ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401), Laptop 2 in 1 Convertible Premium Untuk Para Kreator

ASUS Zenbook 14 Flip OLED

Ada data yang menarik nih! Berdasarkan penelitian yang dilakukan We Are Social dan Hootsuite, dari 274,9 juta penduduk Indonesia, sebanyak 170 jutanya merupakan pengguna aktif media sosial. Wow, banyak sekali ya, dan jumlah tersebut nyata-nyata lebih dari setengah penduduk Indonesia. Tidak heran jika berbagai data riset dunia sejak beberapa tahun lalu, selalu menempatkan Indonesia di posisi teratas sebagai pengguna media sosial terbanyak dan teraktif di dunia. Tidak heran jika makin banyak generasi muda yang memilih menjadi konten kreator, karena sebagian dari kreator ini menganggap bekerja dengan jam yang fleksibel itu menyenangkan.

Lantas, apakah semenyenangkan itu menjadi seorang kreator dengan jam kerja yang fleksibel atau bisa dibilang semaunya? Tentu saja tidak, meskipun kreator saat ini menjadi pekerjaan baru yang patut diperhitungkan, namun untuk sukses tentu tidaklah semudah membalik telapak tangan. Ada perjalanan panjang yang harus dilalui untuk menjadi seorang kreator yang sukses, yang karya-karya memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Salah satu kunci utama untuk sukses menjadi kreator adalah jangan mudah menyerah dan konsisten dalam menghasilkan karya yang original serta berkualitas. Bisa jadi, ada satu momentum di mana karya yang dihasilkan menarik perhatian dan menjadi terkenal.

Untuk menghasilkan karya atau konten yang berkualitas, informatif, edukatif, dan menghibur, setidaknya harus menguasai beberapa skill, seperti kemampuan untuk melakukan riset agar konten yang dihasilkan sesuai dengan tren dan kebutuhan audiens. Selain itu, seorang konten kreator harus memiliki skill manajemen waktu, apalagi jika konten yang dibuat merupakan kerjasama dengan brand atau pihak tertentu, tentunya ada tenggat waktu atau deadline yang harus dipatuhi seorang kreator. Skill lainnya yang tidak kalah penting adalah memahami SEO (Search Engine Optimization), copywriting, fotografi atau videografi, dan tentu ada tahu cara editing yang baik.

Untuk itulah, seorang kreator harus mampu belajar menggunakan tools atau aplikasi yang diperlukan agar karya yang dihasilkan original dan berkualitas. Misalnya, dalam membuat video, seorang kreator harus belajar menggunakan kamera, pencahayaan, dan belajar memakai aplikasi untuk mengedit video. Selain itu, kreator juga perlu mengulik lebih dalam tentang media sosial yang dipakai memposting karya atau konten tersebut, bagaimana algoritmanya, jam yang tepat untuk mengunggah konten, dan fitur yang tersedia pada sosial media itu.

Apakah sesulit itu menjadi seorang kreator? Sebenarnya tidak juga, tapi memang ada perjalanan cukup panjang yang harus dilalui untuk menjadi kreator sukses. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak ahli yang menyarankan para kreator memilih membuat konten sesuai passion. Jika kreator berkarya dengan bidang atau tema yang disukai, maka konten yang dibuat akan maksimal, karena dikerjakan dengan perasaan senang dan bahagia. 

Nah, seorang kreator pastinya akan lebih bahagia jika kerja kreatifnya di dukung oleh perangkat terbaik, dimana salah satu perangkat pendukung tersebut adalah laptop. Kreator tidak hanya sekadar membutuhkan laptop biasa, tetapi kreator membutuhkan laptop yang dirancang dan dilengkapi fitur khusus untuk para kreator. Apakah laptop jenis ini sudah tersedia di Indonesia? Tenang, sudah pasti ada karena di Indonesia saat ini sudah tersedia ASUS Creator Series yang telah dirancang khusus untuk menunjang kebutuhan dan produktivitas para konten kreator, salah satunya adalah ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401). 

