5 Tips Mengelola Waktu Dengan Baik Bagi Entrepreneur Muda

cara mengelola waktu bagi entrepreneur muda

Siapa nih yang bercita-cita atau memiliki impian menjadi seorang entrepreneur muda? Pastinya menjadi seorang entrepreneur muda bukanlah hal yang mudah. Selain harus bersaing dengan para pengusaha lainnya, baik yang sudah di level senior maupun pemula, seorang entrepreneur muda juga harus bisa mengatasi berbagai tantangan dan kesulitan dalam memulai serta menjalankan roda bisnisnya. Salah satu hal yang sangat penting untuk dikuasai calon entrepreneur muda adalah kemampuan mengelola waktu dengan baik.

Pentingnya Mengelola Waktu Dengan Baik

Entrepreneur muda harus tahu nih! Kemampuan mengelola waktu dengan baik akan sangat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja, sehingga seorang calon pebisnis dapat menyelesaikan tugas-tugas penting lebih cepat dan lebih efektif. Nah, berikut beberapa tips yang bisa membantu calon entrepreneur muda untuk mengelola waktu dengan baik.

1. Buat Jadwal Harian yang Efektif

Hal penting pertama yang harus dilakukan adalah membuat jadwal harian yang efektif. Dengan membuat jadwal harian, seorang calon entrepreneur muda tidak hanya dapat memprioritaskan tugas-tugas penting, tetapi juga dapat melacak progres timeline yang sudah disusun untuk mencapai tujuan bisnis.

2. Hindari Gangguan dan Distraksi

Wajib tahu nih! Gangguan dan distraksi merupakan musuh utama bagi seseorang yang ingin menjadi entrepreneur muda. Untuk itu, pastikan saat bekerja memiliki lingkungan kerja yang tenang dan minim gangguan. Agar lebih fokus, matikan notifikasi dari media sosial atau aplikasi lainnya yang berpotensi mengalihkan perhatian dari hal penting yang harus dilakukan serta diprioritaskan calon entrepreneur muda.

3. Atasi Dengan Baik Tekanan dan Stres

Satu hal yang wajib diketahui, mengelola bisnis terutama untuk pemula dapat memberikan tekanan dan stres yang cukup menganggu jika tidak segera dicarikan solusinya. Oleh karena itu, seorang entrepreneur muda perlu memiliki strategi untuk membantu mengatasi tekanan dan stres agar tetap produktif, fokus dalam bekerja, serta mampu melahirkan inovasi baru yang bermanfaat melalui bisnis yang dikelolanya.

4. Ukur Kemajuan dan Hasil Pengelolaan Waktu

Penting untuk selalu memantau kemajuan dan hasil dari pengelolaan waktu yang baik. Buat catatan tentang tugas-tugas yang telah selesai, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, dan tidak lupa catat hasil yang telah dicapai, sebagai bahan evaluasi untuk mengukur kinerja yang telah dilakukan sekaligus bahan untuk melakukan perbaikan di masa yang akan datang.

5. Jangan Lupakan Istirahat yang Cukup

Seorang entrepreneur muda harus bisa membagi waktu yang proporsional untuk istirahat yang cukup. Meskipun ada banyak kasus di mana seorang entrepreneur muda ingin mencapai tujuan dengan cepat agar bisnis yang dikelolanya bisa berkembang serta diterima di pasar, namun jangan pernah lupakan menyediakan waktu yang cukup untuk beristirahat serta waktu tidur yang baik. Istirahat yang cukup membantu entrepreneur muda untuk fokus saat bekerja terutama saat mengelola bisnisnya.

Karakteristik Seorang Entrepreneur Muda

Selain kemampuan mengelola waktu dengan baik, ada hal lain yang tidak kalah penting dan wajib diketahui seorang yang ingin terjun ke dunia bisnis. Hal ini seperti yang dilansir dari situs perbandingan harga gadget, seorang entrepreneur muda juga harus memiliki karakteristik yang kuat untuk membangun kesuksesan dalam bisnis. 

karakteristik entrepreneur muda
Image by Freepik

Beberapa karakteristik yang harus ada dalam diri seorang entrepreneur muda sukses antara lain:

1. Kreativitas

Ini adalah hal yang wajib lho, dimana seorang entrepreneur muda harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk menciptakan ide-ide baru, yang dapat menginspirasi serta menarik minat pelanggan. Pemikiran out-of-the-box akan sangat membantu dalam menciptakan inovasi produk atau layanan yang unik dan berbeda dari kompetitor. Inilah yang membuat seorang entrepreneur muda bisa naik ke level yang lebih tinggi lagi dalam bisnisnya.

