Manfaat Sheet Mask Untuk Rawat Kulit Wajah

sheet mask

Beberapa tahun terakhir ini, Sheet Mask menjadi salah satu produk perawatan kulit yang hingga saat ini masih tren di kalangan masyarakat dari segala usia. Hal ini karena banyak orang sudah merasakan manfaat Sheet Mask yang tidak main-main dalam hal membantu merawat kulit wajah, yaitu melembabkan. Apalagi seiring bertambahnya usia, masalah kulit wajah yang paling banyak dialami seseorang adalah berkurangnya kadar kelembaban kulit wajah hingga menimbulkan beragam masalah kesehatan pada kulit wajah, seperti kulit kering, kusam, dan kasar di beberapa bagian. Nah, agar Sheet Mask bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk merawat kulit wajah, wajib tahu nih cara pakai Sheet Mask yang benar.

Apa Itu Sheet Mask dan Manfaat Untuk Rawat Kulit Wajah

Meskipun penggunaan Sheet Mask sudah umum dikalangan masyarakat, namun masih banyak juga yang belum mengetahui secara jelas, apa itu Sheet Mask. Sheet Mask sebenarnya merupakan Masker Wajah yang berbentuk lembaran dan terbuat dari serat alami, seperti katun. Nah, pada lembaran masker ini biasanya diperkaya dengan serum yang sekaligus sebagai bahan utamanya. Tidak heran jika saat membuka kemasan Sheet Mask, terdapat serum yang melimpah.

Bagaimana dengan kandungan produk perawatan wajah Sheet Mask sendiri? Untuk diketahui, kandungan Sheet Mask adalah konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi jika dibandingkan krim wajah yang dipakai dengan cara oles. Sebagian besar kandungan Sheet Mask adalah asam hialuronat, ceramide, dan juga antioksidan. 

Selain bahan-bahan tersebut, umumnya Sheet Mask juga memiliki berbagai kandungan asam amino, vitamin, serta mineral tertentu yang tentu saja memiliki banyak manfaat untuk membantu merawat kulit wajah. Tergantung pada bahannya, masker wajah yang berbentuk lembaran ini dapat membantu kandungan bahan aktif didalamnya meresap ke dalam kulit wajah dengan maksimal.

Dengan banyaknya kandungan bahan aktif dalam lembaran Sheet Mask, tentu ada banyak juga manfaat yang bisa dirasakan untuk membantu merawat kulit wajah. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan Sheet Mask untuk membantu merawat kulit wajah sekaligus mengatasi beragam masalah pada kulit wajah.

Melembabkan Kulit Wajah

Sama seperti masker wajah lainnya, Sheet Mask memiliki peran cukup penting untuk membantu melembabkan kulit wajah, terutama kulit wajah yang memiliki masalah kulit kering. Hal ini dikarenakan dalam satu sachet Sheet Mask biasanya sudah dilengkapi essence dan antioksidan sehingga saat memakainya kulit terasa lebih lembab. Begitu banyak kandungan bahan penting didalam satu lembar Sheet Mask, membuat kulit wajah terasa lembab hanya dalam satu kali pemakaian. Tidak heran jika Sheet Mask ini menjadi produk skincare favorit banyak orang, terutama kaum perempuan yang memiliki masalah dengan kulit wajah.

Membantu Mengatasi Kulit Wajah Kering

Selain memiliki manfaat melembabkan, dengan banyaknya kandungan essence yang terdapat pada satu lembar Sheet Mask juga memiliki fungsi membantu mengatasi masalah kulit wajah kering. Bahkan tidak hanya itu, masker wajah yang satu ini mampu melawan penyebab kulit wajah kering, seperti polusi, terlalu banyak terpapar sinar matahari, bertambahnya usia, dan sebagainya. Tidak heran jika berbagai produk Sheet Mask sangat diminati kaum perempuan dari berbagai kalangan usia.

Memperbaiki Skin Barrier

Ternyata selain melembabkan dan membantu mengatasi kulit wajah kering, Sheet Mask juga dapat membantu memperbaiki lapisan kulit bagian epidermis atau biasa disebut Skin Barrier. Mengapa? Karena Masker Wajah ini selain bisa membantu menenangkan kulit juga memberikan efek sejuk pada kulit wajah. Nah, efek sejuk dari produk Sheet Mask inilah yang bisa membuat Skin Barrier lebih rileks sehingga sel-sel yang berada dalam lapisan tersebut bisa bekerja lebih maksimal dalam melakukan regenerasi kulit.

Membantu Mencegah Keriput

Wah...siapa nih yang punya masalah kulit wajah terasa keriput atau mengalami tanda-tanda penuaan dini? Kalau iya, jangan lewatkan penggunaan produk perawatan wajah yang satu ini ya, karena Sheet Mask memiliki manfaat lainnya, yaitu membantu mencegah keriput pada kulit wajah. Dalam hal ini, Sheet Mask berperan sebagai katalis saat kulit melakukan regenerasi sel sehingga dapat membantu mencegah keriput atau tanda-tanda penuaan dini. Adapun caranya, cukup gunakan Sheet Mask dan tepuk-tepuk secara perlahan pada wajah agar essence yang terkandung dalam Sheet Mask cepat meresap ke dalam lapisan kulit wajah.

