10 Drama Korea yang Sedang Tren Berkisah Tentang Sosok Wanita Tangguh

drama korea wanita tangguh

Setelah berhari-hari bolak-balik membaca situs review gadget, akhirnya saya mendapatkan referensi untuk membeli gadget baru dengan RAM yang lebih besar namun harganya terjangkau. Yah...bagaimana pun gadget baru dengan teknologi terbaru tentu akan mempermudah aktivitas saya dalam membuat konten, mengambil foto atau video, mengakses beragam informasi untuk bahan menulis, hingga menonton streaming drama Korea yang menjadi favorit saya. 

Bagi saya, me time tidak harus bepergian keluar rumah kok, cukup streaming drama Korea yang sedang tren, sudah mampu mengcharger semangat kembali full dan siap melakukan rutinitas kembali. Jadi, tidak salah kan kalau saya memiliki niat membeli gadget dengan teknologi terbaru agar semua aktivitas bisa berjalan lancar. Nah...bagi yang tertarik ingin tahu juga tentang rekomendasi gadget terbaru atau berita lain seputar teknologi, bisa akses media teknologi Pricebook ya!

media teknologi

Lanjut nih tentang drama Korea, oh iya ada berita hiburan yang sedang hangat-hangatnya nih di Korea dan mungkin di Indonesia juga. Tepatnya 7 April 2023 lalu, secara resmi sudah diumumkan Nominasi Baeksang Art Award ke-59. Hayoo...siapa nih yang sama seperti saya penasaran menunggu siapa saja yang masuk nominasi tahun 2023 ini, soalnya award ini bisa dibilang sangat bergengsi dikalangan insan hiburan Korea.

Ada yang mencuri perhatian saya nih setelah nominasi Best Actress diumumkan, karena kelima nominasinya memiliki karakter yang sangat kuat dalam drama yang diperankannya bahkan bisa dibilang sangat mendominasi karena merupakan tokoh sentral dari cerita tersebut. Yap...industri hiburan khususnya drama Korea akhir-akhir ini sedang giat-giatnya menyematkan nama pemeran utama wanitanya sebagai judul drama, seperti Suzy dalam serial drama Anna dan Park Eun Bin dalam serial drama Extraordinary Attorney Woo.

Selain dua actress dari dua serial drama tersebut, masih ada tiga nominasi Best Actress lainnya yang juga memiliki karakter tidak kalah kuat dan tangguh dalam serial drama yang diperankannya, yaitu Song Hye Kyo dalam serial drama The Glory, Kim Hye Soo dalam serial drama Under The Queen's Umbrella, dan Kim Ji Won dalam serial drama My Liberation Notes.

Selain lima serial drama Korea yang sedang tren tersebut dimana pemeran utama wanitanya masuk dalam nominasi Best Actress Baeksang Art Award 2023, sebenarnya masih banyak serial drama Korea yang sedang tren dan berkisah tentang sosok perempuan tangguh. Nah, serial drama Korea ini bisa dengan mudah dinikmati melalui platform over-the-top (OTT), seperti Netflix, Viu, dan Disney+ Hotstar kapan saja dan dimana saja...cocok sekali untuk mengisi me time ibu rumah tangga.

10 Drama Korea yang Sedang Tren Di OTT Berkisah Tentang Sosok Wanita Tangguh

Berikut ini rekomendasi 10 serial drama Korea yang sedang tren dan berkisah tentang sosok wanita tangguh serta inspiratif, yang bisa dinikmati melalui berbagai platform OTT.

1. The Glory (2022 & 2023)

drama korea the glory

The Glory merupakan drama Korea original Netflix yang sangat sukses dan menyedot banyak perhatian dari penonton. Tidak heran jika peringkatnya di OTT Netflix sangat menyakinkan, bahkan pasca perilisan season ke-2 dari drama The Glory ini, kembali menjadi trending di Netflix menyusul season sebelumnya. Jadi jangan heran jika pemeran utama wanitanya, yaitu Song Hye Kyo masuk dalam nominasi Best Actress Baeksang Art Award 2023.

Ceritanya sendiri berputar pada kehidupan seorang gadis SMA yang bernama Moon Dong Eun (diperankan oleh Song Hye Kyo) yang menjadi korban kekerasan dari teman-teman SMA-nya. Penderitaan yang didapat Moon Dong Eun setiap hari selama sekolah menyalakan bara dendam dalam hatinya. Sempat putus ada dan nyaris bunuh diri, Dong Eun akhirnya bangkit, belajar keras hingga akhirnya menjadi guru sekaligus membalaskan dendamnya.