2. Keberanian

Tahukan, kalau bisnis seringkali melibatkan risiko serta ketidakpastian. Untuk itu, seorang entrepreneur muda harus memiliki keberanian yang maksimal dalam mengambil risiko dan menghadapi ketidakpastian dengan penuh percaya diri. Jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru serta mengambil keputusan besar ketika menjalankan roda bisnis. Meskipun begitu, kehati-hatian serta sikap waspada tetap harus dikedepankan agar risiko yang mungkin muncul bisa diminimalisir.

3. Kemampuan Beradaptasi

Dunia bisnis akan selalu bergerak cepat dan selalu berubah dari waktu ke waktu. Seorang entrepreneur muda harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta mengikuti tren pasar terbaru yang sedang diminati konsumen.

4. Keterampilan Komunikasi yang Baik

Sebagai seorang entrepreneur muda, tentu akan berurusan serta membangun relasi dengan banyak orang dari berbagai kalangan usia, mulai dari karyawan, investor, hingga konsumen. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi yang baik sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan bisnis.

5. Keinginan Untuk Belajar

Bisnis adalah tentang belajar dan terus berkembang. Seorang entrepreneur muda harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan siap untuk terus belajar dari pengalaman, kesalahan, dan kegagalan.

Manfaat Internet IndiHome

Untuk membantu menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan efisien, internet merupakan salah satu alat yang sangat penting. Salah satu penyedia layanan internet yang dapat dipilih adalah IndiHome dari Telkom Indonesia.

IndiHome dari Telkom Indonesia
Image by Freepik

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan internet IndiHome antara lain:

1. Koneksi Internet Cepat dan Stabil
Dengan koneksi internet yang cepat dan stabil, entrepreneur muda dapat menjalankan bisnis tanpa gangguan atau kehilangan waktu. Selain itu juga dapat melakukan transaksi online, mengelola inventaris, dan berkomunikasi dengan pelanggan dengan lancar dan mudah.

2. Layanan Terintegrasi
IndiHome memberikan layanan terintegrasi, seperti TV kabel, telepon rumah, dan wifi di rumah. Dengan memilih paket yang tepat, maka pengguna dapat menghemat biaya dan mendapatkan banyak manfaat dari satu provider internet.

3. Layanan Bisnis
IndiHome menyediakan layanan bisnis yang dapat membantu entrepreneur muda dalam menjalankan bisnis dengan lebih efektif. Beberapa fitur yang disediakan, seperti cloud storage dan aplikasi bisnis, dapat membantu pebisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Dalam menjalankan bisnis, mengelola waktu dengan baik dan menggunakan alat bantu seperti internet IndiHome dari Telkom Indonesia dapat membantu Anda mencapai tujuan dan sukses dalam bisnis. Jangan lupa untuk selalu belajar dan beradaptasi dengan perubahan pasar agar tetap relevan dan kompetitif.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

76 komentar untuk "5 Tips Mengelola Waktu Dengan Baik Bagi Entrepreneur Muda"

