5 Lowongan Kerja Medan Untuk Lulusan Sastra

lowongan pekerjaan medan

Dari tahun ke tahun, kebutuhan ekonomi terus meningkat dan angka populasi kian bertambah. Hal ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Bagi para pencari kerja bisa mencari berbagai lowongan pekerjaan yang menarik di kota-kota besar seperti yang ada di Kota Medan.

Di Kota Medan, para pencari kerja bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai lowongan pekerjaan dari berbagai jenis pekerjaan, termasuk pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan atau dunia sastra.

Walau sering dianggap remeh, nyatanya jurusan ini juga dapat berkesempatan untuk mendapat sebuah pekerjaan yang cukup menjanjikan loh. Tidak banyak diketahui, berikut di bawah ini 5 lowongan pekerjaan jurusan sastra yang selain bisa memberikan suasana menyenangkan saat bekerja dan pastinya dibutuhkan banyak orang.

Editor Bahasa

Dalam dunia jurusan sastra, terdapat berbagai macam program studi atau yang biasa disingkat dengan prodi, salah satunya yang berkaitan langsung dengan bahasa asing. Nantinya, lulusan program studi ini bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan selama di bangku kuliah untuk mencari sebuah pekerjaan. Salah satunya dengan menjadi seorang editor bahasa di perusahaan penerbitan ataupun media.

Pekerjaan sebagai editor kini banyak dicari dan dibutuhkan. Pasalnya, di era sekarang sudah banyak perusahaan penerbitan yang aktif dalam memproduksi buku-buku bacaan seperti novel. Media seperti kantor berita juga sudah mulai bervariasi, sehingga tentu saja perusahaan tersebut membutuhkan lulusan yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Instansi Pemerintah

Siapa bilang jurusan sastra tidak bisa menjadi ASN? Nyatanya, kini beberapa instansi pemerintahan negara kerap membuka lowongan khusus untuk sarjana dari lulusan sastra. Jadi, jika lulusan sastra ingin terjun dan bekerja di sebuah instansi pemerintahan, bisa langsung mendaftar pekerjaan dan mengikuti seleksi ASN yang setiap tahun di buka baik di Kementrian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri serta BUMN lainnya, yang tentunya membutuhkan pegawai dengan kualifikasi lulusan sastra.

Jurnalis

Karena terbiasa dalam dunia tulis menulis, seseorang yang lulus dari jurusan sastra juga bisa nih untuk menjadi jurnalis. Karena kini, menjadi jurnalis tidak harus berasal dari jurusan jurnalistik saja.

Justru karena lulusan dari jurusan sastra, maka akan lebih mudah dalam mengerjakan profesi ini. Hal ini karena tentunya sudah akrab dengan pekerjaan yang mengedepankan akses bacaan serta penulisan. Bahkan setelah bekerja juga bisa membantu editor redaksi dalam penyusunan artikel berita yang sesuai dengan aturan KBBI.

Rumah Produksi

Bagi yang menyukai dunia akting atau film jangan khawatir, karena bisa juga nih ikut berperan. Bukan menjadi aktor atau artisnya, melainkan menjadi seorang penulis naskah dari sebuah rumah produksi.

Tentu ini merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan jika bagi yang berasal dari jurusan sastra dan tentunya mempunyai imajinasi yang tiada batas.

Biasanya Rumah produksi merekrut mereka yang jurusan sastra karena dianggap lebih mampu dalam penyusunan tata bahasa dan meletakkan emosi yang tepat pada setiap tulisannya. Sehingga diharapkan dapat menulis naskah yang dapat menghasilkan film dengan kualitas terbaik.

Content atau Copy Writer

Di era modern seperti saat ini, banyak lowongan pekerjaan jenis baru yang mulai bermunculan. Salah satunya adalah profesi menjadi seorang content atau copy writer. Bagi lulusan sastra bisa menerapkan ilmu tulis menulis yang didapatkan selama kuliah untuk membuat berbagai artikel sesuai dengan keinginan klien.

Tidak hanya berlaku pada klien, namun juga bisa mengembangkan hasil tulisan ke dalam website. Sehingga bisa menghasilkan uang yang lebih dari tulisan-tulisan yang dihasilkan. Jenis pekerjaan ini sangat bisa di coba lho, karena ada banyak lulusan sastra yang menekuni pekerjaan ini, baik sebagai pekerjaan utama ataupun pekerjaan sampingan.

Nah, seperti yang telah dijelaskan di atas, sesungguhnya ada banyak pekerjaan yang yang bisa ditekuni lulusan sastra di kota-kota besar salah satunya di Kota Medan, selain 5 lowongan pekerjaan Medan seperti yang telah dijelaskan di atas. Hal ini membuktikan bahwa jurusan sastra selain lulusannya tidak bisa dianggap remeh dalam urusan mencari kerja dan karir, peluang untuk meningkatkan kualitas diri juga sangat besar sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang sangat layak dan memiliki penghasilan lebih dari cukup.

Tidak ada komentar