Fiesta Seafood Cocok Dijadikan Bekal Anak Ke Sekolah, Ini Resepnya

fiesta seafood

Fiesta Seafood cocok dijadikan bekal anak ke sekolah lho, ini cerita saya menyiapkan bekal ke sekolah untuk Aisha! "Ma, besok menu bekal sekolahnya diganti ya, kan bosan telur melulu atau ayam goreng," keluh Aisha, putri saya yang saat ini duduk di kelas enam sekolah dasar. Sejak Taman Kanak-kanak, saya selalu membiasakan Aisha membawa bekal dari rumah, karena ingin Aisha selalu mengonsumsi makanan sehat, terutama saat makan siang. Meskipun tidak melarang Aisha untuk jajan, tapi untuk urusan makan siang wajib membawa bekal dari rumah.

Menu berbahan telur atau ayam goreng adalah favorit Aisha, tapi namanya juga anak-anak kadang muncul juga kok rasa bosan dan akibatnya selalu ada saja sisa makanan di kotak bekal makan siang Aisha. Suatu hari, saat saya hendak mencuci kotak bekal makan siang Aisha, saya menemukan sisa saus padahal bekal sekolah Aisha saat itu tidak ada sausnya. Setelah saya tanyakan, ternyata Aisha berbagi menu makanan dengan teman sebangkunya...hmmm penasaran dong saya soalnya Aisha bilang menu bekal makan siang temannya di sekolah mirip seperti di restoran. Menunya apa? Tempura Udang Saus Asam Manis, ma! 

Duh...buat saya menu bekal sekolah teman Aisha tersebut terlalu sulit, apalagi harus memasaknya di pagi hari saat dimana saya sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan semua kebutuhan anggota keluarga yang akan beraktivitas, baik ke kantor maupun ke sekolah. Apalagi saya juga harus mempersiapkan menu sarapan...sepertinya saya menyerah duluan jika harus memasak menu yang membutuhkan waktu lama. Biasanya saya memilih menu yang simpel dan disukai anak, baik untuk sarapan maupun bekal sekolah. 

Tapi terkadang, menu yang selama ini menjadi favorit anak-anak pun kerap memunculkan rasa bosan saat menyantapkan, dan hal ini bisa saya mengerti. Solusinya, saya harus mencari cara nih agar Aisha tetap semangat menyantap menu bekal sekolahnya, karena bagaimana pun membawa bekal makan makan dari rumah memiliki banyak manfaat positif lho terutama untuk kesehatan anak. Apalagi aktivitas Aisha di sekolah sangat padat, tidak hanya kegiatan akademis tapi juga mengikuti berbagai kegiatan ekstra kurikuler. Sebenarnya, apa saja sih manfaat membawa bekal ke sekolah untuk anak? Berikut penjelasannya.

Manfaat Membawa Bekal Ke Sekolah Untuk Anak

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, sejak Taman Kanak-kanak Aisha terbiasa membawa bekal ke sekolah, terutama untuk bekal makan siang. Alasan simpelnya sih karena saya ingin selalu memastikan Aisha makan siang dengan menu yang sehat dan bersih karena diolah di rumah. Tapi ternyata, setelah membaca banyak referensi, saya jadi tahu kalau membawa bekal ke sekolah memiliki banyak manfaat lainnya, seperti.

manfaat bawa bekal ke sekolah

Untuk Menjamin Nutrisi Harian Anak Tercukupi

Pernah mendengar Angka Kecukupan Gizi atau AKG? AKG adalah suatu nilai yang menunjukkan kebutuhan rata-rata zat gizi tertentu yang harus dipenuhi setiap hari untuk semua orang dari berbagai golongan usia. Adapun kebutuhan gizi setiap orang berbeda, ditentukan oleh banyak faktor, seperti usia, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan.

Nah, kebiasaan membawa bekal ke sekolah tidak hanya sekadar mengisi perut anak, tapi juga sebagai cara untuk menjamin pemenuhan kebutuhan nutrisi harian anak. Meskipun pertumbuhan anak tidaklah sepesat balita, namun tetap saja optimalnya pertumbuhan anak usia sekolah, seperti Aisha juga bergantung pada kelengkapan nutrisi dari asupan makanan serta minuman sehari-hari. Inilah alasan mengapa anak usia sekolah membutuhkan bekal makanan yang kaya akan zat gizi makro dan mikro, dan membawa bekal dari rumah bisa menjadi solusi terbaik untuk menjamin kebutuhan nutrisi anak setiap hari.

