Ini Cara Memilih Skincare yang Tepat Untuk Remaja

cara pilih skincare untuk remaja

Tidak terasa, Aisha yang dahulu masih sering saya antar dan jemput ke sekolah kini mulai memasuki usia remaja, dan sejak duduk di kelas lima SD sudah bisa berangkat ke sekolah sendiri karena kebetulan sekolahnya tidak terlalu jauh dari rumah. Masa-masa SD Aisha akan segera berlalu, dan akan masuk ke jenjang berikutnya, yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP). Seperti remaja pada umumnya, Aisha sekarang sudah lebih peduli dengan kesehatan kulitnya dan mulai menggunakan berbagai jenis skincare dalam kesehariannya. 

Sebenarnya usia berapa anak diperbolehkan menggunakan skincare? Anak yang mulai memasuki masa pubertas umumnya sudah mengalami beberapa masalah kulit, entah itu berjerawat, komedo, atau kondisi wajah dengan minyak berlebih. Nah, anak atau remaja yang sudah memasuki usia pubertas dan mulai menunjukkan ada tanda masalah pada kulit sudah diperbolehkan menggunakan skincare. Adapun produk utama skincare yang dibutuhkan remaja adalah pembersih wajah, pelembab, dan tabir surya.

Meskipun sudah diperbolehkan menggunakan skincare, tetap saja dalam memilih jenis maupun produk skincare harus didampingi orangtua, terutama bundanya agar skincare yang digunakan tepat dan sudah sesuai dengan usia remaja itu sendiri, yaitu di rentang usia 12 sampai 17 tahun. Kemudian muncul permasalahan, karena tidak semua ibu tahu bagaimana cara memilih skincare yang tepat untuk remaja. Untuk itu, simak solusinya berikut ini.

Ini Cara Memilih Skincare yang Tepat Untuk Remaja

1. Kenali Jenis Kulit Remaja Terlebih Dahulu

Sungguh beruntung remaja saat ini karena di pasaran sudah tersedia berbagai produk skincare yang diformulasi khusus untuk remaja. Namun, ada hal penting dan utama yang wajib dilakukan sebelum memilih produk skincare, yaitu mengenali jenis kulit. Secara umum, ada lima jenis kulit wajah yang sehat bersumber dari rilis American Association for the Advancement of Science (AAAS), yaitu kulit wajah normal, kulit wajah kering, kulit wajah berminyak, kulit wajah sensitif, dan kulit wajah kombinasi.

Kulit wajah normal umumnya memiliki kadar minyak yang seimbang, sehingga kulit wajah tidak terlihat terlalu berminyak atau kering. Memiliki sedikit atau bahkan tidak ada bercak sama sekali dan tidak terlalu sensitif dengan perubahan cuaca atau produk skincare tertentu. Sedangkan pada kulit wajah kering cukup banyak permasalahan yang kerap dialami, seperti mudah mengelupas, kulit terasa sangat kencang, dan rentan mengalami wajah kusam.

Untuk kulit wajah berminyak umumnya memiliki ciri pori wajah yang besar dan terlihat jelas. rentan mengalami masalah komedo yang muncul di area T hidung, serta mudah mengalami masalah jerawat. Kemudian kulit wajah sensitif, biasanya sangat rentan mengalami masalah akibat perubahan cuaca atau penggunaan skincare tertentu. Kulit wajah sensitif juga lebih mudah memerah, terasa gatal, dan kering di beberapa bagian.

Jenis kulit berikutnya adalah kulit wajah kombinasi dengan ciri, memiliki pori yang lumayan besar namun tidak sebesar pori pada kulit berminyak, pada bagian tertentu memiliki ciri seperti kulit kering tapi dibagian lain memiliki ciri kulit berminyak. Sehingga untuk kulit wajah kombinasi ini harus benar-benar memilih produk skincare yang tepat. Lantas, bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki?

Cara mudah untuk mengenali jenis kulit wajah yang dimiliki diantaranya adalah dengan metode bare faced, di mana kulit wajah dibiarkan tanpa menggunakan skincare atau make up apapun, selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, evaluasi dan rasakan apakah sudah sesuai dengan ciri salah satu jenis kulit wajah. Dengan cara ini, maka remaja akan belajar untuk tahu jenis atau tipe kulit wajahnya, dan pengetahuan ini akan menjadi dasar dalam memilih produk skincare yang tepat.

