Kreasi Menu KRAFT Quick Melt Temani Quality Time Bersama Keluarga

kreasi menu kraft quick melt

Siapa nih yang anak-anaknya suka jajan? Duh kalau ketiga anak saya suka sekali jajan, terutama saat pulang sekolah, kadang saya harus menunggu sampai setengah jam hanya karena anak-anak sedang antri membeli jajanan di depan sekolah. Suka kepikiran, kenapa ya anak-anak suka sekali jajan meskipun setiap hari selalu saya bawalkan bekal makan siang dari rumah? Ternyata setelah membaca beberapa artikel, saya jadi tahu kalau banyak penyebab anak suka jajan, diantaranya keinginan mengeksplor rasa, rasa ingin tahu yang tinggi, tertarik melihat visual jajanan yang menarik, dan sederet penyebab lainnya.

Meskipun tidak melarang, tapi terkait urusan jajan ini saya dan anak-anak memiliki kesepakatan yang harus dipatuhi, seperti bekal makan siang yang saya bawakan setiap hari harus dihabiskan, memilih tempat jajanan yang bersih, memilih jajanan yang warnanya tidak mencolok, membeli jajanan yang terbungkus rapi, dan lainnya. Kadang masih suka protes sih, tapi setelah saya jelaskan akibatnya yang berbahaya untuk kesehatan, akhirnya anak-anak bisa mengerti. Beruntung sekolah anak-anak tidak memiliki kantin, sehingga semua murid diharuskan membawa bekal dari rumah.

Ada solusi lain nih yang kerap saya lakukan untuk mengerem sedikit keinginan anak-anak jajan saat pulang sekolah, yaitu memasak sendiri jajanan favorit anak-anak di rumah saat weekend atau libur akhir pekan sambil menikmati Quality Time. Dalam bukunya yang berjudul, "Five Love Language," Dr. Gary Chapman menuliskan, ada lima jenis bahasa cinta yang bisa diaplikasikan ke dalam berbagai jenis hubungan emosional, salah satunya adalah Quality Time dimana seseorang merasa bahagia karena bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang yang dicintai. Karena itulah, sebisa mungkin saya bersama keluarga selalu menyisihkan waktu menikmati quality time saat libur akhir pekan.

Kebetulan akhir pekan ini, saya dan anak-anak berencana memasak bersama di rumah, yaitu membuat kreasi menu jajanan yang menjadi salah satu favorit mereka dan kerap dibeli saat pulang sekolah. Yap, kegiatan memasak bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas seru untuk mengisi quality time bersama keluarga, khususnya anak-anak. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diraih seluruh anggota keluarga melalui aktivitas memasak bersama untuk mengisi quality time. Mulai dari membangun kedekatan hubungan emosional, meningkatkan kemandirian, meningkatkan kemampuan bekerja sama, membangun rasa percaya diri anak karena merasa dicintai, hingga membantu meningkatkan kreativitas anak-anak.

Jadi, kegiatan quality time tidak harus selalu dilakukan di luar rumah, karena di dalam rumah pun ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga sambil menikmati quality time, seperti kegiatan memasak bersama ini. Saat aktivitas memasak bersama dilakukan, terkadang akan memunculkan interaksi yang menyenangkan antar anggota keluarga, saling berdiskusi tentang banyak hal tidak hanya menu makanan yang sedang di masak, yang secara otomatis membuat hubungan antar anggota keluarga makin erat. 

quality time bersama keluarga

Aroma yang ditimbulkan dari menu makanan yang dimasak pun akan terus diingat anak hingga dewasa, dan terkadang saat mencium aroma itu kembali anak-anak akan teringat momen manis kenangan saat memasak bersama orangtua serta saudara-saudaranya. Beberapa psikolog bahkan menyatakan kegiatan bersama seperti memasak ini bisa memicu munculnya hormon oksitosin atau hormon cinta. Ketika hormon tersebut dilepaskan, antar anggota keluarga akan merasa lebih dekat sehingga memunculkan perasaan aman, nyaman, merasa dicintai serta disayangi.

Meskipun aktivitas memasak bersama anak sangat seru untuk mengisi kegiatan quality time, tetap saja ada hal-hal yang penting untuk diperhatikan agar aktivitas ini aman dan menyenangkan, seperti:

Pilih Waktu yang Tepat

Jika ingin memasak bersama anak menjadi aktivitas quality time yang menyenangkan, maka pilihlah waktu yang tepat saat anak merasa tidak lelah dan menjadi lebih fokus. Alasan inilah yang membuat saya memilih aktivitas memasak bersama dilakukan saat weekend atau libur akhir pekan. Agar manfaat dari kegiatan memasak bersama ini lebih maksimal, dan menjadi momen quality time yang menyenangkan untuk dikenang hingga anak-anak dewasa kelak.