Comment Author Avatar
Tipsnya kayaknya perlu dibaca sama gen z deh. Tadi saya baru saja dengar komplain seseorang dengan karyawannya yg gen z. Karena etos kerjamya 45% buruk. Dududud. M
Comment Author Avatar
Banyak juga ya yang harus dilakukan dan diketahui seorang entrepreneur. Belum lagi tanggung jawab bisnis yang besar. Tapi selalu deh dengan mereka, karena aku sendiri sejujurnya masih ragu untuk menjadi entrepreneur muda.
Comment Author Avatar
cocok tipsnya buat anak muda seumuran anaku nih... yang bentar lagi masuk dunia kerja. semoga dimudahkan untuk para entrepreneur muda berkiprah dan berkarya, tentunya didukung jaringan internet kuat dari indihome :)
Comment Author Avatar
Kalau mau jadi entrepreneur, pertama-tama harus bisa memimpin diri sendiri ya, Mbak.. Karena gimana bisa sukses memimpin sebuah usaha, kalau diri sendiri belum bisa dipimpin dengan baik. Setuju sih sama tips-tips di atas. Seorang entrepreneur mesti kreatif, adaptif, inovatif, komunikatif, dan punya inisiatif.
Comment Author Avatar
Buat jadwal harian ini penting banget mengingat emak2 tuh kadang banyak distraksi juga dan banyak manuver. Jadi harus bikin to do list mana yang prioritas.
Jadi enterpreneur juga harus didukung jaringan internet cepat untung pake indihome ya.
Comment Author Avatar
Sebagai pengguna indihome, dengan adanya internet cepat kita juga bisa kreatif tanpa batas. Molly banget ini. Jadi entrepreneur online.. lewat blog dan sosial media
Comment Author Avatar
Untuk menjadi seorang entrepreneur muda yang hebat, banyak langkah yang mesti dilalui hingga hasil dapat diraih secara optimal. Dengan kehadiran internet cepat IndiHome tentu saja segala kegiatan online mampu terpenuhi dengan baik. Kudu disimak baik2 nih tips dari mak Elisa :D
Comment Author Avatar
Makasih ya tipsnya.Kreatif dan berani mengambil resiko ini yang rasanya harus saya pelajari dan miliki untuk jadi entrepreneur.
Comment Author Avatar
manfaat banget ini ada wifi indihome di rumah, sebab aku juga sedang belajar bisnis online Mba yang melibatkan suami dan anak2. jadi yah butuh banget sebab ngandalkan medsos buat jualan
Comment Author Avatar
Soal distraksi, saya merasakan banget betapa harus berjuang mengatasi distraksi. Di zaman koneksi serba mudah dengan internet, distraksi malah ada di mana2. Internet mmg seperti pedang bermata dua ya..Kalau tidak pandai menggunakan justru akan terjerumus
Comment Author Avatar
Meski belum termasuk entrepreneur muda (bukan karena umur tapi karena belum punya usaha hehee), tips ini tetap relevan dibaca oleh saya. Pengin juga punya usaha yang kontinyu dan berkembang.
Comment Author Avatar
Sekarang dengan makin maraknya pekerjaan di dunia digital, penting banget akses internet yang memadai seperti Indihome. Di rumah kami juga pakai Indihome sejak 2013, terbantu banget dengan pekerjaan saya dan anak-anak yang semuanya berhubungan dengan dunia digital
Comment Author Avatar
akutuh jadi inget konten di Tiktok yang membuat perbandingan antara Gen Z dan Millenials, dan itu emang beda banget ya
Comment Author Avatar
di zaman yang teknologinya makin berkembang, kehadiran internet memang membantu banget untuk meajuan bisnis. mesti terus berinovasi biar ga makin ketinggalan
Comment Author Avatar
Entrepreneur muda perlu banget nih tips mengelola waktu. Kalau dari muda pandai mengelola waktu, in syaa Allah sukses ya Mbak.
Comment Author Avatar
cocok banget ini tipsnya, bisa aku share ama anakku ini yang mulai ABG biar tetap meningkatkan skill dengan internet yang kencang
Comment Author Avatar
Aku bukan Entrepreneur, tapi tipsnya boleh juga, Mak. Makasih lho. Dari yang awal, aku belum bisa nih bikin jadwal harian. Anaknya suka-suka banget kerjanya. Kudu mulai dibuat deh biar teratur
Comment Author Avatar
Sedikit menambahkan, terlebih dari semua itu, karakter lainnya yang harus dipunyai seorang enterpreneur adalah tahan banting dan kuat mental. Mau untung tapi juga harus siap rugi. Ini nih yang berat. Anyway thanks Mbak tipsnya!
Comment Author Avatar
ini tuh bisa diterapkan juga sama kita yaa yang kerja di rumah saja. Terutama bagian mengelola waktu dan membuat jadwal harian. patut dilakukan biar kerjaan rumah bisa beres rapi dan mengerjakan pekerjaan lainnya.
Comment Author Avatar
Eman kalau usia muda enggak dimanfaatkan berkarya
Saat tua dan berkeluarga maka kesempatan itu akan terkikis pelan-pelan
Makanya penting diketahui anak muda ini
Comment Author Avatar
Karakteristik Entrepreneur Muda saat ini memang juara banget sih ya..
Tantangan dan tentunya saingan gak bisa dielakkan. Sudah kreatif, namun ada yang lebih dan lebih lagi. Semoga dengan internet IndiHome, setiap ide bisa diwujudkan dan menjadi gebrakan baru bagi Entrepreneur Muda.
Comment Author Avatar
Bukan hanya untuk entrepreneur muda, namun pengelolaan waktu yang baik juga sangat diperlukan bagi semua profesi
Comment Author Avatar
Setuju. Bisa mengelola waktu dengan baik adalah kunci dan aku belum melakukan itu. Kudu mulai perlahan-lahan nih biar gak keteteran
Comment Author Avatar
untuk entrepreneur muda iya banget waktu itu penting, sama sih kayak mompreneur, harus bisa bagi2 waktu supaya 24 jam itu cukup :D