2. Juvenile Justice (2022)

drama korea juvenile justice

Juvenile Justice merupakan serial drama Korea yang bercerita mengenai seorang hakim yang bernama Sim Eun-seok yang. Karakter hakim ini diperankan oleh Kim Hye Soo yang juga masuk dalam jajaran nominasi Best Actress Baeksang Art Award 2023, meskipun bukan melalui drama ini. Serial drama ini juga bisa dinikmati melalui platform OTT Netflix.

Drama ini mengisahkan mengenai kejahatan yang dilakukan para remaja, yang makin hari makin meresahkan dan bisa dibilang kejam. Namun, para remaja yang jelas-jelas melanggar hukum ini bisa lolos dari jeratan hukum karena usia mereka masih di bawah umur. Kenyataan tersebut membuat Hakim Sim Eun-seok turun tangan dengan caranya sendiri memberikan hukuman yang berefek jera untuk para temaja tersebut.

3. Little Women (2022)

drama korea little women

Little Women menjadi salah satu serial drama Korea yang juga tayang di Netflix dan sampai saat ini masih ditonton banyak orang. Tidak heran jika serial drama ini masuk dalam jajaran nominasi drama terbaik atau Best Drama dalam Baeksang Art Award 2023. 

Serial drama yang dibintangi Kim Go Eun, Nam Ji Hyun, serta Park Ji Hoo yang diadaptasi dari novel klasik ini sebenarnya sudah dibuat berbagai versi di berbagai negara hingga akhirnya diadaptasi juga menjadi serial drama Korea. Little Women sendiri berkisah tentang tiga saudara perempuan yang pantang menyerah melawan kemiskinan. Sebagian besar alur cerita menceritakan bagaimana beratnya perjuangan tiga saudara perempuan ini untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Beratnya perjuangan hidup tiga saudara perempuan ini membentuk mereka menjadi sosok perempuan yang tangguh.

4. Under The Queen's Umbrella (2022)

drama korea under the queen"s umbrella

Satu lagi serial drama Korea yang juga tayang di OTT Netflix dan mendapat rating cukup tinggi adalah Under The Queen'S Umbrella. Serial drama ini juga yang mengantarkan pemeran utama wanitanya, yaitu Kim Hye Soo masuk dalam jajaran nominasi Best Actress Baeksang Art Award 2023 berkat kepiawaiannya memerankan sosok ratu yang tidak hanya bijaksana tapi juga tangguh. Sepanjang cerita, penonton tidak hanya disuguhi cerita tentang ketangguhan sang ratu tapi juga banyak ilmu parenting.

Under The Queen's Umbrella merupakan drama sejarah yang memiliki jalan cerita sangat menarik layaknya drama kerajaan lainnya, yang meceritakan betapa peliknya kehidupan dalam istana dimana selalu ada sekelompok orang yang bertipu muslihat dan saling berebut tahta. Tokoh utama yang sekaligus merupakan pemeran utama wanita dalam cerita adalah Ratu Hwa Ryeong, yang diperankan oleh Kim Hye Soo, seorang ratu yang pemarah namun dibalik itu terdapat kasih sayang yang sangat besar terhadap anak-anaknya. Sepanjang cerita, sang ratu berjuang untuk mendidik dan mengubah perilaku anak-anaknya agar menjadi pemuda yang berkpribadian baik dan layak memakai mahkota kerajaan.

5. Extraordinary Attorney Woo (2022)

drama korea extraordinary attorney woo

Extraordinary Attorney Woo yang juga tayang di Netflix menjadi salah satu serial drama Korea yang banyak diperbincangkan di sepanjang penayangannya tahun 2022 lalu. Bahkan, drama Korea yang dibintangi Park Eun Bin ini masuk dalam beberapa kategori nominasi pada ajang Baeksang Art Award 2023, seperti Best Drama dan Best Actress. Serial drama ini bahkan masuk dalam jajaran drama yang banyak ditonton di berbagai negara melalui OTT Netflix.

