangkat minyak berlebih selama 12 jam serta merawat kulit berjerawat. Lantas, bagaimana cara tepat pemakaian Kahf Oil and Acne Care Face Wash?

Cara Pemakaian Kahf Oil and Acne Care Face Wash

  1. Bilas wajah dengan air hangat sebelum menggunakan produk agar pori-pori wajah terbuka.
  2. Oleskan pada wajah hingga merata sambil dipijat lembut. Hindari area sekitar mata.
  3. Tunggu antara 30 detik - 1 menit.
  4. Bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.
  5. Untuk hasil yang lebih maksimal, kombinasikan dengan produk lain dari Kahf, seperti Kahf Triple Protection Sunscreen & Moisturizer.
Ayo kontrol minyak dan lawan jerawat dengan Kahf Oil and Acne Care Face Wash, sabun cuci muka pria yang diformulasikan secara mild mampu membersihkan wajah hingga ke pori-pori terdalam tanpa membuat kulit kering. Jangan sering berganti-ganti produk face wash agar kandungan bahan aktif utama yang membantu mengatasi masalah kulit terlalu berminyak dan berjerawat bisa meresap dengan sempurna dan memberikan manfaat terbaiknya. Yuk lindungi harimu dari wajah berminyak dan berjerawat dengan produk face wash untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tepat, yaitu Kahf Oil and Acne Care Face Wash.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

9 komentar untuk "Rekomendasi Face Wash Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat yang Cocok Buat Kulit Wajah Pria"

Comment Author Avatar
Terima kasih infonya. Saya baru tau produk face wash Kahf ini, memang produk baru yang belum dijual merata di pasaran. Dan dari namanya terlihat Islami juga
Comment Author Avatar
Tambah lagi referensi face washnya, artikelnya membahas lengkap, tinggal beli deh hehehe... sukses ya, thumbs up!
Comment Author Avatar
Artikelnya pas banget nih untuk anak saya yang jarang bahkan enggan mencuci muka debgan face wash. Ingin mencoba produk ini, bisa dibeli dimana ya kak ?
Comment Author Avatar
Produk Kahf ini memang sudah banyak yang mereviewnya dan hasilnya benar-benar jos. Saya dan teman-teman telah membuktikannya. Kulit muka jauh lebih cerah dan juga produksi minyak berlebih dapat dikontrol
Comment Author Avatar
Memang benar kalau kulit pria itu gampang berminyak. Terlebih lagi pori-pori yang dimiliki lebih besar, dan itu menyebabkan debu mudah menempel. Masalah seperti komedo, berminyak, kusam seolah jadi masalah sepele buat pria. Padahal itu menjadikan pria tidak menarik. Saya sendiri sudah mulai membiasakan diri untuk pedulit terhadap masalah ini. Dan memang, pilihan terbaik saat ini jatuh kepada Kahf.
Comment Author Avatar
Nah PR buatku adalah membuat pria-ku mau cuci muka secara rutin hihi. Alasannya nggak cocok wanginya. Suamkiku tipikal kulit berminyak, untungnya nggak jerawatan. Tapi, tetap aja kulit butuh perawatan kan ya. Aku coba rekomen sama suamkiku drh mungkin doi mau nyobain pakai Kahf.
Comment Author Avatar
Wajah berminyak jadi masalah yang sudah lama dialami suamiku nih. Thanks banget infonya, Langsung kepo ni produk Kahf Oil, siapa tau cocok buat suamiku..
Comment Author Avatar
Bisa saya rekomendasikan ke saudara saya yang kulit wajahnya berminyak, kebetulan rata-rata laki-laki memang kalau sering beraktivitas di luar berminyak banget ya kulitnya
Comment Author Avatar
Sekarang bukan zamannya lagi laki-laki malu untuk skincare-an. Sangat tidak ada salahnya kita peduli pada wajah dan tubuh sendiri. Tidak peduli gender-nya apa. Kulit laki-laki pun perlu dirawat.