Acara ASUS Blogger Gathering 2023, Di Lampoh Coffee BSD City

Hari itu, tanggal 12 November 2023, jelang siang saya berangkat menuju kawasan BSD City dan seperti biasa menggunakan moda transportasi umum shuttle bus dari perumahan tempat tinggal saya, yaitu Citra Raya Cikupa Tangerang. Senang rasanya karena ini adalah kesempatan berikutnya untuk hadir dalam acara ASUS Micro Gathering 2023, yang untuk kali ini diadakan di Restoran Lampoh atau Lampoh Coffee, BSD City.

Lampoh Cofee

Oh iya, acara ini terselenggara berkat kolaborasi antara ASUS Indonesia dengan kak Katerina yang mengajak para blogger untuk merasakan langsung pengalaman menggunakan produk-produk laptop ASUS, yang kali ini adalah ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dan ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401). Tahukan kalau dua varian laptop ini memiliki spesifikasi yang mumpuni sesuai dengan peruntukkannya, di mana ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) secara khusus didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan belajar para siswa, sedangkan ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) merupakan laptop ASUS Creator Series yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan para kreator. Seperti apa spesifikasi mumpuni dari ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401), berikut ulasan lengkapnya.

ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401), Laptop 2 in 1 Convertible Premium Untuk Para Kreator

ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) merupakan sebuah laptop 2-in-1 convertible premium dengan desain ultra-thin, yang hadir sebagai "kanvas digital powerful" untuk para kreator dalam menghasilkan karya terbaiknya. Selain dibekali dengan spesifikasi dan fitur premium, ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) telah dirancang secara khusus sehingga dapat memberikan fleksibilitas dan keleluasaan penuh bagi para kreator ketika berkarya. Tidak heran jika laptop 2 in 1 ini masuk dalam jajaran lini produk ASUS Creator Series.

ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401)

Laptop ASUS hadir dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan para kreator mengekspresikan diri dengan cara kerja terbaik. Tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas sepanjang hari.

Dilengkapi Office Pre-Installed

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap - PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel, dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan semua pengguna untuk selalu memiliki akses ke fitur yang dikenal dan disukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, sofware juga akan terus mendapatkan pembaharuan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program, dan data yang dimiliki pengguna.

Desain ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401)

Dengan mengusung tiga pilar utama, yaitu portabilitas, fleksibilitas, dan kenyamanan penggunaan, membuat ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) istimewa, khususnya bagi para kreator. Dibekali dengan layar 14 inci, laptop 2 in 1 ini ternyata memiliki dimensi bodi yang sangat ringkas di mana ketebalannya hanya 1,59 cm. Dengan dimensi bodi yang sangat ringkas ini membuat Zenbook 14 Flip OLED sangat portabel dan mudah untuk dibawa bepergian. 

Engsel Ergolift 360 derajat Zenbook 14 Flip OLED

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi para kreator untuk merasa kesulitan membuat karya terbaik dari mana saja dan kapan saja. Bahkan saat melakukan traveling sekalipun. Desain bodi ASUS Zenbook 14 Flip OLED ini juga sangat ergonomis, membuat para kreator dengan mudah bisa menggunakannya di berbagai situasi termasuk saat digunakan dalam mode tablet. 

Stylus ASUS Pen

Laptop 2 in 1 dari ASUS Creator Series ini memang merupakan kanvas digital dengan potensi tidak terbatas. Untuk memaksimalkan karya kreatifnya, para kreator bisa memanfaatkan layar sentuh (touchscreen) beresolusi tinggi 2,8K (2880 x 1800) dengan engsel Ergolift yang dapat diputar 360°. Untuk makin memaksimalkan kerja kreator menggunakan Zenbook 14 Flip OLED sebagai kanvas digital powerful, dibekali stylus ASUS Pen yang mendukung 4096 pressure-level.

ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) Lebih Powerful Dengan Prosesor 11th Gen Intel® Core™

Para kreator pastinya butuh kerja cepat ketika berkarya atau saat menghasilkan konten yang berkualitas. Untuk memaksimalkan kinerjanya sebagai laptop para kreator, ASUS Zenbook 14 Flip OLED ditenagai oleh prosesor powerful 11th Gen Intel® Core™. Untuk varian tertingginya yang menggunakan Intel® Core™ i7-1165G7 hadir dengan konfigurasi prosesor 4 core dan 8 thread yang dapat dipacu hingga 4,7GHz. Prosesor modern ini juga dibekali dengan fitur konektivitas yang sangat komperhensif, mulai dari dukungan terhadap WiFi 6 hingga Thunderbolt™ 4.

Bagi yang belum mengetahuinya, Port Thunderbolt™ 4 menawarkan fleksibilitas penggunaan terbaik. Port serba guna ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mengisi daya baterai melalui fitur USB power delivery, hingga menghubungkan laptop dengan monitor eksternal beresolusi tinggi atau kartu grafis eksternal.

Prosesor Powerful Zenbook 14 Flip OLED

Thunderbolt™ 4 menawarkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, yaitu hingga 40Gbps. Kecepatan transfer data tersebut membuat Thunderbolt™ 4 dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat kelas profesional, salah satunya adalah penyimpanan eksternal kecepatan tinggi.

Lini prosesor 11th Gen Intel® Core™ bukan sekadar prosesor biasa. Ia juga dibekali dengan chip grafis terintegrasi Intel® Iris® Xᵉ. Chip grafis tersebut memiliki performa pemrosesan yang lebih baik dibandingkan seri chip grafis generasi sebelumnya serta tampil dengan efisiensi yang lebih tinggi. Chip grafis Intel® Iris® Xᵉ yang hemat daya juga membantu Zenbook 14 Flip OLED untuk dapat digunakan lebih lama tanpa harus terhubung ke sumber listrik.

ASUS OLED, Teknologi Layar Terbaik Untuk Kreator Dari Zenbook 14 Flip OLED

Zenbook 14 Flip OLED merupakan salah satu jajaran laptop ASUS yang dibekali layar ASUS OLED. Teknologi layar tersebut menggabungkan keunggulan panel OLED yang dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten. ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care, dimana fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dapat dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. 

Teknologi Layar ASUS OLED

Inovasi inilah yang membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. Sebagai bukti kualitas, layar ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Teknologi layar ASUS OLED ini juga sangat peduli dengan kesehatan mata anak-anak, karena mata anak-anak belum sepenuhnya berkembang. Dengan lensa dan kornea mata yang masih rentan, cahaya biru yang berbahaya dapat menembus mata dengan lebih mudah. Jika hal ini tidak segera diantisipasi maka akan berpotensi menyebabkan penuaan dini pada retina.

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan, pada mata anak-anak yang berusia lima tahun, sekitar 60% dari emisi cahaya biru yang diterima melewati retina, sedangkan pada orang dewasa terutama yang berusia 60 tahun hanya sekitar 20%. Dengan teknologi layar ASUS OLED, cahaya biru yang berbahaya tersebut dapat diminimalisir bahkan dikurangi secara drastis sehingga dapat dikatakan ASUS OLED sangat peduli dengan kesehatan mata anak dan anak bisa menggunakan laptop tanpa merasa khawatir akan menganggu kesehatan mata dalam jangka panjang.

ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) Fleksibel dan Nyaman Digunakan

Untuk menghadirkan laptop yang sangat fleksibel atau dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, Zenbook 14 Flip OLED juga harus dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni dan opsi konektivitas port yang lengkap selain tentu saja telah ditenagai oleh prosesor powerful 11th Gen Intel® Core™. Zenbook 14 Flip OLED mengandalkan penyimpanan PCIe 4.0 SSD yang memiliki kecepatan baca dan tulis sangat tinggi. Penggunaan PCIe 4.0 SSD membuat berbagai aplikasi kreatif dapat berjalan lebih gesit dan memiliki waktu loading yang sangat singkat. 

