Rekomendasi Pelembut dan Pewangi Pakaian yang Wanginya Bikin Jatuh Cinta

pelembut dan pewangi pakaian

Duh...hujan turun sangat deras pagi ini padahal hari ini adalah jadwal saya mencuci pakaian yang sudah menumpuk beberapa hari karena kesibukan saya beraktivitas di luar rumah. Kalau sudah begini biasanya pakaian yang masih basah menjadi tidak kering dengan sempurna, dan saya harus memutar otak mencari cara agar pakaian nantinya tidak berbau apek. Kasihan jika pakaian anak-anak dan suami berbau apek karena selain tidak baik untuk kesehatan kulit juga mengurangi rasa percaya diri...hmmm butuh pelembut dan pewangi pakaian nih!

Pernah tuh kejadian saya lupa mencuci seragam sekolah anak-anak padahal besok pagi harus dipakai. Langsung sore harinya saya cuci semua seragam sekolah anak-anak, meskipun sudah menggunakan pengering pada mesin cuci tapi pakaian tidak bisa kering dengan sempurna. Akibatnya ada beberapa bagian pakaian yang teraba masih lembab dan bisa ditebak, seragam sekolah anak-anak agak berbau apek. Dalam kondisi panik, saya semprotkan parfum di bagian tertentu pada seragam sekolah anak-anak, tapi ternyata sama sekali tidak membantu karena bau apek tidak hilang, dan justru semprotan parfum menimbulkan titik-titik noda pada pakaian.

Belajar dari pengalaman tersebut jika sudah memasuki musim hujan biasanya saya lebih waspada, karena potensi pakaian tidak kering senpurna sangat mungkin terjadi. Jika sudah begini biasanya ada beberapa potong pakaian terutama yang berbahan tebal menjadi tidak kering dengan sempurna atau membutuhkan waktu berhari-hari agar bisa kering. Bayangkan jika berhari-hari pakaian tidak kering atau masih lembab, pastinya potensi pakaian berbau apek akan semakin besar. Sebenarnya apa saja sih penyebab bau apek pada pakaian dan harus diwaspadai?

Penyebab Bau Apek Pada Pakaian dan Solusi Untuk Mengatasinya

Umumnya ibu rumah tangga seperti saya menyakini pakaian yang sudah dicuci bahkan dengan mesin cuci berbau apek karena tidak kering dengan sempurna, dan biasanya kerap terjadi saat musim hujan tiba. Ternyata setelah membaca beberapa referensi, penyebab pakaian berbau apek tidaklah sepenuhnya karena cuaca atau suhu udara yang lembab karena musim hujan. Terkadang sudah dicuci menggunakan mesin cuci yang memiliki pengering pun, pakaian kerap masih berbau apek dan membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Berikut beberapa penyebab bau apek pada pakaian:
  1. Pakaian yang Dicuci Terlalu Banyak. Sekilas masalah ini terlihat sepele lho, tapi ternyata sangat berpengaruh pada kualitas hasil cucian. Terkadang agar lebih ringkas dan bisa mencuci dalam jumlah banyak, banyak ibu rumah tangga yang memilih membeli mesin cuci dengan kapasitas besar. Tapi nyatanya, meskipun mesin cuci berkapasitas besar, mencuci sekaligus banyak pakaian sebenarnya bukanlah ide yang bagus, karena berpengaruh pada kualitas hasil cucian. 
  2. Terlalu Banyak atau Bahkan Terlalu Sedikit Menggunakan Deterjen. Banyak orang berpikir menggunakan deterjen yang banyak akan membuat pakaian lebih bersih, padahal tidaklah demikian karena menggunakan deterjen yang berlebihan justru berpotensi besar meninggalkan residu pada pakaian, akibatnya bisa menimbulkan bakteri yang berkembang biak dan pastinya menimbulkan bau apek pada pakaian. Sedangkan di sisi yang lain, terlalu sedikit menggunakan deterjen juga bisa menyebabkan kebersihan pakaian tidak maksimal, akibatnya bakteri akan mudah berkembang biak pada pakaian yang masih kotor dan menimbulkan bau apek.
  3. Menjemur Pakaian Di Dalam Ruangan. Tidak semua rumah tangga memiliki tempat yang nyaman untuk menjemur pakaian langsung di bawah sinar matahari, terkadang lokasi menjemur pakaian berada di dalam rumah. Dengan suhu ruangan yang cenderung lembab, terlebih saat musim hujan, maka bisa menyebabkan pakaian tidak kering sempurna sehingga berpotensi menimbulkan bau apek dan lembab.
Ternyata penyebab bau apek pada pakaian tidak hanya sekadar karena cuaca ya, proses pencucian hingga penjemuran juga memiliki peran sangat penting untuk mengatasi masalah bau apek yang tentunya sangat menganggu ini. Tidak hanya menimbulkan bau kurang sedap, bau apek pada pakaian juga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan dan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. 

