Simak 6 Tips Travelling Dari Popbela yang Cocok Untuk Pemula

Tips Travelling
Foto: Pixabay.com
Waw...sudah jelang akhir tahun nih, saatnya liburan! Liburan selalu menjadi kegiatan yang sangat di tunggu sebagian besar orang terutama yang hari-harinya banyak dihabiskan untuk bekerja, tapi sekaligus juga membuat rasa khawatir bagi sebagian yang lainnya. Apalagi jika lokasi liburan yang akan dikunjungi masih asing dan informasi tentang lokasi wisata tersebut masih minim. Tapi percayalah berlibur ke tempat yang baru selalu memiliki sisi-sisi yang menyenangkan plus mendebarkan tentu saja. Nah...bagi para traveler pemula yang sedang merencanakan solo traveler, ada baiknya untuk menyimak sejenak berbagai tips liburan dari Popbela yang bikin aktivitas liburan pertama ke lokasi wisata yang masih asing jadi lebih menyenangkan dan meninggalkan momen yang berkesan. Selain itu, Popbela juga telah menyiapkan berbagai artikel tentang info yang menarik buat para traveler, agar perjalanan wisata menjadi momen yang tidak terlupakan, seperti tips travelling yang akan dibahas berikut ini.

Mantapkan Niat Untuk Liburan

Niatin hati untuk melakukan liburan pada momen ini menjadi hal utama yang harus dipersiapkan agar waktu liburan bisa dinikmati secara maksimal. Terkadang muncul niat untuk berlibur sejenak dari segala kesibukan dan untuk menemukan suasana baru, tapi seringkali niat hanya berakhir menjadi rencana semata karena teringat ada begitu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Apalagi saat akhir tahun biasanya pekerjaan sedang pada titik puncaknya. Untuk itu, niatkan dari hati untuk mengambil liburan sejenak, menjelajahi tempat-tempat wisata baru, dan menemukan atmosfer baru serta bertemu orang-orang baru, dengan begitu besar kemungkinan niatan pergi berlibur akan menjadi kenyataan. Terkadang, liburan menjadi salah satu cara untuk meredam stress sejenak setelah hari demi hari dan bulan demi bulan selalu disibukkan dengan berbagai aktivitas serta pekerjaan. Mau liburan? Yuk mantapkan niat!

Tentukan Destinasi dan Aktivitas Selama Liburan

Setelah memantapkan niat untuk pergi liburan dan santai sejenak dari rutinitas yang sangat padat, hal penting selanjutnya adalah menentukan destinasi liburan dan merancang aktivitas apa saja sih yang ingin dilakukan saat liburan nanti. Biar enggak bingung menentukan destinasi liburan, sebaiknya pilih lokasi sesuai budget yang disediakan. Jika budget cukup banyak, bisa mencari destinasi liburan yang jauh, tapi jika budget tidak terlalu besar bisa mencari destinasi liburan yang tidak terlalu jauh sehingga biaya transportasi tidak terlalu mahal. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali destinasi liburan yang bahkan telah terkenal hingga mancanegara. Nah...carilah informasi destinasi liburan terdekat jika waktu liburan tidak terlalu lama, setelah itu rencanakan aktivitas apa yang ingin dilakukan selama liburan agar momen liburan lebih berkesan. Jika perlu, bawalah berbagai peralatan untuk mendukung aktivitas selama liburan.