2. Tahu Masalah Kulit Wajah yang Dialami

Biasanya remaja yang sudah memasuki usia pubertas umumnya memiliki beragam masalah pada kulit wajah, terutama masalah jerawat karena hormon pertumbuhan anak usia remaja memang sedang aktif-aktifnya bekerja. Untuk itu, sebisa mungkin dampingi remaja ketika memilih skincare, apalagi saat ini banyak sekali produk skincare di pasaran, bahkan skincare untuk remaja pun sangat beragam. Agar mendapatkan hasil terbaik, pastikan sebelum memilih jenis skincare sudah mengetahui masalah kulit wajah yang dialami. Pastinya remaja menggunakan skincare agar kulit wajah terlihat lebih sehat, cerah, dan glowing.

3. Pastikan Memilih Produk Skincare yang Terjamin Aman dan Berlabel BPOM

Masih bingung memilih skincare yang tepat untuk remaja? Jangan bingung ya apalagi saat ini banyak sekali brand yang mengeluarkan produk skincare khusus untuk remaja. Untuk jaminan keamanan saat menggunakannya, pastikan produk skincare tersebut sudah memiliki label BPOM. Dengan label ini, maka bisa dipastikan kandungan bahan pada produk skincare tersebut aman dan telah melewati uji standar keamanan serta faktor risiko yang mungkin muncul. Untuk mengeceknya cukup mudah, cukup masukkan kode atau scan barcode yang terdapat pada produk skincare tersebut pada fitur yang tersedia di website BPOM RI.

4. Mulai Perawatan Wajah Dengan Basic Skincare

Para remaja umumnya adalah pemula dalam penggunaan skincare, karena itu sangat dianjurkan untuk mulai menggunakan skincare yang tergolong dasar atau basic. Apalagi ada sebagian remaja yang tidak memiliki masalah wajah terlalu serius, sehingga hanya membutuhkan skincare untuk merawat atau memberikan perlindungan pada wajah saat beraktivitas di luar rumah, seperti produk sunscreen. 

Untuk memilih produk skincare bagi remaja bisa dimulai dengan mencari produk pembersih wajah, seperti micellar water dan facial wash. Kemudian dialnjutkan dengan memilih produk toner, pelembab, dan suncreen. Penggunaan sunscreen sangat penting, terutama untuk remaja yang aktif melakukan kegiatan di luar rumah, seperti mengikuti ekstrakurikuler olahraga, pramuka, pecinta alam, dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk eksplor produk serum, karena beberapa brand skincare remaja sudah mengeluarkan produk serum yang aman untuk kulit remaja dan membantu mengatasi beragam masalah pada kulit wajah remaja. Selain itu, sebelum memilih produk skincare yang tepat, teliti dahulu komposisi bahan yang terkandung dalam produk skincare tersebut, pastikan aman untuk kulit remaja ya! Jangan terlalu cepat tergiur dengan klaim dari produk skincare tersebut, karena tujuan awal menggunakan skincare bagi remaja adalah untuk merawat sekaligus menjaga kulit wajah tetap terjaga kesehatannya.

5. Pilih Produk Skincare yang Ramah Di Kantong Remaja

Berbeda dari masa dahulu di mana produk skincare untuk remaja masih sulit untuk ditemukan, saat ini sudah banyak produk skincare untuk remaja dengan kandungan bahan yang khusus diformulasikan untuk remaja dengan harga sangat ramah di kantong. Sehingga para remaja bisa menyisihkan sebagian uang jajannya untuk membeli produk skincare tersebut.

Meskipun banyak produk skincare untuk remaja dengan harga terjangkau, pastinya kandungan bahan aktif produk tersebut aman ya dan telah berlabel BPOM. Selain itu, sebelum memilih produk skincare, remaja tersebut telah mengetahui jenis atau tipe kulitnya, sehingga bisa memilih produk skincare yang tepat. Sejak dini, para remaja harus mulai belajar menjadi konsumen skincare yang cerdas.

Konsultasi ke dokter kecantikan bisa menjadi opsi jika masih bingung memilih produk skincare yang tepat, apalagi ada sebagian remaja yang kerap mengalami masalah pada kulit wajahnya. Biasanya dokter kecantikan akan memberikan rekomendasi perawatan yang tepat, sesuai usia dan kondisi kulit wajah. Bagaimana pun, kulit wajah memang harus di rawat sejak dini, namun pastikan memilih skincare dengan kandungan bahan aktif yang sesuai dengan kulit remaja dan aman digunakan, karena kulit remaja umumnya masih memiliki skin barrier yang sehat dan bagus.

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "Ini Cara Memilih Skincare yang Tepat Untuk Remaja"