Mengubah Musibah Menjadi Hikmah, Nia Ramadhani Menuangkan Kisahnya Dalam Novel Cerita Ade

novel cerita ade nia ramadhani

Pasca terjerat narkoba dan menjalani rehabilitas, Nia Ramadhani tidak pernah menyangka bisa berada di titik seperti sekarang ini, menjadi semakin dekat dengan keluarga, memiliki hubungan pernikahan yang lebih kuat, dan berusaha menjadi sosok yang lebih religius dekat dengan Tuhan. Bahkan setelah menyelesaikan masa rehabilitasi, Nia berhasil menuangkan kisah hidupnya sejak masih anak-anak sampai dengan hari kejadian tahun 2021 lalu menjadi sebuah novel "Cerita Ade."

Siapa tidak kenal Nia Ramadhani, salah satu artis papan atas Indonesia yang mulai merintis karir di industri hiburan televisi sejak usia masih belia. Meskipun sejak menikah dengan pengusaha muda Ardi Bakrie, Nia mulai mengurangi aktivitasnya di dunia entertaiment dan fokus mengurus keluarga, namun namanya masih kerap diperbincangkan di masyarakat. Apalagi sejak usia remaja, Nia memiliki cukup banyak penggemar berkat kepiawaiannya berakting di beberapa judul sinetron.

Sepintas keluarga kecil yang dibangun Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sejak tahun 2010 silam nampak sangat bahagia dan terlihat baik-baik saja. Namun publik di buat kaget saat Nia dan Ardi diberitakan mengalami masalah terjerat penyalahgunaan narkoba. Setelah menjalani sidang berkali-kali, Nia dan Ardi akhirnya harus menjalani rehabilitasi selama delapan bulan dan hidup terpisah dari keluarga terutama tiga anak-anaknya.

Nia Ramadhani dan keluarga

Bagi seorang ibu pasti merasa berat harus hidup terpisah selama berbulan-bulan dengan buah hati tercinta. Meski Nia mengakui kerap merasa sedih jika mengingat anak-anak, namun merasa lega karena masa rehabilitas dijalaninya bersama suami tercinta. Bahkan dalam sebuah wawancara, Nia mengungkapkan bahwa dibalik musibah yang dialaminya bersama suami, ternyata ada begitu banyak hikmah yang didapatkannya terutama yang menyangkut hubungan pernikahan dengan sang suami dan kemampuan untuk belajar mengenali diri sendiri.

Fakta Pernikahan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Pasca Jalani Masa Rehabilitasi

Dalam sebuah wawancara, Nia Ramadhani menceritakan ketakutan dan kepanikannya saat pertama kali ditangkap BNN. Namun setelah kedatangan sang suami, Ardi Bakrie, membuat Nia tenang apalagi setelah sang suami mengungkapkan masalah ini akan mereka jalani berdua. Hubungan pernikahan mereka yang awalnya sempat mengalami masalah dan sedikit jauh, justru pasca ditangkap menjadi lebih erat dan saling menguatkan. 

"Kami yang awalnya survive sendiri-sendiri akhirnya melebur menjadi satu untuk survive bersama," demikian Nia menuturkan hikmah yang didapat pasca menjalani masa rehabilitas bersama sang suami. Ternyata selama 12 tahun pernikahannya bersama Ardi Bakrie, semuanya berjalan datar. Meski tak menampik pernikahannya bahagia, namun hubungan emosional mereka terasa sangat kurang dan kerap mengalami kesulitan untuk saling terbuka.

Sekilas masalah ini terlihat sepele, namun justru memiliki efek jangka panjang yang kurang baik untuk sebuah hubungan pernikahan, apalagi dengan usia pernikahan yang cukup lama. Pasca terjerat narkoba dan menjalani masa rehabilitasi berdua, barulah Nia dan Ardi menyadari ternyata ada masalah dalam hubungan pernikahan mereka dan inilah yang kemudian diperbaiki.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie

Nia dan Ardi kemudian saling mengintrospeksi diri dan berusaha untuk terus belajar memahami lebih dalam lagi diri masing-masing. Hingga akhirnya, Nia dan Ardi menemukan sisi dari masing-masing yang selama 12 tahun pernikahan mencoba untuk ditutupi. Akhirnya, di tempat rehabilitasi itulah mereka banyak belajar satu sama lain. Nia banyak belajar untuk mengenali dirinya sendiri, lalu Ardi pun belajar bahwa dirinya pun memiliki banyak luka dan tidak baik-baik saja. 

Tidak hanya belajar mengenali diri sendiri secara lebih mendalam, selama menjalani rehabilitasi Nia juga belajar bagaimana membangun komunikasi lebih sehat, terutama dengan Ardi sebagai pasangannya. Komunikasi dalam pernikahan memang tidak sesederhana istilah dalam kamus bahasa, butuh waktu yang panjang untuk sampai ke titik di mana komunikasi yang sehat dalam pernikahan adalah untuk kebaikan dan kesehatan mental pasangan itu sendiri. Syukurlah setelah ujian berat yang dialami Nia dan Ardi, akhirnya mereka berdua berhasil membangun komunikasi lebih sehat dalam pernikahanya dan menjalani pernikahan yang lebih indah.

Masa Rehabilitasi Membuat Nia Ramadhani Lebih Mengenali Diri Sendiri

Dalam buku novel "Cerita Ade" yang ditulis Nia Ramadhani bersama Pidi Baiq, diceritakan tentang perjalanan hidupnya yang ternyata tidaklah semulus dan semudah dugaan banyak orang. Nia ternyata baru menyadarinya setelah menjalani rehabilitasi dan bertemu konselor yang memintanya untuk menggali lebih dalam dirinya sendiri.