Pastikan Lokasi Memasak Aman Untuk Anak

Dari pengalaman yang saya lakukan, kegiatan memasak bersama anak-anak ini tidak harus dilakukan di dapur rumah, apalagi jika ukuran dapur tidak terlalu luas. Terkadang, saya memindahkan aktivitas memasak ini di ruangan lain yang lebih luas, seperti ruang keluarga sehingga anak-anak bisa lebih leluasa. Namun, pastikan peralatan dapur yang digunakan tidak membahayakan anak-anak ya, dan jangan lupa ajarkan anak untuk tahu mana alat dapur yang berbahaya jika tidak berhati-hati saat menggunakannya.

Pilih Kreasi Menu yang Disukai Anak-anak

Tidak perlu memasak kreasi menu yang istimewa atau sulit dilakukan, kegiatan memasak bersama ini bisa menggunakan kreasi menu yang sederhana dan bahan-bahannya mudah ada di dalam rumah.  Bagian terpenting dari kegiatan ini bukanlah hasil masakannya, melainkan proses memasaknya karena anak-anak akan belajar banyak hal melalui aktivitas ini. Pilih kreasi menu sesuai usia dan bahan-bahan yang mudah serta tidak terlalu rumit saat proses memasaknya, agar aktivitas ini menyenangkan untuk anak-anak. 

Satu hal lagi, setiap kali menyusun rencana kegiatan memasak bersama, saya selalu meminta pendapat anak-anak, kira-kira kreasi menu apa yang ingin dimasak saat libur akhir pekan nanti. Untuk akhir pekan kali ini, saya dan anak-anak sepakat mencoba memasak sendiri salah satu jajanan favoritnya di rumah, yaitu Corndog.

Apa itu Corndog? Corndog adalah salah satu jenis makanan yang memadukan cita rasa manis dan gurih asin, biasanya makanan ini dijadikan camilan sehingga banyak di jual sebagai salah satu jenis jajanan. Sama seperti jenis makanan hot dog yang selama ini sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat, Corndog pun aslinya menggunakan sosis sebagai bahan utama, yang kemudian dicelupkan dalam adonan kental yang terbuat dari campuran tepung jagung serta bahan-bahan lainnya. Meskipun terlihat unik, namun bahan-bahan untuk membuat Corndog terbilang tidak sulit dan bisa dijumpai dengan mudah di sekitar rumah.

Kalau ditelusuri lebih lanjut asal dari makanan yang kemudian banyak dijadikan camilan ini, banyak yang mengatakan Corn Dog berasal dari Korea Selatan dan terbilang menjadi salah satu jajanan yang cukup populer di negara tersebut. Dalam perkembangannya, Corn Dog kini dengan mudah banyak ditemui di pusat-pusat kuliner kaki lima atau pusat jajanan, termasuk di sekolah anak-anak saya. Tampilan yang menarik dan rasanya yang enak membuat banyak orang dari segala usia menyukainya. Apalagi saat ini cukup banyak variasi isian dari Corndog, jadi tidak hanya sosis tapi juga dipadukan dengan keju.

Kreasi Menu KRAFT Quick Melt Temani Quality Time Bersama Keluarga

Bisa dibilang, keju adalah bahan makanan wajib yang harus selalu tersedia di rumah. Jika tidak digunakan sebagai bahan masakan, anak-anak kerap menjadikan keju sebagai camilan. Karenanya, saya selalu merasa tidak aman kalau menyimpan keju di rumah...hahaha. Umumnya anak-anak menyukai keju karena rasanya yang gurih dan lezat. Tapi banyak ahli kesehatan yang menyatakan, keju memiliki banyak manfaat untuk dukung nutrisi serta tumbuh kembang anak lho.

manfaat keju untuk anak

Berkat kandungan nutrisinya, anak beberapa manfaat yang bisa didapatkan anak jika rutin mengonsumsi keju, seperti menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Untuk kegiatan seru sambil menikmati quality time saat libur akhir pekan hari ini, saya dan anak-anak sepakat ingin mencoba membuat jajanan Corndog sendiri di rumah. Selain bahan-bahannya mudah di dapat, cara membuatnya juga tidak sulit kok dan rasanya pasti enak karena menggunakan keju KRAFT Quick Melt.