Serial drama ini bercerita tentang Woo Young Woo yang diperankan oleh Park Eun Bin, yang sangat pintar dengan IQ sangat tinggi namun memiliki gangguan spektrum autisme. Inilah yang menyebabkan Young Woo kerap mengalami masalah dalam kehidupan sosialnya karena kurangnya keterampilan sosial dan rasa empati. Hebatnya Woo Young Woo yang merupakan lulusan pengacara dari universitas terkenal Korea Selatan bisa bekerja di sebuah firma hukum besar dan terkenal di Seoul. Masa-masa sulit saat mengawali kariernya sbagai pengacara dengan kondisinya tidak membuatnya berkecil hati dan terus berjuang.

6. Search WWW (2019)

drama korea search www

Nah, kalau serial drama yang juga banyak ditonton dan masih tren hingga saat ini tayang di VIU adalah Search WWW. Drama ini berkisah tentang tiga wanita hebat, yang bekerja di dua perusahaan IT yang saling bersaing dan sama-sama menempati posisi tinggi. Jadi bisa dimengerti jika dua perusahaan besar ini saling menjatuhkan satu sama lain bahkan melakukan sabotase.

Sebaliknya, pasukan Bae Ta Mi (yang diperankan oleh Im Soo Jung), Cha Hyeon ( yang diperankan Lee Da Hee), dan Song Ga Kyung (diperankan oleh Jeon Hye Jin) saling mendukung dan membantu satu sama lain, baik dalam urusan karier maupun percintaan. Karakter tiga tokoh utama perempuan yang kuat ini membuat serial drama ini banyak ditonton di berbagai negara melalui platform OTT VIU, termasuk di Indonesia.

7. The Secret Romantic Guesthouse (2023)

drama korea the secret romantic guesthouse

Satu lagi serial drama Korea yang bisa dinikmati melalui platform OTT VIU adalah The Secret Romantic Guesthouse. Drama yang diperankan oleh Shin Ya-eun sebagai Yoon Dan O ini mengisahkan tentang Dan O yang merupakan putri bungsu kesayangan keluarga yang dulunya sangat kaya. Setelah Dan O menyadari kehidupannya yang mewah dan penuh previlese tidak bisa dipertahankan, Dan O akhirnya memutuskan membuat perubahan.

Dan O memulai perubahan dari Taman Bunga, satu-satunya harta yang masih dimiliki dan untuk itu Dan O tidak takut mengotori tangannya untuk membuat suatu perubahan menuju kesuksesan. Ternyata kesulitan yang dialami Dan O tidak berhenti sampai di sini, karena banyak sekali orang-orang yang mengkritiknya karena menganggap remeh dan tidak terhormat tentang apa yang dilakukannya saat ini. Namun Dan O tetap bertahan dan tidak perduli dengan perkataan orang lain hingga akhirnya Dan O menjadi sosok yang tangguh.

8. Pandora: Beneath The Paradise (2023)

drama korea pandora: beneath the paradise

Pandora: Beneath The Paradise merupakan serial drama Korea yang baru dirilis Maret 2023 lalu dan bisa dinikmati melalui platform OTT Disney+ Hotstar. Drama ini mengangkat kisah masa lalu yang kelam dari seorang wanita yang hidupnya terlihat sempurna. Adapun pemeran utama wanita dalam serial drama ini adalah Lee Ji Ah, yang namanya makin berkibar setelah bergabung dalam drama hits The Penthouse dan The Ghost Detective. 

Dalam drama Pandora: Beneath The Paradise, Lee Ji Ah memerankan seorang wanita yang bernama Hong Tae Ra yang terlihat memiliki segalanya, mulai dari fisik yang cantik dan menawan, kekayaan yang berlimpah, serta kehidupan yang harmonis bersama suami dan anak perempuannya. Tapi dalam kenyataannya, hidup Tae Ra tidaklah semulus dan semudah itu, apalagi setelah ingatan masa lalunya kembali. Ternyata, wanita cantik yang bernama Hong Tae Ra ini memiliki masa lalu yang kelam dan berbahaya. Diceritakan juga bagaimana Tae Ra berusaha melindungi keluarganya dan balas dendam pada orang-orang dari masa lalunya. 

