Luncurkan Laporan Keberlanjutan, Wujud Komitmen Transparansi Danone Specialized Nutrition Indonesia

Danone Sepecialized Nutrition Indonesia

Aisha adalah putri bungsu saya yang mengalami alergi susu sapi karena saya dan suami memiliki riwayat alergi yang diturunkan dari keluarga besar. Dari ketiga anak saya, memang hanya Aisha yang mengalami reaksi alergi jika mengonsumsi susu sapi, dan kedua kakaknya hanya bereaksi alergi jika ada makanan tertentu yang mereka konsumsi. Kondisi ini jelas membuat saya harus memberikan treatment yang berbeda untuk Aisha, yang setiap kali mengonsumsi susu sapi selalu muncul ruam merah gatal dan diare, dua gejala alergi yang sangat saya kenali karena ketika masih kecil saya pun mengalaminya. Setelah gejala alergi tersebut muncul berulang kali setiap kali mengonsumsi susu sapi, akhirnya saya konsultasikan ke dokter anak, dokter yang juga menangani alergi 2 kakak Aisha lainnya.

Setelah berulang kali berkonsultasi, akhirnya dokter mengambil kesimpulan jika Aisha sama sekali harus berhenti mengonsumsi susu sapi dan beberapa jenis makanan lain turunan dari susu sapi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Aisha di masa pertumbuhan saat itu, dokter merekomendasikan SGM Eksplor Soya yang kini memiliki nama produk baru, yaitu SGM Eksplor Advance+ Soya dengan nutrisi yang lebih lengkap. Pengalaman positif tumbuh kembang Aisha yang optimal selama mengonsumsi SGM Eksplor Soya inilah yang membuat saya sangat gembira ketika mendapat undangan dari Danone Specialized Nutrition Indonesia, tanggal 12 Februari 2020 lalu, di Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Danone Specialized Nutrition Indonesia
Foto dulu sebelum berangkat bersama Mombassador SGM Eksplor
Dengan penuh semangat saya berangkat dari rumah sekitar jam 5 lewat lima belas, karena tepat jam 7 kami semua harus sudah berkumpul di titik meeting point di Gedung Cyber 2, Kuningan untuk berangkat bersama-sama menuju Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Ada 3 agenda utama dalam undangan tersebut, yaitu kunjungan ke PAUD binaan Danone Specialized Nutrition Indonesia, peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia tahun 2017-2018, dan kesempatan untuk mengikuti tour atau kunjungan secara langsung ke Pabrik Danone Specialized Nutrition Indonesia, pabrik di mana SGM Eksplor Soya yang selama beberapa tahun ini membantu asupan nutrisi yang optimal untuk Aisha, putri saya yang tidak cocok susu sapi. Bagaimana serunya acara hari itu, yuk simak cerita saya berikut ini.

Kunjungan Ke PAUD Cerdas, Binaan Danone Specialized Nutrition Indonesia

Rangkaian acara hari itu di mulai dengan kunjungan semua undangan ke PAUD Cerdas yang berada di sekitar lingkungan pabrik Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia. PAUD Cerdas ini juga merupakan binaan dari Danone SN Indonesia, tidak heran jika anak-anak yang bersekolah di PAUD ini terlihat sangat cerdas dan aktif, sama seperti nama PAUD-nya. Setelah pengalungan bunga kepada Ibu Connie Ang, selaku Presiden Direktur Danone SN Indonesia, semua undangan diberikan kesempatan untuk menikmati sajian tarian dari anak-anak PAUD Cerdas...wah melihat anak-anak yang sehat dan penuh semangat, saya jadi ingat Aisha saat seusia anak-anak ini dahulu, suka sekali kalau mendapat kesempatan tampil menari. Oh iya...anak-anak PAUD Cerdas saat menari diiringi oleh lagu yang menurut saya sangat edukatif sekali, yang berjudul "Isi Piringku" mengajarkan anak-anak sejak dini mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang nutrisinya.

Danone Specialized Nutrition Indonesia

Dalam kesempatan ini, Ibu Connie Ang mengungkapkan melalui PAUD Binaan ini diharapkan akan semakin banyak masyarakat terutama ibu-ibu yang memahami bagaimana memberikan nutrisi atau makanan yang sehat dan seimbang, serta menjelaskan komitmen Danone SN Indonesia untuk terus dukung peningkatan kesehatan masyarakat, terutama untuk anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Lebih lanjut dijelaskan jika Danone SN Indonesia juga berkomitmen untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan aspek keberlanjutan dan menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi, serta lingkungan.

