Tips Sewa Coworking Space yang Nyaman Untuk bekerja

Untuk seorang ibu rumah tangga, menjadi online freelance writer bisa menjadi solusi untuk mengaktualisasikan kemampuan diri tanpa harus terlalu sering meninggalkan rumah dan anak-anak. Terkadang perjanjian kerjasama pekerjaan bisa deal tanpa harus keluar rumah sama sekali dan bertemu klien secara langsung, karena hasil pekerjaan atau porto folio kita bisa di akses dengan sangat mudah secara online. Memang, di satu sisi bekerja dari rumah sangat menyenangkan karena kita bisa bebas bercengkrama dan bermain bersama anak-anak kapan saja tanpa harus di batasi waktu karena harus berangkat bekerja. Namun disisi yang lain, ada kalanya kita mendapatkan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi karena deadline pengerjaan sangat singkat, dan untuk seorang ibu rumah tangga hal tersebut tidaklah mudah. Apalagi jika masih memiliki anak yang masih kecil dan belum mengerti bahwa meskipun ibunya berada di rumah, namun ibunya juga bekerja dan memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan dengan waktu tertentu. Sewa Coworking Space bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasinya, selain bisa mengerjakan pekerjaan tepat waktu dengan hasil memuaskan, pekerja freelance terkadang mendapatkan benefit yang tidak kalah menguntungkannya, salah satunya adalah memperluas jaringan pertemanan dan menambah wawasan ilmu baru. Nah...untuk benefit tersebut, sesekali bekerja di co working space tentu tidak masalah kan?