KRAFT Quick Melt

Sebenarnya apa itu KRAFT Quick Melt? Produk dari KRAFT Foods ini sebenarnya adalah sejenis keju Cheddar yang memiliki bahan dasar Mozarella. Jika sebelumnya masyarakat hanya mengenal keju Cheddar jenis blok dan lembaran (Singles). Untuk kali ini KRAFT Quick Melt sudah diproses sedemikian rupa agar memiliki karakter meleleh saat dipanaskan, memiliki rasa kenyal, dan mulur yang khas. Sedangkan untuk nilai gizinya, disetiap 30g takaran KRAFT Quick Melt memenuhi 20 persen kecukupan gizi harian untuk kalsium. Ternyata keunggulan KRAFT Quick Melt tidak hanya itu, ada banyak keunggulan lainnya yang membuat keju ini sangat cocok disajikan dalam menu hidangan keluarga.

KRAFT Quick Melt lebih cepat leleh hanya dalam 3 menit, memiliki tekstur sempurna (lelehnya sempurna tidak terlalu cair atau encer), serta memiliki rasa lezat dan gurih keju yang khas.

Nah, untuk libur akhir pekan ini, saya bersama anak-anak akan mencoba memasak salah satu jajanan favorit yang juga cocok dijadikan camilan menemani quality time bersama keluarga, yaitu Corndog. Mohon maaf kalau hasilnya kurang begitu sempurna, maklum ini untuk pertama kalinya saya mencoba memasak jajanan Corndog di rumah menggunakan keju KRAFT Quick Melt agar hasilnya lebih oke dan sehat tentu saja. Ini resepnya ya!

kreasi menu corndog keju leleh kraft quick melt

Bahan-bahan Corndog Keju Leleh KRAFT Quick Melt

👉 3 Buah Sosis

👉 1 Pack KRAFT Quick Melt

👉 8 Sendok Makan Tepung Roti

👉 4 Sendok Makan Tepung Maizena

👉 1 Sendok Teh Baking Powder

👉 0,5 Sendok Teh Garam

👉 0.5 Sendok Teh Gula Pasir

👉 0,5 Sendok Teh Lada

👉 1 Butir Telur

👉 150 ml Susu Cair Dingin

👉 Minyak Goreng Secukupnya dan Tusuk Sate.

Cara Memasak Corndog Keju Leleh KRAFT Quick Melt

  1. Dalam satu wadah campurkan bahan adonan pencelup, yaitu tepung maizena, baking powder, garam, lada, gula, telur, dan susu cair. Aduk rata sampai tidak ada yang bergerindil. Tuang dalam wadah tinggi (bisa gelas) lalu sisihkan.
  2. Buat sate sosis keju. Potong sosis menjadi 4 bagian, lalu potong juga keju KRAFT Quick Melt berbentuk balok, sesuai dengan potongan lebar dan panjang sosis.
  3. Panas minyak secukupnya.
  4. Celupkan sate sosis keju ke dalam adonan pencelup.
  5. Lumuri dengan tepung roti.
  6. Goreng sampai berwarna coklat keemasan.
  7. Siap dinikmati dan jangan lupa beri toping saus sambal atau mayones agar makin lezat.
corndog keju leleh kraft quick melt

Akhirnya setelah beberapa jam berkutat di dapur dan ruangan keluarga bersama anak-anak untuk mencoba memasak sendiri jajanan favorit mereka, yaitu Corndog, tiba saatnya menikmati hasil masakan bersama seluruh anggota keluarga. Meskipun bentuk dan rasanya sepertinya kurang sempurna, tapi berkat KRAFT Quick Melt rasanya menjadi lebih lezat. Kira-kira untuk libur akhir pekan minggu depan kreasi menu apa lagi nih yang mau dimasak bersama anak-anak? Tapi yang pasti sesuai permintaan anak-anak untuk kreasi resep yang akan dimasak minggu selanjutnya harus ada KRAFT Quick Melt nih! 

Kebetulan nih ada website khusus dari KRAFT, yaitu www.bundakraft.com yang berisi berbagai resep serta informasi seputar keju KRAFT yang bisa digunakan untuk memasak berbagai menu dan camilan bersama keluarga di rumah sambil menikmati quality time. Jadi saya bisa mengajak anak-anak memilih sendiri kreasi menu yang ingin di masak bersama di rumah. Berkat KRAFT Quick Melt, quality time di libur akhir pekan ini menjadi momen manis dan spesial yang tidak terlupakan, meskipun di rumah saja!