9. Why Her (2022)

drama korea why her

Why Her atau dikenal juga dengan judul Why Oh Soo Jae merupakan drama Korea yang sampai saat ini masih diminati dan tren dikalangan pengguna platform OTT VIU. Meskipun bergenre romantis, serial drama ini sarat dengan kisah inspiratif dari pemeran utama wanitanya, yaitu Seo Hyun Jin yang berprofesi sebagai pengacara bernama Oh Soo Jae. Dikisahkan Oh Soo Jae adalah pengacara yang cukup berbakat untuk menjadi mitra termuda di TK Law Firm, firma hukum yang dikenal luas sebagai yang terbaik di Korea Selatan. 

Dalam upaya memenangkan kasus-kasusnya, Oh Soo Jo dikenal keras dan memiliki prinsip sendiri hingga merasa paling benar sendiri. Sampai akhirnya Soo Jae terlibat dalam kasus yang tidak terduga dan kerja kerasnya selama ini hancur. Bahkan, Soo Jae diturunkan dari jabatan sebagai asisten profesor di sekolah hukum. Namun Soo Jae pantang menyerah, usaha demi usaha yang dilakukan untuk meraih kembali cita-citanya membuat Soo Jae berubah menjadi sosok yang tangguh, mencoba beradaptasi untuk menjalani hidup lebih baik.

10. My Name (2021)

drama korea my name

Satu lagi serial drama Korea yang tayang di platform OTT Netflix dan masih banyak ditonton hingga saat ini adalah My Name, yang mendapat rating cukup memuaskan sejak tayang perdana di Netflix Oktober 2021 silam. Fokus utama serial drama ini adalah pada sosok pemeran utama wanitanya, yaitu Yoon Ji Woo yang diperankan secara apik oleh Han So Hee. Siapa yang tidak kenal Han So Hee sejak drama yang diperankannya The World of the Married trending nomor satu di berbagai negara dan mencetak rating tinggi.

My Name sendiri menjadi drama pertama bagi Han So Hee untuk tampil dalam genre aksi dan thriller. Drama ini sendiri mengangkat kisah perempuan tangguh yang bernama Yoon Ji Woo yang berjuang mencari untuk membalaskan dendamnya kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kematian sang ayah. Yoon Ji Woo terus berlatih menguatkan diri secara fisik dan mental untuk mewujudkan keinginan balas dendamnya tersebut. 

Jika ditelusuri lebih dalam, sebenarnya masih banyak drama Korea yang berkisah tentang perjuangan serta ketangguhan seorang wanita bahkan mengambil peran wanita sebagai tema sentral dari serial drama tersebut. Terbukti, drama terbaik untuk nominasi Baeksang Art Award 2023 menempatkan pemeran utama wanita sebagai fokus cerita dari drama tersebut. 

Ada banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari beberapa serial drama Korea yang berkisah tentang sosok wanita tangguh. Bahwa dibalik kelembutan seorang wanita, bukan berarti wanita adalah pribadi yang lemah. Ada banyak wanita tangguh di dunia ini, wanita yang memiliki kepribadian kuat dan selalu tegar menghadapi semua ujian hidup yang dialaminya. Bahkan tidak sedikit wanita tangguh yang berhasil mengubah kemalangan menjadi kebahagiaan.

Dijamin, dengan alur cerita yang menyentuh dan tidak jarang membuat penonton menitikkan air mata haru, ada banyak inspirasi positif yang membuat siapa saja harusnya lebih menghargai wanita. Jadi jangan ketinggalan yah jika ada serial drama Korea terbaru yang mengangkat kisah wanita tangguh dalam ceritanya. Tidak perlu bingung untuk mencari update terbaru seputar serial drama Korea yang sedang tren di OTT, karena IndiHome dari Telkom Indonesia telah berkolaborasi dengan beragam layanan streaming service atau video over-the-top (OTT).

Telkom Indonesia terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanannya bagi seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya menyediakan layanan akses internet cepat yang stabil tapi juga menyajikan hiburan yang berkualitas, melalui layanan IndiHome. Bahkan IndiHome kini telah menjadi window of entertaiment terlengkap di Indonesia, yang mampu menunjang berbagai kebutuhan konsumsi digital dan hiburan bagi pelanggan setianya.

Dengan konsep window of entertaiment tersebut, IndiHome menjadi satu-satunya ISP yang mampu menyediakan beragam konten menarik yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia hanya dalam satu layar saja. Jadi tidak ada alasan lagi untuk melewatkan tayangan berbagai serial drama inspiratif dan berkisah tentang sosok wanita tangguh dari berbagai layanan streaming service over-the-top (OTT) global maupun Indonesia.

