Tips Pilih Penginapan Dekat Tempat Wisata

penginapan

Pernah merasa kebingungan memilih penginapan saat berencana mengunjungi tempat wisata bersama keluarga? Kalau saya sih sering sekali, dan harus diakui banyak hal yang harus dipertimbangkan saat berencana mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. Meski sedikit repot memikirkan persiapannya, liburan bersama keluarga tetap menjadi suatu hal yang sangat ditunggu dan pastinya sangat menyenangkan. Alasan inilah yang membuat saya lebih mementingkan kenyamanan anak-anak dibanding memikirkan tempat wisata itu sendiri.
Bagi sebagian orang, aktivitas mudik atau pulang ke kampung halaman identik dengan silaturahmi dan temu kangen antara orang tua, anak, dan sanak saudara. Namun bagi saya dan keluarga yang tinggal jauh dari kampung halaman, aktivitas mudik atau pulang kampung ini juga diselingi mengunjungi beberapa tempat wisata. Apalagi sepanjang perjalanan dari Tangerang menuju Kota Jember, Jawa Timur banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama jika membawa anak-anak.

Salah satu kota yang saya dan keluarga singgahi selama perjalanan mudik tahun 2022 lalu adalah Kota Malang, Jawa Timur. Sebenarnya sih ada tempat wisata yang ingin sekali dikunjungi anak-anak saat singgah di Kota Malang, yaitu Museum Angkut. Tapi sayang, setelah menempuh perjalanan cukup jauh dari Jember ke Malang, Museum Angkut belum di buka karena masih hari ke-3 Idul Fitri. Setelah bersilahturahmi sebentar ke beberapa keluarga suami di Kota Malang, akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk menuju Kota Batu, Malang. 

tempat wisata

Niat awalnya sih ingin mengunjungi tempat wisata Jatim Park, tapi ternyata setelah tiba di lokasi wisata kondisinya sangat padat dan ramai sehingga untuk mencari lokasi parkiran saja sangat sulit. Akhirnya setelah berdiskusi dengan anak-anak, semuanya setuju untuk mengunjungi tempat wisata yang memiliki banyak kenangan untuk ayahnya, yaitu Taman Rekreasi Selecta yang lokasinya masih di Kota Batu, Malang.

Serunya Mengunjungi Tempat Wisata Taman Rekreasi Selecta Di Kota Batu, Malang

Taman Rekreasi Selecta ini berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Jaraknya sih bisa dibilang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Batu dan Kota Malang itu sendiri, dengan kondisi jalan yang mulus sehingga tidak heran jika banyak wisatawan luar kota yang datang dengan tujuan mengunjungi tempat wisata yang sangat terkenal sejak dulu. Saya ingat ketika masih kecil sering sekali melihat foto Taman Rekreasi Selecta, baik di kalender atau buku agenda. Ternyata, Selecta memang seindah fotonya, bahkan lebih indah lagi setelah menyaksikannya secara langsung.

Meskipun suasana saat itu masih merayakan Idul Fitri, namun tempat wisata ini sudah ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai kota dan hal ini terlihat dari plat nomor kendaraan yang rata-rata berasal dari luar kota bahkan luar Jawa Timur. Begitu tiba di tempat wisata Taman Rekreasi Selecta, saya dan keluarga langsung disambut sejuknya hawa pegunungan, karena memang tempat wisata ini berlokasi di ketinggian. Tidak heran jika udaranya terasa dingin dan sejuk serta panorama alamnya sangat indah sehingga sangat cocok dijadikan salah satu destinasi wisata alam di Kota Malang.

taman rekreasi selecta

Tapi selain keindahan panorama alamnya, ada wahana permainan apa saja sih yang tersedia di Taman Rekreasi Selecta? Yah...namanya juga taman rekreasi, pasti dilengkapi dengan wahana permainan untuk anak-anak. Tapi nanti dulu, karena di Taman Rekreasi Selecta terdapat fasilitas yang menjadi favorit pengunjung, yaitu Taman Bunga Selecta. Taman Bunga Selecta memiliki luas sekitar 10 hektar dari total 18 hektar keseluruhan luas lokasi wisata. Di taman bunga ini terdapat hamparan puluhan jenis bunga warna-warni yang pastinya sangat indah dan cocok buat spot foto larena sangat instagramable, untungnya saya sempat foto juga lho setelah antri cukup lama.

