5 Rekomendasi Serum Merek Lokal Untuk Kulit Wajah Sensitif

rekomendasi serum lokal untuk kulit sensitif

Waspadalah, cuaca ekstrem masih melanda sebagian wilayah Indonesia dalam beberapa bulan terakhir ini. Tidak seperti musim kemarau pada umumnya, kali ini terasa lebih kering yang dibarengi suhu panas yang lebih menyengat di kulit. Bahkan di beberapa kota besar, seperti Jakarta suhu udara tembus hingga 37 derajat celcius. Mengapa kondisi cuaca ekstrem ini bisa terjadi Indonesia? Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi ini terjadi di picu fenomena El Nino dan IOD Positif, yang menyebabkan anomali kenaikan suhu dan berkurangnya curah hujan dari kondisi normal.

Dampak cuaca ekstrem yang sudah berlangsung beberapa bulan ini akhirnya berdampak pada penurunan kesehatan tubuh, bahkan beberapa orang mulai mengalami beragam masalah pada kulit wajah terutama yang memiliki kulit wajah tipe sensitif. Bagi pemilik kulit sensitif, sengatan sinar matahari secara langsung adalah musuh utama karena bisa memunculkan beragam masalah kulit yang jika tidak dirawat dengan segera akan merembet ke masalah kulit lainnya. Tidak hanya sinar matahari, ada banyak penyebab lainnya yang yang membuat kulit wajah sensitif rentan mengalami masalah yang cukup menganggu. Berikut pembahasannya.

Kenali Ciri Kulit Wajah Sensitif dan Cara Merawatnya

Siapa nih yang memiliki kulit wajah cenderung bereaksi lebih jika terpapar oleh zat tertentu? Bisa saja orang tersebut memiliki kulit wajah dengan tipe sensitif. Bagi yang masih bingung membedakannya, kulit wajah sensitif adalah tipe kulit yang rentan mengalami iritasi setelah terpapar oleh zat tertentu. Apa saja zat-zat tersebut? Zat-zat yang sering kali menjadi pemicu iritasi pada tipe kulit sensitif adalah paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit, suhu udara yang ekstrem, polusi, serta berbagai produk skincare dan kosmetik dengan kandungan zat tertentu. Berikut beberapa ciri kulit wajah sensitif.

7 Ciri Kulit Wajah Sensitif

Agar tidak menimbulkan masalah kulit yang berlarut-larut, tentu pemilik kulit wajah sensitif harus tahu bagaimana cara merawatnya. Cara merawat kulit wajah sensitif bisa dimulai dari mengetahui apa saja sih ciri kulit wajah sensitif, seperti berikut ini.

1. Kulit Mudah Kering dan Bersisik

Umumnya, kulit wajah dengan tipe sensitif memiliki tingkat kelembapan alami yang rendah sehingga kulit cenderung lebih mudah kering, bersisik, bahkan mengelupas di berbagai bagian. Biasanya kondisi kulit wajah kering ini dapat makin memburuk jika terpapar zat-zat tertentu, seperti sinar matahari yang terlalu ekstrem hingga suhu udara yang terlalu dingin atau panas. Untuk itulah, pemilik kulit sensitif harus lebih peduli pada kesehatan kulitnya dan tahu cara mengantisipasi jika kemungkinan akan berada pada situasi yang membahayakan kesehatan kulitnya.

2. Muncul Ruam Merah

Ciri selanjutnya adalah kerap muncul ruam merah pada wajah. Sebenarnya ruam merah ini menjadi salah satu ciri umum yang sebagian besar dialami pemilik kulit tipe sensitif. Jika muncul ruam merah akibat terpapar salah satu zat pemicunya, maka perlahan ruam merah akan makin memudar jika menghindari paparan zat tersebut dan melakukan perawatan ringan. Tapi jika ruam merah tidak juga hilang meskipun sudah dilakukan perawatan, maka solusi terbaik adalah berkonsultasi pada ahli kecantikan atau dokter agar bisa ditangani lebih baik.