Laptop 2 in 1 Zenbook 14 Flip OLED

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan multitasking, Zenbook 14 Flip OLED dibekali dengan RAM LPDDR4X berkapasitas hingga 16GB yang sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan para kreator. Semua itu membuat Zenbook 14 Flip OLED tampil sebagai salah satu laptop convertible paling fleksibel mulai dari desain hingga pengalaman penggunaannya.

Kenyamanan saat mengetik tentu adalah hal yang utama, dan seperti laptop ASUS lainnya, ASUS Zenbook 14 Flip OLED juga dirancang agar selalu nyaman dan mudah untuk digunakan. Keyboard-nya menggunakan desain edge-to-edge yang memaksimalkan ruang yang ada. Desain tersebut juga membuat tombol di keyboard memiliki ukuran yang lebih besar sehingga memudahkan pengguna saat mengetik. Tidak hanya itu, Zenbook 14 Flip OLED juga dibekali touchpad berukuran lebih besar dari pendahulunya. Touchpad tersebut dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0 untuk pengguna yang membutuhkan tombol numpad.

Fitur NumberPad 2.0 ASUS Zenbook 14 Flip OLED

Bagaimana dengan keamanannya? Tenang, tidak perlu khawatir karena laptop 2 in 1 ini sudah dibekali dengan sistem biometrik menggunakan sensor sidik jari (fingerprint sensor) yang untuk series ini telah terintegrasi dengan Windows Hello. Nah, fitur sensor sidik jari ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke dalam sistem tanpa repot mengetikkan password, apalagi fitur keamanan ini disematkan pada power button. Peletakkan fitur ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna saat akan beraktivitas menggunakan laptop. Apalagi kreator terkadang harus menggunakan laptop di mana saja dan kapan saja, tanpa terbatas tempat dan waktu.

Asus Zenbook 14 Flip OLED juga dilengkapi dengan opsi konektivitas port yang sangat lengkap, yaitu:
  • Port Thunderbolt™ 4 USB Type-C,
  • Koneksi Nirkabel WiFi 6,
  • USB Type-A,
  • 3,5mm Combo Audio Jack,
  • HDMI.
Opsi Konektivitas ASUS Zenbook 14 Flip OLED

Konektivitas yang lengkap sangat penting bagi para kreator sehingga mereka dapat menghubungkan berbagai perangkat pendukung dengan mudah tanpa harus menggunakan dongle. Tidak hanya fleksibel, Zenbook 14 Flip OLED juga nyaman dan mudah digunakan.

Audio ASUS Zenbook 14 Flip OLED

Untuk kualitas audio, jelas tidak tertandingi karena Zenbook 14 Flip OLED memiliki sistem suara stereo yang disertifikasi oleh para ahli audio di Harman Kardon. Audio yang powerful ini memberikan suara yang kuat dan imersif yang sejernih kristal. Dukungan audio yang super powerful ini pastinya membantu kreator membuat karya atau konten yang lebih berkualitas, selain tentu saja untuk hiburan dan berkomunikasi.

Dengan sederet keunggulan dan spesifikasinya yang mumpuni untuk digunakan para kreator ketika berkarya. ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) dibanderol Rp18.799.000 (Core i5 / 8GB RAM / 512GB PCIe 4.0 SSD) dan Rp23.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / 1TB PCIe 4.0 SSD).

