Tips Jadi Teman Curhat yang Menyenangkan Untuk Remaja

parenting untuk remaja

Siapa nih orang tua yang memiliki anak mulai memasuki usia remaja? Pastinya kekhawatiran orang tua terhadap fase di mana anak mulai memasuki dunia yang baru, yaitu dunia remaja yang pastinya berbeda dengan dunia kanak-kanaknya. Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini, remaja mengalami berbagai macam perubahan pada dirinya. Remaja akan lebih senang menghabiskan waktunya di luar. Sebenarnya hal ini tak masalah karena anak sedang belajar bersosialisasi. Namun, orang tua diharapkan tetap memantau pergaulan anak dengan menjadi teman curhat yang menyenangkan bagi anak remaja.

Jika anak remaja nyaman bercerita kepada orang tuanya, maka orang tua dapat dengan mudah memantau lingkungan pertemanannya. Selain itu, menjadi teman curhat yang baik bagi anak juga baik bagi kesehatan mentalnya. Anak yang sering didengarkan dan dimengerti perasaannya di rumah, tidak akan mencari pelampiasan ke hal yang negatif di luar rumah.

Tips Menjadi Teman Curhat yang Menyenangkan Untuk Remaja

Harus diakui, memang tidak mudah menjadi teman curhat, terutama teman curhat yang menyenangkan dan bisa dipercaya anak ketika mereka mulai memasuki usia remaja. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pasalnya, banyak anak remaja yang menganggap bahwa dirinya sudah dewasa dan malu untuk curhat ke orang tuanya. Padahal, anak remaja masih butuh bimbingan dan arahan. Untuk itu, simak tips berikut supaya bisa menjadi teman curhat yang menyenangkan bagi anak remaja:

tips parenting untuk orang tua

Mengajak Anak Mengobrol Setiap Hari

Langkah awal menjadi teman curhat bagi anak remaja, yaitu meluangkan waktu untuk ngobrol bersama anak setiap hari. Ajak anak berbicara tentang kesehariannya, sekolahnya, teman-temannya, atau bertanyalah tentang hal apa yang membuat dia senang atau sedih pada hari itu. Hal ini akan membuat anak merasa diperhatikan.

Menjadi Pendengar yang Baik

Setelah anak remaja sudah mau diajak ngobrol bersama, maka jadilah pendengar yang baik baginya. Dengarkan setiap cerita yang dia utarakan tanpa memotong pembicaraan. Dengan begitu, anak akan merasa aman dan nyaman. Seiring berjalannya waktu, pasti anak remaja akan curhat dengan sendirinya tanpa ditanya terlebih dahulu.

Memahami dan Memvalidasi Perasaan Anak

Saat anak mencoba curhat kepada orang tua, cobalah mengerti apa yang dia rasakan. Jangan pernah menghakimi perasaannya, entah itu perasaan senang, sedih, marah, takut, atau yang lainnya. Orang tua hanya perlu tenang dan sabar sampai anak selesai bercerita. Kalau perlu, peluk dan beri perhatian jika anak merasa sedih atau kecewa.

Jangan Terlalu Sibuk Dengan Pekerjaan

Banyak orang tua yang sibuk mencari nafkah dengan dalih "demi anak-anak". Padahal, bukan hanya materi yang dibutuhkan anak, namun juga kasih sayang dan perhatian dari orang tua. Untuk itu, luangkan waktu sejenak untuk memberi perhatian kepada anak, supaya anak merasa nyaman berada di dekat orang tuanya. Jangan pernah melampiaskan masalah pekerjaan kepada anak-anak.

Menciptakan Hubungan yang Harmonis

Supaya anak merasa nyaman untuk curhat ke orang tua, maka ciptakan kedekatan antara orang tua dan anak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti jalan-jalan bersama, memasak makanan favoritnya dan makan bersama, melakukan pekerjaan rumah tangga bersama, dan lain-lain. Jika hubungan orang tua dan anak sudah harmonis, maka anak remaja dapat dengan mudah bercerita kepada orang tuanya.

Jangan Langsung Memberi Saran

Anak yang bercerita ke orang tuanya, bisa jadi hanya butuh didengarkan saja, bukan diberi saran atau malah dihakimi. Jadi, hindari untuk langsung memberi saran atau solusi jika tidak diminta. Sebab, hal ini akan membuat anak tidak percaya diri. Jika orang tua ingin memberikan pesan kepada anak, maka carilah waktu yang tepat di lain kesempatan.

Semua tips di atas tidak bisa dilakukan dengan instan. Ada proses yang harus dilalui demi mengambil hati sang anak. Walau begitu, perjuangan orang tua yang tidak mudah ini akan membawa dampak baik bagi masa depan anak. Kuncinya, bersabar dan jangan menyerah.


Terima kasih telah memesan artikel pada Kami
https://laskarseo.com/ | Jasa Penulis Artikel, Jasa Backlink, Jasa SEO
https://defriansyah.net/ | Konsultan SEO, Kursus SEO



Referensi Artikel:
https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/ninda/ingin-jadi-tempat-curhat-untuk-anak-ini-5-hal-yang-bisa-mama-lakukan/5
https://m.kumparan.com/infopbun/menjadi-teman-curhat-bagi-anak-1qz1I1x4Iwz
https://www.ulfahwahyu.com/2021/03/menjadi-teman-curhat-yang-menyenangkan.html?m=1

Tidak ada komentar