Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

resolusi tahun baru

Resolusi tahun baru, sesuatu yang mungkin saja selalu ada dibenak dan pikiran seseorang saat menjelang pergantian tahun, termasuk saya. Lantas, apa nih resolusi di tahun 2021? Ingin lebih sukses, mendapatkan pekerjaan lebih baik, ingin naik gaji, bertemu teman baru, jalan-jalan di banyak destinasi wisata di Indonesia dan diluar negeri, atau ada keinginan spesial lainnya. Namun, satu hal yang pasti, butuh lebih sekadar tekad untuk mewujudkan resolusi agar bisa tercapai karena seringkali jalan untuk mencapainya harus terbentur-bentur dengan banyak hambatan dan masalah, baik dari dalam diri atau justru karena faktor eksternal yang dialami seseorang.

Kalau menurut Richard Ryan, seorang Profesor Emeritus Psikologi dari Universitas Rochester, resolusi tahun baru merupakan kesempatan baik yang bisa digunakan untuk merefleksikan hidup dan melakukan kebaikan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini di mana banyak orang mengalami kesulitan. Pernyataan profesor ini bukanlah tanpa alasan karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukannya bertahun-tahun, menghasilkan kesimpulan yang berupa Self  Determination Theory (SDT), sebuah framework yang mempelajari motivasi dan personalitas manusia, "bahwa semua manusia memiliki kecenderungan alami untuk bertingkah laku efektif dan sehat."

Lantas, apa hubungan teori tersebut dengan resolusi tahun baru? Menurut Profesor Richard Ryan, dengan memasukkan tiga kebutuhan psikologis yang terdapat dalam Self Determination Theory dalam resolusi tahun baru yang dibuat, tentunya akan membuat seseorang lebih bahagia, semangat, dan puas dalam pencapaiannya. Tiga kebutuhan psikologis tersebut adalah:
  1. Otonomi (autonomy), yaitu terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan keinginan dan yang membantu seseorang menemukan nilai-nilai personal dalam dirinya.
  2. Kompetensi (competence), yaitu merasa efektif dan mencapai sesuatu.
  3. Keterkaitan (relatedness), yaitu merasa terkoneksi dengan orang lain.
Dari hasil penelitian ini, ternyata salah satu hal yang membuat seseorang bersemangat mewujudkan resolusinya, karena yakin hasil pencapaiannya memiliki nilai kontribusi untuk orang lain, sehingga tidak hanya bermanfaat positif untuk dirinya sendiri tapi juga orang-orang disekitarnya. Wah...saya jadi tahu nih mengapa seringkali resolusi tahun baru gagal diwujudkan karena hambatan yang berasal dari dalam diri, padahal dari daftar resolusi tahun baru yang dibuat mungkin saja akan menemukan solusi untuk bertahan di masa sulit karena pandemi virus Covid-19 belum usai.

Sama tahun-tahun sebelumnya, saya juga menyusun daftar resolusi tahun baru yang ingin diwujudkan di tahun 2021 inni. Tapi karena tahun ini sangat spesial dan berbeda dari tahun sebelumnya, tentunya resolusi tahun baru juga harus spesial juga dong. Jadi, sebelum menyusun resolusi tahun baru, harus cari-cari referensi dulu tips mewujudkan resolusi tahun baru supaya lebih bersemangat dan konsisten lagi untuk mencapainya. 

Berikut Ini Tips Untuk Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 


1. Tuangkan Resolusi Tahun Baru Dalam Bentuk Tertulis

Sejak bertahun-tahun lalu, saya punya mimpi ingin memiliki bisnis sendiri, tapi tidak pernah menuangkan mimpi tersebut dalam bentuk tulisan, bisa ditebak akhirnya saya tidak pernah punya komitmen untuk memperjuangkan mimpi saya agar jadi kenyataan. Ternyata, menuangkan resolusi dalam bentuk tulisan akan membuat seseorang lebih bertanggung jawab dan memiliki peluang lebih besar untuk mewujudkan 

Banyak media untuk menuliskan resolusi, tapi menulis di jurnal pribadi atau planner akan membantu merefleksikan semua upaya untuk mewujudkan resolusi. Refleksi yang jujur akan membantu melihat hal-hal yang berpotensi menjadi hambatan dan menganggu fokus untuk mewujudkan resolusi yang telah tersusun di awal tahun baru.

2. Buat Resolusi yang Lebih Spesifik

Di tahun-tahun sebelumnya, saya selalu membuat resolusi "ingin sukses" dan "ingin hidup lebih sehat" tapi tidak pernah menuliskan bagaimana cara untuk mencapainya dan kesuksesan dalam hal apa yang ingin di capai. Bahkan, saya juga tidak pernah menuliskan keinginan hidup lebih sehat seperti apa yang ingin saya jalani agar resolusi bisa terwujud. Ternyata, salah satu strategi agar resolusi tahun baru bisa terwujud adalah menuliskan secara jelas cara dan parameter untuk mencapainya, tentunya sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang saya miliki.

Resolusi tahun baru yang tertulis secara spesifik, selain membuat saya tetap fokus juga menjadi sesuatu yang dapat memotivasi, karena bagaimana pun dan apapun resolusi yang ingin dicapai, tetap butuh yang namanya motivasi baik dari diri saya sendiri maupun dukungan dari lingkungan terdekat saya. Kunci sukses lainnya adalah pertimbangkan kemampuan yang dimiliki, agar resolusi yang dibuat tidak menjadi beban untuk memulai perjalanan 365 hari baru.

3. Rencanakan Usaha untuk Mewujudkan Resolusi 

Jangan biarkan resolusi berakhir hanya menjadi catatan yang tertulis dalam buku jurnal atau planner, karena biasanya resolusi terasa sangat menyenangkan dan membuat bersemangat hanya diawal saja. Namun seiring berjalannya waktu, perasaan senang, semangat, dan seru akhirnya meredup, apalagi jika harus menemui banyak hambatan. Sebelum hal itu terjadi dan belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, rencanakan usaha atau langkah tepat untuk mewujudkan mimpi dan harapan yang tertuang dalam bentuk resolusi, agar resolusi bisa terpetakan dengan baik.

Bangun rasa percaya diri dan keyakinan jika resolusi akan terwujud, karena tanpa adanya faktor pendorong dari dalam diri terkadang membuat seseorang mudah patah semangat. Namun yang terpenting, tentukan prioritas dari keinginan atau mimpi yang akan dicapai di tahun berikutnya, tentunya dengan harapan jika tahun yang akan datang akan lebih baik dari tahun yang akan segera dilewati. Terkadang terlalu banyak mimpi atau keinginan membuat seseorang merasa kebingungan untuk menentukan mana dahulu yang ingin di capai.

Namun di atas semua itu, jangan lupa berdoa agar resolusi tahun baru yang sudah disusun dimudahkan jalan untuk mencapainya. Tetap Semangat!

Sumber foto: Pixabay.com

Tidak ada komentar