Yuk Berwisata Bersama Keluarga Di Pemandian Air Panas Alami Gunung Torong

Pemandian air panas Gunung Torong
Asyiknya wisata mandi air panas alami di Gunung Torong, Pandeglang, Banten (Dokpri)
Riwayat alergi yang saya derita sejak kecil membuat saya akrab dengan pemandian air panas alami terutama yang mengandung belerang, bahkan secara rutin orangtua saya selalu membawa kami ke pemandian air panas yang katanya memiliki khasiat membantu mengatasi gatal-gatal. Setelah lama merantau karena ikut suami bekerja, saya jadi jarang kepemandian air panas dan kalaupun pulang ke kampung halaman biasanya sebagian waktu dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga. Tapi seiring bertambahnya usia, penyakit gatal-gatal di kulit akibat alergi semakin berkurang, bahkan beberapa tahun terakhir ini jarang kambuh lagi dan mungkin bermutasi menyerang bagian tubuh lain...hihihi. Tapi yah...kalau di ingat-ingat lagi akhir-akhir ini memang saya mudah pilek jika terkena udara dingin termasuk jika berada di ruangan ber-AC padahal dahulu tidak pernah saya alami. Kalau menurut dokter spesialis anak yang rutin merawat anak saya karena memiliki riwayat alergi yang sama dengan saya, reaksi alergi memang bisa berubah seiring bertambahnya usia seperti yang saat ini saya alami. 

Memang selain memiliki manfaat untuk membantu mengatasi gatal-gatal di kulit, mandi di pemandian air panas alami memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan, tidak heran jika masyarakat yang tinggal di negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan lainnya secara rutin selalu menyempatkan diri mandi di kolam pemandian air panas alami untuk membantu tubuh agar lebih sehat dan rileks. Nah...ini ada beberapa manfaat sumber air panas alami untuk kesehatan, diantaranya:
  • Membantu menghilangkan stress dan membuat tubuh lebih rileks. Beberapa penelitian menyebutkan jika mandi atau berendam di air panas terutama yang alami akan membuat pikiran lebih rileks dan segar dengan suhu sekitar 30-35 derajat celcius. Apalagi jika mandi di pemandian air panas alami yang umumnya dikelilingi nuansa alam yang hijau disertai rimbunnya pepohonan, membuat mata lebih sejuk dan badan lebih segar. 
  • Membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa dengan suhu sekitar 32-35 derajat celcius jika mandi di pemandian air panas maka akan membantu membuka pori-pori yang artinya akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Racun atau toksin yang dikeluarkan dari dalam tubuh akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar sehingga badan lebih sehat dan segar. Selain mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, mandi di pemandian air panas alami juga membantu menurunkan kadar gula darah, serta sakit pada otot. Tapi tetap saja ada batasan lho lama berendam di kolam pemandian air panas alami, yaitu sekitar 10 hingga 20 menit saja.
  • Membantu memperlancar sirkulasi darah. Sejak dahulu mandi secara rutin di pemandian air panas alami akan membantu memperlancar sirkulasi darah, terutama organ-organ vital yang sangat penting dalam tubuh sehingga tubuh tetap bugar dan sehat.
  • Membantu meredakan beberapa keluhan penyakit tulang, terutama bagi lanjut usia yang seringkali mengalami keluhan penyakit tulang, seperti rematik, sakit pada persendian, dan lain-lain. Mandi air panas terutama dari sumber air panas alami seringkali diyakini dapat membantu memperingan keluhan penyakit tulang ini.
  • Meringankan atau bahkan membantu menyembuhkan penyakit kulit. Sejak bertahun-tahun lalu, mandi atau berendam di pemandian air panas alami di yakini dapat menyembuhkan dan mengobati penyakit kulit seperti ruam, eksim, dan penyakit kulit lainnya. Persis seperti yang saya alami karena sejak kecil saya memiliki riwayat alergi yang jika sedang kambuh akan menimbulkan ruam atau bentol-bentol di beberapa bagian tubuh. Untuk membantu meringankan jika sedang kambuh, orangtua saya rutin membawa saya berendam di sumber air panas alami dan memang berdasarkan pengalaman saya selain penyakit gatal-gatal agak berkurang, badan saya memang lebih segar.
Tapi sejak hampir sepuluh tahun yang lalu, saya pindah mengikuti suami yang bekerja di seberang pulau nyaris selama itu saya sudah tidak pernah lagi mandi di pemandian air panas karena memang kami belum mengetahui apakah di daerah yang kami tinggali sekarang ini memiliki sumber air panas alami yang sudah di kelola dan dibuka untuk umum. Hingga akhirnya suami mendapat tugas ke luar kota, tepatnya di beberapa kota sekitar kota Serang, tepatnya kota Pandeglang, Banten. Berdasarkan informasi ternyata di daerah yang tidak terlalu jauh dari kota Tangerang di mana saya sekarang berdomisili, sudah ada destinasi wisata pemandian air panas alami.

