Jeruk Nipis, Si Mungil yang Kaya Manfaat

Pulang ke kampung halaman adalah hal yang paling menyenangkan buat saya, selain bisa menikmati masakan spesial dari ibu tercinta, bau rumah selalu membangkitkan kenangan lama, kenangan semasa kecil dan masih berkumpul bersama keluarga. Setiap kali pulang ke rumah, saya selalu menyempatkan diri untuk berberes rumah, menata kembali barang-barang yang selama ini jarang dibersihkan, termasuk tumpukan buku-buku di gudang. Entah ada berapa kardus buku yang bertahun-tahun tersimpan di gudang, dan setelah kini saya menjalani profesi sebagai penulis dan content writer, melihat tumpukan buku-buku berdebu bagaikan melihat tumpukan harta karun. Salah satu buku hasil perburuan saya ketika mudik beberapa tahun yang lalu adalah buku kumpulan resep pusaka tradisional. Saya tidak tahu tepatnya umur buku ini, mungkin 40 tahun lebih mengingat sampul buku sudah menguning dan huruf-huruf sebagian sulit terbaca, tapi buku ini memiliki kenangan tersendiri buat saya.

Manfaat Jeruk Nipis
Foto : https://www.pexels.com/
Ketika saya memasuki usia remaja, produk skincare khusus untuk kulit remaja belum terlalu banyak di pasaran, kalaupun ada hanya sebatas varian tertentu seperti bedak dan facial foam, sedangkan rangkaian perawatan skincare belum ada. Kulit saya termasuk jenis kulit kering yang sangat sensitif terhadap perubahan cuaca, meskipun jerawat bukan masalah buat saya namun kulit yang kering ini sangat menganggu penampilan saya, jadinya agak kurang percaya diri. Nah..inilah awal mula saya mengetahui ada buku resep tradisional ini karena ibu saya memberika buku ini supaya bisa saya baca dan pilah sendiri, mana perawatan yang cocok untuk mengatasi masalah kulit saya. Namanya juga resep tradisional, pastinya bahan-bahannya lebih mudah didapatkan, cukup bongkar-bongkar dapur ibu, saya bisa memulai perawatan. Saat anak sulung saya mulai remaja dan mengalami problem kulit layaknya remaja pada umumnya, saya jadi ingat buku tersebut dan langsung deh waktu mudik saya manfaatkan untuk bongkar-bongkar tumpukan buku lama di gudang, plus saya mendapatkan buku lainnya termasuk buku diary zaman masih unyu-unyu...hehehe😊.