Dalam sambutan selanjutnya dari pihak pengelola PAUD yang diwakili oleh Ibu Purwati, diungkapkan rasa terima kasih dari pihak PAUD Cerdas kepada Danone SN Indonesia yang telah memberikan banyak kontribusi positif untuk anak-anak yang sedang aktif-aktifnya dalam masa pertumbuhan, yang tentunya membutuhkan asupan nutrisi dan zat gizi serta media belajar yang lengkap. Anak-anak juga belajar bagaimana memilih menu yang sehat dan seimbang, karena semua undangan mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung seperti apa sih menu "Isi Piringku" yang tepat dan sesuai komposisi makanan sehat  serta Angka kecukupan Gizi untuk anak-anak usia PAUD, seperti ini:
Menu isi piringku terdiri dari, 1/2 piring terdiri dari 1/3 buah-buahan dan 2/3 sayuran. Lalu 1/2 piring terdiri dari 1/3 lauk pauk dan 2/3 makanan pokok.
Danone Specialized Nutrition Indonesia

Senangnya melihat anak-anak PAUD Cerdas lahap makannya dan tidak lupa, selain air putih juga tersedia susu, yang membantu melengkapi nutrisi yang optimal. Setelah beberapa saat ikut serta menemani dan mengabadikan adik-adik PAUD Cerdas di sesi makan bersama ditemani oleh Ibu Connie Ang serta jajaran pimpinan Danone SN Indonesia, acara kemudian dilanjutkan untuk menyaksikan secara langsung Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia di area yang berbeda, berada di dalam kawasan pabrik.

Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia Periode Tahun 2017 - 2018

Danone Specialized Nutrition Indonesia
"Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia berkomitmen untuk menjalankan perusahaan dengan menerapkan aspek keberlanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Danone SN Indonesia juga fokus untuk mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan serta berkontribusi pada kesehatan untuk jangka panjang. Danone SN Indonesia juga percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat, sesuai dengan refleksi misi Danone One Planet One Health," pernyataan Ibu Connie Ang, Selaku Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia mengawali dibukanya acara Peluncuran Laporan Keberlanjutan.
Lebih lanjut Ibu Connie Ang mengatakan bahwa Danone SN Indonesia terus mendukung perkembangan dan tumbuh kembang anak agar selalu sehat dengan cara-cara yang ilmiah, dan tentunya dengan hasil riset yang secara kontinyu terus dikembangkan oleh Danone SN Indonesia. Kedepannya, Ibu Connie Ang dan juga seluruh jajaran Danone SN Indonesia berharap tidak ada lagi anak-anak Indonesia yang tumbuh kembangnya tidak optimal karena kekurangan asupan nutrisi dan sulitnya mengakses makanan yang sehat serta bergizi. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap fokus pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia, Danone SN Indonesia hadir untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat Indonesia terutama generasi muda penerus bangsa, agar mendapatkan gizi yang terbaik sehingga nantinya mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi mereka. 

Danone Specialized Nutrition indonesia

Untuk diketahui, Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapkan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan untuk tahun 2030 mendatang, dan Danone SN Indonesia melalui berbagai aktivitasnya telah ikut berkontribusi dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, seperti yang kemudian dijelaskan oleh Bapak Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia bahwa:
  1. Laporan keberlanjutan ini mencakup 6 pilar utama yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab Danone SN Indonesia dalam hal riset dan inovasi, lingkungan, pemberdayaan komunitas, kepatuhan, kualitas, serta karyawan.
  2. Laporan keberlanjutan ini telah disusun mengikuti Pedoman Standar Pelaporan Keberlanjutan (GRI) dengan menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial.
  3. Dalam laporan keberlanjutan ini juga disebutkan kontribusi Danone SN Indonesia terhadap proses dan rantai bisnis yang bertanggung jawab, mulai dari memastikan sumber bahan makanan yang berkualitas, standardisasi kualitas, pengembangan pemasok, dan membangun kemitraan yang baik dengan peternak.
  4. Program edukasi tentang pentingnya nutrisi bagi masa depan ibu dan terutama anak-anak yang secara jangka panjang memberikan dampak positif bagi para pemangku kepentingan. Adapun program edukasi yang telah dijalankan dengan penuh tanggung jawab oleh Danone SN Indonesia diantaranya kampanye "Isi Piringku" yang telah memberikan manfaat kepada lebih dari 7.000 orangtua dan 700 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ikut aktif membantu mencegah semakin banyak anak Indonesia yang mengalami sunting, meluncurkan program Warung Anak Sehat, Rumah Bunda Sehat, dan masih banyak lagi.
  5. Danone SN Indonesia juga konsisten memberikan dampak positif terhadap karyawan yang merupakan aset penting perusahaan, antara lain dengan memberikan cuti melahirkan kepada karyawan wanita selama 6 bulan dan 10 hari bagi karyawan pria untuk menemani istrinya melahirkan sebagai bentuk dukungan untuk memberikan ASI Eksklusif. Tidak hanya itu, di berbagai kantor dan pabrik Danone SN Indonesia juga tersedia ruang laktasi dan klinik kesehatan untuk memastikan kesehatan karyawan wanita yang memiliki bayi dan sedang menyusui agar ASI yang dihasilkan berkualitas.
  6. Ikut serta secara aktif membantu menjaga keseimbangan alam agar tetap lestari, dengan cara pengelolaan air dan air limbah, kontrol emisi dan konsumsi energi, pengelolaan dan pengolahan limbah produksi, dan inisiasi green office,
Setelah dijelaskan secara panjang lebar untuk membedah isi dari laporan keberlanjutan yang hari itu diluncurkan oleh Danone SN Indonesia, narasumber berikutnya juga memiliki peran yang cukup penting terhadap laporan keberlanjutan, yaitu Ibu Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan dari AICON yang menyatakan, "Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan merupakan bentuk laporan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik perusahaan secara akuntabel. Dalam hal ini, langkah Danone SN Indonesia patut diapresiasi karena bisa mewujudkan nilai transparansi dan akuntabilitas perusahaan."

