7 Rekomendasi Skincare Merek Lokal yang Aman Untuk Semua Jenis Kulit

rekomendasi skincare merek lokal


Deretan skincare merek lokal yang tersusun rapi di rak-rak supermarket atau pusat perbelanjaan kian hari semakin bertambah banyak. Hal ini menandakan, pasar skincare merek lokal kini mulai berkembang pesat, sejalan dengan makin tingginya tingkat kesadaran masyarakat terutama kaum wanita untuk menjaga kesehatan kulitnya ditengah cuaca serta suhu yang terasa makin ekstrim. Tidak hanya wanita dewasa yang memang membutuhkan skincare untuk menjaga kulit wajahnya agar tetap sehat, remaja putri pun kini sudah mulai tersadarkan akan pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah sejak dini. 

Besarnya peluang pasar skincare di Indonesia membuat banyak merek atau brand skincare luar negeri yang masuk ke pasar Indonesia. Namun, membanjirnya skincare merek luar negeri tidak serta merta menurunkan konsumsi skincare merek lokal di Indonesia lho. Buktinya, jumlah skincare merek lokal pun dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan dengan kualitas yang tidak kalah dengan brand luar lainnya. Hal ini membuktikan, banyak wanita Indonesia yang lebih memilih menggunakan skincare merek lokal untuk merawat kesehatan kulit wajahnya.

Di lansir dari databoks.katadata.co.id, menurut survei populix pada Juli 2022, preferensi konsumen Indonesia untuk memilih brand lokal cukup tinggi. Dari 500 perempuan yang disurvei, sebanyak 54% mengaku memilih brand lokal untuk kosmetiknya. Sementara 11% responden memilih brand internasional, dan sisanya sebanyak 35% tidak memiliki preferensi terhadap asal brand kosmetik yang dipakainya. Dari data ini terlihat jelas bahwa jumlah konsumen Indonesia yang lebih memilih skincare merek lokal masih lebih banyak, yang artinya pasar skincare masih berbentang luas. Tinggal bagaimana skincare merek lokal tersebut terus berinovasi agar menghasilkan produk skincare yang kualitasnya tidak kalah dengan merek internasional.

7 Alasan Mengapa Wanita Indonesia Cenderung Senang Memilih Skincare Merek Lokal

1. Lebih Cocok Untuk Kulit Wanita Indonesia

Pastinya semua tahu kalau iklim di Indonesia adalah iklim tropis. Itu artinya, iklim di Indonesia tergolong hangat cenderung panas dan lembap di sepanjang tahunnya. Dengan kondisi iklim tropis tersebut, Indonesia hanya mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Selain sangat dipengaruhi oleh iklim, wanita Indonesia juga dikenal memiliki jenis kulit yang beragam, seperti kulit kuning langsat, kulit hitam, kulit sawo matang, dan kulit putih. Kulit putih pun masih terbagi lagi mulai dari putih susu hingga putih gading. 

Dengan kondisi iklim dan beragam jenis kulit, tidak heran jika wanita Indonesia membutuhkan skincare yang benar-benar tepat dan sesuai dengan jenis kulitnya. Belum lagi, ada tipe kulit yang cenderung sensitif, kering, berminyak, kombinasi, dan sebagainya. Itu artinya, wanita Indonesia membutuhkan skincare yang memang diformulasikan untuk membantu merawat kulit yang memang secara khusus dibuat oleh skincare merek lokal. Hal inilah yang membuat banyak wanita Indonesia lebih cocok dan memilih skincare merek lokal. Apalagi kualitas skincare merek lokal kini tidak kalah dengan merek internasional lho!

2. Mudah Di Beli Dengan Harga Lebih Murah

Nah ini salah satu alasan mengapa banyak wanita Indonesia lebih memilih skincare merek lokal dari pada skincare lainnya, karena mudah dibeli dan harga lebih murah. Apalagi saat ini banyak skincare merek lokal yang berinovasi menggunakan bahan baku dari sumber daya alam Indonesia, pastinya biaya akan jauh lebih murah karena mudah didapat. Jangan salah, Indonesia juga dikenal memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan skincare. Bahkan, sudah dilakukan berbagai riset untuk membuktikan khasiatnya. 