Pemandian air panas Gunung Torong
Dok: Pribadi
Pemandian air panas Gunung Torong atau kerap di sebut Gunung Torong Hot Spring Park terletak di Desa Sukamanah Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang, Banten. Untuk mencapai lokasi pemandian air panas Gunung Torong ini relatif tidak membutuhkan waktu tempuh yang lama dari tempat tinggal saya, di Cikupa Tangerang. Tapi ternyata ada banyak cara untuk menuju Kota Pandeglang yang termasuk dalam wilayah Banten, antara lain :
  • Jika menggunakan kendaraan pribadi, yaitu melalui jalan tol Tangerang-Merak arah Merak dan keluar atau exit di pintu tol Serang Timur, kemudian menyusuri jalan Raya Serang-Pandeglang kurang lebih 22 Km untuk tiba di pusat Kota Pandeglang.
  • Jika menggunakan kendaraan umum, bisa memilih bus jurusan Serang dan turun di terminal Pakupatan Serang, kemudian dilanjutkan lagi dengan naik bus jurusan Pandeglang lalu turun di terminal Badak, Kadubanen.
  • Jika menggunakan kereta api, Dari Jakarta naik kereta jurusan Serpong-Tangerang lalu ganti kereta jurusan Rangkasbitung kemudian di sambung dengan naik angkot jurusan terminal Pandeglang.
Menurut cerita, pemandian air panas Gunung Torong sendiri mulai di buka untuk umum sejak tahun 2009 di mana air panas alami yang mengalir ke kolam-kolam penampungan di pemandian air panas ini berasal dari Gunung Torong yang juga mengandung belerang. Meskipun menurut penuturan orang sekitar suhu air panas yang telah di alirkan ke kolam-kolam sudah mengalami penurunan dari suhu panas di pusat air panas, yaitu sekitar 80 derajat, namun tetap saja suhu panas masih terasa jika bagu-baru berendam tapi jika sudah terbiasa atau sudah beredam agak lama, suhu panas sudah tidak terlalu menganggu lagi, persis seperti yang saya alami ketika pertama kali berendam di air panas bersama anak-anak.

Pemandian air panas Gunung Torong
Dok: Pribadi
Selain kolam-kolam air panas yang terbilang cukup banyak, pemandian air panas Gunung Torong juga memiliki sederet fasilitas lainnya yang terbilang cukup lengkap untuk keluarga yang datang berkunjung, antara lain kolam renang utama yang berukuran cukup besar lengkap dengan prosotan untuk arena bermain pengunjung, gazebo atau saung yang jumlahnya cukup banyak, kolam renang air panas khusus laki-laki, kolam renang air panas khusus perempuan, dan khusus untuk anak-anak. Namun untuk menggunakan fasilitas kolam renang air panas khusus ini ada biaya tambahan yang jumlahnya tidak terlalu besar.

Selain fasilitas kolam renang, juga tersedia fasilitas lainnya yang sangat mendukung acara liburan bersama keluarga, seperti lokasi parkir yang cukup luas, kantin, kamar bilas yang cukup bersih dan airnya cukup berlimpah, permainan untuk anak-anak, serta mushola. Biasanya jika berwisata ke kolam renang atau pemandian air panas, kamar bilas adalah masalah yang cukup menganggu bagi saya, entah itu airnya yang sedikit atau kamar bilasnya yang kurang bersih, namun di pemandian air panas ini saya cukup puas karena kamar bilasnya cukup bersih dan airnya banyak meskipun ada biaya tambahan.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, di pemandian air panas Gunung Torong ini juga menyediakan tempat menginap persis di samping mushola. Meskipun jumlah kamarnya tidak terlalu banyak namun cukup bagi keluarga atau rombongan yang kebetulan belum puas menikmati pemandian air panas ini atau bagi seseorang yang membutuhkan air panas alami untuk membantu terapi penyembuhan penyakitnya. Ternyata mandi di pemandian air panas alami yang di yakini sebagian besar masyarakat dapat membantu meringankan atau bahkan menyembuhkan beragam penyakit, tapi ternyata juga membantu meringankan phobia yang hingga saat ini masih saya alami.

Pemandian air panas Gunung Torong
Dok: Pribadi
Beberapa waktu lalu saya pernah menuliskan cerita di blog ini betapa sejak kecil saya mengalami masalah yang cukup serius di mana saya mengalami phobia air terutama air dalam jumlah yang sangat banyak seperti di laut dan kolam renang. Untuk alasan itulah mengapa sejak kecil hingga sekarang saya nyaris tidak pernah berenang di kolam dan kalaupun ke pantai, saya hanya duduk di kejauhan tanpa ingin mendekati bibir pantai. Padahal jika ingin pulang ke kampung halaman, saya harus menyeberang menggunakan kapal laut. Tapi anehnya ketika saya bersama keluarga berwisata ke pemandian air panas ini untuk pertama kalinya saya merasakan berenang di kolam bersama anak-anak...entahlah mungkin anak-anak adalah terapis yang ampuh untuk saya. Tapi yang pasti pengalaman berwisata bersama keluarga di pemandian air panas Gunung Torong, Pandeglang, Banten ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, dan pastinya bikin badan lebih segar. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta lho serta akses jalanya cukup bagus dan nyaman meskipun untuk menuju lokasi pemandian air panas jalanya naik turun, tapi relatif aman dan menyenangkan. Jangan lupa selepas mandi di pemandian air panas Gunung Torong, mencicipi beberapa kuliner khas sepanjang jalan Pandeglang menuju Kota Serang. Yuk Liburan!

Pemandian air panas Gunung Torong
Dok: Pribadi
Referensi artikel:
https://pergimulu.com/panduan-tips-pergi-liburan-ke-pandeglang/
http://www.wisatabanten.my.id/2016/07/obyek-wisata-pemandian-air-panas-gunung.html

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.