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

75 komentar untuk "10 Drama Korea yang Sedang Tren Berkisah Tentang Sosok Wanita Tangguh"

Comment Author Avatar
Wow ternyata banyak juga drama korea yang mengangkat kisah perjuangan dan ketangguhan wanita, nonton drama seperti ini bisa jadi inspirasi lho biar lebih semangat.
Comment Author Avatar
Bener banget, apalagi kisah wanita tangguh yang diangkat dalam drama Korea beragam, monggo di tonton.
Comment Author Avatar
Konsep window of entertaiment yang ditawarkan Indihome ini memudahkan banget untuk memilih apa yang mau diakses ya.
Saya jarang nonton drama Korea sih mbak, jadi nggak begitu ngerti, tapi seneng deh kalau ada drama yan mengisahkan tentang wanita-wanita tangguh
Comment Author Avatar
Banyak kok drama dan film di OTT, bahkan dari Indonesia bagus-bagus, puas kalau langganan IndiHome.
Comment Author Avatar
Setuju nih, cari hiburan ga harus keluar rumah. Tinggal duduk anteng di depan komputer dan browsing Netflix, jangan lupa cemilan dan kopi hehe
Comment Author Avatar
sepakat, ga harus keluar rumah, di rumah aja asal bisa menikmati hiburan yang disukai termasuk nonton drama sudah happy kalau saya sih
Comment Author Avatar
Iya sama mbak, me time ngak perlu keluar rumah cukup duduk manis rebahan di rumah bisa nonton ribuan film atau drama yang menghibur.
Comment Author Avatar
pas nonton bbrp drama gak ngeh sih ttg wanita tangguh ini cuma ya emg, tokohnya kuat sekali. keren ngikutinnya. emang yaa kadang perlu bgt ada yg angkat isu2 kayak gini, biar wanita2 makin banyak yg tangguh. banyak yg belajar dr pengalaman org jg walau hanya sekedar drama
Comment Author Avatar
Pada dasarnya semua wanita apalagi setelah menjadi ibu tangguh kok, apalagi kalau dalam hidupnya punya banyak masalah seperti kisah dalam drama atau film.
Comment Author Avatar
Memang yaaa industri Drakor ini luar biasa, dan aku suka sama Under the Queens Umbrella itu, artistik sekali

Kalau Little Women yang berkisah tentang tiga saudara perempuan yang pantang menyerah melawan kemiskinan - jangan2 diadaptasi dari Little Womannya Paman Sam?
Comment Author Avatar
Kalau dari Karakternya memang ngambil dari little women dari novel itu, mbak tapi ceritanya mungkin beda
Comment Author Avatar
Ide ceritanya memang dari Little Women, aku malah baca versi novelnya duluan udah lama banget, novel klasik.
Comment Author Avatar
Aku sudah lama gak nonton film korea, tapi kalo nonton sekilas / baca review film korea tentang perjuangan wanita dan menampilkan tokoh2 wanita yang kuat paling seneng. Karena bisa jadi inspirasi dan gambaran kehidupan seorang wanita tangguh. Bisa di ambil hikmahnya
Comment Author Avatar
Libur lebaran nanti asyik banget nih banyak rekomendasi tayangan yang bisa dilihat. Semua bagus-bagus juga. Penasaran dengan kisah kisahnya itu. Momennya pas dengan hari Kartini juga ya
Comment Author Avatar
Baru tamat The Glory dan keren sih memang strategi balas dendamnya Dong Eun. Sekarang saya baru mulai marathon little women nih, baru awal-awal sih. Kebayang perjuangan para wanita kakak adik ini di kehidupan nyata. Extraordinary Attorney Woo juga jadi salah satu incaran setelah little women nampaknya hehehe.
Comment Author Avatar
Sepakat, untuk me time, saya juga gak harus bepergian keluar rumah, nonton film atau drama termasuk drama Korea yang sedang tren, udah bisa ningkatin semangat kembali dan siap melakukan rutinitas kembali.
Comment Author Avatar
Deretan drakor yang menarik, pas ditonton saat liburan nanti. Ceritanya ga pernah ada yang sama ya,
Comment Author Avatar
Wow, banyak juga ya drakor dengan tema girl power gitu. Dari rekomendasi di atas, belum semuanya saya tonton, sih. Berarti masuk wishlist untuk ditonton next time nih.
Comment Author Avatar
Sepertinya saya tertarik ingin menonton lebih dahulu tayangan yang berjudul My Name. Selain genre thriller yang saya sukai juga tertarik dengan perjuangan tokoh utama nya itu....
Comment Author Avatar
Banyak juga drama Korea yang mengangkat kisah perjuangan perempun ya mbak
Dari yang ditulis disini aku nonon
Tapi yang jadi favoritku sih Why Her
Comment Author Avatar
Wah, banyak juga ya drama korea yang pemeran utamanya perempuan. Saya baru tahu yang The Glory karena ini viral banget.