Dulu saya paling suka perawatan kulit muka dengan telur karena cocok dengan kulit kering saya serta beberapa bahan lain yang saya ingat enggak pakai keluar biaya alias gratis karena tinggal petik di halaman atau ambil di dapur ibu. Bahan lainnya yang dulu kerap saya gunakan juga adalah jeruk nipis, si mungil yang multi manfaat, baik untuk kesehatan kulit dan badan. Dahulu jeruk nipis ini sangat mudah didapatkan, tinggal petik di halaman belakang rumah dan siap digunakan. Sekarang meskipun untuk mendapatkan jeruk nipis kudu harus usaha dulu, tapi pastinya tidak akan mengurangi manfaatnya. Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kulit dan tubuh.
  • Rambut lebih sehat dan cemerlang. Seringkali kita mengalami masalah rambut yang berminyak dan kotor serta kusam. Nah...jeruk nipis bisa membantu mengatasi masalah ini dengan cara yang terbilang sangat mudah, yaitu mencampur air perasan jeruk nipis dengan air hangat, gunakan air campuran tersebut untuk mencuci rambut. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan rambut yang halus, sehat, dan cemerlang, murah dan enggak ribet.
  • Kulit menjadi lebih putih, halus, dan cemerlang, hanya dengan mengosok-gosokkan belahan jeruk nipis ke kulit tubuh serta kulit wajah secara teratur. Selain membuat kulit tubuh dan wajah lebih sehat, kulit tangan menjadi lebih lembut. Air jeruk nipis juga bisa menghaluskan muka lho, caranya gunakan air jeruk nipis sebagai astrigent alami, selain membuat kulit wajah lebih halus juga membuat pori-pori kulit menjadi lebih kecil dan melenyapkan lemak-lemak pada kulit yang berminyak jika dilakukan secara teratur.
  • Kuku menjadi lebih bersih dan cemerlang hanya dengan mengosok-gosokkan air jeruk nipis ke kuku tersebut secara teratur.
  • Membantu menghilangkan ketombe. Ketombe kerap membuat penampilan seseorang menjadi kurang nyaman, apalagi jika berhijab, rambut yang berketombe pastinya bikin kepala gatal. Nah...air perasan jeruk nipis bisa menjadi solusinya, caranya terbilang sangat mudah, yaitu ucapkan air perasan jeruk nipis ke kulit kepala, diamkan selama 20-30 menit dan setelah itu keramas seperti biasa. Rambut menjadi lebih sehat dan bebas ketombe.
  • Membantu menjaga bentuk tubuh yang ideal, caranya minum secara teratur satu sendok makan air perasan jeruk nipis 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam, agar berat tubuh tetap stabil dan ideal.
  • Menjaga suara tetap merdu, caranya mudah minum setiap pagi air perasan jeruk nipis yang telah di campur air hangat secara teratur.
  • Membantu meredakan gatal di tenggorokan, caranya dengan minum air perasan jeruk nipis yang telah di campur sedikit kapur sirih secara teratur.
Jeruk nipis atau nama latinnya Citrus Aurantifolia termasuk dalam jenis tanaman jeruk-jerukan dan banyak tumbuh di berbagai tempat di Indonesia, tidak heran jika tanaman ini kerap digunakan sebagai bumbu andalan kuliner khas Indonesia. Umumnya, pohon jeruk nipis bisa tumbuh 3 - 6 meter, bercabang banyak, dan berduri dengan daun berbentuk lonjong. Kulit jeruk nipis biasanya sangat tipis dan mengandung minyak atsiri, sedangkan dagingnya berwarna putih kehijauan memiliki rasa yang sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari langsung, tidak heran jika dahulu tanaman jeruk nipis tumbuh subur di halaman belakang rumah saya yang terpapar langsung sinar matahari. Di dalam daging jeruk nipis terdapat biji yang kecil-kecil. Dengan kandungan vitamin C yang cukup banyak, tidak heran jika jeruk nipis juga memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari buruknya pengaruh sinar matahari. Meskipun bentuknya terbilang mungil, namun sangat kaya manfaat untuk kesehatan kulit dan wajah.

Resep Tradisional
Foto : Dok. Pribadi
Selain jeruk nipis, masih banyak bahan alami lainnya yang memiliki manfaat sangat besar untuk merawat kesehatan kulit dan wajah seperti yang terdapat dalam buku ini, seperti telur, buah alpukat, kentang, buah apel, minyak jarak, dan lain-lain. Bahkan beberapa resep sudah saya praktekkan untuk membantu mengatasi masalah kulit, meskipun beberapa tahun setelahnya sudah banyak produk perawatan kulit yang disesuaikan dengan tingkatan usia, namun menggunakan resep alami pastinya akan jauh lebih aman dan nyaris tanpa efek samping lho. Jika ingin cara yang mudah dan murah merawat kesehatan kulit dan wajah, bisa memanfaatkan bahan alami yang berada di sekitar kita. Beberapa resep lainnya akan saya tuliskan dalam artikel selanjutnya yah...kapan-kapan😍. 
Terima kasih dan semoga bermanfaat!

1 komentar:

  1. aku baru tahu mba untuk gatal tenggorokan campur kapur sirih yah?next ah cobain manfaatnya si jeruk nipis ini

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.