pewangi pakaian keluarga

Lalu, adakah solusi untuk mengatasinya? Dilansir dari Lifehack Solution, ada beberapa tips untuk mengatasi bau apek pada pakaian setelah di cuci dan tips ini sudah saya praktekkan lho.

Baca Dengan Teliti Instruksi Perawatan Pakaian

Seringkali saat membeli pakaian, terdapat label yang dijahit dibagian dalam pakaian yang berisi instruksi cara merawat pakaian, terutama ketika proses pencucian. Nah, salah satu cara untuk mengatasi bau apek pada pakaian adalah dengan mencuci sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Selain menghindarkan pakaian dari kemungkinan rusak selama proses pencucian, juga membuat pakaian bisa tahan lama. Apalagi tiap bahan pakaian terkadang memiliki cara perawatan terutama cara mencuci yang berbeda. Setelah mengetahuinya, kini saya lebih berhati-hati saat mencuci pakaian, dan sebisa mungkin memilah-milah pakaian sesuai instruksi perawatannya sebelum di cuci agar pakaian tidak mudah rusak dan terhindar dari bau apek.

Pastikan Pakaian Sudah Terbebas Dari Sisa atau Residu Deterjen

Seperti yang telah dikemukakan di atas, salah satu penyebab bau apek pada pakaian adalah sisa atau residu deterjen pada pakaian, karena itu selama proses pencucian hingga pengeringan pastikan tidak ada lagi sisa deterjen. Lakukan pembilasan pakaian yang telah di cuci dengan sempurna, jika mungkin bilas cucian berulang kali hingga bersih dari sisa-sisa deterjen. Cara terbaik untuk memastikan pakaian sudah benar-benar terbebas dari sisa atau residu deterjen adalah dengan melihat sisa air bilasan cucian. Jika pada air bilasan masih terlihat busa deterjen, lakukan pembilasan sekali lagi hingga tidak terlihat busa lagi dan pakaian sudah terbebas dari sisa-sisa deterjen. Untuk itu, pastikan sebelum mencuci sudah mengetahui takaran deterjen yang tepat atau sesuai instruksi agar saat di cuci pakaian bersih sempurna.

Gunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian

Siapa nih yang setuju kalau menggunakan pelembut dan pewangi pakaian menjadi solusi jitu untuk membantu mengatasi bau apek pada pakaian. Apalagi saat ini sudah tersedia produk pelembut pakaian sekaligus pewangi pakaian yang memang didedikasikan untuk membuat pakaian terbebas dari bau apek sekaligus menjadikan pakaian lebih lembut dan wangi. Bahkan, saat ini sudah tersedia produk pelembut dan pewangi pakaian yang sangat cocok digunakan untuk seluruh pakaian anggota keluarga, mulai dari pakaian anak-anak hingga orang dewasa. Sebenarnya, apa sih manfaat dan pentingnya menggunakan produk pelembut pakaian sekaligus pewangi pakaian selain untuk mengatasi bau apek pada pakaian tentunya? Berikut penjelasannya.