Danone Specialized Nutrition Indonesia

Hal ini sejalan dengan berbagai langkah inisiatif yang sudah dilakukan Danone SN Indonesia, menurut penuturan Bapak Karyanto Wibowo, bahwa perusahaan akan selalu bermitra dan membangun peran yang strategis bersama pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Akademisi, dan juga masyarakat. Untuk itulah di masa mendatang, Danone SN Indonesia akan terus mengkomunikasikan inisiatif sosial, ekonomi, dan lingkungan dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas dengan berkomitmen menerbitkan laporan keberlanjutan setiap 2 tahun.

Tentu saja langkah dan komitmen positif ini sangat diapresiasi berbagai pihak, salah satunya adalah mitra Danone Indonesia yang juga ikut berperan dalam pelaksanaan program keberlanjutan, yang diwakili oleh Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menyatakan rasa gembiranya karena selama ini telah ikut berkolaborasi dalam program-program keberlanjutan,, terutama program edukasi nutrisi untuk ibu dan anak Indonesia, seperti program "Isi Piringku" yang tidak hanya bertujuan memberikan edukasi makanan sehat dan seimbang kepada anak-anak, tapi juga kepada orangtua dan guru PAUD serta TK. Bersama Danone SN Indonesia, juga mengembangkan panduan gizi seimbang yang mencakup kebutuhan gizi anak serta pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Mendapat kesempatan hadir dalam acara Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia ini membuat saya banyak tahu bagaimana keras dan gigihnya usaha untuk mewujudkan kontribusi positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat, salah satunya dengan fokus kepada kesehatan ibu dan anak di Indonesia agar tumbuh menjadi Anak Generasi Maju. Danone SN Indonesia juga berkomitmen terus menjaga keberlanjutan 6 pilar utama, yaitu Riset dan Inovasi, Rantai Nilai Nutrisi, Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat, Kepatuhan Bisnis, serta Pengembangan Karyawan.

Danone Specialized Nutrition Indonesia
Momen Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia
Dukungan Danone SN Indonesia yang maksimal terhadap tumbuh kembang anak Indonesia tanpa terkecuali, terutama untuk anak-anak seperti Aisha, putri saya yang mengalami alergi susu sapi sangat membantu saya untuk tetap optimis bahwa Aisha dan anak-anak lainnya akan tumbuh dan berkembang menjadi Anak Generasi Maju yang sehat, ceria, cerdas, dan aktif, hal ini tercermin dalam salah satu bagian Laporan Keberlanjutan yang saya highlights, yaitu:
  • Produk Danone SN Indonesia didasarkan pada penelitian dan inovasi berkelanjutan oleh para ahli untuk terus memberikan nutrisi terbaik bagi seluruh anak Indonesia, tanpa terkecuali bahkan untuk anak-anak dengan kondisi kesehatan khusus sekalipun.
  • Danone SN Indonesia terus berupaya tanpa henti memberikan pendidikan gizi yang optimal kepada ibu, masyarakat, dan profesional kesehatan di seluruh Indonesia tentang pentingnya gizi, terutama untuk 3.000 Hari Pertama Kehidupan.
Untuk versi lengkapnya, Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia dapat diunduh  melalui website www.sarihusada.co.id dan www.nutricia.co.id.