Hampatan bunga dengan area cukup luas di Taman Bunga Selecta membuat saya ingat kalau Kota Batu juga dijuluki sebagai Kota Bunga, karena sepanjang jalan menuju tempat wisata ini banyak sekali penjual bunga. Nah, selain taman bunga juga terdapat wahana lainnya yang juga menjadi favorit semua pengunjung, yaitu Wahana Pemandian Selecta. Area pemandian ini cukup luas dan tersedia beberapa kolam yang bisa menampung pengunjung dari berbagai usia, termasuk anak-anak.

wahana pemandian selecta, batu, malang

Sayangnya, saya dan keluarga tidak sempat merasakan sensasi berenang di kolam pemandian Selecta, karena suhu udara cukup dingin dan anak-anak kebetulan agak alergi dengan suhu dingin yang terlalu ekstrim. Duh...pastinya anak-anak ingin sekali merasakan asyiknya main perosotan di kolam pemandian Selecta. Lantas, bagaimana dengan wahana permainannya? Di Taman Rekreasi Selecta terdapat beberapa wahana permainan, seperti outbound, flying fox, arena menunggang kuda khusus anak usia 5 tahun ke atas, dan masih banyak yang lainnya.

Kelihatannya agak kecewa sih karena tidak bisa merasakan sensasi berenang dan mencoba berbagai permainan air di kolam pemandian Selecta, akhirnya anak-anak mencoba berbagai wahana permainan, salah satunya adalah flying fox dan merasakan sensasi terbang di atas taman bunga. Oh iya, selain tersedia berbagai wahana permainan untuk keluarga, juga tersedia banyak tempat duduk di antara taman bunga dan beberapa berada di ketinggian, sehingga bisa melihat langsung indahnya Kota Batu di kejauhan. Untuk harga tiket masuk Taman Rekreasi Selecta cukup terjangkau, Rp 40.000,- per orang dan biaya parkir mobil Rp 10.000,- bisa parkir sepuasnya.

taman bunga selecta, batu, malang

Apakah tersedia area kuliner? Pasti dong, setelah puas mencoba berbagai permainan saatnya mencoba berbagai kuliner di tempat wisata Taman Rekreasi Selecta. Di tempat wisata ini banyak tersedia pilihan kuliner, dari jajanan hingga makanan berat seperti nasi yang bisa dinikmati bersama keluarga. Bagi yang ingin mencicipi kuliner khas Malang, yaitu Bakwan Malang juga tersedia di sini dengan harga terjangkau, mulai dari 15 ribu rupiah per porsi. Selain bakwan Malang, juga terdapat jajanan yang pastinya menjadi favorit anak-anak, seperti popcorn, corndog, jagung rebus, es krim, dan lainnya.

Dengan kelengkapan fasilitas untuk semua kalangan usia, Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu sangat direkomendasikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga. Apalagi selama mengunjungi tempat wisata ini, anak-anak merasa sangat nyaman dan bahagia. Semoga berwisata ke Taman Rekreasi Selecta ini menjadi kenangan tidak terlupakan untuk anak-anak hingga dewasa kelak. Yap, memberikan kenangan yang indah dalam ingatan anak-anak menjadi salah satu manfaat mengunjungi berbagai tempat wisata lho.

wisata taman selecta batu malang

Tidak hanya memilih tempat wisata yang nyaman dikunjungi bersama anak-anak, saya pun selalu memilih penginapan yang selain dekat dengan tempat wisata juga ramah dengan anak-anak lho. Kebetulan saya dan keluarga sempat menginap satu malam di Kota Malang, agar anak-anak tidak kelelahan di perjalanan. Karena tujuan awal ingin mengunjungi Museum Angkut, saya memilih penginapan yang berlokasi di pusat Kota Malang. Untuk menghemat waktu, seperti bisa saya selalu pesan hotel atau penginapan melalui aplikasi booking hotel online. 