Manfaat Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian

Semua ibu rumah tangga tahu jika tujuan utama mencuci pakaian adalah untuk menghilangkan kotoran dan noda yang kerap menempel pada pakaian saat dikenakan. Namun, jika pakaian setelah di cuci menjadi lebih lembut dan wangi tentu akan membuat kebahagiaan tersendiri saat memakainya. Duh...siapa yang tidak ingin pakaiannya menjadi lebih lembut dan wangi, apalagi saat ini terdapat rekomendasi pewangi pakaian yang tidak hanya membuat pakaian lebih wangi tapi juga lebih lembut, yaitu cairan pelembut dan pewangi pakaian konsentrat.

Sebenarnya, apa itu cairan pelembut dan pewangi konsentrat? Cairan konsentrat umumnya bekerja hingga ke serat-serat kain pakaian sehingga tidak hanya membuat wanginya lebih lama tapi juga melembutkan. Cara kerja cairan konsentrat terbilang sangat sederhana, cukup rendam pakaian yang sudah di cuci dengan cairan konsentrat yang memiliki manfaat tidak hanya sebagai pewangi pakaian tapi juga pelembut pakaian sesuai dengan durasi yang ditentukan. Selama proses perendaman berlangsung inilah maka cairan konsentrat akan bekerja hingga ke serat pakaian. Tidak heran, jika pakaian yang dibilas dengan pelembut dan pewangi pakaian konsentrat, akan memiliki aroma wangi yang lebih tahan lama.

Bahkan tidak hanya itu, selalu menggunakan pelembut dan pewangi pakaian setelah proses pencucian memiliki beberapa manfaat lho, diantaranya:

Melindungi Serat Pakaian dan Memelihara Bentuk Pakaian

Umumnya, setiap pakaian hadir dengan serat atau bahkan benang yang berbeda, beberapa diantaranya bahkan mudah terlepas seratnya. Nah, menggunakan pelembut pakaian akan membuat serat pakaian terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, menggunakan pelembut dan pewangi pakaian juga membantu merawat pakaian agar lebih tahan lama dan tidak mengalami perubahan bentuk. Hal ini karena cairan konsentrat yang terdapat pada pelembut dan pewangi tambahan sangat membantu memelihara bentuk pakaian.

Pakaian Lebih Mudah Disetrika dan Lebih Lembut

Berbeda dengan pakaian yang di cuci tanpa menggunakan pelembuat pakaian serta pewangi pakaian, akan terlihat lebih kusut dan sulit disetrika. Sedangkan jika pakaian yang setelah dicuci bersih di rendam kembali dan dibilas dengan cairan konsentrat pelembut dan pewangi pakaian umumnya lebih mudah disetrika, terlihat rapi lebih lama, lebih wangi, dan lembut.

Sebagai Mood Booster dan Lebih Hemat

Dalam menjalani aktivitas harian, memiliki suasana hati atau mood yang menyenangkan sangat diperlukan karena sangat mempengaruhi produktivitas harian. Nah, berdasarkan hasil riset yang dilakukan lembaga pendidikan, pakaian yang dikenakan seseorang saat melakukan aktivitas harian akan langsung mempengaruhi perasaan bahagian, dan pastinya akan semakin bahagia jika pakaian yang dikenakan lebih wangi, lebih lembut, dan pastinya bebas dari bau apek yang bisa mempengaruhi penampilan.

Selain sebagai mood booster, penggunaan pelembut dan pewangi pakaian tentu akan lebih efisien, baik dari segi keuangan maupun waktu. Mengapa? Karena jika sudah menggunakan pewangi pakaian saat proses pencucian, rasanya tidak perlu lagi menggunakan parfum, baik parfum setrika maupun parfum badan, tentunya jika menggunakan pewangi pakaian terbaik yang disertai dengan pelembut pakaian terbaik.