Lebih Terjamin Kebersihannya

Kebersihan saat mempersiapkan menu makanan menjadi salah satu kunci untuk menjaga keutuhan zat gizi dari menu makanan tersebut. Nah, membawa bekal ke sekolah dari rumah menjadi salah satu cara untuk memastikan kebersihan dari menu makanan tersebut. Selain itu, membawa bekal ke sekolah juga menjadi cara untuk mengetahui kualitas dari bahan yang digunakan untuk membuat menu makanan, termasuk cara pengolahannya, sehingga bisa dipastikan anak aman saat menyantap menu bekal makannya di sekolah.

Meskipun jajan di sekolah bisa menjadi solusi yang praktis, tapi tentu saja orangtua akan mengalami kesulitan untuk memastikan kebersihan sekaligus zat gizi dari makanan yang dikonsumsi anak. Anak boleh-boleh saja jajan atau menjelajah makanan baru di kantin sekolahnya, namun untuk bekal makan siang sebaiknya di bawa dari rumah, karena makan siang memiliki fungsi sangat penting untuk mendukung aktivitas anak di sekolah untuk melanjutkan belajarnya.

Pastinya Lebih Murah dan Hemat

Manfaat lainnya jika anak rutin membawa bekal makan ke sekolah adalah lebih murah dan pastinya lebih hemat. Tidak semua orangtua bisa memberikan uang saku dalam jumlah besar setiap hari untuk anaknya, padahal selain membeli camilan, anak juga harus membeli bekal makan siang, apalagi jika aktivitas belajarnya tergolong padat. Bahkan, ada beberapa sekolah yang menerapkan durasi jam belajar cukup panjang, dari pagi hingga sore. Bayangkan jika selama itu anak harus bolak-balik membeli makanan atau jajan, pasti butuh uang saku yang jumlahnya cukup besar.

Daripada orangtua pusing mengatur tambahan uang saku untuk putra atau putrinya, akan lebih baik jika membawa anak bekal ke sekolah. Tentunya selain lebih hemat juga lebih murah karena orangtua bisa menyesuaikan menu bekal anak dengan kemampuan keuangan orangtua. Selain itu, masih ada lagi bonusnya lho, yaitu bisa menjaga asupan nutrisi dan zat gizinya. Jadi, jangan pernah meninggalkan kebiasaan anak membawa bekal ke sekolah ya, meskipun waktu untuk menyiapkan bekal tersebut bisa dibilang sangat singkat.

Sebagai ibu rumah tangga, saya bisa merasakan bagaimana repotnya setiap pagi hari, selain harus mengurus keperluan anak-anak sekolah, menyiapkan sarapan, juga keperluan suami bekerja. Belum lagi harus mempersiapkan bekal anak ke sekolah. Wajar jika banyak ibu rumah tangga termasuk saya lebih memilih menu makanan yang simpel dan mudah di masak untuk bekal anak ke sekolah. Biasanya saya memilih menu makanan yang disukai anak-anak, seperti menu berbahan telur dan ayam. 

Tapi namanya anak-anak, meskipun menu makanan tersebut favorit mereka tapi adakalanya merasa bosan dan ingin mencoba menu makanan lainnya. Setelah mencari banyak referensi dan informasi, akhirnya saya menemukan solusi jenis makanan yang bisa membantu memperkaya pilihan menu makanan untuk bekal anak ke sekolah, yaitu Frozen Food.

Alasan Memilih Frozen Food Untuk Bekal Anak Ke Sekolah

Umumnya anak-anak suka sekali mencoba jenis makanan baru, Termasuk Aisha. Meskipun bekal makanan yang setiap hari di bawa Aisha ke sekolah adalah makanan favoritnya. Tapi adakalanya Aisha merasa bosan dan ingin mencoba jenis makanan baru. Saat sedang kebingungan mencari menu makanan baru untuk bekal Aisha ke sekolah, tiba-tiba saat ingat makanan Frozen Food...wah bisa dicoba nih sebagai variasi menu makanan untuk bekal Aisha.