Saat di tempat rehabilitasi, Nia banyak belajar, menggali dan mengenali diri sendiri, sampai menemukan kenapa bisa terjerat narkoba. Di momen itulah, Nia banyak membuat tulisan dan catatan sebagai upaya menggali lebih dalam tentang dirinya. Menuangkan kisah hidup dalam bentuk tulisan memang menjadi salah satu cara terapi sekaligus sebagai media untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran seseorang.

kisah nia ramadhani mengambil hikmah di balik ujian

Saat ditanya alasan menggunakan narkoba, awalnya Nia merasa kebingungan menjawabnya, karena saat itu Nia berpikir hanya untuk senang-senang. Setelah digali lebih mendalam, akhirnya Nia tahu tidaklah sesederhana itu, karena ada rangkaian peristiwa masa lalu yang sulit untuk diungkapkan. Akhirnya, dengan bantuan konselor dan ahli lainnya yang berada di tempat rehabilitasi, Nia mulai belajar mengenali diri sendiri dan berusaha mengungkapkan apa yang selama ini tersimpan dalam pikirannya.

Proses Nia mengenali diri sendiri dituangkan dalam bentuk tulisan atau cerita-cerita yang disusunnya, setelah itu barulah mengetahui kalau kisah masa kecil ternyata amat membekas di benak Nia hingga akhirnya terjerat narkoba. Akhirnya Nia tahu kalau alasannya menggunakan narkoba tidaklah sesederhana itu, dan semua yang dialaminya saat ini adalah rentetan panjang dari masa lalunya. Dari kumpulan catatan-catatan yang dibuat Nia saat menjalani masa rehabilitasi inilah akhirnya dibukukan dengan bantuan Pidi Baiq, yang dipanggil ayah oleh Nia.

Akhirnya, Nia Ramadhani Menuangkan Kisah Hidupnya Dalam Novel #CeritaAde Bersama Pidi Baiq

Setelah menjalani rehabilitasi bersama sang suami, akhirnya Nia Ramadhani bisa kembali berkumpul bersama keluarga terutama ketiga anak-anaknya. Selain lebih fokus membangun kembali kedekatan dengan keluarga, Nia juga mulai mendekatkan diri dengan Allah SWT dan menjadi lebih religius. Ternyata ujian berat yang dialami Nia, membawa banyak hikmah untuk menjadi sosok pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Dalam salah satu sesi rehabilitasi di mana Nia diharuskan membuat tulisan dalam bentuk catatan tentang dirinya, membawanya pada keinginan untuk berbagi kisah hidup tersebut dengan banyak orang. Semua kisah yang ditulis Nia Ramadhani sejak masih anak-anak sampai dengan hari kejadian tahun lalu, dituangkan Nia menjadi sebuah novel CERITA ADE, dengan bantuan Pidi Baiq dengan harapan cerita tersebut bisa dikemas lebih menarik dan manis serta menginspirasi pembacanya.

novel cerita ade karya nia ramadhani

Pastinya banyak yang penasaran nih, kira-kira cerita apa saja yang ingin dibagikan Nia Ramadhani dan pastinya ada sisi yang selama ini belum diketahui banyak orang akan ikut dibagikan. Setidaknya ada tiga  alasan kenapa harus membaca buku novel CERITA ADE, yaitu:
  1. Memunculkan keinginan untuk belajar mengenali dan memahami tentang diri sendiri.
  2. Belajar membangun komunikasi lebih sehat, untuk kebaikan dan kesehatan mental diri sendiri.
  3. Bisa memetik hikmah dan belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.
Setelah melalui proses penulisan bersama Pidi Baiq untuk mengemas catatan kisah perjalanan hidup Nia Ramadhani agar lebih menarik, inspiratif, dan manis, akhirnya tiba juga hari dimana diselenggarakan acara Kick-Off Pre Order dan Soft Launching Novel "Cerita Ade" pada 28 November 2022 lalu di FAN Campus, Cisarua, Bogor. 

keluarga Nia Ramadhani

Di Momen Soft Launching ini, tidak hanya suami dan keluarga Nia yang hadir, tapi juga keluarga mertua Nia, yaitu Bapak Aburizal Bakrie bersama istri turut memberikan dukungan dan semangat untuk peluncuran novel Cerita Ade. Oh iya, dalam novel ini juga ada kisah Nia saat masuk dalam keluarga besar Bakrie lho.

Launching Novel Cerita Ade

Gimana? Penasaran kan dengan kisah perjalanan hidup Nia Ramadhani yang akan dibagikan dalam novel Cerita Ade, dan tidak sabar ingin membacanya. Yuk, dapatkan buku original "Cerita Ade" melalui Official Mizan Store di Tokopedia dan Shopee. Selain itu, buku novel Cerita Ade juga bisa dipesan melalui website mizanstore.com. Bagi yang ingin bertemu Nia Ramadhani secara langsung, bisa hadir di acara Meet and Greet & Grand Launching Novel "Cerita Ade" pada 10 Desember 2022 di Kinokuniya Bookstore, Grand Indonesia, Jakarta.
"Ini bukan akhir segalanya. Lebih baik melanjutkan daripada mengeluhkan. Mudah-mudahan sehabis ini akan menghasilkan hal-hal yang jauh lebih indah daripada yang pernah aku bayangkan (Nia Ramadhani Bakrie)."
Novel "Cerita Ade" yang ditulis Nia Ramadhani bersama Pidi Baiq diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi banyak orang bahwa tidak ada satu pun masalah yang sulit diselesaikan asalkan memiliki niat dan tekad besar untuk mewujudkannya, jangan lupa selalu belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Sumber Foto: https://www.instagram.com/ramadhaniabakrie/
Mutia Erlisa Karamoy
Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Mombassador SGM Eksplor | Another Blog bundadigital.my.id

Related Posts

Posting Komentar