3. Rentan Muncul Masalah Jerawat

Masalah umum yang kerap muncul pada kulit tipe sensitif adalah jerawat. Hal ini dikarenakan, kulit yang kering dan sensitif dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi sebum atau minyak berlebih. Nah, kondisi ini berisiko akan menyumbat folikel rambut dan pori-pori kulit hingga jerawat pun bermunculan.

4. Lebih Reaktif

Ciri yang mudah sekali dikenali pada kulit sensitif adalah lebih reaktif saat terpapar zat-zat tertentu. Ada orang dengan kulit tipe sensitif mudah reaktif jika terpapar skincare yang memiliki kandungan bahan aktif tertentu, sabun cuci, body wash, dan lainnya. Umumnya setelah terpapar zat tersebut, kulit akan langsung bereaksi hingga memunculkan reaksi alergi yang dalam kondisi ringan akan hilang dalam waktu singkat. Jadi, jika kulit menunjukkan tanda reaktif, segera hentikan penggunaan zat tersebut ya!

5. Kulit Terasa Seperti Tertarik

Kondisi kulit sensitif yang cenderung kurang lembap membuat elastisitas kulit juga berkurang sehingga kulit terasa seperti tertarik, yang membuat tidak nyaman. Bahkan lebih dari itu, kulit terlihat lebih kusam dan tidak sehat.

6. Alami Gatal-gatal

Ciri kulit sensitif lainnya adalah kulit terasa gatal atau mengalami gatal-gatal. Umumnya rasa gatal ini mulai bereaksi jika ada zat pemicunya, misalnya ada orang yang kulitnya sensitif menggunakan skincare tertentu hingga akhirnya memicu rasa gatal pada kulit wajah. Jika mengalami hal ini, hindari menggaruk kulit yang terasa gatal, terutama di area wajah karena bisa menyebabkan infeksi, luka, atau iritasi.

7. Mudah Terbakar Sinar Matahari

Tahukah kalau sinar matahari adalah musuh bagi pemilik kulit sensitif. Dengan kondisi kulit yang rentan mengalami iritasi, maka kulit sensitif akan cenderung mudah terbakar saat terpapar atau tersengat sinar matahari. Jika mengalami kondisi ini, maka kulit akan cenderung terasa panas, beberapa bagian terlihat mengelupas, hingga mengalami ruam merah.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Agar kulit wajah sensitif tidak mengalami masalah lebih lanjut yang menimbulkan reaksi berlebih dan iritasi lebih berat pada kulit, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit wajah sensitif yang bisa dijadikan referensi untuk pemilik kulit sensitif.

1. Gunakan Selalu Tabir Surya dan Pelembap

Jangan pernah beraktivitas ke luar rumah tanpa menggunakan dua produk ini, yaitu tabir surya dan pelembab, apalagi di tengah cuaca dan suhu yang cukup ekstrem. Sebenarnya, apa yang membuat tabir surya dan pelembap wajib digunakan? Tabir surya dengan SPF minimal 30 dapat melindungi kulit dari paparan berlebih atau radiasi sinar ultraviolet yang dapat memicu hiperpigmentasi atau kanker kulit. Sedangkan pelembap sangat diperlukan agar kelembapan alami pada kulit lebih terjaga. Hal ini penting karena kulit sensitif cenderung mudah mengalami masalah kering karena suhu udara yang terasa ekstrem, panas atau dingin.

2. Bersihkan Kulit Wajah Secukupnya

Aktivitas membersihkan wajah wajib dilakukan setiap hari, apalagi setelah melakukan berbagai kegiatan di luar rumah atau beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari. Namun, agar kulit wajah tidak terasa lebih kering dan terhindar dari iritasi, cukup bersihkan kulit wajah sensitif dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Jika ingin melakukan eksfoliasi wajah, sebaiknya pilih produk yang mengandung asam laktat, dan usahakan tidak melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali dalam seminggu.