buat detail kerjaan yg paling harus selesai awal, kalau bisa bikin list juga kerjaan yg bisa dikerjakan sambil di kafe/mobil atau bisa dilakukan pakai hp di parkiran motor misalnya. ini ngebantu bgt.

so far aku masih bisa ngerjain semua sambil anter jemput sekolah dan les 4 anak. tinggal gmn caranya bikin supaya pembayaran nggak ada yg telat aja >.< hihi
Comment Author Avatar
Thanks mbak, tipsnya sampai aku catat di buku, susah banget management waktu, padahal dikepala ingin gini, ingin gitu akhirnya jadi stress
Comment Author Avatar
Iyah Mba, anak muda sekarang banyak yang mikir mau jadi pebisnis meski jadi orang kantoran, hehehe. Bisa dilatih dari jualan online ya memanfaatkan indihome di rumah. Anak kau juga udah mulai kuajari nih belajar bisnis
Comment Author Avatar
Entrepreneur Muda paling mudah kedistraksi sama sosial media sih...
Makanya kudu banget fokus dengan target harian, mingguan sehingga meminimalisir distraksi karena inget goals yang ingin dicapai.
Comment Author Avatar
Setuju kareteristik enterpreneur muda itu kreatif. Apalagi di dukung oleh internet cepat seperti IndiHome ya, pasti lebih terasah kreativitasnya
Comment Author Avatar
problema anak muda itu kadang suka dihajar aja jam tidur dan jam istirahat yang padahal nantinya bisa berimbas pada kondisi kesehatannya nanti
Comment Author Avatar
peribahasa mengatakan waktu adalah uang, harus dimanfaatkan sebaik mungkin supaya bisa mendapatkan cuan yang lebih banyak. Semua kudu diatur dan dijadwalkan dengan rapi dan untuk mempersingkat kerja, internet adalah salah satu alatnya
Comment Author Avatar
Semua tipsnya bener banget dan tepat, semoga saja aku bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Oh ya ada satu lagi yang lupa, jangan lupa berdoa pada Tuhan agar dimudahkan perjalanan bisnisnya
Comment Author Avatar
Sebagai entrepreneur blogger, molly definitely setuju bgt sama semua poinnya. Tapi yg sering diabaikan itu poin istirahat. Krn kadang otak kepenuhan ide jadinya kerja terus menerus.
Comment Author Avatar
Setujuu...untuk jadi seorang entrepreneur mesti kreatif, adaptif, inovatif, komunikatif, dan punya inisiatif.
Karena persaingan di dunia usaha begitu ketat, jadi harus bisa upgrade skill terus.
Comment Author Avatar
IndiHome memang jadi andalan ya. Urusan bisnis beres berkat kelancaran jaringan internet dari IndiHome.
Comment Author Avatar
Para entrepreneur muda wajib banget ya menguasai soal manajemen waktu. Karena hal itu juga sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnisnya.
Comment Author Avatar
benar banget, mbak. tidak hanya buat entrepreneur ya sebenarnya pentingnya manajemen waktu ini tapi buat kita juga agar bisa menjadikan hari lebih efektif
Comment Author Avatar
kalau mau sukses jadi enterpreneur itu memang harus pintar mengatur waktu ya, mbak dan pastinya terus belajar biar nggak ketinggalan informasi terbaru
Comment Author Avatar
Iya banget ini perlu banget aku pun harus menjadi orang yang bisa manajemen waktu soalnya mengelola blog, IG dan juga bisnis, seru aja kalau menghasilkan uang dari berbagai arah.
Comment Author Avatar
jaman sekarang tuh banyak tips dan tutorial yang mendukung aktivitas ya kak, seneng banget ada artikel begini jadi entrepreneur muda nggak salah arah
Comment Author Avatar
Mau jadi usaha yang sukses memang harus pandai mengatur waktu. Biar waktu yang kita jalani bermanfaat dg baik dan memiliki value yang berarti.