Frozen Food bukanlah jenis makanan baru dan asing untuk Aisha, karena saat pandemi mulai meningkat dua tahun lalu dan Aisha harus menjalani pembelajaran secara online, saya kerap menyediakan menu alternatif frozen food agar anak-anak tidak bosan. Apalagi saat itu, banyak sekali aneka jenis makanan frozen food yang selain praktis juga lebih ekonomis karena memiliki ketahanan cukup lama. Meskipun begitu, saya tetap menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memilih frozen food, seperti berikut ini:

  1. Perhatikan Produsen atau pihak yang memproduksi frozen food tersebut. Jangan asal beli ya, karena belum tentu semua frozen food diproduksi dari bahan berkualitas dan higienis.
  2. Perhatikan tanggal kadaluarsa atau expired frozen food tersebut. Meskipun frozen food merupakan makanan yang dibekukan, namun semua produk makanan pasti memiliki masa kadaluarsa, yang artinya tidak disarankan untuk disajikan lagi.
  3. Perhatikan kemasan frozen food tersebut. Makanan yang dibekukan harus disimpan atau dikemas dalam wadah yang berkualitas agar tidak lekas rusak yang berakibat pada berkurangnya cita rasa serta nilai gizi dari frozen food tersebut. Jadi sebelum membeli, perhatikan kemasan frozen food tersebut dengan teliti agar aman saat dimasak untuk bekal anak ke sekolah.
frozen food untuk bekal anak ke sekolah

Setelah membaca banyak referensi, akhirnya saya memilih variasi menu makanan dari frozen food untuk bekal Aisha ke sekolah, dengan alasan:

1. Cara Pengolahan Frozen Food Lebih Praktis

Pagi hari adalah saat paling sibuk buat saya, seorang ibu rumah tangga, karena harus mengurus keperluan suami yang akan berangkat bekerja dan anak-anak yang akan berangkat ke sekolah. Meskipun sibuk, saya selalu menerapkan aturan membawa bekal makanan dari rumah. Untuk mempersingkat waktu, biasanya saya memilih menu makanan yang simpel dan tidak terlalu lama ketika mengolahnya, dan frozen food merupakan menu makanan alternatif yang memenuhi dari sisi kepraktisannya.

Bahkan saat ini, sudah tersedia banyak varian frozen food yang bisa dijadikan menu makanan, seperti ayam, ikan, daging, sayuran, hingga frozen food seafood. Tidak hanya variannya yang beragam, cara mengolahnya pun tersedia banyak pilihan, mulai dari di goreng, dikukus, dan lainnya, sesuai kreativitas konsumennya. Tidak hanya praktis, tapi juga tahan lama lho, asalkan rutin mengecek tanggal kadaluarsa dari frozen food tersebut. 

2. Tidak Kehilangan Nutrisi dan Lebih Higienis

Dikutip dari The Academy of Nutrition and Dietetics, makanan yang diolah menjadi frozen food dapat menyimpan vitamin dan mineral. Selain itu, cara pemgolahan produk frozen food tidak mengubah kandungan nutrisi didalamnya, bahkan bisa mempertahankan kandungan nutrisi tersebut dalam waktu yang lama jika diolah serta dikemas dengan cara berkualitas. Inilah alasan mengapa konsumen yang ingin membeli frozen food harus lebih teliti serta mencari tahu kualitas serta kandungan nutrisi dari frozen food tersebut.

Frozen food biasanya diolah dan disimpan dalam kemasan khusus, yang telah memenuhi standar keamanan untuk menjaga kandungan nutrisi serta kesegaran dari makanan tersebut. Jadi, jangan pernah ragu untuk membeli frozen food sebagai menu makanan alternatif untuk bekal anak ke ssekolah ya. Konsumen juga tidak perlu khawatir dengan higienitas dari frozen food tersebut, karena sudah ada standar penyimpanan yang biasanya sudah ditetapkan produsen kepada pihak yang menjual frozen food tersebut. Tapi tentu saja, konsumen juga harus memperhatikan serta membaca instruksi penyimpanan yang tepat, agar frozen food tetap higienis dan tidak kehilangan nutrisi saat diolah menjadi bekal anak ke sekolah.