3. Pilih Skincare yang Aman Untuk Kulit Wajah Sensitif

Cara merawat kulit wajah sensitif selanjutnya adalah dengan memilih skincare yang memang memiliki kandungan bahan aktif aman untuk kulit wajah sensitif. Salah satu skincare yang sangat direkomendasikan digunakan untuk perawatan kulit wajah sensitif adalah serum. Bagi pecinta skincare yang motonya tiada hari tanpa skinkeran, pastinya sudah tidak asing lagi dengan serum. Serum adalah botol kecil yang berisi larutan gel berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Biasanya dalam satu botol kecil serum mengandung sejumlah bahan aktif, mulai dari berbagai vitamin hingga antioksidan.

Serum memang dirancang untuk menutrisi, melindungi, dan menghidrasi kulit, sehingga serum mengandung konsentrasi bahan aktif lebih tinggi jika dibandingkan dengan pelembap biasa. Tidak heran jika serum selalu masuk dalam Skincare Routine harian. Lantas, adakah serum merek lokal untuk kulit wajah sensitif? Tentu saja ada, dan berikut ini 5 rekomendasi serum merek lokal untuk kulit wajah sensitif.

5 Rekomendasi Serum Merek Lokal Untuk Kulit Wajah Sensitif

Sebelumnya, penting untuk diketahui kalau serum untuk kulit sensitif memang dirancang khusus untuk merawat dan meredakan kulit yang rentan mengalami iritasi dan meradang. Serum baik untuk kulit wajah sensitif karena serum biasanya memiliki kandungan bahan aktif yang dapat membantu mengunci kelembapan alami kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung akan lebih tahan terhadap iritas. Berikut 5 rekomendasi serum merek lokal untuk kulit sensitif.

Serum Merek Lokal untuk Kulit Sensitif - Somethinc Calm Down! Skinpair R-Cover Ampoule

Salah satu brand skincare lokal yang produk serumnya sangat disukai wanita Indonesia, mulai dari usia remaja hingga dewasa adalah Somethinc. Somethinc memiliki produk serum yang aman untuk kulit wajah sensitif, yaitu Somethinc Calm Down! Skinpair R-Cover Ampoule. Calming Ampoule yang bertekstur ringan ini memiliki fungsi menenangkan kulit kemerahan dan menyeimbangkan kembali kulit yang teriritasi. Selain itu, serum yang satu ini juga dapat membantu melembutkan dan melembapkan kulit serta mencegah jerawat.

serum somethinc

Apa saja kandungan serum lokal untuk kulit sensitif dari Sometinc ini? Ada Madagascar Centella asiatica (Madecassoside), agen antioksidan alami dari Centella Asiatica yang berfungsi untuk menenangkan, melawan radikal bebas, & meningkatkan hidrasi. Selain itu, ada Pure Mugwort, tanaman herbal yang bermanfaat untuk meredakan kemerahan serta kulit sensitif & kulit yang mudah berjerawat. Kandungan lainnya adalah Heartleaf, bahan yang kaya akan antioksidan, untuk menenangkan, melembabkan kulit, & menyeimbangkan produksi minyak berlebih. Aloe Vera, menenangkan sekaligus menghaluskan tekstur kulit kering serta terkelupas agar tetap kenyal & sehat

Dengan tambahan ProVit B5 (Panthenol), Ampoule ini dapat menjaga kulit tetap halus dan kenyal, serta memperkuat skin barrier dan meminimalisir reaksi kulit sensitif. Untuk kisaran harga Sometinc Calm Down! Skinpair R-Cover Ampoule ini Rp. 109.000,- atau bisa cek di Shopee.