Sewa Coworking Space
Foto: https://www.pexels.com/
Tapi tidak semua co working space nyaman untuk bekerja lho apalagi untuk ibu rumah tangga. Nah...berikut ini ada beberapa tips sewa coworking space yang nyaman untuk bekerja sehingga pekerjaan bisa tuntas dan ibu rumah tangga bisa segera pulang ke rumah.
  • Lokasi Coworking Space. Tidak bisa dipungkiri lokasi coworking space menjadi salah satu pertimbangan utama untuk seorang freelance yang juga ibu rumah tangga, karena tidak bisa terlalu lama menghabiskan waktu di jalan dan meninggalkan anak-anak di rumah. Nah...memilih lokasi coworking space yang tidak terlalu jauh dari rumah dan berada di tempat yang strategis menjadi pilihan pertama agar freelance nyaman bekerja di luar rumah, terutama saat deadline pekerjaan melanda.
  • Fasilitas yang tersedia di coworking space. Akses internet yang mulus dan cepat menjadi salah satu alasan memilih coworking tersebut agar nyaman saat bekerja. Namun biasanya seseorang bekerja di coworking space membutuhkan waktu lebih dari dua jam sehingga fasilitas pendukung lainnya tentu sangat dibutuhkan, diantaranya kafe tempat menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau dan beragam menu pilihan, serta gerai atau toko kecil tempat menjual beragam alat yang biasanya dibutuhkan freelance. Meskipun terhitung masih sangat jarang, di luar negeri ada beberapa coworking space yang menyediakan fasilitas tempat bermain dan penitipan anak untuk orangtua terutama ibu yang sedang bekerja di coworking space tersebut. Selain fasilitas tersebut, beberapa coworking space juga menyediakan fasilitas ruang meeting atau pertemuan sehingga pekerja freelance bisa bertemu dengan klien di tempat tersebut.
  • Biaya sewa coworking space. Variabel harga atau biaya sewa menjadi salah satu faktor penting untuk memilih coworking space, setidaknya budget yang dikeluarkan harus seimbang dengan fasilitas serta benefit yang didapatkan. Selain itu, pastikan biaya sewa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki karena tujuan bekerja di coworking space tentu untuk mendapatkan penghasilan. Biasanya coworking space menetapkan beragam variasi harga sesuai kebutuhan konsumen, mulai dari harian hingga bulanan atau sistem membership. Nah...pekerja freelance bisa memillih sesuai kebutuhan, jika tidak terlalu sering bekerja di coworking space ada baiknya memillih sistem pembayaran harian.
  • Situasi atau suasana coworking space. Pastinya semua yang datang ke coworking space untuk bekerja suasana lingkungan coworking space tersebut tentunya sangat mempengaruhi mood seseorang untuk bekerja. Suasana yang nyaman, dengan desain interior yang cozy dan comfort tentu akan membawa semangat baru untuk seorang pekerja freelance yang terkadang harus bekerja di bawah tekanan deadline ketat. Penerangan yang cukup juga sangat mempengaruhi mood seseorang untuk bekerja, tidak terlalu terang namun juga tidak terlalu gelap menjadi pilihan yang membangkitkan semangat seseorang untuk bekerja. Warna-warni yang menghiasi dinding, sofa, meja, kursi, serta perabotan lainnya juga memiliki pengaruh yang cukup besar untuk membangkitkan semangat seseorang untuk bekerja. Untuk alasan itulah, pilih coworking space yang mendukung variabel tersebut agar tujuan merampungkan pekerjaan di coworking space bisa terlaksana.
Banyak pekerja freelance yang pada awalnya hanya menggunakan coworking space sebagai tempat yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan, kemudian bertemu dengan teman-teman dengan profesi yang sama dan terkadang merasa cocok berkolaborasi untuk memulai usaha bersama. Yap...suasana kerja coworking space di mana seorang pekerja freelance mungkin saja bertemu dengan pekerja lainnya sangat besar, bahkan tidak jarang dua orang pekerja freelance dengan bidang yang berbeda bisa cocok berkomunikasi satu sama lain. Dari seringnya berkomunikasi, akhirnya memutuskan untuk berkolaborasi membangun usaha bersama, dan setelah bisnis semakin besar tentu membutuhkan ruang khusus, baik untuk menampung jumlah karyawan yang semakin bertambah atau untuk menerima klien. Untuk membeli satu tempat khusus yang difungsikan sebagai kantor tentu tidak mudah dan membutuhkan dana yang cukup besar, apalagi letak kantor tersebut akan lebih baik jika berada di tempat yang strategis. Untuk bisnis yang masih terbilang baru, kantor atau tempat yang strategis menjadi salah satu poin plus yang menunjang bisnis tersebut. Untuk mensiasati agar tujuan tersebut tercapai tanpa harus mengeluarkan biaya awal yang terlalu besar, sewa kantor menjadi solusinya. Saat ini informasi seputar kantor disewakan semakin mudah di akses tanpa harus repot berkeliling secara langsung, namun tentu saja untuk lebih memantapkan niatan memperluas bisnis dengan sewa kantor akan dipaparkan beberapa keuntungan memilih sewa ruang kantor untuk bisnis baru.
  • Budget yang disiapkan lebih rendah atau lebih murah. Saat bisnis semakin maju dan klien bertambah, bekerja di coworking space terasa tidak lagi menunjang pekerjaan, tentu memiliki kantor sendiri adalah solusi yang paling tepat. Namun untuk pebisnis pemula tentu modal yang dimiliki tidak banyak. Nah...solusi yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan sewa kantor yang jika dibandingkan dengan membeli satu tempat khusus akan jauh lebih murah. Di tambah lagi biasanya kantor yang disewakan sudah dilengkapi beragam fasilitas sesuai kebutuhan penyewanya. Dengan segala kelengkapan fasilitas dan harga yang relatif murah, memilih sewa kantor adalah solusi paling tepat untuk pebisnis pemula sebelum pindah ke kantor sendiri jika bisnisnya sudah stabil.
  • Keleluasaan mengatur jam kerja sendiri. Sewa kantor memiliki keuntungan yang sama dengan memiliki tempat atau kantor sendiri, yaitu lebih leluasa mengatur jam kerja. Adakalanya meeting dengan klien dilakukan pada hari libur karena kesibukan klien. Nah...meskipun status kantor masih menyewa, namun semua jenis pekerjaan bisa dilakukan kapanpun sesuai kebutuhan, termasuk pada hari libur atau di luar jam kerja pada umumnya.
  • Bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak semua fasilitas yang disediakan pemilik gedung dibutuhkan oleh pebisnis pemula, selain karena aktivitas kerja belum terlalu padat, jumlah karyawan pun terkadang belum terlalu banyak. Dengan menyewa kantor maka kebutuhan ruang bisa disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya fasilitas lain yang tidak dibutuhkan.
  • Peluang mendapatkan suasana baru. Satu keuntungan yang sulit didapatkan jika membeli tempat atau kantor sendiri adalah mendapatkan suasana baru. Nah...seringkali bisnis tersebut tidak cocok di lokasi tersebut dan tidak berkembang sesuai yang diinginkan karena lokasi yang kurang strategis, sewa kantor menjadi solusinya karena kemungkinan untuk pindah ke lokasi baru sangat mungkin. Meskipun sedikit merepotkan karena harus membuat pemberitahuan baru, namun pindah lokasi memungkinkan karyawan mendapatkan kesempatan menikmati suasana baru yang bisa saja mempengaruhi mood untuk bekerja lebih baik dari tempat sebelumnya.
Namun apapun itu, entah bekerja dengan memanfaatkan coworking space atau sewa kantor sendiri, pastikan untuk memilih sesuai kebutuhan agar apa yang menjadi impian saat memulai pekerjaan atau bisnis tersebut akan cepat terlaksana dengan hasil yang memuaskan. Tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk mencari tempat atau kantor yang disewakan, situs online yang menyediakan informasi dan referensi khusus kantor disewakan bisa menjadi solusi jitu tanpa harus berlelah-lelah mencari secara langsung. Tinggal menelusuri kategori kantor sesuai kebutuhan dan sudah tersedia informasi lengkap termasuk kontak yang mudah dihubungi untuk mendapatkan informasi detail dari mana saja dan kapan saja. Setelah cocok, maka bisa masuk ke tahap selanjutnya, yaitu datang langsung ke lokasi dan melihat semua fasilitas secara langsung. Jika cocok dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan, maka tinggal melakukan perjanjian sewa dan kantor siap ditempati.

Referensi artikel:
https://cohive.space/blogs/4-tips-sebelum-memilih-coworking-space-biar-kalian-gak-rugi
https://xwork.co/blog/5-keuntungan-memilih-sewa-ruang-kantor-untuk-startup/

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.