3. Frozen Food Bisa Diolah Menjadi Berbagai Menu Makanan

Siapa bilang frozen food hanya bisa diolah dengan cara digoreng, dikukus, atau dibakar saja? Ada benarnya juga sih, tapi kenyataannya frozen food bisa kok dijadikan salah satu bahan untuk membuat menu makanan yang rasanya tidak kalah lezat jika dibandingkan menghidangkan langsung. Bahkan, cara pengolahan seperti ini tidak menghilangkan kelezatan serta cita rasa asli dari frozen food tersebut. Inilah yang menjadi alasan mengapa saya memilih frozen food sebagai variasi menu makanan untuk bekal Aisha ke sekolah.

Nah, pastinya semua tahu dong kalau varian frozen food sangat banyak dan membuat saya kebingungan memilih yang cocok dijadikan bekal Aisha ke sekolah. Tapi setelah diingat lagi, Aisha pernah mengeluh bosan dibawakan bekal dengan menu makanan telur atau ayam, kira-kira jenis frozen food apa yang cocok ya? Hmmm...saya ingat nih, Aisha pernah bercerita kalau pernah mencicipi menu bekal teman sebangkunya di sekolah, yaitu Tempura Udang Saus Asam Manis, sepertinya frozen food seafood bisa jadi pilihan nih!

Kebetulan saat belanja bulanan di supermarket dekat rumah, mata saya tertuju pada produk frozen food yang sering saya beli untuk variasi menu makanan di rumah, apalagi kalau bukan Fiesta. Ternyata Fiesta memiliki varian seafood ya? Langsung deh saya beli, kebetulan saya ingin mencoba menu makanan berbahan seafood untuk bekal Aisha ke sekolah. Ternyata setelah sampai di rumah, Aisha sangat gembira membuka kantong belanjaan saya, soalnya ibu temannya juga menggunakan Fiesta Seafood Tempura Udang untuk bekal makanan yang cicipinya. Wah...cocok nih! Bisa langsung eksekusi.

Fiesta Seafood Cocok Dijadikan Bekal Anak Ke Sekolah, Ini Resepnya

Seafood sebenarnya salah satu jenis makanan yang disukai Aisha, tapi karena berpikir pasti agak sulit mengolahnya, sehingga saya jarang membeli jenis makanan yang satu ini. Padahal beberapa ahli nutrisi sangat menyarankan anak-anak mengonsumsi seafood sebagai variasi menu makanan. 

resep fiesta seafood

Seafood adalah jenis makanan yang bersumber dari laut, dan ternyata memiliki cukup banyak manfaat untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak, diantaranya:
  1. Membantu membentuk sel baru pada tubuh anak. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan banyak protein untuk kebutuhan perbaikan dan pertumbuhan jaringan yang berkelanjutan, dalam hal ini tulang, otot, enzim, dan hormon. Seafood sendiri adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 DHA (asam amino esensial) yang dapat membantu membangun membran sel tubuh yang diperlukan.
  2. Membantu meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. Dalam sebuah studi yang dilakukan Harvard School of Public Health, menunjukkan bahwa tinggi asam lemak dapat membantu menumbuhkan neorologis dan otak yang penting untuk anak-anak.
  3. Membantu Meningkatkan Imunitas Anak. Pastinya sudah tahu kalau sistem kekebalan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa, di mana kekebalan tubuh anak masih sangat rentan dan belum cukup kuat. Untuk itu, dibutuhan asupan nutrisi dan zar gizi yang maksimal untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin penting lainnya dalam seafood dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga imunitas anak bisa lebih optimal dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit.
Dengan banyaknya manfaat seafood untuk mendukung pertumbuhan anak agar lebih maksimal, rasanya membuat menu makanan berbahan seafood untuk bekal Aisha ke sekolah adalah solusi paling baik. Apalagi sudah tersedia berbagai varian produk Fiesta Seafood yang bisa dipilih untuk membuat berbagai menu makanan yang disukai anak. 

Untuk kali ini, saya telah membeli tiga jenis varian Fiesta Seafood untuk selanjutnya saya olah menjadi menu bekal Aisha ke sekolah, yaitu Tempura Udang atau Ebi Fry, Stik Ikan Dori atau Dory Stick, dan Shrimp Shumai atau Siomay Udang. Bagaimana cara saya mengolahnya sehingga Fiesta Seafood cocok dijadikan bekal Aisha ke sekolah? Berikut ini resepnya.