Kumpulkan Informasi Penting Seputar Destinasi Wisata yang Akan Dikunjungi

Untuk mengurangi rasa khawatir yang berlebihan saat mengunjungi satu destinasi liburan, ada baiknya mengumpulan semua informasi penting seputar destinasi wisata tersebut. Dengan internet, beragam informasi bisa di akses dengan cepat, kapan saja. Tapi satu tips penting, membaca blog traveling dari berbagai blogger bisa menjadi solusi, karena biasanya blogger traveler menuliskan cerita dari sisi-sisi lain dengan sentuhan personal dan berdasarkan pengalaman, yang tidak bisa ditemukan di situs-situs wisata. Tidak hanya berbagi pengalaman saat berlibur di lokasi wisata, para blogger traveler biasanya juga menuliskan transportasi serta pengalaman selama menuju lokasi wisata secara detil dan lengkap. Informasi lengkap ini tentu sangat diperlukan untuk traveler pemula yang jarang sekali pergi liburan. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk liburan, mulai dari pesan tiket, tempat menginap, mengelola budget liburan, menentukan itinerary liburan, dan masih banyak lagi. Semua informasi bisa dikumpulkan secara lengkap melalui berbagai blog, situs wisata, hingga Online Travel Agent (OTA).

Persiapkan Fisik Agar Maksimal Saat Liburan

Ada beberapa lokasi wisata yang membutuhkan fisik prima saat mengunjunginya, terutama untuk yang memilih liburan di lokasi outdoor, seperti di pantai, gunung, atau lokasi wisata alam lainnya. Untuk itu, agar liburan menjadi momen yang berkesan, persiapkan fisik agar fit dan sehat saat waktu liburan tiba. Jika memilih liburan di tempat yang cukup ekstrim, pastikan mempersiapkan fisik dengan melakukan berbagai aktivitas olahraga sebelum waktu liburan tiba. Berjalan kaki secara rutin bisa menjadi persiapan agar fisik lebih fit saat liburan nanti. Jangan lupa, persiapkan obat-obatan yang biasa di konsumsi, terutama jika membawa anak yang masih kecil karena cuaca mudah sekali berubah, dan biasanya sangat mempengaruhi kesehatan.

Tentukan Waktu Keberangkatan

Jika sudah fix menentukan destinasi liburan dan sudah mempersiapkan informasi serta membuat itinerary perjalanan wisata, kini saatnya menentukan waktu liburan karena untuk pekerja, untuk mendapatkan cuti harus diajukan jauh-jauh hari. Setelah berdiskusi dengan rekan kerja dan keluarga, maka selanjutnya bisa menentukan waktu keberangkatan. Sesuaikan cuti yang di ambil dengan destinasi wisata yang di tuju, jika perlu habiskan jatah cuti jika liburan direncanakan pada akhir tahun, karena biasanya jatah cuti harus habis sebelum memasuki tahun berikutnya.

Pesan Tiket Perjalanan Secepatnya

Bagi yang merencanakan untuk berlibur di lokasi wisata yang cukup jauh, segera pesan tiket keberangkatan secepatnya, jika perlu pesan tiket pulang-pergi agar tidak repot mencari tiket kepulangan. Waktu liburan juga menjadi penentu agar memesan tiket secepatnya, karena ada musim-musim liburan yang kadang bikin susah pesan tiket mendadak, seperti jelang hari besar keagamaan, tahun baru, liburan sekolah, dan momen liburan lainnya. Pesan tiket jauh-jauh hari juga memberikan banyak keuntungan, karena berkesempatan mendapatkan harga diskon atau potongan tertentu, promo, dan berbagai penawaran eksklusif lainnya. Selain itu, pesan tiket secepatnya juga memberikan keuntungan lain, karena akan memudahkan menghitung budget yang harus dipersiapkan untuk liburan. Jika perlu, untuk menghemat pengeluaran, cari berbagai voucher murah baik penginapan maupun untuk makan, agar perjalanan wisata semakin menyenangkan.

Demikian beberapa tips travelling yang penting banget ala Popbela untuk mengisi waktu liburan dengan aktivitas yang menyenangkan. Selain artikel yang sangat informatif tentang travel, Popbela juga menyajikan berbagai macam informasi menarik lainnya seputar lifestyle, kesehatan, kuliner, dan masih banyak lagi, untuk menambah referensi dan pengetahuan. Jadi...butuh informasi apapun, ingat Popbela!

Tidak ada komentar