5 Rekomendasi Obat Salep yang Ampuh untuk Menyembuhkan Luka

salep untuk sembuhkan luka

"Aisha, hati-hati ya nanti jatuh lagi, luka minggu lalu kan belum sepenuhnya sembuh."

Aisha, termasuk anak yang aktif  dan suka sekali bermain sepeda bersama teman-temannya keliling kompleks hampir setiap sore. Tidak jarang saat bermain sepeda, Aisha terjatuh seperti minggu lalu yang menimbulkan bekas luka yang lumayan lama sembuhnya. Terkadang bekas luka itu menjadi hitam atau menjadi gelap, yang tentu saja bagi banyak orang bekas luka seperti itu akan menganggu penampilan, terlebih jika bekas luka tersebut berada di area yang mudah terlihat.

Meskipun luka menjadi masalah yang cukup menganggu bagi banyak orang, namun bukan berarti tidak ada solusinya. Ada beberapa jenis obat atau salep yang memiliki khasiat membantu mengatasi masalah luka. Nah, jika penggunaan obat atau salep tersebut tepat dan kulit yang mengalami luka tersebut cocok dengan ingredients salep tersebut, maka bia dipastikan bekas luka tidak akan menjadi hitam atau gelap. Alasan inilah yang membuat penggunaan salep untuk penanganan awal luka menjadi hal yang sangat penting, karena selain untuk mencegah terjadinya infeksi juga membantu mempercepat proses penyembuhan.

Saat ini di pasaran ada banyak jenis salep untuk membantu menyembuhkan luka, tentu sangat sulit untuk menemukan salep yang cocok dan bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Dengan memahami kandungan atau ingredients dalam obat salep tersebut maka akan membantu untuk memilih obat salep yang tepat dan mampu mengatasi bekas luka agar tidak menjadi menghitam atau menjadi gelap berbeda dengan area kulit lainnya.

Penanganan awal pada luka itu dimulai dari menghentikan perdarahan, membersihkan luka, mengoleskan salep, hingga membalutnya. Bahan-bahan seperti air bersih, kapas, dan perban, dapat digunakan pada hampir semua jenis luka. Namun, tidak demikian halnya dengan salep. Penggunaan salep perlu memerhatikan jenis dan kondisi luka. Karena jika salah menggunakan salep, maka akan menyebabkan infeksi pada kulit tersebut.

5 Rekomendasi Obat Salep yang Ampuh untuk Menyembuhkan Luka

Ada cukup banyak obat salep yang sangat direkomendasikan untuk membantu menyembuhkan luka. Namun tentu saja pastikan untuk memilih obat salep yang tepat serta aman untuk membantu menyembuhkan luka, terutama pada anak-anak. Berikut lima rekomendasi obat salep yang ampuh untuk menyembuhkan luka.

1. Dermatrix Ultra.

Obat salep Dermatrix Ultra ini memiliki kandungan Vitamin C dan Teknologi Cyclopentalisoxane yang terdapat didalamnya. Salep ini memiliki manfaat sangat besar di mana mampu menghilangkan bekas luka yang selama ini sulit untuk dihilangkan. Selain itu, Salep Dermatrix Ultra ini bisa membantu mengatasi luka dengan baik, bahkan bekas luka yang dialami cukup lama bisa memudar jika dioleskan salep ini. Harga salep ini terbilang cukup mahal, namun khasiatnya tidak diragukan lagi bisa membantu mengatasi bekas lua sesuai keinginan pasien, adapun harga salep ini mulai dar Rp. 110.000,-.

2. Bioplaceton

Salep selanjutnya adalah Bioplaceton yang cukup familier dikalangan masyarakat, yang dapat digunakan untuk mengobati bekas luka bakar, seperti terkena minyak panas saat meamasak, atau terkena knalpot kendaraan bermotor. Penggunaan jenis salep yang satu cukup mudah, cukup dioleskan di tempat yang terkena luka bakar tapi pastikan luka tersebut sudah dibersihkan dengan air mengalir sehingga tidak ada lagi kuman penyakit yang tersisa.

Bioplaceton sangat bagus untuk mengobati berbagai jenis luka bakar, terutama luka yang masih basah agar tidak menimbulkan bekas yang tentunya dapat menganggu penampilan. Meskipun bisa dibeli secara bebas dipasaran, namun akan lebih baik jika penggunaan obat ini berdasarkan rekomendasi dari dokter ahli agar hasilnya lebih maksimal dalam menyembuhkan luka.

3. Krim Mederma Gel Proaktif

Satu lagi salep untuk membantu menyembuhkan luka adalah krim Mederma Gel Proaktif yang mengandung Aloe Vera dan Allantoin. Aloe Vera dan Allantoin ini telah terbukti ampuh untuk memudarkan bekas luka. Kandungan dua bahan inilah yang membuat krim Mederma sangat ampuh untuk membantu mengobati bekas luka yang menghitam dengan cepat dan menjadikan luka lebih halus, lembut, serta lebih elastis. Krim ini juga dapat digunakan 2 sampai 4 kali sehari tergantung kebutuhan, sedangkan untuk cara penggunaan sangat mudah cukup oleskan krim ini pada bekas luka sambil dipijit perlahan agar krim cepat meresap.

4. Povidone Iodine

Salep Povidone Iodine ini memiliki fungsi utama menghambat perkembangan bakteri dengan cepat sehingga risiko infeksi pada luka dapat ditekan semaksimal mungkin karena mengandung sifat antiseptik dan antimikroba. Salep ini biasanya digunakan untuk mengobati luka ringan, seperti luka gores, luka sayat, dan luka bakar.  Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu hanya mengoleskan dibagian luka sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan .

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya gunakan salep ini pada luka yang sudah dibersihkan dan oleskan sebanyak tiga kali dalam sehari secara teratur. Untuk perhatian, salep ini hanya digunakan untuk mengobati luka luar saja dan sebaiknya tidak digunakan untuk jangka panjang tanpa rekomendasi dari dokter atau ahli kesehatan lainnya.

5. Neosporin

Neosporin merupakan salah satu jenis salep yang memiliki fungsi menghambat perkembangan bakteri pada luka yang rentan menyebabkan risiko infeksi. Hal ini dikarenakan Neosporin memiliki kandungan tiga jenis kandungan antibiotik, yaitu bacitracin, neomycin, dan polymixin. Salep ini dapat digunakan pada jenis luka yang sama seperti salep-salep yang telah dijelaskan sebelumnya, dan cukup aman digunakan untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis luka.

Meski diklaim aman, Neosporin lebih berisiko menimbulkan reaksi alergi karena memiliki kandungan antibiotik neomycin. Jadi untuk amannya, pastikan sebelum menggunakan salep ini sudah membaca petunjuk yang disertakan dalam kemasan salep agar penggunaannya sesuai yang dianjurkan dan hasil yang diinginkan bisa maksimal.

Demikian sudah diulas beberapa jenis salep yang terbukti ampuh menyembuhkan berbagai jenis luka, meskipun salep tersebut bisa dibeli dengan bebas, namun agar hasilnya makin optimal dan untuk menghindari risiko saat pemakaian, sebaiknya berkonsultasi dahulu ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan penggunaan sesuai dengan jenis luka dengan dosis yang tepat. Tapi yang pasti, salep ini menjadi solusi untuk mengatasi masalah bekas lupa yang tidak jarang membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya.

Tidak ada komentar