Kegiatan Closing Ceremony Volunteering 2022 Desa Maju Prudential Bersama PRUVolunteers

desa maju prudential

Ternyata sudah 27 tahun perjalanan PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) di Indonesia, dan dalam kurun waktu tersebut Prudential Indonesia senantiasa fokus dan berkomitmen penuh untuk mendampingi banyak keluarga di Indonesia dengan mewujudkan perlindungan jiwa, kesehatan, dan finansial di setiap tahap kehidupan mereka. Bahkan tidak hanya sekadar perlindungan, Prudential Indonesia juga menghadirkan berbagai dukungan dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera sehingga bisa mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan.

Menegaskan komitmen tersebut sekaligus sebagai upaya berkontribusi secara nyata terhadap peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga di Indonesia, Sabtu, 3 Desember 2022 lalu lebih dari 100 PRUVolunteers hadir untuk mengikuti kegiatan "Closing Ceremony Volunteering 2022" untuk Program Desa Maju Prudential, yang berlokasi di Desa Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang. Apa itu Desa Maju Prudential? Program Desa Maju Prudential merupakan bagian dari program Community Invesment Prudential Indonesia untuk membantu mendorong perbaikan kesehatan dan kesejahteraan komunitas sekitar.

Closing Ceremony Volunteering 200 Desa Maju Prudential

Acara "Closing Ceremony Volunteering" sendiri merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Program Desa Maju Prudential untuk tahun 2022 ini. Program ini sebenarnya sudah dimulai sejak dua tahun lalu, di mana saat itu berhasil mengumpulkan total donasi sebesar Rp.2 miliar sebagai wujud partisipasi masyarakat melalui event "PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride." Pada ajang tersebut, Prudential Indonesia telah mendonasikan sebesar Rp2.600 untuk setiap kilometer yang dicapai masing-masing peserta dalam rangka mendukung perbaikan kesehatan dan kesejahteraan di Desa Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang.

Program unggulan Community Investment Prudential Indonesia yang sudah berjalan dua tahun ini bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia dan telah menyelesaikan dua tahap Program Desa Maju Prudential. Penyelesaian program tahap pertama ditandai dengan serah terima yang dilakukan Prudential Indonesia berupa 63 unit rumah beserta toilet baru yang layak, pembangunan 2 sumber air bersih beserta 272 meter sistem drainase, pemasangan 37 unit fasilitas cuci tangan portabel, penyelenggaraan Training WASH (Water, Sanitation, and Hygiene) untuk 128 orang dan Training Konstruksi Dasar, Rumah Sehat untuk 51 orang, serta pendistribusian alat kebersihan untuk 617 keluarga dan voucher sembako untuk 562 keluarga.

community investment prudential indonesia

Penyelesaian tahap pertama Program Desa Maju Prudential yang ditandai dengan serah terima ini juga menjadi tanda dimulainya pembangunan rumah serta fasilitas umum untuk tahap kedua. Di tahap kedua, Program Desa Maju Prudential juga turut melibatkan para relawan Prudential atau Prudential Volunteers, yang lebih dikenal dengan sebutan PRUVolunteers

Apa saja kegiatan yang akan dilakukan PRUVolunteers di tahap kedua ini? Program Desa Maju Prudential untuk tahap kedua ini masih melanjutkan pembangunan untuk 50 rumah, pembangunan 2 sumber air bersih, 25 konstruksi toilet rumah tangga, pemberian pelatihan WASH, serta Konstruksi Dasar dan Rumah Sehat untuk warga Desa Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang.

kegiatan PRUVolunteers di program desa maju prudential

Tapi, ada yang membedakan dari tahap sebelumnya karena untuk tahap kedua ini Program Desa Maju Prudential akan merenovasi fasilitas pendidikan, termasuk didalamnya laboratorium komputer, toilet sekolah, perpustakaan, serta gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penyelesaian tahap kedua Program Desa Maju Prudential ini ditandai dengan acara Closing Ceremony Volunteering 2022 tanggal 3 Desember 2022 lalu. Dalam acara ini, ada beberapa kegiatan yang dilakukan PRUVolunteers, seperti:

