Cara Melakukan Lay Up dan Tips Meningkatkan Kemampuan Lay Up

cara melakukan lay up

Siapa nih penggemar olahraga basket atau justru hobi bermain basket? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Lay Up Shoot. Lay Up Shoot merupakan salah satu teknik tembakan dalam permainan bola basket, di mana pemain melakukan tembakan sambil melompat, dengan sebelumnya melangkah sebanyak dua langkah ke arah ring basket. Nah, bagi pemain pemula yang belum terlalu sering bermain basket, metode Lay Up Shoot  merupakan metode tembakan paling aman untuk terhindar dari blok lawan.

Jika belum dipraktekkan tentu akan sulit melakukan Lay Up Shoot, berikut ini cara melakukan Lay Up dan tips untuk meningkatkan kemampuan Lay Up dalam permainan basket. Tahukah kalau permainan yang satu ini dilakukan oleh dua tim yang saling berlawanan. Tujuan dari permainan yang satu ini yaitu untuk bisa mencetak poin dengan cara memasukan bola ke ring milik lawan. Lay up shoot ini adalah sebuah upaya tempakan yang diakukan dengan melangkah atau berlari ke satu ring basket lalu melompat.

Penasaran ingin mencoba metode Lay Up ini? Simak Cara Melakukan Lay Up berikut ini ya!

Langkah-langkah Melakukan Lay Up Shoot Dengan Tangan Kanan

  1. Langkah pertama saat melakukan lay up shoot dengan menggunakan tangan adalah dengan menggiring bola di garis tembakan bebas lalu naikkan kecepatan dan larilah mendekat ke ring
  2. Jika sudah lanjutkan gerakan dengan tolakan kaki kemudian lompat dengan kaki kiri menjadi tumpuannya. Saat melompat lutut kaki kanan diangkat dan shooting-lah dengan menggunakan tangan kanan.
Langkah-langkah Melakukan Lay Up Shoot Dengan Tangan Kiri
  1. Langkah pertama saat melakukan lay up shoot dengan menggunakan tangan adalah dengan menggiring bola di garis tembakan bebas lalu naikkan kecepatan dan larilah mendekat ke ring
  2. Jika sudah lanjutkan gerakan dengan tolakan kaki kemudian lompat dengan kaki kanan menjadi tumpuannya. Saat lompat lutut kaki kiri Anda di angkat dan shooting-lah dengan menggunakan tangan kiri.

Tips Meningkatkan Kemampuan Lay Up

Jika ingin melakukan teknik yang satu ini sebaiknya berlatihlah secara rutin, walaupun teknik yang satu ini terlihat sangat mudah tapi jika tidak dibarengi dengan latihan maka akan sulit. Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa tips agar kemampuan dalam melakukan Lay Up meningkat:

Jumping

Untuk melakukan teknik yang satu ini dibutuhkan lompatan yang cukup tinggi supaya bola bisa diarahkan ke papan dan masuk kering. Jumping ini juga akan membuat pemain punya lebih banyak waktu lagi tanpa adanya pelanggaran traveling violation.

Latihan Di Titik Strategis

Jika posisi pemain ada di bagian kanan ring coba untuk arahkan bola di sisi kanan persegi papan pantul. Tapi jika posisi juga ada di kiri ring lakukan hal yang sama. kedua posisi tersebut adalah posisi yang strategis untuk membuat bola masuk ke ring. Jika terus di latih maka bisa membuat pemain mengenal dimana titik strategis saat menembak.

Berlatih Langkah Kaki

Untuk seorang pemula cara ini bisa berlatih tanpa menggunakan bola dulu, tujuannya ini supaya pemain lebih leluasa saat mencoba untuk mengatur kaki saat akan melakukan lay up. Paling tidak memiliki refleks yang bagus untuk posisi ini saat Anda akan melakukan lay up.

Latihan Menaikkan Lutut dan Tangan

Selain melompat coba juga untuk berlatih dengan menaikkan lutut dan juga tangan di posisi yang sama. Hal satu ini sangat berguna saat Anda merasa kesulitan dalam mengatur lutut dan tangan secara bersamaan. Latihan ini juga cukup bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Berlatihlah Hingga Otot-otot Mengingat Gerakannya

Secara mendasar gerakan dari Lay Up ini akan terasa alami jika sudah terbiasa dengan gerakannya selain itu tubuh juga akan mengingat apa yang harus dilakukan. Jadi jika sudah sering berlatih tidak usah bingung berfikir kaki mana yang harus dilangkahkan dan kaki mana yang harus dipakai untuk melompat.

Nah itu saja pembahasan mengenai teknik untuk melakukan Lay Up, jangan lelah untuk terus berlatih hingga impian dan cita-cita menjadi pemain yang profesional dan berkualitas terwujud, karena kerja keras menjadi jalan paling baik untuk mengapai masa depan.

Tidak ada komentar