Cara Mudah Cari Rumah di Perumahan Bukittinggi

Berencana pindah atau mencari rumah baru di Kota Bukittinggi? Sedikit tips, ada baiknya sebelum waktunya tiba, Anda telah memiliki atau mengantongi informasi seputar rumah di beberapa lokasi Perumahan Bukittinggi, baik yang akan dijual atau hanya sekedar disewakan sesuai kebutuhan Anda. Cara ini merupakan solusi paling mudah yang akan membantu meringankan beban Anda yang sedang disibukkan dengan berbagai aktivitas menjelang kepindahan. 

Saat ini Kota Bukittinggi telah berkembang menjadi salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat dengan tingkat aktivitas perekonomian yang cukup tinggi, khususnya dalam sektor perdagangan dan pariwisata.  Siapa yang menyangsikan bahwa sejak zaman dahulu Kota Bukittinggi merupakan salah satu kota terpenting dalam sektor perdagangan, sejak zaman penjajahan hingga sekarang beragam hasil bumi dan berbagai produk telah dihasilkan oleh pusat-pusat industri di Kota ini. 

Credit : Wikipedia.org
Tidak hanya itu, dengan pemandangan alamnya yang indah dan udara yang sejuk, Kota Bukittinggi menjelma menjadi salah satu kota terpenting dalam industri pariwisata di Indonesia.  Terbukti, setiap tahun ratusan wisatawan membanjiri Kota Bukittinggi untuk menikmati keindahan kota yang terletak di antara Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera.  Bahkan, setiap tahun Kota Bukittinggi menjadi pusat perhatian dunia, karena menjadi tempat diselenggarakannya event balap sepeda internasional “Tour De Singkarak”.

Rasanya, tidak berlebihan jika dikatakan, mendapat kesempatan untuk tinggal dan menetap di Kota Bukittinggi adalah anugerah tersendiri.  Apalagi saat ini mencari properti terutama rumah tinggal di Kota Bukittinggi tidaklah sesulit yang dibayangkan.  Kemajuan teknologi secara langsung telah memberi kemudahan untuk mencari rumah dengan mudah tanpa harus berada di tempat tersebut, tentunya dengan bantuan internet.  Mencari rumah secara online kini tumbuh menjadi tren tersendiri di masyarakat yang membutuhkan informasi secara cepat dan tepat.

Namun, meskipun keberadaan media online telah memudahkan Anda untuk mencari informasi rumah yang dibutuhkan, ada baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini untuk memudahkan pencarian Anda akan keberadaan rumah dijual atau sewa rumah Bukittinggi.

1. Lokasi. 
Lokasi harus menjadi faktor utama pertimbangan Anda sebelum memilih rumah, karena lokasi akan menentukan kenyamanan Anda selama menempati dan bertempat tinggal di rumah tersebut. Lokasi yang strategis akan memudahkan Anda melakukan berbagai aktivitas. Namun Anda tidak perlu khawatir karena beberapa situs jual beli properti online telah dilengkapi peta khusus yang terintegrasi dengan iklan rumah tersebut, sehingga Anda tidak perlu repot mencari rumah tersebut secara online. Bahkan dengan bantuan peta tersebut, Anda bisa mengetahui sedikit informasi tentang kondisi di sekitar lokasi perumahan tersebut, dan sedikit banyak Anda telah memiliki bayangan akan kondisi serta situasi lokasi di sekitar perumahan dan rumah itu sendiri.


2. Biaya.

Biaya merupakan komponen kedua yang juga penting untuk Anda pertimbangkan. Ada baiknya sebelum memutuskan memilih tipe rumah yang Anda inginkan, Anda telah memiliki batasan tentang berapa budget yang Anda siapkan untuk membeli atau menyewa rumah tersebut. Besarnya bugdet atau biaya ini menjadi batasan yang akan mempersempit pencarian Anda. Untuk keperluan ini, Anda tidak perlu khawatir karena situs jual beli online biasanya telah mengintegrasikan fitur yang memudahkan pencarian Anda berdasarkan kriteria biaya. Bahkan, jika Anda memutuskan untuk membeli rumah secara KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), situs jual beli online juga telah menyiapkan berbagai fitur, tips, serta rekomendasi KPR yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.


3. Kondisi Fisik Rumah.

Kriteria yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui kondisi fisik rumah tersebut. Anda tidak ingin kan mendapatkan rumah dalam kondisi yang kurang layak untuk ditinggali? Untuk itu, ada baiknya Anda telah mendapatkan informasi yang cukup tentang kondisi fisik rumah. Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk melihat dan mengecek secara langsung kondisi rumah, maka Anda bisa memanfaatkan situs jual beli properti secara online. Biasanya dalam situs tersebut setiap iklan yang terpasang telah dilengkapi dengan gambar kondisi fisik rumah, termasuk beberapa ruangan penting dalam rumah tersebut. Meskipun lebih baik jika melihat secara langsung, namun setidaknya memberikan gambaran awal yang cukup tentang layak atau tidaknya rumah tersebut. Hal ini penting jika Anda berencana untuk segera menempati rumah tersebut.


4. Dokumen yang resmi dan lengkap.

Lebih aman dan nyaman jika rumah yang rencananya akan Anda tinggali telah memiliki dokumen yang resmi dan lengkap. Kelengkapan dokumen harus menjadi syarat utama sebelum Anda menempati rumah tersebut. Adapun kelengkapan dokumen tersebut, meliputi Sertifikat Kepemilikan Tanah, Sertifikat bangunan atau IMB (Izin Mendirikan Bangunan), Surat PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), dan surat-surat lainnya yang sangat penting untuk membuktikan kepemilikkan Anda secara hukum akan rumah atau properti tersebut di kemudian hari. Untuk memfasilitasi kebutuhan ini, situs jual beli online biasanya menyiapkan fitur contact langsung dengan pihak yang mengiklankan rumah tersebut, atau jika melalui agen maka Anda bisa langsung menghubungi pihak agennya. 

Situs jual beli properti Urbankompas.com

Dari kriteria penting tersebut, maka jelas bahwa cara mudah cari rumah di Perumahan Bukittinggi secara online adalah solusi terbaik, lebih cepat, mudah, dan murah. Bahkan, bagi Anda yang belum mengenal Kota Bukittinggi dan berencana untuk pindah tugas ke kota ini, ada baiknya mencari informasi keberadaan calon rumah tinggal Anda secara online sebelum waktu keberangkatan tiba. Hal ini penting agar setelah tiba di lokasi, maka Anda telah mengantongi informasi yang cukup sehingga Anda lebih leluasa memikirkan kebutuhan lainnya.


Untuk kebutuhan ini, Anda bisa mengakses Urbankompas, situs jual beli properti secara online yang membantu Anda mendapatkan informasi secara detail tentang rumah atau properti berkualitas di Kota Bukittinggi dan sekitarnya dari depan komputer atau smartphone Anda. Urbankompas sebagai situs jual beli rumah atau properti dapat mencarikan rumah sesuai dengan kriteria idaman Anda, mulai dari lokasi, harga, luas bangunan, luas tanah, desain atau interior rumah, atau apapun seperti yang Anda inginkan.


Selamat berburu rumah idaman Anda di Kota Bukittinggi!

Referensi tulisan :
http://www.indopos.co.id/2014/10/cara-mudah-mencari-rumah-dijual.html
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

1 komentar untuk "Cara Mudah Cari Rumah di Perumahan Bukittinggi"

Comment Author Avatar
waw... pengen banget punya rumah di bukit... pasti rasanya adem2 gtu... ^^