5 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang
Sumber: Pixabay.com
Cara menghilangkan rambut bercabang ternyata tidak hanya dilakukan dengan menggunakan perawatan alami yang berbahan kimia saja, meskipun memang saat ini sudah banyak paket perawatan rambut yang membantu mengatasi masalah rambut dengan tuntas dan cepat, seperti menggunakan sampo dengan bahan tertentu, memakai spray rambut khusus, serta menggunakan kondisioner dengan bahan yang secara khusus di produksi untuk mengatasi masalah rambut ini. Ternyata, selain menggunakan berbagai jenis perawatan rambut yang saat ini sudah tersedia banyak di pasaran, menghilangkan rambut bercabang bisa dilakukan menggunakan bahan alami, di mana bahan-bahan tersebut cukup di ambil dari dapur atau halaman rumah, yang lazimnya di sebut perawatan rambut dengan cara tradisional. Dari beberapa kasus, ada beberapa keuntungan menggunakan bahan alami untuk perawatan rambut, diantaranya:
  • Lebih aman, karena ada orang yang memiliki rambut dengan jenis sensitif terhadap bahan-bahan tertentu, sehingga jika menggunakan bahan tersebut akan menimbulkan masalah kesehatan, terutama area kulit kepala.
  • Lebih mudah didapatkan karena bahan alami biasanya terdapat di sekitar lingkungan rumah atau bahkan dalam dapur, jadi tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkannya.
  • Lebih murah, karena bahan alami tersebut ada di sekitar lingkungan tempat tinggal, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya. Tidak hanya itu, biasanya bahan alami ini dapat langsung digunakan tanpa harus melalui proses yang panjang, dan tentunya membutuhkan biaya tambahan.
Memang sulit dipercaya jika bahan alami yang bahkan sering di lihat setiap hari ternyata memiliki khasiat bagus untuk membantu mengatasi masalah rambut bercabang. Memang, untuk menggunakannya sedikit merepotkan karena biasanya ada langkah-langkah untuk membuat bahan alami tersebut bisa dipergunakan, tapi yang jelas bahan alami ini memiliki efek bagus untuk pertumbuhan rambut di masa yang akan datang. Tidak hanya itu, menggunakan bahan alami untuk perawatan rambut di nilai lebih tahan lama dan hasilnya permanen. Lamanya proses memperbaiki masalah rambut ini membuat bahan alami di nilai lebih aman dan nyaris tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Lantas, bahan alami apa saja sih yang sangat baik untuk menghilangkan rambut bercabang, serta bagaimana caranya agar bahan alami tersebut bisa digunakan, berikut penjelasannya.
5 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Dengan Bahan Alami
1. Madu.

Siapa sih yang tidak kenal dengan bahan alami ini, ternyata selain sangat bermanfaat untuk kulit wajah, madu juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi masalah rambut bercabang yang kerap muncul meskipun sudah melakukan berbagai perawatan rambut. Madu sendiri memiliki kandungan vitamin serta mineral yang sangat berguna untuk memperbaiki helai rambut yang rapuh dan bercabang. 

Caranya, saat ingin digunakan, hangatkan dahulu madu sebanyak satu cangkir penuh kemudian usapkan madu hangat tersebut pada rambut yang sebelumnya sudah dibasahi kemudian lakukan pijatan pada kulit kepala secara perlahan dan gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan sampo yang biasa di pakai. Untuk rambut, madu memiliki khasiat memberi kelembaban ekstra pada rambut sehingga bisa mengurangi masalah rambut, seperti rambut bercabang dan rontok.

2. Pisang.

Pisang ini di kenal sebagai buah yang memiliki gizi tinggi dan pastinya enak di makan. Nah...selain sebagai buah favorit sebagian besar masyarakat, ternyata buah pisang juga memiliki khasiat sangat baik untuk membantu mengatasi masalah rambut seperti rambut bercabang. Pisang memang memiliki kandungan nutrisi yang tidak hanya cocok untuk di konsumsi namun juga digunakan sebagai masker rambut, hal ini karena pisang mengandung potasium yang sangat bagus untuk memperkuat akar rambut juga bagian ujung rambut. 