Penggunaan bahan baku lokal tentu akan memangkas biaya produksi, sehingga harga produk akan jauh lebih murah. Selain itu, skincare merek lokal pastinya tidak akan dikenakan biaya bea cukai sehingga harganya akan jauh lebih bersahabat dengan kantong wanita Indonesia. Tidak heran jika banyak ibu rumah tangga dan pelajar yang lebih memilih skincare merek lokal untuk merawat dan mengatasi masalah kulitnya. Pembeliannya juga mudah, karena berbagai skincare merek lokal sudah tersedia di berbagai e-commerce dan dapat dibeli secara online dari mana saja. Selain itu, juga tersedia diberbagai supermarket, minimarket, hingga toko-toko yang menjual secara tradisional.

3. Menggunakan Bahan-Bahan Unggulan Dari Indonesia

Jika ditelusuri lebih jauh, bahan-bahan yang digunakan skincare merek luar dengan merek lokal sebenarnya tidak jauh berbeda. Coba bandingkan ingredients atau bahan aktifnya, pasti akan menemukan bahan-bahan yang tidak jauh berbeda sehingga kualitas skincare merek lokal tidak perlu diragukan lagi. Sebagai contoh, banyak brand asing yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar scrub untuk eksfoliasi kulit, dan ternyata Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar serta terbaik di dunia. 

skincare merek lokal
Foto: Freepik.com

4. Sudah Mendapat Izin Edar dari BPOM dan Tersertifikasi Halal

Tujuan menggunakan skincare tentu ingin mendapatkan kulit yang lebih sehat. Lalu, apa jadinya jika skincare yang digunakan mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Nah, inilah mengapa banyak wanita Indonesia yang memilih skincare merek lokal untuk merawat kulitnya, karena sudah terdapat label BPOM dan Halal. Dengan adanya sertifikasi halal dalam produk tersebut, maka skincare merek lokal akan lebih aman dan nyaman saat digunakan. Jadi bagi yang ingin menggunakan skincare termasuk merek lokal, jangan pernah abaikan untuk mengecek label BPOM dan logo halal ya!

5. Packaging Skincare Merek Lokal Makin Bagus dan Unik

Ada banyak faktor yang membuat seseorang tertarik membeli skincare, salah satunya adalah packaging atau kemasan skincare tersebut. Saat ini, sudah banyak skincare merek lokal yang memiliki kemasan atau packaging tidak hanya menarik dan bagus, tapi juga unik. Tidak heran jika skincare merek lokal kini makin diminati konsumen khususnya wanita Indonesia. Bahkan, kemasan skincare merek lokal untuk remaja banyak yang didesain dengan bentuk yang lucu-lucu lho, khas remaja. Ini membuktikan bahwa dari segi packaging atau kemasan, skincare merek lokal tidak kalah lho dengan merek internasional.

6. Ramah Lingkungan

Pengguna skincare harus memiliki kepedulian terhadap lingkungan agar tetap lestari. Untuk itu, hindari penggunaan produk yang sama sekali tidak mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan. Apalagi kini sudah cukup banyak skincare merek lokal yang menyuarakan kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan di masa depan. Pilihlah skincare merek lokal yang hadir dengan konsep sustainable dan lebih ramah lingkungan, serta memiliki jalur distribusi lebih pendek agar tidak menghasilkan terlalu banyak emisi karbon.

7. Peran Media Sosial dan e-commerce

Hayoo...ngaku siapa yang suka nonton live atau konten yang membahas skincare merek lokal di media sosial dan e-commerce. Harus diakui, media sosial memainkan peran cukup strategis untuk mendukung perkembangan skincare merek lokal di Indonesia. Seringnya pengguna media sosial berbagi pengalaman dan tutorial menggunakan skincare merek lokal, membuat banyak orang terutama wanita Indonesia merasa tertarik dan ingin mencobanya juga. Apalagi jika konten yang dibagikan relate dengan masalah kulit yang sedang dilalami, biasanya konten tersebut akan dibanjiri komentar yang antusias dengan produk skincare tersebut.

Perkembangan fitur e-commerce yang memungkinkan penjual online atau influencer melakukan live, entah sekadar untuk promosi, berbagai tutorial menggunakan skincare, atau pengalaman menggunakan skincare tersebut membuat penonton terpaku hingga akhirnya tertarik untuk membeli produk skincare tersebut. 