Resep Tempura Udang Saus Asam Manis Dari Fiesta Seafood Tempura Udang/Ebi Fry

Fiesta Seafood Tempura Udang merupakan tempura udang siap saji yang terbuat dari udang segar utuh yang di balut tepung roti, sehingga dihasilkan tempura udang yang gurih, renyah, dan manis.

resep fiesta seafood tempura udang

Selain enak dan lezat, tempura udang Fiesta Seafood ini mengandung Omega 6, Omega 9, dan asam amino esensial yang baik untuk kesehatan tubuh. Produk ini juga tidak mengandung bahan pengawet tambahan sehingga aman dikonsumsi semua orang dari berbagai usia, termasuk anak-anak. Selain praktis dan siap masak, juga tersedia dalam kemasan 160 gram.

resep tempura udang saus asam manis


Resep Tempura Udang Saus Asam Manis

Bahan Tempura Udang
  • Fiesta Seafood Tempura Udang kemasan 160 gram
Bahan Saus Asam Manis:
  • 2 siung bawang putih rajang halus.
  • 1/4 bawang bombay
  • 1 buah wortel di iris seperti batang korek api
  • 2 sendok makan saus tomat.
  • 2 sendok makan saus cabe botolan.
  • 2 sendok makan saus tiram.
  • 1 buah cabe merah besar di iris memanjang (Aisha tidak suka pedas).
  • 1/2 sendok teh merica/lada bubuk atau sesuai selera.
  • 1/2 sendok makan tepung maizena.
  • Daun bawang diiris tipis secukupnya.
  • Gula, garam, dan kaldu secukupnya, sesuai selera.
Cara Membuat Tempura Udang Saus Asam Manis:
  1. Goreng Fiesta Seafood Tempura Udang hingga kecoklatan dan crispy, lalu sisihkan atau bisa juga di goreng setelah saus asam manis selesai di masak sehingga tempura udang lebih crispy.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  3. Masukkan wortel yang telah diiris batang korek, saus tomat, saus cabe, saus tiram, cabe yang sudah dipotong-potong, kemudian aduk rata dan tambahkan air secukupnya.
  4. Masukkan tepung maizena yang sudah diencerkan dengan air.
  5. Aduk sebentar, lalu tambahkan gula, garam, dan kaldu secukupnya, lalu koreksi rasa.
  6. Masukkan daun bawang yang sudah diiris tipis lalu aduk lagi sebentar.
  7. Sajikan dengan Tempura Udang Fiesta Seafood yang sudah digoreng, bisa sebagai saus atau disiram langsung, dijamin rasanya enak, lezat, dan tidak kalah dengan menu Tempura Udang Saus Asam Manis ala restoran.

Resep Capcay Stik Ikan Dori Dari Fiesta Seafood Stik Ikan Dori/Dory Stick

Fiesta Seafood Dory Stick atau Stik Ikan Dori adalah ikan dori yang dibalut atau dibungkus dengan tepung roti yang gurih dalam bentuk stik beku instan. Ikan dori sendiri memiliki daging yang segar, berwarna putih, dengan rasa dominan manis serta bertekstur halus. Fiesta Seafood Dory Stick ini sangat praktis dalam penyajiannya, tingga di goreng hingga coklat keemasan, dan stik ikan dori yang renyah serta crispy bisa dijadikan lauk makan atau camilan. 

resep fiesta seafood dory stick atau stik ikan dori

Sama seperti produk Tempura Udang, Fiesta Seafood Dory Stick juga memiliki keunggulan dari segi nutrisinya, karena tiap potongan stik ikan dori mengandung Omega 6 yang baik untuk pertumbuhan otak, Omega 9 untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam darah, dan Asam Amino Esensial yang memiliki fungsi menjaga keseimbangan metabolisme tubuh serta sebagai antioksidan. Produk Fiesta Seafood ini tersedia dalam kemasan berukuran 200 gram. 