Caranya, haluskan pisang secukupnya kemudian gunakan sebagai masker rambut, diamkan selama 15 menit dan bilaslah dengan menggunakan sampo yang sering digunakan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan pisang sebagai masker rambut 3 kali seminggu, agar hasilnya maksimal terutama untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

3. Telur.

Manfaat telur untuk perawatan wajah tentu sudah banyak yang mengetahuinya, bahkan telur merupakan salah satu bahan alami dengan sejuta manfaat dan tentunya enak di makan. Nah...ternyata telur juga berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah rambut, terutama rambut yang kering dan bercabang. Kandungan protein pada kuning telur sangat cocok untuk digunakan sebagai masker untuk melembabkan rambut. 

Caranya, kocok kuning telur dari 2 hingga 3 telur kemudian usapkan secara perlahan dan merata pada kulit kepala, terutama bagian ujung rambut, kemudian gunakan bahan ini sebagai masker rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar mendapatkan hasil yang terbaik kemudian bilas rambut seperti biasa dengan sampo secara merata. Tidak ada batasan waktu untuk menggunakan masker kuning telur ini, namun untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan masker ini saat rambut terasa kering atau saat cuaca panas dan kering agar rambut terasa lembab dan terhindar dari bercabang.

4. Alpukat.

Buah alpukat terkenal sangat enak untuk dijadikan aneka jenis minuman, bahkan jus alpukat menjadi favorit setiap orang. Ternyata kandungan nutrisi pada buah alpukat ini tidak hanya cocok untuk di konsumsi namun juga dijadikan bahan untuk membantu mengatasi masalah pada rambut. Bahkan dari beberapa penelitian yang dilakukan, buah alpukat mengandung minyak alami yang tidak hanya baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah namun juga rambut. Nah...kandungan minyak alami ini akan memberikan kelembaban ekstra tidak hanya pada kulit wajah namun juga pada rambut.

Caranya, ambil daging buah alpukat yang sudah matang, lalu haluskan hingga teksturnya cocok untuk dijadikan masker rambut, usapkan secara perlahan dan merata pada bagian-bagian rambut kemudian diamkan selama 15 menit agar meresap ke kulit kepala. Setelah didiamkan selama 15 menit lalu bilaslah dengan bersih dan keringkan rambut. Selain membuat masker rambut sendiri, di pasaran juga tersedia minyak alpukat yang lebih praktis karena tinggal mengoleskan pada rambut terutama pada bagian ujung rambut sebelum tidur dan bilas keesokkan harinya. Minyak alpukat memiliki khasiat untuk membuat akar dan ujung rambut kuat, lembab, dan pastinya tidak mudah bercabang.

5. Santan.

Wah...ternyata santan ngak cuma cocok untuk dijadikan salah satu bahan yang membuat masakan makin lezat, namun juga berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah rambut bercabang. Kandungan utama santan adalah minyak kelapa, dan minyak kelapa sendiri terbukti ampuh untuk membantu melembabkan atau sebagai pelembab alami untuk rambut. 

Caranya. Peras kelapa hingga menghasilan santan kental, lalu usapkan secara merata pada kulit kepala, biarkan kandungan minyak kelapa meresap ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas rambut sampai bersih. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan masker rambut berbahan dasar santan ini secara rutin agar rambut lebih lembut dan lembab sehingga rambut tidak mudah rontok serta bercabang.

Cara menghilangkan rambut bercabang dengan cara alami ini meskipun lebih aman, tentu saja membutuhkan waktu agar hasilnya bisa optimal. Namun tentu saja, hasilnya akan jauh lebih aman dan tanpa efek samping karena rambut akan diperbaiki dari dalam, serta yang pasti menggunakan bahan alami akan jauh lebih ekonomis. 

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.