Cara pemasaran inilah yang sedang gencar dilakukan berbagai skincare merek lokal, sehingga memancing banyak orang terutama wanita Indonesia ingin mencobanya juga. Di tambah lagi skincare merek lokal yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam industri skincare Indonesia sampai saat ini masih ada beberapa yang eksis. Tidak bisa dipungkiri, pengalaman masa lalu dan nostalgia membuat banyak wanita Indonesia masih tetap setia menggunakannya. Apalagi sekarang pembelian sangat mudah, bisa dilakukan secara online.

Bagaimana? Sudah tahu akan alasan mengapa skincare merek lokal sampai saat ini masih berjaya dan memiliki banyak penggemarnya, apalagi ditunjang kualitasnya yang makin hari tidak kalah dengan merek luar. Tapi yang pasti, skincare merek lokal sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit wanita Indonesia lho. Tapi setelahnya muncul masalah lagi, bagaimana memilih skincare yang aman untuk semua jenis kulit, diantara banyaknya skincare merek lokal yang bermunculan akhir-akhir ini. Bahkan, ada beberapa skincare merek lokal yang tergolong sudah cukup lama, saat ini mengeluarkan varian skincare baru untuk mengikuti tren skincare saat ini. Berikut Rekomendasinya!

7 Rekomendasi Skincare Merek Lokal yang Aman Untuk Semua Jenis Kulit

Apa nih permasalahan kulit yang sedang dialami? Apakah kulit terlihat kusam dan tidak merata, terdapat noda hitam bekas jerawat yang membuat penampilan tidak fresh, kulit kering dan kemerahan, atau beragam masalah lainnya yang membuat seseorang tidak percaya diri. Tentu untuk mendapatkan hasil terbaik, kunci pertama adalah memilih skincare merek lokal yang sesuai dengan jenis kulit. Tahu kan! Kalau ada lima jenis kulit, yaitu kulit kering, berminyak, normal, kombinasi, dan sensitif. 

skincare aman untuk semua jenis kulit
Foto: Canva.com

Lalu, adakah skincare merek lokal yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit? Pasti ada, tapi sebelum memilihnya pastikan tahu komposisi atau kandungan bahan aktif dari skincare merek lokal tersebut ya, agar terhindar dari risiko alergi akibat kandungan skincare yang tidak tepat. Berikut 7 rekomendasi skincare merek lokal yang aman untuk semua jenis kulit.

Skincare Merek Lokal Wardah

Skincare merek lokal yang satu ini memiliki banyak sekali penggemar, mulai dari remaja hingga orang dewasa, dan bisa dibilang menjadi salah satu brand yang sukses terus berinovasi menciptakan berbagai produk skincare sesuai tren. Bagi yang belum tahu, brand yang berdiri sejak 1995 ini, merupakan brand kosmetik dan skincare merek lokal yang pertama kali mendapatkan sertifikat halal. Tidak hanya produk skincare, Wardah juga mengeluarkan berbagai produk bodycare, haircare, dan make up, tidak heran jika sampai saat ini Wardah masih eksis berdiri bahkan sudah melebarkan jaringan pemasarannya hingga ke beberapa negara. Wah, brand lokal yang satu ini sudah mendunia lho!

Hadirnya Wardah membuat wanita Indonesia tidak perlu bingung memilih skincare merek lokal yang aman untuk semua jenis kulit, karena Wardah memiliki produk perawatan diri atau skincare yang sangat lengkap, mulai dari pembersih wajah, toner, serum, sabun wajah, pelembab, masker wajah, scrub wajah, micellar water, krim wajah, krim mata, hingga essence. Tidak perlu khawatir soal keamanan produknya, karena eksisnya brand Wardah selama puluhan tahun membuktikan bahwa selain dijamin aman, produk wardah juga berkualitas dan diproses dengan teknologi tinggi.

Skincare Merek Lokal Emina

Ayo remaja putri yang punya beragam masalah kulit wajah merapat! Emina merupakan salah satu skincare merek lokal yang dekat dengan para remaja Indonesia hadir dengan konsep playful. Meskipun masih satu perusahaan dengan Wardah, namun brand Emina menyasar kelompok pengguna skincare dengan segmen yang berbeda, karena Emina cenderung lebih ditujukan untuk remaja putri. Identik dengan brand untuk remaja, membuat Emina ingin mengenalkan konsep baru, yang intinya mengajak para remaja untuk lebih percaya diri, bisa menerima dan mencintai dirinya.