Pembangunan Rumah Program Desa Maju Prudential

Senang rasanya bisa menyaksikan langsung betapa antusiasnya PRUVolunteers mengikuti rangkaian kegiatan untuk mendukung Program Desa Maju Prudential, salah satunya adalah pembangunan rumah. Dengan jumlah Volunteers yang menurut Ibu Maria Rosalinda dari Prudential cukup banyak, hingga 100 orang dan untuk kegiatan pembangunan rumah dibagi dalam 10 kelompok. Masing-masing PRUVolunteers sudah dibekali alat pengaman yang lengkap sehingga kegiatan bisa berlangsung aman dan nyaman.

pembangunan rumah program desa maju prudential

Sebenarnya kegiatan pembangunan rumah ini sudah dilakukan sejak tahap pertama Program Desa Maju Prudential, dimana sebelum dimulainya tahap kedua sudah dilakukan serah terima 63 unit rumah beserta toilet baru yang layak. Pembangunan rumah kemudian dilanjutkan hingga tahap kedua untuk 50 rumah, hingga berlangsungnya acara Closing Ceremony Volunteering awal Desember lalu oleh PRUVolunteers.

Penyuluhan dan Konsultasi Kesehatan Program Desa Maju Prudential

Salah satu komitmen Prudential Indonesia adalah mewujudkan keluarga yang lebih sehat. Tidak heran jika dalam Program Desa Maju Prudential terdapat kegiatan pembangunan akses untuk mendapatkan air bersih dan pembangunan toilet dalam rumah untuk rumah sehat. Selain itu, Prudential juga menyelenggarakan Traning WASH (Water, Sanitation, dan Hygiene) dan pembangunan rumah sehat, dengan tujuan agar keluarga di Indonesia khususnya di Desa Tanjung Anom, Mauk bisa meningkatkan derajat kesehatan keluarganya.

Dalam acara Closing Ceremony Volunteering 2022 Desa Maju Prudential juga terdapat kegiatan, yaitu Penyuluhan dan Konsultas Kesehatan. Kegiatan ini melibatkan para dokter PRUVolunteers, baik untuk penyuluhan maupun konsultasi kesehatan, diantaranya dr. Dian Budiani, dr. Setia Pertiwi, dr. Veronica Widyanti, dr. Andre Budiharjo, dan masih banyak dokter PRUVolunteers lainnya. Untuk kegiatan penyuluhan kesehatan, ibu-ibu yang hadir diberikan beragam informasi bagaimana cara tepat untuk menjaga kesehatan anggota keluarga, dan cara untuk melakukan deteksi dini berbagai penyakit yang kerap menyerang anak-anak.

penyuluhan dan konsultasi kesehatan

Selain itu, ibu-ibu juga diajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar, yang sekilas terlihat sepele tapi memiliki manfaat sangat besar untuk menjaga kesehatan. Sedangkan untuk kegiatan konsultasi kesehatan yang dihadiri banyak ibu-ibu yang tinggal di lingkungan Desa Tanjung Anom, Mauk, meliputi pemeriksaan tensi atau tekanan darah serta konsultasi masalah kesehatan yang kerap di alami ibu maupun anak-anak terutama yang masih berusia balita. 

Program Cha-Ching atau Literasi Keuangan untuk Anak Sekolah Dasar (SD) Program Desa Maju Prudential

Tahukah jika kecakapan literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting untuk memberdayakan masyarakat agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat. Untuk itulah, Prudential Indonesia melalui inisiatif Community Investment secara berkelanjutan melaksanakan berbagai pelatihan literasi keuangan kepada masyarakat, baik dari kelompok perempuan, anak, UMKM, maupun komunitas ekonomi syariah. Kegiatan ini kemudian diwujudkan dengan menyelenggarakan program literasi keuangan untuk anak Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Desa Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang.