Semoga next time bisa nonton yang lainnya.
Comment Author Avatar
Setuju banget mbaa, kalap mentime tuh nggak bisa jauh2, bisa juga nonton serial yg lagi jadi inceran. Jadi tertarik pingin nonton search www, nih.
Comment Author Avatar
Saya baru nonton beberapa list saja drakor terbaru ini. Yang terakhir adalah The Glory dan The Secret Romantic Guesthouse ini malahan saya tulis reviewnya di blog
Comment Author Avatar
sama nih, nonton juga salah satu me tgime yang ampuh mbak, cuma kadang kalau mengikuti series itu ga tahan lamanya dan khawatir tambah ga bisa kontrol, makanya jarang nonton series lebih milih film
btw perempuan memang ga sekuat gatotkaca tapi dia setegar batukarang
Comment Author Avatar
akuu baru nonton woo young woo sama my name ajaa. Kayanya bisa nih pelan-pelan nonton yang lain juga. The Glory sih yang paling pengen ditonton tuh, tapi aku nunggu selesai biar gak penasaran kalau nontonnya terputus, ahaha. Sekarang udah selesai sih, tinggal cari waktunya buat nonton nih :D
Comment Author Avatar
The Glory nih favoritku. Gila banget perjuangan si Dong Eun buat ngebales perbuatan geng catokan yang jahat banget
Comment Author Avatar
the Glory itu bagus yah, ingin nonton juga nih penasaran banget. Baca review - reviewnya semua bagus
Comment Author Avatar
Baguss nih drama tentang sosok wanita inspiratif supaya kita para emak disaat down males ngapa2in bisa bangkit.