Sama seperti kakak perempuannya, brand Emina bisa dibilang memiliki rangkaian produk perawatan diri atau skincare yang cukup lengkap, tentunya dengan packaging atau kemasan yang khas remaja. Emina hadir sebagai sahabat terdekat para remaja putri yang sedang dalam masa pertumbuhan dan kerap mengalami berbagai masalah kulit wajah, terutama jerawat. Skincare merek lokal khas remaja ini ingin memperkenalkan standar baru dalam kecantikan khususnya para remaja, apapun warna dan jenis kulit yang dimiliki, hal paling penting adalah memiliki kulit sehat.

Skincare Merek Lokal Avoskin

Siapa nih yang sudah mendengar atau bahkan sudah menggunakan brand Avoskin? Bagi pengguna media sosial, pasti tidak asing lagi dengan skincare merek lokal yang satu ini, bahkan sempat viral lho! Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2014, Avoskin mengusung konsep green dan clean beauty. Adapun konsep ini menghadirkan produk-produk kecantikan dengan pendekatan sustainability, mulai dari konsep, pemasaran, hingga produk sampai ke pengguna...keren kan! Untuk produknya sendiri, semuanya diformulasikan dengan konsep natural-science ingredients, dengan menggunakan bahan natural seperti esktrak kiwi, aloe vera, tea tree, mandarin orange, dan lainnya.

Skincare merek lokal yang satu ini mengeluarkan beragam skincare yang aman digunakan untuk semua jenis kulit, salah satunya adalah produk serum yang bernama Your Skin Bae, yang hadir dalam beberapa varian dengan komposisi bahan aktif alami. Selain serum, Avoskin telah mengeluarkan banyak sekali produk skincare yang hampir semuanya digemari wanita Indonesia bahkan beberapa mendapat penghargaan lho, diantaranya Miraculous Refining Toner, Miraculous Refining Serum, Natural Sublime Facial Cleanser, Intensive Nourishing Eye Cream, dan masih banyak lagi.

Skincare Merek Lokal Somethinc

Jangan salah yah, Somethinc adalah skincare merek lokal, karena banyak orang mengira skincare ini adalah brand luar. Salah satu produk skincare Somethinc yang sangat viral dikalangan pemburu skincare adalah produk serum. Ternyata tidak hanya serum, karena saat ini Somethinc sudah mengeluarkan banyak sekali produk skincare yang aman dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan oleh kulit sensitif sekalipun. Adapun produk skincare Somethinc diantaranya adalah Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol, Somethinc Bakuchiol Oil Serum, Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum, Somethinc Ceramic Saviour Moisturizer, dan sebagainya.

Somethinc merupakan salah satu produk skincare merek lokal yang sudah BPOM dan Halal, sehingga aman digunakan. Hadir dengan harga yang cukup terjangkau, namun untuk urusan kualitas jangan diragukan, hal ini terlihat dari komposisi produk yang tidak kalah dengan brand skincare lokal lainnya bahkan brand luar. Nah, bagi yang memiliki beragam masalah pada kulit wajah, mencoba produk skincare Somethinc bisa menjadi solusi terbaik dan cocok sekali digunakan untuk generasi muda.

Skincare Merek Lokal ElsheSkin

Bagi sebagian penggemar skincare, brand ElsheSkin tentu tidak asing lagi. ElsheSkin adalah salah satu skincare merek lokal yang memang diciptakan khusus untuk kulit wanita Indonesia. Ada berbagai produk skincare yang secara konsisten dikembangkan ElsheSkin untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah yang kerap dialami wanita Indonesia, terutama masalah jerawat. Tidak heran jika ElsheSkin kerap mendapatkan penghargaan untuk kategori skincare dengan produk-produknya yang berkualitas. 

Cyntha Octavia, Founder dan CEO ElsheSkin mengatakan, ElsheSkin akan terus berinovasi menciptakan sesuatu yang baru agar bisa membantu wanita Indonesia mengatasi masalah kulitnya. Ada beberapa produk skincare merek lokal ElsheSkin yang aman untuk semua jenis kulit, diantaranya Daily Boost Antioxidant Serum, Retinol Rejuvenating Night Serum, Radiant Skin Serum, Acne Care Serum, Eye serum Eyessential Night, Hydra Boost Oil Free Moisturizer, dan masih banyak lagi produk skincare ElsheSkin yang bisa dipilih sesuai masalah kulit yang dialami.