Kunjungan Ke Pabrik Danone Specialized Nutrition Indonesia Di Citeureup, Bogor, Jawa Barat

Setelah mendapatkan banyak sekali penjelasan tentang Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia, semua undangan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tour mengelilingi dan melihat secara langsung pabrik Danone SN Indonesia. Ternyata tahapan pembuatan produk nutrisi untuk pertumbuhan anak dan kesehatan ibu cukup panjang dan yang pasti, selama proses produksi keamanan dan kesterilan ruang produksi serta bahan baku sangat terjaga. Bahkan, sebelum memulai tour, kami diwajibkan menggunakan rompi khusus dan menukar sepatu kami dengan sepatu khusus yang disediakan oleh pabrik. 

Selama tour, kami didampingi oleh beberapa staf khusus dari Danone SN Indonesia, yang membantu kami memahami setiap proses produksi melalui keterangan lisan yang disampaikan pemandu. Saya sungguh merasa beruntung, karena ternyata di pabrik inilah SGM Eksplor Soya yang dikonsumsi Aisha, putri saya diproduksi. Kesempatan ini sungguh sangat langka, dan harus saya manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengetahui betapa proses produksi SGM Eksplor dan beberapa produk lainnya, sangat terjaga kualitas dan keamanan produknya. Mulai dari proses produksi awal, pengiriman bahan baku secara otomatis menggunakan mesin, hingga proses packing di ruangan khusus yang tidak boleh dijangkau oleh pengunjung. Wah...jadi makin cinta dengan SGM nih!

Setelah puas berkeliling, akhirnya kami kembali ke ruang acara Peluncuran Laporan Keberlanjutan, karena sudah waktunya makan siang dan istirahat sejenak. Setelah semua undangan selesai makan dan dilanjutkan dengan Sholat Dhuhur, acara kemudian diakhiri secara simbolis oleh Ibu Connie Ang menandai diluncurkanya Laporan Keberlanjutan periode 2017 - 2018, sebagai wujud komitmen transparansi untuk mengomunikasikan keberlangsungan bisnis serta dampak sosial perusahaan. Terima Kasih Danone Specialized Nutrition Indonesia atas undangannya!

Credit Foto: Milik Pribadi dan Mombassador SGM Eksplor

30 komentar

  1. Laporan ini berarti bentuknya kyk buku yang mengelist apa saja kontribusi Danone ke masyarakat selama ini gtu ya mbak?
    Keren ya jd ada semacam transparasi juga baik ke manajemen sendiri maupun ke pihak masyarakat atau stakeholder yang ngebantuin Danone selama ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa didownload langsung melalui website nutrisi untuk bangsa atau nutricia, ada linknya di artikel. Laporan ini bentuk komitmen Danone SN Indonesia terhadap masyarakat.

      Hapus
  2. Wah, DANONE juaraaa banget deh
    Punya concern yg sangat tinggi terhadap kesehatan dan tumbuh kembang anak2 Indonesiaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tahunya cm produksi air mineral, ternyata jg ada susu jg dan SGM yg diminum anak saya jg toj

      Hapus
    2. Hahah...iya, Kontribusi Danone terhadap nutrisi memang besar banget apalagi dengan diluncurkannya Laporan Keberlanjutan oleh Danone SN Indonesia.

      Hapus
  3. Kegiatannya lengkap dan seru ya. Penasaran sama tarian isi piringku, pengen tau biar bisa ngajarin anak-anak, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anak-anak jadi cepat belajar kalau pakai tarian atau nyanyian...btw aku ada rekamannya kok mbak.

      Hapus
  4. Keren ya Danone ini komitmennya untuk membantu memenuhi nutrisi anak bangsa. Sampai dibikinkan laporannya ya biar kita tau hasilnya. Semoga tiap tahunnya bisa bertambah terus program keberlanjutannya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya mbak, dan semakin banyak perusahaan yang berkomitmen untuk transparansi terhadap aktivitas bisnisnya, seperti Danone SN Indonesia.

      Hapus
  5. Seneng banget dengan Program DAnone ini dengan mengunjungi PAUD Cerdas binaannya, melihat wajah2nya dan keceriaannya bikin melting.

    BalasHapus
  6. dengan adanya laporan Keberlanjutan ini, jadi ada komitmen transparansi untuk umum ya tentang keberlangsungan bisnis di Danone.