Indihome salah satu provider internet dengan jaringan bagus dan pelayanan yg bagus
Comment Author Avatar
Aku baru nonton The Glory dan Little Women. Teryata ada banyak ya drama Korea yang kisah perempuan perempuan tangguh. Menarik buat jadi tontonan
Comment Author Avatar
drakor selalu menyajikan pilihan tayangan yg variatif bgt.
kapan2 mupeengggg buat nonton juga.
Comment Author Avatar
Drama dengan karakter utama perempuan ini seru banget.
Dari semuanya, aku paling suka Under The Queen's Umbrella. Berasa banget perjuangan menjadi Ibu dan Istri itu selalu penuh tantangan di setiap zamannya.
Comment Author Avatar
Akuu baru nonton my name doank. Kayanya next jadi pengen nonton Under The Queen's Umbrella nih, udah sering muncul juga cuplikannya, dan kayaknya seru.
Comment Author Avatar
Senang deh saya drakor yang tayang tahun ini itu banyak yang menjadikan wanita sebagai tokoh utamanya dan mereka memiliki karakter yang kuat semua
Comment Author Avatar
mupeng lihat semuaaaa
habis lebaran kali ya
Comment Author Avatar
beberapa sudah pernah tahu nih, yang paling baru sepertinya the glory, tetapi beberapa belum pernah tahu
kerennya drama korea tuh detail pengerjaannya
Comment Author Avatar
Dulu aku ngikutin Search WWW secara on going. Suka banget karena 3 karakter perempuannya kuat. Yang lain karena terbilang drama baru, jadi aku belum nonton. Kayanya bakal milih Under The Queen's Umbrella dulu deh
Comment Author Avatar
Dengan layanan OTT dan sinyal internet IndiHome ini kita bisa menikmati banyak drakor yang menceritakan para perempuan tangguh ya
Comment Author Avatar
The Glory seru banget drakornya. Beneran deh aslinya. Suka ama actingnya Song Hye Kyo. Biasanya dia jadi pemeran yang melankolis. Kali ini perannya beda.
Comment Author Avatar
Banyak yang bisa ditonton neh buat 2023. Penasaran ama drama yang Dan O
Comment Author Avatar
Rasanya cukup lama nih nggak update drama Korea. Judul-judulnya kebanyakan aku belum pernah nonton. Tertarik banget tuh sama drama Little Women, tapi belum sempat nonton, euy. The Glory dan My Name keren dramanya.
Comment Author Avatar
Duh dramanya bikin nyesek, pengen nonton semuanya. Cuma sekarang lagi membatasi diri buat nonton drakor, soalnya candu banget
Comment Author Avatar
Attorney Woo sama The Glory tuh perfect banget jadi drama
Nampilin acting yang the best
Jadi penasaran Son Hong-kye diet berapa lama
Comment Author Avatar
Aku belum liat nih mba yang attorney woo. Cuss nonton ah bisa jadi teman me time
Comment Author Avatar
Nomor 4 aku paling sukaaaa. Kyknya emang Korea Selatan banyak bikin drakor dengan pemeran utama perempuan yang jagoan untuk menyemangati perempuan di sana supaya jd lebih kuat lagi ya :D
Comment Author Avatar
Sebentar lagii memperingati hari kartini, kartini juga wanita tangguh versi indonesia.
Nah kalau drakor aku kepo sama little women
Comment Author Avatar
Banyak banget ternyata ya film film atau drama series yang menceritakan tentang perempuan perempuan hebat, bisa jadi waiting list niy nanti buat ditonton
Comment Author Avatar
wah banyak ya 10 drakor ini dan aku belum nonton semua ahhaha cuma pernah liat cuplikan yang glory aja kayaknya seru bingits sih yg ini
Comment Author Avatar
Mayoritas alurnya bercerita tentang balas dendam. Agak seram juga kalau ketangguhan dihubungkan dengan dendam. Kata orang dendam nggak pernah selesai.
Comment Author Avatar
The Glory dan Little Women memang mewakili cerita wanita tangguh nih. Bahagianya di zaman sekarang, menikmati film, siaran, konten apa pun semudah memandang layar TV atau screen gadget yang dilengkapi Indihome. Layanan ott-nya sungguh mempermudah yaa..
Comment Author Avatar
aku suka banget the glory, under the queens umbrella sama little woman, ya ampun itu kok bisa bagus gitu jalan ceritanya, apalagi little woman itu kisahnya keren banget soal sibling yang memang harus kuat menghadapi berbagai ujian hidup
Comment Author Avatar
Ada banyak kisah inspiratif yang bisa kita petik dari berbagai Drama ini ya mba. Sebagai perempuan, aku juga senang lihat kekuatan dan kecerdasan perempuan dalam berbagai situasi
Comment Author Avatar
Dari semua judul, yang pernah aku lihat bersiweran dibahas cuma The Glory, lainnya nggak tahu hihihihi. Keren siih, drakor tapi ngebahas alpha female.
Comment Author Avatar
Wah, rekomendasi drama Korea tentang perempuan tangguh ini kudu ditonton buat me time :D AKu belum pernah nonton satupun dari judul-judul di atas, mbak hehehe. Menginspirasi semua ya. kekuatan wanita dalam kehidupannya. Mantap nonton lancar jaya dengan internet cepat dari IndiHome.
Comment Author Avatar
Saya penasaran dengan Little Women versi Korea ini mbak, walau mungkin alur ceritanya sama dengan yang sudah diproduksi di negara lain, tapi pasti bakal ada ciri khas Koreanya. Apalagi drama ini memperoleh penghargaan Best Drama dalam Baeksang Art Award 2023
Comment Author Avatar
Dari menonton drama Korea dengan tema perempuan tangguh, kita bisa mengambil pelajaran bahwa banyak wanita tangguh di dunia ini, wanita yang memiliki kepribadian kuat dan selalu tegar menghadapi semua ujian hidup yang dialaminya, ya...
Comment Author Avatar
Dari sekian banyak baru tahu yang The Glory. Itupun belum sempat nonton full.
Kayaknya habis ini mau diagendain nonton deh.
Soalnya suka malas karena kadang harus banyak langganan ini itu demi bisa nonton film-film bagus tu. Kalau ads layanan streaming kaya indihome gini kan jelas lebih enak dan praktis. Jadi nggak akan ketinggalan info film yang sedang trending deh
Comment Author Avatar
Sebenarnya penasaran sama My Name sama The Glory secara katanya rada dark. Baru nonton yang Att Woo dan sukaa,, heartwarming banget dan gemez
Comment Author Avatar
Kayaknya The Glory ini bakal jadi penerima Baeksang tahun ini mbak
Emang kece banget drama ini
Comment Author Avatar
Banyak juga ya rekomendasi filmnya suka sih film bergenre perempuan tapi belum bisa nonton nya
Comment Author Avatar
Pandora sih masih jadi favorit nih, karena setiap nonton suka degdegan dan terpukan sama aksinya Hong Tae Ra. kedua kalau buatku ya si Glory, ini jadi tantangan untuk Song Hye Kyo nih, tapi dia bagus banget mainnya disini.
Comment Author Avatar
Under The Queen's Umbrella - Little Woman dan The Glory is the best!

