Mau Liburan Hemat Bersama Keluarga Ke Surabaya? Cek Dulu Tipsnya

Naik Kereta Ekonomi Dari Jakarta Ke Surabaya
Dok: Pribadi
Libur lebaran tahun ini kami memutuskan untuk mengunjungi kampung halaman suami di Jember, Jawa Timur. Selain ingin bersilahturahmi dengan keluarga besar suami yang selama ini jarang atau bahkan beberapa belum pernah kami jumpai, juga ingin mengenalkan serta mendekatkan anak-anak dengan keluarga besar dari pihak ayahnya. Apalagi tahun depan putra sulung kami, Berryl yang bersekolah di SMK Penerbangan akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di kantor cabang salah satu maskapai penerbangan nasional di Surabaya, tentu saja kami sangat membutuhkan bantuan dari beberapa keluarga suami yang saat ini menetap di Kota Surabaya untuk menitipkan Berryl, apalagi jarak Kota Jember dengan Kota Surabaya tidak terlalu jauh. Tadinya kami sudah menyusun rencana mudik sambil liburan dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata edukasi yang cocok di kunjungi bersama anak-anak, tapi ternyata tidak semua rencana bisa terlaksana, selain karena terbatasnya waktu untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut, jumlah pengunjung juga sangat padat pada saat libur lebaran sehingga menghabiskan banyak waktu hanya untuk antri masuk ke beberapa lokasi wisata di sekitar kampung halaman suami. Rencana awal ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kota Surabaya sambil bersilahturahmi dengan keluarga suami yang menetap di kota ini jadi gagal terlaksana, dan karenanya kami berjanji untuk mengunjungi Kota Surabaya setelah menemukan waktu libur yang tepat.

Saat perjalanan mudik lalu, kami menggunakan kendaraan pribadi dan harus menempuh jarak kurang lebih seribu kilometer dari Tangerang membuat anak-anak cukup merasa bosan, apalagi suami harus menyetir sendirian yang tentu saja membutuhkan kesiapan fisik yang prima. Nah…untuk rencana liburan ke Kota Surabaya kali ini, kami memutuskan untuk mencoba moda transportasi lain, yaitu kereta api apalagi anak-anak juga belum pernah lho merasakan serunya naik kereta api dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan waktu tempuh yang terbilang cukup lama, namun tentu saja dibarengi dengan jadwal keberangkatan kereta api yang selalu tepat waktu. Untuk liburan ke Surabaya kali ini, kami sepakat untuk mengusung tema “liburan hemat” karena pilihan waktu libur yang terbilang cukup berdekatan dengan perjalanan mudik sebelumnya. Nah…salah satu poin penting dalam liburan hemat kami kali ini adalah pilihan naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Surabaya, tentunya dengan fasilitas yang cukup nyaman untuk perjalanan liburan bersama keluarga. Sebagai informasi, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) membedakan fasilitas dan layanan kereta api dalam beberapa kelas, yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Ada beberapa hal yang membedakan fasilitas dan layanan masing-masing kelas, terutama masalah harga tiket, durasi perjalanan, dan formasi tempat duduk, namun secara keseluruhan layanan hampir sama, apalagi sekarang semua kelas kereta api telah dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara atau AC.

Naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Surabaya
Dok: Pribadi
Selain perbedaan kelas, ternyata PT. KAI juga menerapkan perbedaan sub kelas, di mana kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif terbagi lagi menjadi beberapa sub kelas. Secara umum, fasilitas dan layanan tiap sub kelas ini hampir sama, namun yang menbedakannya hanya masalah zona tempat duduk, di mana penumpang yang membeli tiket sub kelas dengan harga tertinggi akan mendapatkan tempat duduk di tengah gerbong atau dekat dengan gerbong makan agar lebih mudah memesan makanan dan minuman. Selain range harga tiket setiap kelas dan sub kelas regular, penumpang juga bisa mendapatkan harga promo pada momen-momen tertentu sehingga harga yang didapatkan jauh lebih murah dengan fasilitas dan layanan yang sama seperti kelas regular lainnya, tapi untuk mendapatkan tiket dengan harga promo atau hemat ini tentu tidak mudah, selain waktunya tidak terduga, jumlah tiket yang ditawarkan pun sangat terbatas dan biasanya begitu di buka langsung habis di pesan. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu calon penumpang kereta api untuk mendapatkan harga hemat, jika memilih kelas ekonomi maka hematnya pun menjadi berlipat.
  1. Rencanakan liburan jauh-jauh hari sehingga peluang mendapatkan tiket murah lebih besar, karena semakin lama rentang waktu keberangkatan dengan pembelian tiket maka harga tiket akan semakin murah.
  2. Hindari pesan tiket saat menjelang libur weekend, yaitu hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin, karena biasanya harga tiket akan jauh lebih mahal atau sesuai harga regular yang ditawarkan. 
  3. Install aplikasi Online Travel Agent (OTA) agar pengecekan pergerakan harga tiket jauh lebih mudah dan cepat, bahkan calon penumpang bisa langsung memesan tiket ketika menemukan harga hemat atau sesuai budget dan langsung melakukan pembayaran untuk mengamankan tiket tersebut. 
  4. Manfaatkan promo serta diskon yang ditawarkan banyak aplikasi OTA untuk mendapatkan harga tiket hemat. 
  5. Jangan lupa subscribe atau berlangganan email penawaran OTA agar informasi bisa cepat didapatkan, biasanya OTA memberikan banyak informasi tentang harga promo, diskon, atau penawaran tertentu melalui email yang dikirimkan secara langsung ke email konsumen, jika sudah berlangganan email salah satu OTA, bersiaplah untuk mendapatkan promo tiket kereta api dengan harga hemat.
Nah…jika sudah mengetahui bahwa fasilitas dan layanan yang ditawarkan PT. KAI untuk masing-masing kelas tidak jauh berbeda, hanya mungkin untuk kelas ekonomi, durasi perjalanan akan lebih lama karena khusus untuk kereta ekonomi, biasanya akan berhenti di setiap stasiun yang dilewati. Karakteristik kereta kelas ekonomi yang nyaris berhenti di setiap stasiun yang dilewatinya dan harga tiket yang murah membuat kereta ini sangat diminati masyarakat, bahkan tiketnya pun selalu menjadi rebutan. Untuk itu, jika merencanakan liburan hemat dengan menggunakan moda transportasi kereta api kelas ekonomi sebaiknya membeli tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan karena peminat untuk kelas ekonomi ini biasanya cukup banyak jika dibandingkan kelas lainnya. Mengingat jarak tempuh dari Jakarta ke Surabaya yang cukup jauh, apalagi jika memilih kereta ekonomi, tentu kenyamanan anak-anak selama diperjalanan menjadi hal yang utama karena sudah menjadi rahasia umum jika kenyamanan masing-masing kelas sedikit berbeda meskipun secara umum tetap sama, sama-sama memiliki fasilitas pendingin ruangan atau AC.