program cha-ching atau literasi keuangan desa maju prudential

Nah, untuk Program Desa Maju Prudential, Prudential Indonesia juga melakukan kegiatan volunteering dengan memberikan literasi keuangan dasar kepada murid-murid di SD Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang. Pemberian literasi ini menjadi bagian dari Program Cha-Ching sebagai bentuk komitmen Prudential Indonesia untuk meningkatkan literasi keuangan bagi anak usia 7-12 tahun. Untuk diketahui, sejak program ini dimulai di tahun 2017, sampai dengan tahun 2022 Program Cha-Ching sudah menjangkau 2.900 Sekolah Dasar dari berbagai daerah di Indonesia.

pengecatan pagar sekolah program desa maju prudential

Selain ketiga kegiatan yang sudah dijelaskan di atas, terdapat dua kegiatan lagi yang dilakukan PRUVolunteers saat momen Closing Ceremony Volunteering, yaitu pengecatan pagar SD Buaran Asem, Desa Tanjung Anom, Mauk dan penanaman apotek hidup. Apotek hidup merupakan sebagian tanah yang ada di pekarangan rumah yang dimanfaatkan untuk ditanami tanaman obat-obatan sebagai obat alami jika ada anggota keluarga atau tetangga sekitar rumah yang mengalami sakit. Bisa dikatakan, apotek hidup menjadi P3K bagi keluarga dan masyarakat jika mengalami masalah kesehatan mendadak.

Begitu banyak kegiatan yang sudah dilakukan Prudential Indonesia melalui Program Desa Maju Prudential ternyata sangat diapresiasi masyarakat. Bahkan, salah satu penerima bantuan unit rumah dari Program Desa Maju Prudential menceritakan kalau dua tahun yang lalu, para warga Desa Mauk tinggal di rumah yang terbuat dari bilik bambu dan kerap mengalami kesulitan mengakses air bersih. 

Tapi setelah tersentuh Program Desa Maju Prudential, warga Desa Tanjung Anom, Mauk, bisa memiliki rumah yang layak huni dan sehat. Rumah yang tidak hanya memberikan perasaan aman dan nyaman, tapi juga membuka peluang untuk hidup lebih produktif sehingga bisa mewujudkan taraf hidup lebih baik. Tidak hanya itu, rumah layak huni dan sehat membuat warga desa memiliki kesempatan menjalankan pola hidup sehat, sehingga akan terlahir generasi muda penerus bangsa yang berkualitas dan kompeten dalam bidangnya.

blogger visit program desa maju prudential

Ternyata, Program Desa Maju Prudential di Desa Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang ini telah mendapatkan apresiasi dari komunitas internasional. Program Desa Maju Prudential memperoleh penghargaan Platinum untuk Program Komunitas Terbaik dalam acara 13th Global CSR Summit dan Award 2021 oleh Pinnacle Group Global, yaitu sebuah penghargaan bertaraf internasional di bidang Corporate Social Responsibility

Keberhasilan Program Desa Maju Prudential tentunya tidak lepas dari peran serta PRUVolunteers atau para relawan Prudential, yang ibarat superhero selalu siap sedia membantu warga yang membutuhkan. PRUVolunteers mewujudkan komitmen Prudential untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Semoga komitmen untuk membantu masyarakat secara sukarela terus menguat di tahun-tahun yang akan datang.

Pastinya banyak masyarakat yang menunggu kegiatan PRUVolunteers di 2023 yang akan datang, tetap semangat! #BagimuNegeriKamiBerbagi.

Pantau kegiatan lainnya dari Prudential di akun Instagram Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Mutia Erlisa Karamoy
Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Mombassador SGM Eksplor | Another Blog bundadigital.my.id

Related Posts

26 komentar

  1. Baru tahu kalau Prudential ada volunteers, padahal udah cukup lama ya aktivitasnya membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat dan layak. Semoga program Desa Maju Prudential bisa menjangkau desa-desa lain di luar Pulau Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga makin banyak juga Volunteers yang ikut berpartisipasi dalam program ini, terutama dari kalangan generasi muda yang notabene mendapatkan latar pendidikan lebih baik.