Serum Merek Lokal untuk Kulit Sensitif - Azarine Calming Skinpair Serum

Serum merek lokal untuk kulit sensitif selanjutnya adalah Azarine Calming Skinpair Serum. Bagi pengguna skincare merek lokal, pasti sudah mengenal berbagai produk Azarine. Kali ini, Azarine berkolaborasi dengan Marvel meluncurkan produk serum untuk merawat kulit sensitif, yaitu Azarine Calming Skinpair Serum. Dengan shield Captain America, serum dari Azarine ini akan melindungi kulit dari faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakkan pada skin berrier.

Serum Azarine

Calming Skinpair Serum merupakan serum untuk kulit sensitif yang diformulasikan dengan triple pro-biotics repair complex. Tidak hanya menghidrasi kulit namun juga menenangkan kulit saat mengalami kemerahan, iritasi, ataupun breakout. Calming Skinpair Serum juga ampuh memudarkan bekas jerawat PIE dan menghaluskan tekstur kulit.

Meskipun serum Azarine yang satu ini ditujukan untuk mengatasi beragam masalah pada kulit sensitif, tapi juga aman kok digunakan tipe kulit lain. Serum ini sudah teruji hypoallergenic tested sehingga aman untuk jenis kulit sensitif. Serum ini tidak beralkohol, tidak berparfum, sehingga aman untuk Ibu hamil dan menyusui juga.

Selain itu terdapat powerful ingredients lainnya northern truffle yang berfungsi untuk mencerahkan dan menenangkan, royal jelly yang berfungsi untuk meregenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen/ skin repair. Terdapat juga cucumber yang berfungsi sebagai ingredients untuk mencerahkan kulit. Untuk kisaran harga Azarine Calming Skinpair Serum adalah Rp. 59.000,- atau bisa cek langsung di Shopee ya!

Serum Merek Lokal untuk Kulit Sensitif - Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

Sudah tahu kan kalau Sensatia Botanicals adalah salah satu skincare lokal dengan kualitas produk sangat baik dan berasal dari bahan-bahan alami. Nah, skincare merek lokal ini juga memiliki produk serum untuk membantu merawat kulit sensitif lho, yaitu Unscented Sensitive Facial C-Serum. Kandungan bahan aktif utama serum merek lokal ini adalah Kakadu Plum Organik, Lidah Buaya, dan Teh Hijau. 

serum sensatia botanicals

Bagi yang belum mengetahuinya, Kakadu Plum organik merupakan salah satu sumber Vitamin C tertinggi di dunia, sedangkan lidah buaya memiliki manfaat membantu memulihkan dan mengurangi peradangan pada kulit, tahu kan kalau kulit sensitif mudah reaktif terhadap berbagai zat. Jika terpapar lebih lama, maka kulit sensitif kerap mengalami masalah peradangan, dan dengan lidah buaya yang terkandung dalam Unscented Sensitive Facial C-Serum, maka masalah peradangan kulit wajah ini akan bisa dipulihkan.

Kandungan bahan aktif selanjutnya adalah Ekstrak pepaya murni dan teh hijau yang membantu menutrisi kulit wajah dengan vitamin dan antioksidan yang dapat menenangkan serta melindungi kulit wajah dari bahaya radikal bebas. Cukup gunakan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari lalu aplikasikan pada wajah dan area leher yang sebelumnya sudah diberikan dengan toner. Penasaran ingin membelinya? Kisaran harga Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum adalah Rp. 180.000, bisa cek langsung di Shopee atau toko online official Sensatia Botanicals ya!

Serum Merek Lokal Untuk Kulit Sensitif - Avoskin Your Skin Bae Azeclair 10% + Kombucha 3% Vaccine Serum

Siapa yang tidak kenal Avoskin, skincare merek lokal yang produknya sangat digemari wanita Indonesia. Skincare merek lokal ini juga memiliki serum yang aman untuk kulit sensitif, yaitu Avoskin Your Skin Bae Azeclair 10% + Kombucha 3% Vaccine Serum. Serum ini mengandung turunan Azelaic Acid, yaitu Azeclair yang aman untuk merawat kulit sensitif, membantu mengatasi kulit kemerahan, mencerahkan kulit, serta mengatasi PIE bekas jerawat.