Untuk bekal Aisha ke sekolah kali ini, saya memasak menu capcay sayuran yang dipadukan dengan Fiesta Seafood Dory Stick sebagai salah satu bahannya, sehingga nutrisi harian Aisha kali ini bisa lebih maksimal. Berikut ini resepnya!

resep capcay stik ikan dori


Resep Capcay Stik Ikan Dori

Bahan Capcay:
  • 4 buah Fiesta Seafood Dory Stick/stik ikan dori. Goreng pada minyak panas hingga matang kecoklatan lalu sisihkan.
  • 1 buah wortel yang dipotong tipis menyerong atau sesuai selera.
  • 1 buah brokoli ukuran sedang atau kecil.
  • 2 buah jagung muda atau disebut juga soleng/putren ukuran sedang.
  • 1 batang daun bawang diiris halus.
  • 1/4 bawang bombay, iris halus
  • Bisa ditambahkan sayuran lainnya sesuai selera, telur orak-arik, bakso, atau daging ayam.
  • 1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan air.
  • Air secukupnya
  • Gula, garam, dan kaldu secukupnya.
Bumbu bumbu halus Capcay:
  • 3 siung bawang putih.
  • 2 siung bawang merah
  • Merica/lada secukupnya.
capcay stik ikan dori

Cara Membuat Capcay Stik Ikan Dori:
  1. Goreng Fiesta Seafood Dory Stick atau stik ikan dori hingga matang kecoklatan, potong menjadi beberapa bagian sesuai selera lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay yang sudah diiris halus hingga harum.
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tumis kembali hingga tercium aroma harum.
  4. Masukkan wortel, brokoli, dan jagung muda, lalu tambahkan air dan tumis hingga layu.
  5. Tambahkan merica bubuk jika diperlukan, lalu gula, garam, dan kaldu secukupnya, koreksi rasanya.
  6. Masukkan potongan stik ikan dori yang sudah digoreng, lalu aduk-aduk agar tercampur dengan bahan lainnya.
  7. Masukkan kembali daun bawang yang sudah diiris tipis dan diaduk kembali. Setelah matang, angkat dan sajikan untuk bekal anak ke sekolah.

Resep Siomay Udang Sambal Kacang Dari Fiesta Seafood Shrimp Shumai/Siomay Udang

Siomay Udang atau Shrimp Shumai dari Fiesta Seafood terbuat dari udang pilihan berkualitas tinggi. Sensasi udang segar di tiap gigitan menjadikan Shrimp Shumai menjadi pilihan keluarga yang sangat mengutamakan kesehatan serta kesegaran menu makanan setiap hari.

resep fiesta seafood shrimp shumai atau siomay udang

Shrimp Shumai atau siomay udang dari Fiesta Seafood ini tidak mengandung tambahan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi semua orang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain itu, produk Fiesta Seafood yang satu ini juga mengandung Omega 6, Omega 9, serta Asam Amino Essensial, sama seperti produk Fiesta Seafood lainnya. 

Kebetulan setiap weekend adalah jadwal kegiatan ekstra kurikuler Aisha di sekolah, dan weekend ini saya akan membuat menu camilan Siomay Udang Sambal Kacang untuk dijadikan bekal Aisha mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.

resep siomay udang sambal kacang

Resep Siomay Udang Sambal Kacang

Bahan Siomay Udang:
  • Fiesta Seafood Shrimp Shumai atau Siomay Udang 180 gram.
Bahan Sambal Kacang Siomay:
  • 250 gram kacang tanah, goreng lalu haluskan.
  • 3 siung bawang putih, kupas dan goreng.
  • 4 siung bawang merah, kupas dan goreng.
  • 5 buah cabe merah kering, goreng.
  • 3 lembar daun jeruk.
  • 1 sendok makan air asam jawa.
  • 3 sendok makan kecap manis.
  • 1 buah gula jawa.
  • Garam, penyedap rasa, dan minyak goreng secukupnya.
Cara Membuat Sambal Kacang Siomay:
  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai yang sudah digoreng.
  2. Setelah bumbu halus, kemudian tumis.
  3. Masukkan daun jeruk, air asam jawa, kecap manis, dan gula jawa.
  4. Masukkan air sedikit demi sedikit secukupnya.
  5. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, kemudian masak hingga matang.
  6. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
  7. Cicipi dan koreksi rasanya. Jika sudah pas masak lagi hingga sedikit mengental dan mengeluarkan minyak.
  8. Angkat sambal kacang tersebut dan siap dihidangkan atau dikemas untuk bekal anak ke sekolah.
Bagaimana resepnya? Praktis dan simpel pastinya, apalagi bahannya menggunakan makanan siap saji Fiesta Seafood yang terjamin kandungan nutrisinya dan aman karena tanpa tambahan bahan pengawet. Bahan baku yang digunakan juga berkualitas tinggi dan masih segar, sehingga bisa dikonsumsi semua orang dari berbagai golongan usia.  

resep bekal anak fiesta seafood

Inilah alasan mengapa saya memilih Fiesta Seafood untuk variasi menu makanan bekal anak ke sekolah. Apalagi Fiesta Seafood juga cocok di masak menjadi berbagai menu makanan ala restoran untuk keluarga di rumah. "Wah...berkat Fiesta Seafood, bisa bawa bekal ala restoran ke sekolah, rasanya enak dan lezat," kata Aisha dengan gembira. 