Tips Pilih Penginapan Dekat Tempat Wisata Melalui Aplikasi Booking Hotel Online

Bagi yang suka berwisata pastinya tahu kalau penginapan yang dekat tempat wisata biasanya tarif per malamnya tergolong mahal. Tapi tentu sebanding dengan benefit yang di dapat, yaitu mengurangi budget untuk biaya transportasi, apalagi jika jarak dari penginapan ke tempat wisata bisa dijangkau dengan jalan kaki. Tapi dalam kondisi tertentu, seperti masa liburan pastinya mencari penginapan yang ideal dengan fasilitas lengkap sesuai keinginan bukanlah hal mudah. Belum lagi jika belum mengenal dengan baik daerah sekitar tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Apakah ada solusinya? Tentu ada, yaitu manfaatkan Aplikasi Booking Hotel Online sehingga bisa pilih dan pesan penginapan jauh-jauh hari, seperti yang saya lakukan sebelum mengunjungi Kota Malang untuk tujuan silahturahmi sekaligus berwisata bersama keluarga setelah berlebaran di Kota Jember. Meskipun bisa pesan penginapan dengan mudah melalui aplikasi, saya tetap pilih dan pilah penginapan yang tidak hanya dekat lokasi wisata tapi juga nyaman untuk anak-anak. Berikut beberapa tips pilih penginapan dekat tempat wisata.

aplikasi booking hotel

1. Cek Lokasi Penginapan Dengan Teliti

Berhubung saya belum pernah mengunjungi Kota Malang sebelumnya, tentu saya harus mengakses banyak informasi seputar kota tersebut. Tidak hanya lokasi wisata tapi juga jarak antara masing-masing penginapan dengan tempat wisata tersebut, untuk efisiensi waktu karena membawa anak-anak. Nah, kalau menggunakan aplikasi booking hotel, biasanya sudah tersemat fitur map atau peta yang memudahkan pengguna, tidak hanya mencari lokasi penginapan tersebut tapi juga keperluan mengecek lokasi di sekitar penginapan.

Selain fitur map atau peta, juga terdapat keterangan lengkap tentang tempat wisata terdekat lokasi penginapan tersebut bahkan beberapa di sertai jaraknya sehingga memudahkan pengguna mencari penginapan dekat tempat wisata yang ingin dikunjungi. Selain tempat wisata, biasanya juga terdapat informasi jarak dengan berbagai pusat perbelanjaan dan transportasi publik, seperti bandara atau stasiun kereta api sehingga memudahkan pengguna yang tidak membawa kendaraan pribadi. Kelengkapan fitur ini tentu sangat membantu wisatawan luar kota yang ingin memilih penginapan dekat tempat wisata.

2. Cek Fasilitas yang Disediakan Penginapan

Ada beberapa pertimbangan orangtua ketika memilih penginapan untuk berwisata bersama anak-anak. Biasanya anak-anak merasa nyaman jika penginapan tersebut memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Secara umum, penginapan yang nyaman biasanya memiliki fasilitas beberapa fasilitas, seperti resepsionis, parkir mobil, parkir roda dua, keamanan, serta wifi gratis. Sedangkan untuk fasilitas kamar sendiri, ada yang menyediakan televisi LED, perlengkapan mandi, air minum kemasan, dan lainnya.