Serum Avoskin

Seperti halnya serum Avoskin Your Skin Bae lainnya, Azeclair serum memiliki tekstur gel bening yang terasa thick di kulit. Meskipun thick, tapi rasanya tetap ringan dan justru cenderung cepat menyerap. Selain itu, produk ini juga no fragrance dan pastinya tidak beraroma menyengat. Adapun cara pakainya juga sangat mudah, sama seperti pemakaian serum lainnya, yaitu cukup teteskan 1-2 tetes ke wajah lalu pijat perlahan secara merata. Gunakan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Saat pagi hari, setelah menggunakan serum, jangan lupa pakai sunscreen agar terlindungi dari sengatan sinar matahari saat beraktivitas di luar rumah.

Kisaran harga Avoskin Your Skin Bae Azeclair 10% + Kombucha 3% Vaccine Serum adalah Rp, 149.000, atau bisa cek langsung harganya di Shopee.

Serum Merek Lokal untuk Kulit Sensitif - Saviosa Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica

Sudah pernah mencoba Saviosa? Skincare merek lokal ini juga memiliki produk serum yang aman untuk kulit sensitif, yaitu Saviosa Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica. Serum dengan formula Niacinamide dan Cica ini efektif untuk mencerahkan dan merawat warna kulit, menghidrasi secara maksimal, serta menguatkan dan memperbaiki kondisi skin barrier. Saviosa Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica ini tidak hanya cocok untuk mengatasi masalah dan merawat kulit sensitif semata lho, karena serum ini juga cocok untuk semua jenis kulit.

Serum Saviosa


Apapun permasalahan kulit yang dialami, baik karena kondisi kulit yang terlalu sensitif, kulit kusam, kulit mengalami iritasi, kulit kering, noda jerawat, hingga flek hitam, Saviosa serum akan membantu mengatasinya. Dengan kandungan bahan aktif Niacinamide yang memiliki efek mencerahkan kulit, Centella Asiatica yang memiliki beragam manfaat diantaranya melembapkan dan menenangkan, Aloe Barbadensis untuk memperkuat skin barrier, serta Sodium Hyaluronate untuk menghidrasi dan melindungi kulit.

Cara pakainya terbilang sama dengan produk serum lainnya, cukup tuangkan 3-5 tetes serum ke telapak tangan, usapkan secara lembut ke wajah dan leher, lalu tunggu hinga 1-3 menit hingga serum meresap. Saviosa serum sangat baik digunakan secara teratur dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan Saviosa Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica bersama Saviosa Hydra Glow Brightening Series lainnya, yaitu Hydra Glow Toner Niacinamide + Licorice dan Hydra Glow Cream Niacinamide + Ceramide.

Kisaran harga Saviosa Hydra Glow Serum Niacinamide + Cica adalah Rp. 125.000 atau bisa dilihat langsung di Saviosa Official Store di Shopee.

Bagaimana? Sudah tahu kan beberapa rekomendasi serum merek lokal untuk kulit wajah sensitif. Diantara kelima serum merek lokal untuk kulit wajah sensitif, mana yang sudah pernah dicoba? Jika belum, mau coba yang mana nih? Tapi yang pasti, pastikan produk serum untuk kulit wajah sensitif tersebut aman dan telah mendapat izin edar dari BPOM RI. 
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

1 komentar untuk "5 Rekomendasi Serum Merek Lokal Untuk Kulit Wajah Sensitif"

Comment Author Avatar
Makasih rekomendasinya, kebetulan aku lagi cari skincare aman untuk kulit sensitif. Btw...Saviosa itu brand skincare baru ya, soalnya baru dengar dan kelihatannya patut dicoba untuk atasi masalah kulit wajah sensitif yang aku rasakan saat ini.