Namun, pastikan memilih produk pelembut dan pewangi pakaian yang tepat ya, serta pertimbangkan juga untuk memilih yang menggunakan teknologi sekali bilas, memiliki kandungan anti bakteri, wangi yang tahan lama, dan aroma yang memberikan kesegaran, agar pakaian yang dikenakan tersebut bisa menjadi mood booster dan memberikan rasa percaya diri saat beraktivitas harian. 

Tentukan dipasaran banyak sekali pewangi pakaian yang sekaligus bisa digunakan sebagai pelembut pakaian. Tapi saya memiliki rekomendasi pewangi pakaian yang juga berfungsi sebagai pelembut pakaian yang wanginya korea sekali. Pewangi pakaian korea ini bikin saya jatuh cinta saat pertama kali memakainya. Bagaimana penasaran kan? Ini lho produknya Molto Korean Strawberry dan berikut ini ulasan lengkap produknya!

Rekomendasi Pelembut dan Pewangi Pakaian yang Wanginya Bikin Jatuh Cinta

Sejak pelembut dan pewangi pakaian masuk dalam daftar belanja tetap saya setiap bulan, bau apek yang kerap muncul dari pakaian yang sudah saya cuci mulai hilang atau setidaknya jarang muncul, kecuali kondisi cuaca yang sangat ekstrim hujan terus-menerus hingga beberapa hari dan jumlah pakaian yang harus di cuci sangat banyak. Suatu hari anak sulung saya yang duduk di bangku SMA mengeluh pakaian seragamnya bau asap, usut punya usut ternyata setiap kali pulang sekolah, dalam perjalanan pulang anak saya harus melewati daerah pembuangan sampah. 

Ternyata, meskipun sudah di cuci dan dibilas dengan pelembut dan pewangi pakaian, bau asap terkadang masih tercium meskipun samar. Sepertinya, pelembut dan pewangi pakaian yang saya beli belum cukup ampuh untuk mengatasi berbagai macam bau, selain bau apek. Langsung saya menuju supermarket terdekat untuk cari-cari siapa tahu ada produk pelembut dan pewangi pakaian baru yang ampuh mengatasi masalah bau ini sekaligus wanginya enak. Yeahh...ternyata ada, apalagi kalau bukan pewangi pakaian korea yang ternyata wanginya khas korea sekali, yaitu Molto Korean Strawberry.

molto korean strawberry

Seperti biasa sebelum membeli saya cek dahulu apa saja sih klaim dari produk Molto Korean Strawbery, pewangi pakaian keluarga. Ketika pertama kali melihat kemasan pelembut dan pewangi pakaian Molto Korean Strawberry, saya langsung jatuh cinta soalnya perpaduan warnanya kebetulan adalah favorit saya. Nah, yang membuat saya makin suka dan cinta, ternyata Molto Korean Strawberry ini merupakan perpaduan aroma dari buah strawberry korea yang menyegarkan dan wanginya bikin jatuh cinta seperti ketika nonton drama korea. Duh...siapa sih yang tidak suka nonton drama korea, terutama ibu rumah tangga seperti saya.

Varian terbaru dari Molto yang terinspirasi dari segarnya wangi Korean Strawberry ini memiliki banyak keunggulan lho sehingga sangat layak jika saya sebut sebagai pewangi pakaian terbaik, seperti:
  1. Wangi Molto Korean Strawberry yang segar dan romantis.
  2. Memberikan keharuman 7x lebih wangi (dibandingkan varian pelembut dan pewangi pakaian Molto lainnya).
  3. Melembutkan Pakaian sehingga tidak mudah kusut dan mudah disetrika.
  4. Anti 7 jenis bau, yaitu bau apek, bau asap, bau keringat, bau badan, bau amis, bau bawang, dan bau Polusi.
pewangi pakaian terbaik