Paling suka kalo drama sejarah Korea, soalnya aku suka liat baju-bajunya
Comment Author Avatar
Semuanya menarik nih. Saya penasaran dg Under The Queen'S Umbrella, kayaknya bagus banget. Gimana seorang ratu mendidik anak-anaknya. Menghadapi mertuanya, belum lagi ngurus selir.
Comment Author Avatar
Suzy masuk nominasi Baeksang.
Wow.
Aku belum nonton Anna. Hehhe, waktu itu berhasil nonton eps 1 dan 2 aja.
Apresiasi yang luar biasa untuk karakter perempuan dalam drama Korea.
Comment Author Avatar
The Glory sepertinya juga bagus. Kudu aktifin aplikasinya neh buat nonton lagi.
Comment Author Avatar
Dari semua rekomendasi film di atas, saya baru tahu Extraordinary Attorney Woo, itu pun lihat ringkasan filmnya hahaha. Masih suka ga sabar kalau nonton serial, karena panjang (walopun jelas kalah panjang sama sinteron negeri Utara Australia heheh). Eh tapi, sekarang lagi nonton drakor Melancholia sih..baru sampai seri ketiga, entah akan selesai berapa lama karena saya nontonnya pasti kepotong2)
Comment Author Avatar
Waaah, lengkap banget rekomendasi drama kisah wanita tangguh ya. aku beneran penasaran sama The Glory dan attorney Woo. bisa sangat menginspirasi ya kalau nonton drama ini
Comment Author Avatar
Baru mulai Pandora 2 eps dan ingin coba The Secret Romantic Guesthouse jugaa..
Rasanya happy banget karena uda deket waktu liburan begini, banyak list tontonan yang mengangkat tema karakter perempuan.
Comment Author Avatar
wah seru-seru rekomendasi film koreanya aku kebayang diriku lo difilm queen ratu yang pemarah tapi sayang anak-anaknya. kalo lagi nonton drama mesti stabil internetnya biar nyaman nontonnya
Comment Author Avatar
Baru nonton The Glory, The Secret Romantic Guesthouse baru nonton awal episode. Setuju sih ama sosok wanita tangguh di drakor ini. Banyak rekomendasi drakor lainnya. Saya mau ah nonton The Queen Umbrella ama Attorney Woo
Comment Author Avatar
Kebanyakan karena balas dendam ya mak ceritanya. Ini rekomendasi drama yang bisa jadi tontonan kalau lagi ingin menyalurkan hasrat pengen marah2 hahaha
Comment Author Avatar
Setujuuuu, dong eun di glory tuh emang tangguh bangeeeet.. seru banget pula cerita the glory. Hihi. Aku belom nonton under the queens umbrella. Abis ini mau nonton juga aaah
Comment Author Avatar
No 7 lagi on going seru banget ini pastinya misterinya bikin deg-degan deh aku nonton juga kak
Comment Author Avatar
Alu belum update the glory nih hehe katanya ceritanya wow yaaa. Nanti deh abis pulang mudik mau coba mulai nge-drakor lagiii
Comment Author Avatar
Beberapa dintara.y sudah aku tonton, keren2 sih cewek.y, merek bersinar dengan cara mereka sendiri
Comment Author Avatar
Sekarang mah nonton film drakor makin mudah ya, cukup lewat ott IndiHome sudah bisa bersenang-senang, hehee..