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu orangtua memilih tempat duduk yang nyaman saat naik kereta ekonomi jarak jauh seperti dari Jakarta ke Surabaya.
  • Usahakan untuk memilih tempat duduk yang searah dengan laju kereta. Cara ini terbilang tidak mudah karena calon penumpang harus mengetahui dengan jelas arah kereta yang akan berangkat, apalagi tempat duduk kelas ekonomi dan bisnis tidak bisa diubah seperti kelas eksekutif. Untuk beberapa orang yang jarang naik kereta api, mendapat tempat duduk yang berlawanan arah dengan laju kereta bisa memicu mual dan pusing.
  • Sebisa mungkin hindari memilih tempat duduk dekat dengan lokasi toilet dan bordes. Umumnya bordes atau sambungan kereta berada dekat dengan toilet sehingga sering tercium aroma kurang sedap jika mendapat tempat duduk di dekat lokasi ini, selain itu tempat duduk di dekat bordes sangat tidak nyaman karena bising akibat penumpang atau petugas yang lalu lalang sambil membuka dan menutup pintu sambung gerbong. 
  • Usahakan untuk memilih tempat duduk di dekat jendela, apalagi jika bepergiaan bersama anak-anak karena pemandangan sepanjang perjalanan di luar kereta akan membantu mengalihkan anak-anak dari rasa bosan akibat durasi perjalanan yang cukup lama. Oh ya selain itu, duduk di dekat jendela memberikan keuntungan lain karena bisa mengisi daya dengan mudah apalagi letak soket atau colokan listrik umumnya berada di bawah meja yang terpasang di dekat jendela.
Perjalanan liburan hemat bersama anak-anak memang tidak semudah jika bepergian sendiri, meskipun anak-anak sepakat untuk liburan dengan memilih moda transportasi kereta ekonomi, tapi orangtua tetap harus waspada karena mood anak bisa berubah apalagi jika durasi perjalanan cukup lama. Nah…jika anak-anak masih berusia balita, jangan lupa membawa mainan favoritnya agar anak-anak bisa bermain selama perjalanan, namun jika anak-anak sudah cukup besar, usahakan untuk membawa camilan atau makanan favoritnya untuk menghindari rasa bosan saat diperjalanan. Setelah beres urusan pesan tiket karena rencananya untuk liburan hemat nanti kami akan naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Surabaya, ternyata masih ada tips lainnya yang membuat perjalanan liburan hemat bersama keluarga jadi menyenangkan dan menyisakan momen manis untuk dikenang, cek tipsnya berikut ini.
Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga Di Kota Surabaya
Selain keinginan besar ingin bersilahturahmi dengan keluarga besar suami yang menetap di Kota Surabaya dan mengenalkan anak-anak dengan saudara dari pihak ayahnya yang bahkan sejak mereka lahir tidak pernah berjumpa, kami juga berencana ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata edukasi yang sebenarnya sudah masuk dalam itinerary perjalanan mudik kami lalu tapi gagal di eksekusi karena padatnya lalu lintas dan kami terjebak macet di beberapa lokasi wisata Kota Jember. Nah…kami mencatat ada beberapa destinasi wisata edukasi di Kota Surabaya yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, diantaranya Tugu Pahlawan yang merupakan bangunan bersejarah untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 sehingga Kota Surabaya juga di kenal sebagai Kota Pahlawan. Selain itu, masih ada Jembatan Merah, salah satu spot wisata edukasi sejarah yang sangat penting diketahui anak-anak usia sekolah. Ada juga Museum Mpu Tantular di mana dalam museum ini tersimpan sekitar 1.500 benda peninggalan bersejarah zaman kerajaan Hindu, Budha, bahkan kerajaan Islam. Selain itu, masih ada Kebun Binatang Surabaya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Kota Surabaya juga di kenal sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, di mana fasilitas yang tersedia tidak kalah dengan ibukota Jakarta. Meskipun begitu, liburan hemat masih bisa kok di nikmati semua wisatawan jika berkunjung ke Kota Surabaya, asalkan membaca tips referensi liburan hemat bersama keluarga berikut ini: 

Naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Surabaya
Dok: Pribadi
 1. Pilih waktu libur saat bukan musim liburan. 

Memang hal tersulit untuk merencanakan liburan bersama keluarga adalah menyingkronkan waktu libur antar anggota keluarga, jika ada yang bekerja, bersekolah, atau melakukan aktivitas lain. Namun, pergi liburan saat bukan musim libur adalah solusi terbaik karena bisa maksimal mengekplore destinasi wisata tanpa harus terganggu riuhnya pengunjung. Dari segi biaya tentu jauh lebih hemat karena peluang mendapatkan harga tiket kereta hemat akan lebih besar. 

2. Lakukan survei destinasi wisata yang akan dikunjungi. 

Setiap kota, apalagi kota metropolitan seperti Surabaya pasti memiliki banyak destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga, namun karena keterbatasan waktu tentu tidak semua destinasi wisata bisa dikunjungi. Nah…jika memilih liburan hemat, sebaiknya pilih destinasi wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh antara satu lokasi dengan lokasi lain dan sebisa mungkin berada dalam kota agar tidak banyak menghabiskan biaya transportasi. Jauh hari sebelum berangkat, lakukan survei sedetail mungkin, melalui informasi dari internet atau sumber lain mengenai lokasi, jarak, perkiraan waktu tempuh, serta suasana di sekitar lokasi tersebut agar tidak bingung begitu menginjakkan kaki di Kota Surabaya dan bisa menghemat waktu. 