Untuk informasi lebih lanjut dan jika ingin melakukan pembelian secara online, bisa mengunjungi:

Website : www.makanseafood.com
Media Sosial:
  • Facebook: Ayo Makan Seafood
  • Instagram: @ayomakanseafood & @fiestaseafood.
  • Tiktok: @ayomakanseafood.
Tokopedia: https://www.tokopedia.com/cppprimaseafood.
Shopee: https://www.shopee.co.id/cppprimaseafood.

Selain pembelian secara online, untuk membeli Fiesta Seafood juga sangat mudah, karena sudah tersedia Prima Fresh Mart, Superindo, AEON, Hari-hari Swalayan, GS Supermarket, Naga Swalayan, serta toko-toko yang menjual frozen food terdekat. Yuk makan seafood setiap hari bersama Fiesta Seafood!

Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

30 komentar untuk "Fiesta Seafood Cocok Dijadikan Bekal Anak Ke Sekolah, Ini Resepnya"

Comment Author Avatar
Menarik resep masakan dari produk olahan. Tentunya untuk bekal anak, tampilan luar harus dipercantik. Saya juga sering liat nugget bentuk huruf atau hewan Dino supaya menarik perhatian anak, sekaligus belajar juga. Terima kasih
Comment Author Avatar
Wah banyak ya variasi Fiesta, bisa dijadikan alternatif bekal untuk anak nih, saya ya bingung mau ngasih bekal apa, kalau ga bawa bekal nasi kasihan, mesti ngeluh lapar
Comment Author Avatar
Ternyata Fiesta juga punya varian seafood ya, saya penasaran sama Ebi fry yang cukup mudah dimasak dan juga Ikan dorinya yang mirip dengan nugget tinggal goreng aja. Dimasak dengan cara apa saja menunya Fiesta seafood ini terasa istimewa karena rasanya enak :)
Comment Author Avatar
wah sama nih dengan saya, saya juga penasaran eby fry dan dori fillet, kalau buat dori sendiri ga seberapa ok rasanya, jadi ingin coba juga
Comment Author Avatar
Bawa bekal juga jalan ninja saya. Ada resep disini jadi makin semangat buat berkreasi. Ternyata banyak variasi makanan yg bisa diolah dari Fiesta ya.
Comment Author Avatar
Bawa bekal ini memang jalan ninja banget dah. Ditambah lagi ada variasi makanan yang bisa diolah dari Fiesta.
Comment Author Avatar
Keren nih resepnya. BTW Frozen Foof Fiesta ini juga jadi salah satu bekal makanan favoritku saat berangkat kerja. Membawa bekal bagi saya ini benar-benar manfaat banget, apalagi untuk pangkas waktu Isoma, gak kelamaan di waktu cari makan atau nunggu makan dari pesan online.
Comment Author Avatar
Ah iya, saya tahu Fiesta, Mbak, termasuk yang terbaik sih yaa ... dari bahan dan rasa, berkualitas.
Comment Author Avatar
Asik nih dapat contekan resep untuk olahan seafood dengan bahan dasar frozen food. Bisa diterapkan tuh kalau anak2 rekues masakan dengan seafood. Ga sulit ya ternyata cara memasaknya.
Comment Author Avatar
Teman saya pernah berkunjung ke pabrik frozen food dan menurutnya makanan ini mengandung gizi yang diperlukan untuk anak. Sekarang tinggal kreativitas ibu menambah sayuran serta rempah-rempah lain, supaya lebih yummy dan kandungan gizinya bertambah.
Comment Author Avatar
Wuiiihhh enak banget mah kalau masak pakai Fiesta Seafood, Fiesta ini dulunya favorit kami banget, pas kerja membantu banget untuk masak-masak cepat dan simple.
Apalagi emang enak ya, anak-anak suka banget
Comment Author Avatar
Wah, makasih resepnya, Kak. Nggak cuma anak-anak, orang dewasa kayaknya juga bakalan demen deh sama menu ini. Hehe.
Comment Author Avatar
Wah, makasih resepnya, Kak. Nggak cuma anak-anak, kayaknya orang dewasa juga bakal doyan sama menu ini ya. Hehe.