17 komentar

  1. Asslkm Mak Erlisa ketemu lg di OL ya. Btw betul sekali srlama.i i bunda juga hanya Cheddar sebagai keju blok. Wlp sdh ninik2 bunda paling suka makan atau istilahnya ngegadoin keju blok
    Rasa sensasinya gimanaaa gitu. Mau coba cari Quick kraft melt ah! liatnya membius banget potongan2 dadu yg terhidang di postingan ini. Hheemmm....

    BalasHapus
  2. Keju dari KRAFT emang mantap, dijadikan pilihan untuk kreasi makanan ya Kak. Semua pada suka kalo dah bikin olahan sama keju ini mah.

    BalasHapus
  3. Wah..Corndog Keju Leleh dengan Kraft Quick Melt pasti makin lezat. Mau coba bikin juga saya, anak-anak suka benar keju KRAFT
    Memang ya menu KRAFT Quick Melt, bikin quality time menjadi momen manis dan spesial bersama keluarga yang tidak terlupakan.

    BalasHapus
  4. Waah corndog kerenn bun bikin sendiri, Keju KRAFT selalu ada di dapur akuu, biasa pake yg melt buat telur dadar di kasih keju melt trs di tangkupin hasilnyaa endeusss tengahnya lumerrr.

    BalasHapus
  5. Enak dan pasti sehat kalau bawa bekal dari rumah.aku juga was-was kalo anakku jajan sembarangan di sekolahnya. Anakku nomor dua hobi beli mi instan padahal dia aleegi

    BalasHapus
  6. Menu-menu yang ada Kraft Quick Melt bikin saya ikutan melt Mba Elisa, ckckck. Kalau aku kemarin ikutan bikin Korean spicy chicken pakai keju ini juga dan rasanya pengen bikin lagi! Nagih bangett

    BalasHapus
  7. ahh sudah lama gak mampir kesini, mba Moy, Jadi pengen baking deh dengan keju kraft. Apalagi anak anak suka banget nih. Quick kraft bisa banget nih buat menu sehat keluarga

    BalasHapus
  8. Iya, quality time bersama keluarga itu nggak harus dilakukan diluar rumah yang membutuhkan biaya juga. Berkegiatan bersama di rumah pun, dengan melibatkan semua anggota keluarga juga bisa jadi quality time yang bermanfaat, salah satunya masak bersama, bikin corndog dan hasilnya dinikmati bersama.

    BalasHapus
  9. Keju KRAFT quick melt lelehannya memang mantap! Andalan banget bagi emak-emak untuk bikin cemilan favorit anak-anak.

    BalasHapus
  10. Aku suka corndog tapi belum pernah bikin mba. Lebih suka isian yang full melting cheese, yumm...

    BalasHapus
  11. Keju Kraft selalu aku stok di rumah, enak buat dibuat apapun rasanya baik itu camilan atau masakan bikin tambah selera makan pokoknya.
    Memasak bareng keluarga itu menyenangkan ya mbak, jadi bisa mempererat bonding juga

    BalasHapus
  12. Nahh inii,pasti bakal disukai sama anak-anakku,apalagi kalau mereka ikut proses memasaknya mmhhh,ajibb,berantakan pasti,tapi senengg dongg. Belum pernah coba bikin ini,pastii enakk hehehe

    BalasHapus
  13. hmmmm menggoda banget nih olahan keju KRAFT nya kak... aku belum pernah bikin yang kayak gini... layak banget dicoba week end nanti bareng anak-anak

    BalasHapus
  14. Favorit anak-anak nih, tapi saya belum pernah bikin sendiri... Makasih ya resepnya, pasti yummy banget nih pakai kraft quick melt...

    BalasHapus
  15. Yummmy bunnnn jadi mupeng...keju Kraft emaang enaak tersedia beberapa varian seperti quick melt biasa anakku menyebutnya mozarellah krn bisa lumerr habis di panasin.

    BalasHapus
  16. Ya Allah love language yang bisa mengisi tangki cinta anak-anak ini bikin bahagia banget yaa..
    Apalagi memberikan yang terbaik dengan menu masakan menggunakan KRAFT Quick Melt.

    BalasHapus
  17. Kalau corndog kejunya segede itu, penjualnya bangkrut hahaha.. mantap anget dinikmati bareng keluarga. Eh kemaren saya juga bikin corndog pake Kraft ini mbak, ennak banget rasanya ..

    BalasHapus