3. Pilih tempat menginap yang dekat dengan lokasi wisata dan biaya murah. 

Lokasi menginap menjadi salah satu poin penting untuk merencanakan liburan hemat karena berkaitan dengan biaya transportasi selama liburan. Selain itu, pilih tempat menginap dengan harga murah namun memiliki fasilitas standar yang nyaman untuk anak. Biasanya tempat menginap ini tersedia jika dipesan jauh hari sebelum keberangkatan. Nah…salah satu Online Travel Agent (OTA) yang memiliki fasilitas layanan pesan kamar hotel, bayar saat tiba di hotel adalah Traveloka, dan fasilitas ini sangat membantu bagi yang tidak ingin kehilangan kamar hotel dengan harga hemat namun belum memiliki budget untuk membayarnya. 

4. Sewa mobil bisa dijadikan solusi menghemat biaya transportasi. 

Salah satu keuntungan berwisata di kota besar adalah tersedianya transportasi online yang mudah di pesan dari mana saja dan kapan saja, namun jika ingin liburan hemat sebaiknya memilih sewa atau rental mobil untuk menghemat biaya transportasi. Apalagi saat ini biaya sewa atau rental mobil cukup terjangkau dan bisa di pesan dengan mudah melalui OTA seperti Traveloka. Traveloka memiliki daftar partner yang terpercaya sehingga perjalanan liburan lebih aman dan nyaman serta hemat pastinya. 

5. Pilih Moda Transportasi Kereta Ekonomi dan segera pesan tiketnya secara online. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat ini kereta ekonomi kualitas pelayanannya tidak kalah dengan kelas lainnya, seperti bisnis dan eksekutif, kalaupun ada perbedaan hanya dari segi tambahan kenyamanan serta durasi perjalanan yang memang untuk kereta ekonomi jauh lebih lama karena harus berhenti di setiap stasiun. Untuk liburan hemat bersama keluarga, pilihan kereta ekonomi sudah cukup nyaman kok, karena sudah tersedia fasilitas pendingin ruangan/AC serta soket atau colokan listrik. Namun pastikan untuk memilih tempat duduk terbaik agar nyaman saat diperjalanan. Segera pesan tiket kereta ekonomi Jakarta Surabaya secara online melalui Online Travel Agent (OTA) Traveloka, untuk mendapatkan harga dan tempat duduk terbaik untuk liburan hemat bersama keluarga. 

Dengan hadirnya Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka, membuat itinerary liburan hemat bersama keluarga terasa lebih mudah karena estimasi biaya untuk penginapan serta transportasi sudah bisa diprediksi bahkan bisa di pesan jauh-jauh hari. Jika memilih naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Surabaya, maka tiket sudah bisa di pesan 90 hari sebelum tanggal keberangkatan, tentunya dengan harga yang lebih hemat. Soal keamanan transaksi secara online, jangan khawatir karena Traveloka menjamin privasi dan keamanan transaksi online melalui teknologi SSL dari RapidSSL. Yuk segera pesan tiket kereta ekonomi secara online untuk liburan hemat bersama keluarga di Kota Surabaya.

Referensi Tulisan:
https://seruni.id/liburan-murah/
https://review.bukalapak.com/travel/tips-memilih-tempat-duduk-kereta-ekonomi-103609
https://www.jawapos.com/ekonomi/bisnis/14/01/2019/8-pilihan-andalan-naik-kereta-rute-surabaya-jakarta/

17 komentar:

  1. Sewa mobil emang sering jadi pilihan yang cucok pas jalan-jalan ya Mba. Untuk tips liburan saat bukan musim libur aku masih bisa nih saat ini anak belum sekolah, emang lebih leluasa jadinya apa-apa nggak antri kayak musim liburan :)

    BalasHapus
  2. Siapa tahu kapan-kapan bisa ke Surabaya. Bermanfaat sekali tipsnya. Aku juga gitu, kalau naik kereta, duduknya harus mastiin searah sama laju kereta, haha. Takut pusing di jalan. Tapi emang paling nyaman sih aku mah keretaan dibanding yang lain