Comment Author Avatar
Kalau pagi pagi memang waktunya sempit ya. Belum masak, belum antar anak. Kapan kapan aku mau coba Fiesta Seafood jugalah supaya bisa lebih lega pagi pagi. Siapin bekal anak bisa sat set.
Comment Author Avatar
duhh jadi ngiler mbaa, apalagi ebi furainyaa hehehe.. pengen jugaa nih. lama banget ngga beli fiesta seafood karena udah lama juga ngga belanja wkwk
Comment Author Avatar
Wah ini sih samaan dengan keponakan saya mba, kalau bekal ke sekolah biasanya bawa bekal ini juga, dan pastinya lebih aman untuk mereka karena buatnya di rumah
Comment Author Avatar
Salah banget baca blog ini dalam keadaan lapar hiksss.
Entah kenapa, Fiesta tu rasa produknya "khas", coba deh diadu rasa nugget2 dengan berbagai merk, Fiesta masuk ranking pertama nih buatku. Sayangnya di kota tempat tinggalku variasi Fiestanya belum terlalu lengkap Mba huhuhu. Semoga bisa segera lengkap deh biar bisa nyobain resep2 di atas.
Comment Author Avatar
Anakku SMA dan SMP, keduanya masih bawa bekal sekolah dan aku nyetok Fiesta Seafood karena nutrisi baiknya pun kepraktisannya. Pas bener nih cari ide untuk dimasak apa Fiesta Seafoodnya. Cus cobain resepnya besok
Comment Author Avatar
Seru Mbak resep-resepnya, bisa banget jadi ide untuk bekal anak maupun orang dewasa. Btw, saya pun langganan berburu nugget2 fiesta hehehe, menu simpel yang cocok banget utk harian.
Comment Author Avatar
Cocok banget ini, bagi aku yang anaknya tiap hari mbekel. Memberi menu dengan frozen food menurutku nggak pernah gagal emang. Anak-anak girang bukan main. Beberapa variasi menu di atas kuga merupakan menu favorit anak-anak untuk bekal sekolah.
Comment Author Avatar
Anakku juga suka nih produk fiesta. Apalagi yang syomai udang. Nugget dan udang nya juga mantul banget.
Comment Author Avatar
Nggak cuma anak nih bund, suami jga suka bawa bekal buat kerja, jd lebih hemat jg. Pusing sih mikirn menu bekalnya tapi worth it lah
Comment Author Avatar
Bekal anak pasti habis kalau ada prozen food dari fiesta. Meski ya gak setiap hari saya bisa menyiapkannya. Fiesta juga mudah didapat meski kami tinggal di pedesaan karena fiesta sudah tersedia di distributor semacam minimarket
Comment Author Avatar
sungguh niqmat bgt Fiesta ini.
sedap bergizi.
bener2 recommended yah
cucok utk bekal
Comment Author Avatar
Bekal praktis penuh gizi ya kak. Enak banget fiesta tuh. Tapi anakku jarang mau dibawakan bekal nasi. Maunya snack aja
Comment Author Avatar
Wah bikin bekal anak yang lezat dan sedap di mata juga jadi praktis ya dengan Fiesta Food ini. Jadi pengen nyetok juga di rumah. Apalagi mau dekat bulan puasa ini. Bisa juga jadi menu sahur praktis
Comment Author Avatar
Varian dari Fiesta Frozen Food ini sungguh banyak ya..
Jadi bekal ke sekolah anak juga bisa bermacam-macam dan berganti menu setiap hari. Ini anakku uda kangen banget bebekelan makanan. Katanya seneng kalau dimasakin Mama.

Ide cemerlang bekel menggunakan Fiesta Frozen Food.
Comment Author Avatar
wah aku juga mau nih bikin bekal buat anak, kapan hari si kakak pengen bawa bekal nasi tapi aku tak ada ide buat masak praktis. wah ternyata ada ebi juga di fiesta ya itu bisa dah diitiru
Comment Author Avatar
Bekalnya para juara kata anak saya
Apalagi kalau sudah dibuatkan semacam bento, sudah pasti senang bukan main di sekolah