Ya, seperti pepetsh lama, time is money.
Comment Author Avatar
pengelolaan waktu ini emang penting banget bagi siapapun, apalagi enterpreneur agar bisa sukses. Sepakat dengan point-point yang diuraikan di artikel ini. Kerja, ibadah, istirahat harus seimbang
Comment Author Avatar
Tipsnya keren nih untuk anak muda yang merintis bisnis, harus tahu waktu juga jangan karena terlalu semangat kerja sampai begadang berlebihan pun dilakoni,bantuan sinyal kuat IndiHome pun mempengaruhi produktivitas ya
Comment Author Avatar
Memang deh jadi entrepreneur muda itu harus mengelola waktu dengan baik. Khsusnya, jangan mudah kena distraksi kalau mau sukses.
Comment Author Avatar
Nah ini wajib banget dibaca para calon entrepreneur muda. Sekarang tu banyak yang pengen belajar jadi pengusaha tapi nggak bisa tertib dan disiplin.
Udah gitu kadang ngeluh karena merasa kurang ilmu.
Padahal sekarang tu selama ada jaringan internet yang lancar mah ilmu bertebaran di mana-mana ya
Comment Author Avatar
Yang pasti, koneksi internet sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis di era digital saat ini. Untung ada IndiHome dengan internet cepat dan stabilnya ya, Mbak.
Comment Author Avatar
Jaringan internet yang lancar dan stabil, jelas mendukung kinerja entrepreneur lebih efektif dan cepat.
Comment Author Avatar
Memang saat ini tuh era semua digital, jadi mau pengusaha di bidang apapun pasti perlu layanan internet yg cepat dan stabil. Karena itu modal dasar dalam membangun branding dan usaha
Comment Author Avatar
Anak muda sekarang ini keren banget sih kalo kata aku mah...
Karena gak takut dengan kemajuan teknologi dan paling mudah beradaptasi. Sungguh kagum dengan entrepreneur muda dan karakternya.
Comment Author Avatar
Zaman sekarang jadi enterpreneur itu tidak cukup modal duit dan tekad ya. Tapi perlu juga jaringan internet yang stabil supaya bisa bersaing di era digital.
Comment Author Avatar
Tipsnya mantap nih mbak dan tentunya harus dipraktikan agar waktu yang ada tidak terbuang sia-sia. Apalagi saat ini dukung dengan layanan internet cept dari IndiHome
Comment Author Avatar
Bener ini kalau internet sekarang makin lancar maka masa muda jangan dilewatkan begitu saja
Berkarya saja terus dan suatu saat nikmati hasilnya
Comment Author Avatar
Anak muda jaman sekarang sudah banyak yang jadi entrepreneur daripada jadi pekerja kantoran. Apalagi kalau didukung Internet yang cepat DA stabil. Kerja di rumah kerjaan tetap lancar.
Comment Author Avatar
Entrepreneur muda zaman now memang dituntut untuk aktif dan kreatif ya. Selain itu komunikasi yang baik jadi nilai plus karena dengan begitu ia dapat mempromosikan usahanya kepada siapa saja, termasuk ke sosial media yang memiliki eksposur lebih luas
Comment Author Avatar
Bener banget nih tipsnya sangat membantu, karena biasanya anak muda ada aja distraksinya, sehingga sulit untuk fokus mengerjakan sesuatu
Comment Author Avatar
aku juga selalu bikin jadwal harian biar lebih fokus dan gampang ngatur kerjaan. Setuju banget sama tips-tips di atas biar tetap produkit ya, Mbak. Memang nih internet nggak bisa lepas dari kehidupan terlebih di era digital seperti sekarang.
Comment Author Avatar
Waah! Bisa ni saya terapkan untuk anak lajang saya. Mana tau bisa jadi eksekutif muda ke depannya. 🤭
Comment Author Avatar
Kreatif, berani dan adaptasi..
3 sifat dasar ini memang benar-benar harus dimiliki oleh enterpreneur muda jika ingin sukses. Tipsnya yang diberikan benar-benar fundamental banget dan cocok untuk bangun kerangka kuat dalam diri jadi enterprenuer muda yang sukses.
Comment Author Avatar
Dengan jaringan internet tanpa batas, mudah-mudahan jumlah entreprenuer muda semakin berlipat ganda. Di tangan mereka harapan agar angka pengangguran semakin menipis.