    BalasHapus
  7. Kontribusi Danone sangat bagus untuk peningkatan kualitas nutrisi masyarakat. Banyak program yang digelar Danone untuk memenuhi target pemberdayaan masyarakat ya. Salut banget.

    BalasHapus
  8. Laporan Berkelanjutan Danone begitu transparan dan membuat saya semakin kagum akan kontribusi Danone untuk kesehatan masyarakat

    BalasHapus
  9. Danone keren yah bun...perusahaan multinasional yang selalu memanusiakan manusia dan menganggap karyawannya sebagai aset penting perusahaan

    BalasHapus
  10. DANONE ini fokus kepada kesehatan ibu dan anak di Indonesia, yaa agar tumbuh menjadi Anak Generasi Maju. Terus terang pengen banget kepilih jadi ibu DANONE tapiii apa daya usia dah lewat juga

    BalasHapus
  11. Juara banget ya Danone ini. Tidak hanya selalu membuat produk yang berkualitas. Tetapi, komitmennya dengan gizi anak bangsa.

    BalasHapus
  12. Mantap banget kontribusi Danone untuk generasi penerus dan lainnya. Dan saya salut banget, Danone memberikan hak cuti selama 6 bulan bagi karyawan yang wanita yang melahirkan, serta 10 hari kepada karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan. Ini keren abis. Karena setahu saya masih jarang perusahaan yang memberikan hak cuti selama itu buat wanita yang melahirkan. Kebanyakan 3 sampai 4 bulan saja.

    BalasHapus
  13. Wah kontribusi Danone kepada masyarakat ini perlu banget diacungi jempol Mbak. Komitmen untuk bangsa ini dari Danone ga main-main ya. Juaraaaaa pokoknya

    BalasHapus
  14. Danone SN Indonesia ini keren banget ya, karena dia punya kegiatan yang memang untuk mencegah stunting dengan membina PAUD Cerdas. Yang bikin aku takjub adalah hampir selama 12 tahun mereka tidak pernah mengalami kecelakaan kerja. Itu pun karena memang sangat disiplin ya mbak.

    BalasHapus
  15. Keren nih program CSR menyentuh masyarakat kecil, semoga makin banyak yang dibantu oleh Danone, anak-anak Indonesia semakin sehat dan cerdas aamiin

    BalasHapus
  16. Keren banget kepedulian Danone akan nutrisi di Indonesia ini. Tidak hanya mempersembahkan produk yang berkualitas tapi juga menyediakan berbagai program pendukungnya. Salut!

    BalasHapus
  17. Keren ya Danone. Program CSR-nya banyak. Mana berkelanjutan pula. Semoga nanti semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat dari program-program CSR ini.

    BalasHapus
  18. Semoga program Danone memberikan panduan gizi seimbang yang mencakup kebutuhan gizi anak serta pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat bisa bermanfaat bagi masyarakat

    BalasHapus
  19. Salut untuk Danone yang terus melakukan hal-hal positif bagi kemajuan generasi muda Indonesia.

    BalasHapus
  20. Senang sekali bisa jalan-jalan dan belajar di pabrik Danone. Karena produknya yang selalu menyediakan yang terbaik untuk kesehatan. Ternyata alhamdulillah, program CSRnya pun banyak dan bermanfaat bagi lingkungan yaa..

    BalasHapus
  21. Aih..keren dan salut ih sama komitmen kepeduliannya Danone. Emang udah dari dulu deh kayaknya Danone ini fokus dengan urusan nutrisi di Indonesia.

    BalasHapus
  22. Mbak, isi piringku yang 1/2 piring terdiri dari 1/3 buah-buahan dan 2/3 sayuran. Lalu 1/2 piring terdiri dari 1/3 lauk pauk dan 2/3 makanan pokok ini untuk anak usia berapa ya? Kalau dewasa apa sama pembagian porsinya seperti ini?

    BalasHapus
  23. Danone salah satu perusahaan yang concern ya dg isu lingkungan yang berkelanjutan. Bagus nih. Semoga ditiru banyak perusahaan lain

    BalasHapus
  24. Danone ini emang layak dapat acungan jempol. Orientasinya nggak cuma sekadar profit tapi juga serius menunjukan kommitmen, tanggung jawab dan kepedulian pada mansyarakat dan lingkungan. Salut deh aku.

    BalasHapus
  25. Asik banget acaranya sayang waktu itu ga daftar krn hari kerja kegiatannya, ga ada yg antar jemput anak sekolah. Salut buat Danone yg konsisten dengan kegiatan sosialnya

    BalasHapus