Doa-doa yang Dianjurkan Dalam Islam Untuk Pengantin Baru

doa untuk pengantin

Pernikahan merupakan salah satu ibadah yang mulia dan suci. Dalam ajaran Islam telah diatur secara detil bagaimana proses pernikahan yang benar dan sesuai dengan syariat agama. Mengapa? Karena menikah merupakan salah satu ibadah mendapatkan ganjaran pahala besar, bahkan beberapa orang mengatakan kalau menikah merupakan ibadah terpanjang yang berlangsung seumur hidup dan menjadi penyempurna ibadah. Inilah mengapa menikah menjadi momen yang sangat di tunggu, sakral, dan mulia.

Bahkan tidak hanya itu, momen pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang dalam satu hubungan tapi juga kedua keluarga, karena itulah kebahagiaan pernikahan tidak hanya dirasakan pengantin tapi juga orang-orang disekelilingnya terutama keluarga. Bahkan untuk pengantin yang memulai hidup baru, ada doa-doa khusus untuk mengantarkan menuju kehidupan selanjutnya. 

Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan oleh para pengantin di hari pernikahannya, yaitu mulai dari doa setelah akad nikah sampai doa saat malam pertama. Begitu pula bagi para tamu yang hadir, juga sangat dianjurkan memberikan doa untuk kedua mempelai agar pernikahan yang baru saja dilaksanakan membawa keberkahan, kebahagiaan, serta langgeng. Doa-doa tersebut seyogyanya diucapkan secara lengkap ketika hadir di pesta pernikahan atau walimatur ursy. 

Nah, berikut di bawah ini sudah dirangkum doa-doa yang sangat dianjurkan untuk pengantin baru dalam agama Islam.

Doa untuk Pengantin

Di hari pernikahan, doa pengantin dipanjatkan oleh orang-orang yang menghadirinya, termasuk orangtua, keluarga, kerabat, atau bahkan pemuka agama. Diriwayatkan fari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, jika Rasulullah SAW ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah menikah, beliau membaca doa:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

"Baarakallahu laka wa baaraka ‘al iniaika wa jama’a bainakuma fi khayrin"

Artinya:

“Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, no. 2130).

Doa untuk yang Mengundang Pernikahan

Dalam ajaran Islam telah diatur dengan sempurna di setiap detail permasalahan kehidupan. Begitu pula tentang adab ketika diundang dalam pesta pernikahan. Dianjurkan untuk setiap muslim mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan. Adapun dalah satu doa sunnah yang dapat dibaca ialah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad IV/187-188).

Atau bisa juga dengan doa:

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR. Muslim no. 2055).

Doa Suami Setelah Akad Nikah

Ketika mempelai pria selesai mengucap ijab kabul dan dinyatakan sah sebagai suami istri, mempelai pria dianjurkan untuk meletakkan tangannya pada ubun-ubun sang istri seraya mendoakannya. Doanya adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ
Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi.

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.” (HR. Abu Daud, no. 2160).

Doa Sebelum Hubungan Suami Istri

Sebelum suami istri melakukan hubungan intim, suami istri dianjurkan membaca doa untuk memohon perlindungan Allah SWT. Doa tersebut akan memberikan keberkahan, kebaikan pada keturunan yang dihasilkan, serta menambah kemesraan.

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا.
Bismillah, allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR. Bukhari, no. 6388; Muslim, no. 1434).

Itulah doa-doa untuk pengantin yang menikah secara Islam. Doa-doa tersebut sangat dianjurkan karena pernikahan merupakan ibadah yang mulia dan berjalan seumur hidup. Karenanya, doa dari para kerabat yang hadir turut memberikan andil untuk rumah tangga sang pengantin.

Tidak ada komentar