Comment Author Avatar
3 sifat dasar yang memang harus dimiliki oleh enterpreneur muda agar sukses yaitu kreatif, berani, dan adaptasi.
Harus banget aktif dan selalu kreatif di zaman ini, tentu saja harus bisa berkomunikasi dengan baik dan benar, ketika public speaking bagus itu akan menjadi kelebihan yang bisa mempengaruhi seorang enterpreuner
Comment Author Avatar
Aku...aku mau jadi entrepreneur muda *eaaaaaa. Jadi entrepreneur itu berperang dengan waktu dan tentu saja koneksi internet sebagai mobilitas kan ya, Mbak. Harus das des das des, cekatan
Comment Author Avatar
Tips yang ngebantu banget nih buat para enterprener. Terkadang masalah kesehatan pun mereka lalai
Comment Author Avatar
Mengelola waktu bagi entrepreneur memang penting banget ya. Karena kalau ga dikelola bisa habis waktunya sibuk berbisnis
Comment Author Avatar
Distraksi ini jadi satu hal penting yang harus dicatat sepertinya ya Mbak. Set prioritas menunda hal-hal yang kurang urgensinya. Media sosial dan fasilitas komunikasi seperti whatsapp memang salah satu distraksi yang hebat sejauh ini.. Kita pun jadi susah fokus...
Comment Author Avatar
Saat ini memang banyak kaum muda yang terjun dalam bidang entrepreneurship ya mbak
Adanya internet cepat dan stabil dari IndiHome turut membantu entrepreneur muda dalam mengelola waktu ya mbak
Comment Author Avatar
Menjadi enterpreneur itu memang menarik ya. Jadi bos sendiri dengan idealisme sendiri. Tapi ya itu suka ada distraksi. Dan sebagai enterpreneur kita harus bisa mengatur waktu.
Comment Author Avatar
Setuju jadi entepreneur intu mesti nekat mengambil resiko dan punya tekad kuat untuk berhasil.
Comment Author Avatar
sepakat, pengendalian diri harus lebih kuat, karena tidak ada yang mengontrol, seringnya bisa bablas kalau ga ada yang mengendalikan
manajemen waktunya juga harus bagus ya kan
Comment Author Avatar
Bagus sekali tipsnya bagi yang mau menjadi entrepreneur , memang harus tahu berbagai strateginya ya, tak lupa manajemen waktu dan terus belajar kemampuan baru. Koneksi yang cepat dan stabil pasti perlu bgt untuk mendukung jalannya usaha
Comment Author Avatar
Kita semua memang harus bisa mengelola waktu dengan baik ya, termasuk untuk para entrepreneur muda yang pada mau sukses, siip Mbak tipsnya
Comment Author Avatar
Setuju dengan pentingnya manajemen waktu bagi setiap orang.. manajemen waktu akan membuat semua terarah dengan baik dan bisa mencapai target dengan mudah dan jelas
Comment Author Avatar
Dengan pengelolaan waktu yang baik, semoga para Entrepreneur Muda bisa lebih produktif dan mewujudkan lebih banyak ide yang luar biasa. Karena dari meminimalisir distraksi ini bakalan banyak banget yang diperoleh.
Comment Author Avatar
terima kasih tipsnya mbak, sepertinya tak hanya yang muda nih, bisa diterapkan juga ke saya yang tua hihihi. entrepeneur itu memang kudu bakoh dan konsisten, lsu dikit inget inget lagi tujuan awalnya apa
Comment Author Avatar
Nah bener nih harus pintar atur waktu. Nggak asal harus kerja rodi biar semua target tercapai
Comment Author Avatar
İya ya sekarang enterpreneur muda pada keren keren ya, aku aja mau share jualan di snap wa masih maju mundur takut bla bla bla. Tapi kalau gak diubah kapan geraknya hadeh aku aku
Comment Author Avatar
cocok banget niy buat saya yang sedang belajar tentang usaha niy mba, tipsnya bermanfaat banget pastinya. namun sayangnya pengelolaan waktu saya masih harus ditingkatkan dan rasa takutnya masih lumayan besar takut ini takut itu padahal jalan usaha orang kan beda beda ya
Comment Author Avatar
Wah, kalau bisa nerapin tips yang dikasih kayanya bakalan sukses jaya ni. Makasih Kak tipsnya