Selain fasilitas yang umum tersedia di penginapan, biasanya ada beberapa penginapan yang memiliki fasilitas bermain untuk tamu anak-anak, seperti kolam renang anak, playground, tersedia menu khusus anak, dan lainnya. Kelengkapan fasilitas ini, selain membuat anak-anak merasa nyaman saat berwisata juga membuat lebih bersemangat. Meskipun tujuan memilih penginapan dekat tempat wisata agar lebih mudah saat mengunjunginya, tapi pastikan juga anak merasa nyaman dan lingkungan disekitar penginapan aman untuk aktivitas anak.

3.  Cek Juga Fasilitas Kamar yang Tersedia

Salah satu poin penting saat memilih penginapan dekat tempat wisata adalah fasilitas kamar yang tersedia, seperti luas kamar dan tipe tempat tidur. Beberapa penginapan menyediakan ukuran tempat tidur king bed jika tamu yang menginap membawa anak yang masih berusia di bawah lima tahun. Atau bisa juga memilih kasur kembar jika anak-anak berusia cukup besar. Selain itu, fasilitas kamar seperti perlengkapan mandi dengan air panas dan air minum kemasan juga bisa dipertimbangkan agar tidak kesulitan saat membawa anak yang masih kecil. Jangan lupa, cek juga kelengkapan LED TV agar anak tidak bosan saat berada di kamar sementara orangtua beristirahat.

4. Jangan Lupa Cek Penilaian dan Ulasan Sebelum Pesan Di Aplikasi Booking Hotel 

Setelah memilih dengan teliti penginapan yang dekat dengan tempat wisata, dan mengecek kelengkapan fasilitas yang tersedia, jangan lupakan bagian pentingnya, yaitu mengecek penilaian dan ulasan dari tamu yang sudah menginap terlebih dahulu. Biasanya beberapa aplikasi booking hotel online menyediakan fitur yang memberikan kesempatan pada pengguna yang sudah pernah menginap di suatu hotel atau penginapan untuk memberikan ulasan serta rate dari hotel/penginapan tersebut.

Selain memberikan rate, pengguna biasanya memberikan ulasan alasan mengapa memberikan rate tersebut. Ulasan tersebut bisa dijadikan pertimbangan saat memilih penginapan depat tempat wisata Bahkan, ada beberapa ulasan yang memberikan petunjuk seberapa dekat penginapan tersebut dengan tempat wisata, karena peta atau map belum bisa sepenuhnya dijadikan acuan, kondisi jalan serta lingkungan sekitar juga harus dipertimbangkan. Jadi, sebaiknya pilih Aplikasi Booking Hotel yang memiliki fitur ini ya!

5. Pilih Aplikasi Booking Hotel yang Memberikan Banyak Penawaran atau Promo

Tips berikutnya yang tidak kalah pentingnya untuk dijadikan pertimbangan memilih penginapan dekat tempat wisata adalah pilih aplikasi booking hotel yang memberikan banyak penawaran serta promo. Bahkan ada momen tertentu di mana penawaran yang diberikan membuat rate harga kamar di penginapan jauh lebih murah lho. Jadi, jika berencana berwisata bersama keluarga dan memilih penginapan dekat tempat wisata, jangan lupa selalu mengecek penawaran serta promo yang diberikan aplikasi booking hotel ya!

Kebetulan nih, saat mengunjungi Kota Malang beberapa waktu lalu, saya berhasil mendapatkan penginapan dengan promo terbaik dan fasilitas yang cukup lengkap, yang saya pesan melalui Aplikasi Booking Hotel RedDoorz. Untuk mendapat rate kamar dengan harga terbaik bukan tanpa perjuangan lho, karena harga promo yang diberikan nyaris selalu berubah-ubah, apalagi saat itu masih momen Idul Fitri sehingga banyak keluarga yang pulang ke kampung halaman di berbagai kota di Jawa Timur dan berencana berwisata ke Kota Malang juga, seperti saya dan keluarga.