Dapat Berfungsi Sebagai Anti Aging

Umumnya, Sheet Mask di buat dengan teknologi Liposomal yang memiliki fungsi sebagai Anti Aging. Selain itu, masker wajah yang satu ini juga memiliki manfaat membantu mengangkat sel kulit mati, mengurangi flek hitam, dan kulit kusam. Pastinya semua sudah tahu dong jika tanda-tanda kulit wajah seperti ini menunjukkan kulit wajah mengalami penuaan dini sehingga wajib dan harus dirawat sedini mungkin agar tidak menimbulkan masalah yang lebih kompleks lagi. Sheet Mask menjadi solusi untuk membantu mengatasi beragam masalah penuaan dini karena kandungan essence-nya yang dapat berfungsi sebagai Anti Aging.

Nah, setelah mengetahui begitu banyak manfaat jika rutin menggunakan Sheet Mask, kini saatnya menggunakan dengan penerapan yang tepat agar manfaat yang dirasakan bisa maksimal. 

Wajib Tahu Cara Pakai Sheet Mask yang Tepat

Untuk diketahui, pada dasarnya cara pakai masker wajah biasa dan cara pakai Sheet Mask cenderung berbeda, hal ini karena Sheet Mask umumnya hanya bisa digunakan satu kali pemakaian. Setelah Sheet Mask ditempelkan pada wajah selama beberapa menit, maka lembarannya wajib dibuang atau tidak bisa digunakan kembali. Sisa serum yang terdapat pada kulit wajah akan dibiarkan meresap dan tidak perlu cuci muka sampai semua serum atau essence yang terdapat pada kulit wajah meresap sempurna ke dalam lapisan kulit wajah. Selain itu, bagaimana cara pakai Sheet Mask yang tepat? Berikut penjelasannya:

  1. Letakkan Sheet Mask Dalam Kulkas. Pada dasarnya cara ini tidak memiliki manfaat tambahan, namun menyimpan Sheet Mask dalam kulkas sebelum digunakan dapat menimbulkan efek segar dan dingin saat dipakai, tentunya akan membuat kulit wajah terasa lebih rileks. Tertarik ingin mencobanya? Cobalah letakkan Sheet Mask dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit sebelum dipakai.
  2. Jangan Lupa Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu. Penting nih! Sebelum menggunakan Sheet Mask, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu. Aktivitas membersihkan wajah ini memiliki tujuan untuk mengangkat kotoran, sisa make up, dan minyak yang terdapat pada kulit wajah. Jika kulit wajah dalam kondisi bersih, maka Sheet Mask bisa meresap dengan sempurna dalam lapisan kulit wajah dan tentu saja manfaat bisa dirasakan dengan maksimal.
  3. Jangan Lupa Baca Aturan Cara Pakai Sheet Mask yang Terdapat Pada Kemasan. Umumnya, di setiap kemasan terdapat aturan cara pakai, jadi jangan lupa untuk membaca petunjuk yang tertera. Mengapa? Hal ini karena setiap lembaran Masker Wajah memiliki kandungan dan aturan pakai yang berbeda-beda. Untuk itulah, pastikan kandungan yang terdapat pada Sheet Mask telah disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit wajah yang dialami.
  4. Jangan Terlalu Lama Pakai Sheet Mask. Sebenarnya cara pakai Sheet Mask yang tepat adalah tidak terlalu lama atau maksimal selama 10-20 menit. Jika menggunakan Sheet Mask lebih dari 20 menit atau lebih biasanya berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Jika dibiarkan Sheet Mask mengering pada wajah, maka bisa menyerap kembali kelembaban yang ada pada kulit wajah. Untuk itulah pakai Sheet Mask dengan waktu yang ideal, sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan agar manfaatnya bisa dirasakan maksimal.
  5. Gunakan Sisa Serum atau Essence pada Kulit Wajah. Sebenarnya sudah dijelaskan sebelumnya jika Sheet Mask agak berbeda dari Masker Wajah biasa, di mana setelah menggunakannya tidak dianjurkan untuk cuci muka. Mengapa? Karena Sheet Mask biasanya meninggalkan serum atau essence yang sangat berlimpah dan menempel pada kulit wajah. Berlimpahnya sisa serum atau essence ini bisa dimanfaatkan kembali dengan cara menepuk-nepuk agar semakin menyerap ke dalam pori-pori kulit. Bahkan, jika masih berlebih bisa juga dioleskan pada leher atau bagian tubuh lainnya agar terasa lebih lembab.
Sheet Mask sebenarnya boleh digunakan siapa saja, mulai dari remaja hingga orang dewasa, baik perempuan atau laki-laki, yang terpenting penggunaan Sheet Mask sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Namun bagi orang yang memiliki tipe kulit wajah berminyak atau rentan berjerawat, ada baiknya melakukan tes terlebih dahulu pada sisi wajah, seperti area pipi sebelum menggunakan Sheet Mask. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah kulit wajah mengalami alergi terhadap kandungan yang terdapat pada Sheet Mask atau tidak.

Untuk penggunaan Sheet Mask sendiri sesungguhnya tidak ada batasan maksimal, namun untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya dilakukan 1-2 kali dalam seminggu. Sheet Mask sendiri sangat disarankan digunakan dalam kondisi kulit wajah terlalu kering agar manfaat kelembaban bisa dirasakan lebih maksimal dan kulit wajah terlihat lebih cerah. Meskipun Masker Wajah yang satu ini tidak berbeda dari produk kecantikan lainnya, namun memang banyak orang lebih memilih menggunakan Sheet Mask karena lebih praktis serta hasil yang didapat lebih maksimal. Tapi jangan lupa untuk sesuaikan dengan tipe kulit wajah ya!

Tidak ada komentar