    BalasHapus
  3. Traveloka emang sangat bisa diandalkan ya mbaaa
    Kabari kalo main ke Sby, siapa tau bisa meet up kitaaahh :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Liburan barengan pasti rame, dimana mana jadi pusing saking ramenya, jadi gak bisa menikmati.Memang enak naik kereta bebas macet,(trauma dengan kemacetan) Makasih mak tipsnya

    BalasHapus
  5. Aku kalau naik kereta api sudah beberapa kali, tapi belum pernah milih tempat duduk seperti penjelasan di atas. Asal dapet tiket udah seneng, hihihi. Makasih ya Mbak tipsnya. Kalau perjalanan jauh emang naik kereta api menjadi salah satu pilihan yang tepat ��

    BalasHapus
  6. Wah saya belum kesampaian mau ajak anak-anak ngerasain naik kereta api.
    Kalau pesan tiket kereta, biasanya saya juga milih tempat duduk dekat jendela, biar bisa melihat pemandangan di luar

    BalasHapus
  7. Makasih tips nya. Aku pernah mba, kereta jogja-bandung, deket kamar mandi. Mana dulu kelas ekonomi (kelas ekonomi jaman dulu nggak nyaman banget, tapi murah)...

    Klo deket jendela, itu klo ngajak anak2 penting banget, soalnya agar bisa lihat pemandangan.

    BalasHapus
  8. Waduh kebayang capenya ya nyetir dari jakarta ke surabaya, emang lebih enak pakai kereta... Saya pernahnya pakai kereta pp bandung-surabaya...

    BalasHapus
  9. Kami juga Mba. Kemarin mudik naik kereta ekonomi. Asik juga. Anak2 senang. Malah bisa bikin harmonia hubungan keluarga. Ngobrol, makan seru pokoknya.

    BalasHapus
  10. Aku pertama ke SBY naik kereta juga. Waktu itu sama anak satu, naik bisnis. Pulang naik ekonomi siang2. Ternyata sama2 nyaman ��

    Trus kesempatan ke surabaya lagi, naik eksekutif gantian buat nyobain, ternyata enak ��
    Iya kalau liburan mau hemat itu harus cek jauh2 hari atau cek siapa tau ada kode2 promo

    BalasHapus
  11. Haha aku tuh sering naik kereta JKT SMG tapi tetap saja sering salah pilih kursi yang mundur hihi untung ngga pada mabuk, biasa aja..

    BalasHapus
  12. Waah seru kali yaaa JKT SBY pake kereta, asal keretanya nyaman aja sih...
    Trus pilih yg malam di perjalanan deh

    BalasHapus
  13. Sejak tinggal di Jakarta aku malah awang-awangen mau ke Surabaya. Berasa jauhhh banget kalau berkereta. Padahal ya hampir sama saja dengan ke Madiun. Rencana Agustus nanti mau ke Malang mampir Surabaya dulu. Dan mulai sekarang memang sudah berburu tiketnya. Lha wong gila-gilaan kok, tiket sekarang. Kudu gercep banget.

    BalasHapus
  14. Daku, kalau masih di Pulau Jawa, lebih memilih naik kereta untuk transportasi karena merasa lebih nyaman.
    Duh jadi pengen ke Jember, sering lewat tapi belum pernah mampir :)

    BalasHapus
  15. Surabaya deket rumahku yang ada dimalang mbak.. Aku juga suka main ke sby apalagi skrng ada tol baru kan.. Cepet

    BalasHapus
  16. Ngomongin liburan, aku liburan sekolsh kemarin malah gg liburan... Hehe
    Oh ya, jadi ngebayangin nyetir dari Jakarta ke Surabaya, capek bgt pastinya

    BalasHapus
  17. Kalau naik kereta sekarang boleh memilih tempat duduk kah?
    Terakhir kali, kami sekeluarga besar menyewa 1 gerbong untuk perjalanan, dan tempat duduknya sudah di tentukan.
    Hiiks~
    Kebagian deket toilet eeunk..

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.