Alasan Pilih Aplikasi Booking Hotel RedDoorz

Saya suka aplikasi booking hotel online yang tidak hanya ringan saat diunduh dan diakses melalui smartphone, tapi juga memiliki tampilan awal atau user interface (UI) yang menarik serta informatif, seperti RedDoorz. Saya bisa mencari penginapan dengan mudah sebelum mengunjungi Kota Malang, sampai saya bingung mau pilih penginapan yang mana karena harga yang ditawarkan serta kelengkapan fasilitas yang diberikan hampir semua sama, dengan ulasan yang hampir semuanya positif dan merasa puas. 

RedDoorz

Solusi terbaik, selain pilih penginapan dekat tempat wisata atau berada dekat dengan pusat kota, yang bagi saya sangat membantu karena baru pertama kali mengunjungi Kota Malang, Jawa Timur. Selain memiliki UI yang menarik dan mudah diakses serta informatif, berikut alasan saya pilih aplikasi booking hotel RedDoorz.
  • Pilihan lokasi properti penginapan yang disarankan cukup lengkap dan tersebar banyak di berbagai sudut Kota Malang, sehingga saya leluasa memilih penginapan mana yang cocok, baik dari segi harganya maupun fasilitas yang tersedia.
  • Informasi yang diberikan untuk setiap penginapan cukup lengkap, tidak hanya fasilitas, harga promo, tapi juga informasi tentang semua landmark terdekat, seperti airport, public transportation, hospital, atm, mall, cafe atau restoran, serta minimarket. Jadi tidak hanya informasi tempat wisata terdekat penginapan saja ya!
  • Pengguna yang pesan penginapan melalui RedDoorz akan mendapatkan diskon loyalitas atau loyalitas poin dalam bentuk RedCash. RedCash adalah mata uang virtual yang diperoleh sebagai loyalitas poin di RedDoorz. RedCash hanya dapat digunakan untuk pesan hotel atau penginapan kembali melalui RedDoorz. Tapi ingat, RedCash memiliki periode kadaluarsa-nya ya, jadi gunakan sebelum masa kadaluarsa berakhir, lumayan bisa dapat potongan harga saat booking selanjutnya.
Momen mudik atau pulang ke kampung halaman, selain menjadi ajang temu kangen dengan orangtua dan keluarga besar, juga bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata lho. Jadikan aktivitas mengunjungi berbagai tempat wisata menjadi kenangan yang tidak terlupakan untuk anak, karena berwisata akan selalu menjadi salah satu "komposisi" kenangan masa kecil dan terekam dalam ingatan anak-anak hingga dewasa kelak.

Sumber Foto: Koleksi Pribadi & Canva.com
Mutia Erlisa Karamoy
Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Mombassador SGM Eksplor | Another Blog bundadigital.my.id
Terbaru Lebih lama

Related Posts

20 komentar

  1. Enaknya booking hotel pakai aplikasi gini tuh kita jadi bisa pelajari berapa jauh jarak penginapan dengan lokasi wisata yang akan dituju, ulasan pengunjung sebelumnya, fasilitas2nya, sama harga yang paling terjangkau dengan budget ya Mbak. Nggak ada lagi deh alasan susah cari hotel saat liburan ke kota Batu Malang ^_^

    BalasHapus
  2. Kebetulan nih belum pernah ke Malang, jadi pingin menjelajahi destinasi wisata di Kota Malang dan sekitarnya, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  3. Wah lengkap bgt yaa wahananya. Yaaaah...sayang bgt yaa gak bisa berenang karena suhunya dingin. Tapi, yg paling seru bisa quality time sama keluarga 😍

    BalasHapus
  4. Wah Selecta ini lokasi wisata legend ya... Saya belum pernah ke Selecta tapi sejak kecil sudah sering mendengar lokasi wisata ini dari permainan Monopoli. Hehehe ...
    Semoga kalau bisa ke Malang saya bisa mampir juga main ke wisata melegenda ini

    BalasHapus
  5. Wah makasih tipsnya Mba, kalo udah baca tips gini bisa meminimalisir kekecawaan soal booking hotel deh.