      Hapus
  2. Keren programnya apalagi melibatkan para volunteers dari Prudential, selain membantu masyarakat desa secara fisik juga ada kegiatan membangun literasi keuangan masyarakat terutama anak SD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren banget, apalagi banyak PRUVolunteers yang masih berusia muda.

      Hapus
  3. Wow, keren banget ini programnya. Apalagi yang literasi keuangan untuk anak sekolah itu. Membantu orang tua banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, literasi keuangan memang harus dimulai sedini mungkin untuk anak-anak.

      Hapus
  4. Prudential ada volunteernya? keren banget. Melalui program ini, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya mbak, seneng liatnya kebanyakan PRUVolunteers usia muda.

      Hapus
  5. Wah, gerakan inovatif dan bermanfaat banget dari Prudential. Semoga terus terlaksana kedepannya dan makin membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, semoga dengan program ini akan semakin banyak desa yang makin maju.

      Hapus
  6. bagus sekali ya kak program desa maju prudential ini, bukti kepedulian pada bangsa indonesia dengan memberikan perhatian pada desa yang masih tertinggal apalagi sampai mendapatkan penghargaan skala internasional. kereen masyaallahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga makin banyak program seperti ini ya, kebayang banyak desa yang bisa maju dan masyarakatnya makin sehat.

      Hapus
  7. Keren ya Mba terkait program-program yang digagas oleh Prudential. Dan ternyata Prudential mempunyai volunteers juga. Semoga program desa maju Prudential bisa lebih berkembang dan menebar banyak manfaat di banyak penjuru tanah air. Aamiin.

    BalasHapus
  8. Kok seruuuu bgt kegiatannya
    Ya ampun Prudential memang selalu komit berikan yg terbaik ya.kerennn

    BalasHapus
  9. Bagus nih programnya Prudential Volunteer, sangat bermanfaat dan menyebar hal-hal positif terutama bagian literasi keuangan yang penting banget.

    BalasHapus
  10. Dengan adanya Program Desa Maju Prudential, maka ada banyak yang bisa ditumbuhkan dengan baik. Dari mulai literasi keuangan, perbaikan SD Buaran Asem, penanaman apotek hidup dan masih banyak program kebaikan lainnya.

    Semoga dengan apresiasi dari komunitas internasional, program ini terus merambah ke desa-desa lainnya di Indonesia.

    BalasHapus
  11. Bagus-bagus ya programnya buat desa ini. Berarti ini tergolong CSR ya? Semoga memberikan banyak manfaat dan memajukan warga desanya ya. Paling penting juga itu memang literasi keuangan.

    BalasHapus
  12. Banyak hal telah dilakukan oleh semua pihak dalam kepedulian sosial mereka pada lingkungan. Karena lingkungan memang kita yang harus jaga

    BalasHapus
  13. Udah cukup lama juga ya Prudential ini, udah 27 tahun ternyata. Program prudential volunteer ini cukup bagus juga ya, bermanfaat buat banyak orang

    BalasHapus
  14. Program Desa Maju Prudential di Desa Tanjung Anom, Mauk, Kabupaten Tangerang ini bagus dan sangat inspiratif ya mbak
    Ini program CSR Prudential ya

    BalasHapus
  15. Oh prudential ada kegiatan seperti ini juga. Keren banget. Wah semoga mecakup wilayah pinggiran juga.

    BalasHapus
  16. Wah, programnya oke juga nih dari Prudential Volunteer. Menurutku lebih tepat sasaran

    BalasHapus
  17. Aku baru tau mbak kalau prudential ada kegiatan volunter gini, mantab sekali karena langsung terjun ke masyarakat untuk mengedukasi

    BalasHapus
  18. Bagus programnya ya. Bermanfaat untuk masyarakat. Tapi saya masih agak trauma dgn asuransi, pilih pelopor biar terjamin, malah raib deh uangnya. Duuh..

    BalasHapus
  19. Ini semacam CSR dari Prudential ya? Keren banget programnya, moga memberi manfaat bagi banyak kalangan

    BalasHapus
  20. Kegiatannya seru dan bermanfaat ya kak, kalau mau daftar jadi volunteer caranya gimana kak?

    BalasHapus

Posting Komentar