Skincare Merek Lokal Sensatia Botanicals

Sudah pernah mencoba atau masing asing dengan produk skincare merek lokal yang satu ini? Bagi yang belum mengetahuinya, Sensatia Botanicals merupakan salah satu brand lokal yang sudah ada sejak tahun 2000. Saat awal diluncurkan, produk skincare merek lokal ini memang fokus untuk menghasilkan produk dari bahan-bahan alami. Salah satu produk awal yang dibuat oleh Sensatia Botanicals adalah sabun mandi yang berasal dari minyak kelapa. 

Dalam perkembangannya, kini Sensatia Botanicals sudah memproduksi berbagai produk perawatan, mulai dari perawatan wajah yang aman untuk semua jenis kulit, perawatan tubuh, produk mandi, hingga produk perawatan untuk bayi. Salah satu keunggulan produk Sensatia Botanical adalah terbuat dari bahan-bahan alami pilihan tanpa penambahan zat kimia lainnya yang mungkin saja berbahaya untuk kesehatan tubuh. Harganya juga terjangkau, sehingga penggemar skincare merek lokal yang ingin mencoba produk perawatan wajah alami, bisa mencoba Sensatia Botanicals. Dengan kandungan bahan alami ini, Sensatia Botanicals pasti aman untuk semua jenis kulit ya!

Skincare Merek Lokal Saviosa

Satu lagi skincare merek lokal yang meskipun baru hadir tapi mampu bersaing dengan berbagai brand skincare yang sudah lama eksis adalah Saviosa. Bahan berkualitas, demikian yang dikatakan Michele Tanoto, CEO Saviosa saat menggambarkan bagaimana produknya selalu mendapat komentar positif, baik melalui ulasan di media sosial maupun dari pembicaraan yang secara langsung didengarnya. Saviosa mengerti betul bahwa semua wanita pasti ingin kulit wajahnya terlihat sehat dan bebas dari masalah, tapi yang menjadi problem terbesar adalah jenis kulit yang berbeda membuat konsumen harus merogoh kantong lebih dalam untuk menemukan skincare yang tepat.

Ini menjadi salah satu alasan Saviosa mengeluarkan produk skincare yang aman digunakan untuk semua jenis kulit, apapun permasalahannya. Saviosa Hydra Glow Brightening Series merupakan rangkaian skincare yang dirancang untuk memberikan solusi bagi kulit kusam dan tidak merata, membantu mencerahkan, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, serta melembapkan wajah secara menyeluruh. Semua produk Saviosa sudah menggunakan formula yang aman dan efektif, memiliki komposisi bahan alami, dan dibuat dengan teknologi canggih, sehingga produknya bisa memberikan manfaat lebih optimal.

Saviosa juga telah resmi mendapatkan izin dari BPOM RI pada Februari 2023, yang membuat produk skincare ini mulai digemari wanita Indonesia yang membutuhkan skincare aman untuk mengatasi semua masalah kulit wajahnya, tidak peduli apakah jenis kulit wajahnya berminyak, kering, normal, kombinasi, atau cenderung sensitif. Adapun produk skincare merek lokal Saviosa meliputi, Hydra Glow Toner Niacinamide + Licorice, Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica, dan Hydra Glow Cream Niacinamide + Ceramide.

Dari semua rekomendasi skincare merek lokal yang aman untuk semua jenis kulit, mana yang dipilih atau minimal sudah pernah di coba? Tapi yang pasti, skincare merek lokal kualitasnya tidak kalah kok dengan brand internasional, apalagi brand lokal sudah diformulasikan sesuai dengan jenis kulit wanita Indonesia. Penasaran mau coba skincare merek lokal berkualitas dengan harga terjangkau, ini informasinya!

Jadi, jangan ragu untuk memilih skincare merek lokal ya, sudah banyak wanita Indonesia yang membuktikan kalau brand lokal selain harganya terjangkau juga dijamin keamanannya oleh BPOM RI. Pastikan cek dulu sebelum membeli!
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

1 komentar untuk "7 Rekomendasi Skincare Merek Lokal yang Aman Untuk Semua Jenis Kulit"

Comment Author Avatar
Wow, ternyata banyak juga ya skincare merek lokal yang kualitasnya ngak kalah dengan brand luar, dulu ada namun jumlahnya belum banyak. Syukurlah sekarang makin banyak wanita Indonesia yang pilih skincare merek lokal.