Bersihkan Telinga Kucing Tanpa Harus Ke Dokter Hewan

cara membersihkan telinga kucing

Siapa nih yang suka dengan dengan kucing, bahkan memeliharanya di rumah? Bisa dibilang, kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari keluarga, terutama anak-anak. Ada suatu fakta yang penting diketahui nih, kalau kucing merupakan hewan yang senang mandi. Kucing akan mandi dengan cara menjilati badannya sendiri dengan lidahnya. Namun, meskipun terbilang senang mandi, cara mandi kucing membuatnya sulit menjangkau bagian tubuhnya yang berada di atas kepala, yaitu bagian telinga.

Alasan inilah yang membuat bagiab telinga kucing sangat sulit untuk dibersihkan, terutama oleh dirinya sendiri. Maka, jika memiliki peliharaan kucing di rumah, salah satu aktivitas rutin yang harus dilakukan pemilik kucing adalah membersihkan bagian telinga kucing secara rutin agar kucing kesayangan tidak mudah terserang penyakit atau kotor.

Jika mengingat kebiasaan kucing yang senang bermain terutama di luar rumah, maka kemungkinan bagian telinga kucing terkena tanah, debu, pasir, dan kotoran lainnya tentu akan sangat besar, yang akan menganggu kebersihan bagian telinga kucing. Tapi bagi pemilik kucing terutama yang memiliki lebih dari satu kucing tidak perlu khawatir, karena aktivitas membersihkan telinga kucing ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bantuan alat-alat yang mudah dan langkah-langkah yang tidak sulit.

Namun sebelumnya bisa membaca panduan cara membersihkan telinga kucing di rumah dengan cara yang aman dan mudah agar telinga kucing bersih dan sehat, seperti berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan Pembersih Kuping.

Langkah pertama saat akan membersihkan bagian telinga kucing kesayangan di rumah adalah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melakukan aktivitas ini. Adapun bahan dan alat yang umumnya digunakan untuk membersihkan telinga kucing adalah Minyak Zaitun atau cairan pembersih telinga kucing yang dapat dibeli di praktek dokter hewan atau Pet Shop. Kemudian, jangan lupa juga siapkan cotton buds, tisu kering atau lap, serta baskom air hangat.

2. Ajak Bermain Kucing.

Terkadang kucing merasa tegang atau tidak nyaman saat akan dibersihkan telinganya. Nah, agar saat dibersihkan telinganya kucing merasa tenang dan sedikit lelah, ajak dahulu kucing bermain sepuasnya sebelum dimulai aktivitas membersihkan telinga. Tujuannya sangat jelas, agar saat dibersihkan kucing menjadi lebih tenang dan diam sehingga dapat dipeluk pemiliknya dan tentu saja akan memudahkan dalam proses pembersihan kotoran di beberapa bagian telinga kucing.

3. Bersihkan Lebih Dahulu Area Lubang Telinga

Ketika akan membersihkan bagian telinga kucing, bagian pertama yang dilihat adalah lubang telinga kucing. Oleh karena itu, bersihkan terlebih dahulu area lubang telinga dari kotoran yang menempel atau sesuatu yang menutupi lubang telinga kucing.

4. Bersihkan Telinga Kucing Secara Perlahan.

Setelah area lubang telinga kucing dibersihkan, maka dapat terlihat dengan jelas kondisi di dalam lubang telinga kucing, langkah selanjutnya adalah menghangatkan minyak zaitun hingga terasa hangat kuku. Selain itu, bisa dengan meletakkan botol minyak zaitun di dalam mangkuk yang berisi air panas untuk menaikkan suhu minyak zaitun yang akan dipergunakan membersihkan telinga kucing.

Setelah itu gendong atau biarkan kucing tidur dengan posisi miring agar memudahkan untuk membersihkan telinga. Kemudian, beri sekitar 2 sampai 3 tetes minyak zaitun atau cairan pembersih telinga ke dalam kedua lubang telinga kuncing secara bergantian.

Ketika cairan pembersih atau minyak zaitun sudah masuk ke dalam telinga, maka dapat di pijat secara perlahan mulai dari bagian bawah atau pangkal telinga kucing. Dengan memijat telinga kucing, akan membuat cairan pembersih atau minyak zaitun turun hingga ke dalam telinga kucing.

Setelah itu, biarkan kucing untuk bangun dan kemungkinan besar kucing akan secara otomatis menggoyangkan kepalanya dan ketika hal tersebut terjadi maka kotoran telinga kucing akan langsung keluar. Kemudian, secara perlahan bersihkan bagian dalam telinga menggunakan air hangat dan cotton buds, lalu  keringkan cairan yang menetes.

5. Perhatikan Hal-hal Kecil Saat Bersihkan Telinga Kucing.

Saat membersihkan telinga kucing, harus memperhatikan hal-hal seperti apakah terdapat cairan aneh yang keluar dari telinga, terdapat aroma tidak sedap dari telinga, luka atau benjolan di dalam telinga, atau kemerahan. Karena jika terdapat hal aneh pada telinga kucing, harus segera dibawa ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Begitu cara untuk membersihkan telinga kucing di rumah, dengan mengikuti langkah-langkah tersebut maka dapat dipastikan kucing kesayangan terlihat bersih dan sehat. Terus periksa secara rutin selama 2 kali seminggu kebersihan kucing anda agar dapat selalu sehat.

Tidak ada komentar