Spesifikasi lengkap ASUS Zenbook 14 Flip OLED
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

18 komentar untuk "ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401), Laptop 2 in 1 Convertible Premium Untuk Para Kreator"

Comment Author Avatar
ASUS Zenbook 14 Flip OLED memang keren banget sih spesifikasinya, apalagi sekarang fingerprint sensor udah terintegrasi dengan power button, jadi lebih mudah dan cepat aksesnya
Comment Author Avatar
Wah ini bisa dipake kayak laptop ya, ada stylus ASUS Pen juga, jadi pingin beli soalnya butuh banget laptop yang bisa dipakai buat gambar.
Comment Author Avatar
Asus emang andalan ya mbak. Banyak bgt pilihan laptop sesuai kebutuhan dan budget. Laptop aku 3-3nya Asus.
Comment Author Avatar
Setuju banget, kreator harus belajar menggunakan tools atau aplikasi yang diperlukan agar karya yang dihasilkan original dan berkualitas. Konten karya kita akan terlihat lebih menarik
Comment Author Avatar
spesifikasi laptop ini superrr mencengangkan 💯💃
pengiiinn punya satu nih mba 🤩 karena ASUS selalu ngertiin kebutuhan kita yah
Comment Author Avatar
Lengkap banget spek Asus Zenbook 14 ini Mbak. Bisa flip gitu jadi ringkas banget, bisa ngonten dari mana saja. Yang penting internet lancar yah...
Aku kasih tahu anak ah...Kemarin ini dia ke toko komputer, tanya-tanya mau ganti laptop nih...
Masih bingung yang mana...
Comment Author Avatar
Wow, auto naksir! Spesifikasinya keren banget nih, Kak Mutia. Unik juga, jarang-jarang nemu laptop ada NumberPad-nya.
Comment Author Avatar
Nyaman banget punya laptop tapi sekaligus bisa jadi tablet dan bisa touch screen.
Kalau dibawa kemana-mana juga jadi lebih simple yaa.. mau dipakai menulis dengan keyboard ataupun stylush-nya.
Cakep banget ASUS Zenbook 14 Flip OLED.
Comment Author Avatar
Selain pengguna medsos paling banyak, netizen Indonesia juga distasbihkan sebagai yang paling berisik di dunia maya. BTW Asus ini emang kerenabist bantu banget para kreator untuk menghasilkan karya-karyanya
Comment Author Avatar
Senang banget bisa kumpul bareng sesama Blogger, apalagi di event keren kaya gini. Asus memang bisa diandalkan untuk bekerja ya, mba, apalagi yang tipe flip layar oled dari seri zenbook up5401 ini, jadi mupeng, hehe.
Comment Author Avatar
ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) memang impian semua konten kreator agar makin kreatif dan produktif membuat konten
Comment Author Avatar
Intip spek Zenbook 14 Flip OLED ini ikut terpesona rasanya. Memang laptop yang pas untuk kreator ini ya Mbak. Isi dapurnya mewah dan powerful. Belum lagi screennya yang bisa dilipat2, pas banget untuk dibawa-bawa ketika harus presentasi di depan klien.
Comment Author Avatar
Cakep banget nih ASUS Zenbook 14 Flip OLED, aku jadi jatuh cinta, nyaman ya dipakainya, lega ya pakai ini
Comment Author Avatar
ASUS Zenbook 14 Flip OLED keren banget spesifikasinya, apalagi sekarang fingerprint sensor udah terintegrasi dengan power button, jadi lebih mudah dan cepat aksesnya. Hebat

Balas
Comment Author Avatar
Baca detil speknya beneran pas nih buat para kreator, sungguh mupeng dibuatnya. Dengan sederet keunggulan dan spesifikasinya yang mumpuni mendukung berkarya nih ASUS Zenbook 14 Flip OLED.
Comment Author Avatar
Pas bener lagi cari-cari perangkat yang cocok bisa sambil ngedit dan ngerjain kerjaan ❤️ speknya juga oke
Comment Author Avatar
SUka banget dengan desainnya apalagi flip modelnya cantik banget, cocok banget buat para content creator ya mba, speknya juga sangat bagus, worth it banget buat ganti laptop ke model ini
Comment Author Avatar
Keren banget, naksir bener sama Asus versi Flip Oled ini. Tampilannya cerah, mudah dibawa, flexible dan tentu saja multiguna