    BalasHapus
  6. Booking hotel pake aplikasi memang membantu memudahkan membuat rencana perjalanan apalagi pas musim libur yang riweh banget cari akomodasi

    BalasHapus
  7. Sama mba...saya juga kalau pulang kampung pasti sekalian ngunjungi tempat wisata.

    BalasHapus
  8. Jadi pengen jalan-jalan ke Malang, seru banget sepertinya ya jalan-jalan ke Malang. Saya beberapa kali juga menggunakan penginapan melalui Reddoorz

    BalasHapus
  9. Jaman sekarang memang mudah banget ya, mbak kalau mau booking hotel pakai aplikasi. Kita bisa memilih hotel yang dekat dengan tempat wisata dan mengetahui review dari hotel tersebut jadi nggak perlu takut bakal dapat hotel yang zonk

    BalasHapus
  10. Pernah pengalaman cari penginapan di Yogya menggunakan RedDoors keren deh

    BalasHapus
  11. Dengan booking hotel online memang lebih mudah merencanakan liburan ya mbak. Tapi memang harus teliti. Pilih tempat nginep harus lihat review dan fasilitas yang ada. Bahkan searching info dulu di google.

    BalasHapus
  12. Dulu kebetulan ke Malang hanya sempat mengunjungi area Jatim Park dan Museum Angkut. Ternyata di Malang sangat banyak ya kawasan wisata cantik dan keren lainnya. Jadi penasaran. Saya pun tim yang selalu booking hotel via aplikasi Mbak. Rasanya lebih mudah dan lengkap ya.

    BalasHapus
  13. Tips Mbak sangat bermanfaat. Hal yg sering kita bingungkan kalau lagi di luar kota itu mikir enaknya mau menginap di mana. Merencanakan akan liburan dan nginap dimana makin mudah dengan aplikasi dan dengan pilihan Reddoorz.

    BalasHapus
  14. Wah aku belum pernah ke Malang. Semoga kapan-kapan kesampaian. Dan sebelum ke sana tetap dong, cari penginapan yang aman dan nyaman via aplikasi.

    BalasHapus
  15. wah selecta bagus lo sekarang, ada hotelnya juga jadi ga perlu repot, selain itu lokasinya juga strategis sih. Di Batu banyak lokasi wisata tinggal pilih yang mana aja sesuai keinginan
    berdasarkan pengalaman mending pesan lewat aplikasi dibandingkan datang langsung, karena harga saat datang langsung lebih mahal dibandingkan aplikasi, hal ini juga diiyakan oleh petugas agar lebih banyak yang pesan lewat aplikasi

    BalasHapus
  16. Malang adalah salah satu destinasi yang ingin saya kunjungi. Memang booking hotel sebelumnya paling efektif biar nggak kehabisan kamar, terus lewat aplikasi seperti RedDorz bisa milih harga yang paling pas dan lihat penginapan yang paling cocok

    BalasHapus
  17. Malang emangg ngga ada habisnyaa, selalu ada inovasi tempat wisatanya ya ngga sih? Aku sendiri sampe capeek mau muterin satu satu tuhh

    BalasHapus
  18. Satu-satunya kota di Jawa Timur yang pernah saya kunjungi adalah Kediri. Di sana panas dan katanya sebagian besar kota di Jatim memang panas. Kecuali Malang ini. Jadi pengen ke sana, pengen tahu sejuk mana sama kota saya, Garut, hhe.

    BalasHapus
  19. Belum pernah mengunjungi destinasi wisata di atas, Kak. Tapi auto pengen karena Malang adalah salah satu nama daerah yang begitu saya kagumi. Apalagi sekarang sudah ada RedDoorz yang bisa membantu kita di saat yang tepat saat wisata, ya, Kak.

    BalasHapus
  20. Jatim Park memang full sebaiknya ga pas liburan sekolah/tg merah kalau ke sana. Itupun masih rame. Booking hotel setuju banget mending online

    BalasHapus

Posting Komentar