Dengan banyaknya keunggulan yang terdapat pada varian pelembut dan pewangi Molto baru, tentu cocok direkomendasikan sebagai pelembut pakaian keluarga, tidak hanya untuk pakaian orang dewasa tapi juga anak-anak, pastinya dengan wanginya yang menyegarkan akan membuat aktivitas harian keluarga menjadi lebih maksimal dan menyenangkan. Wah...rasanya ingin cepat-cepat menggunakan pelembut dan pewangi pakaian Molto Korean Strawberry setelah membeli produknya. Harga produk Molto Korean Strawberry sangat terjangkau, hanya Rp. 16.900,- untuk ukuran 680 ml dan bisa di beli baik secara online di berbagai e-commerce serta supermarket terdekat.

Ternyata produk keluaran Unilever yang bernuansa Korean Strawberry tidak hanya pelembut dan pewangi pakaian Molto Korean Strawberry saja lho, ada beberapa produk lainnya untuk melengkapi kebutuhan harian rumah tangga akan produk kebersihan, yaitu:

Rinso Korean Strawberry 

Ada dua varian Rinso Korean Strawberry, yaitu Rinso Molto Deterjen Bubuk Korean Strawberry Powder dengan ukuran kemasan 700 g, dan Rinso Molto Deterjen Cair Korean Strawberry Liquid dengan ukuran kemasan 565 ml.

rinso korean strawberry

Ada 8 keunggulan Rinso Molto Deterjen Bubuk Korean Strawberry Powder yang pastinya bikin ibu rumah tangga seperti saya jatuh cinta, seperti mampu hilangkan bau tidak sedap serta bau apek pada pakaian, hilangkan noda hanya dalam 1x kucek, menjaga warna pakaian tetap cemerlang, surfaktan mudah terurai, mengandung ekstrak pelembut yang membuat serta kain lembut serta halus, lembut serta tidak panas di tangan, wangi molto tahan lama hingga 21 hari, dan efektif 99,99% bunuh bakteri serta virus.

Sedangkan untuk varian Rinso Molto Deterjen Cair Korean Strawberry Liquid terdapat 9 keunggulan, yaitu mampu hilangkan bau tidak sedap serta bau apek, hilangkan noda hanya dalam 1x kucek, menjaga warna pakaian tetap cemerlang, dengan Teknologi Smartfoam mampu menghemat hingga 1/2 air bilasan, surfaktan mudah terurai, cairan masuk ke serat kain terdalam, lembut di tangan, wangi Molto tahan lama hingga 21 hari, dan melindungi pakaian dari bakteri.

Sunlight Extra Korean Strawberry

Siapa nih yang suka merasa kesal karena kesulitan membersihkan lemak membandel pada piring kotor?

sunlight extra korean strawberry

Tidak perlu khawatir lagi ya, karena sudah tersedia Korean Strawberry series untuk varian Sunlight sabun cuci piring dengan beberapa keunggulan, yaitu tangguh bersihkan lemak membandel, ekstrak jeruk nipis asli, kesegaran serta keharuman lembut tahan lama dari wanginya Korean Strawberry, lembut di tangan serta telah teruji dermatologis, dan dengan bahan pembersih dari alam. Dengan ukuran kemasan 560 ml, harganya sangat terjangkau Rp. 13.500,-.

Superpell Korean Strawberry

Merasa kesulitan menghilangkan bau pada lantai atau ingin membuat lantai lebih higienis? Kini sudah tersedia Korean Strawberry series untuk varian Superpell pembersih lantai, yaitu Superpell Korean Strawberry yang memiliki keunggulan sebagai berikut mampu membuat lantai lebih higienis bebas kotoran serta bau, keharuman segar dapat bertahan hingga 8 jam, dan wangi buah strawberry dari Korea yang memberikan kesegaran serta kenyamanan. Dengan lantai yang higienis, semua anggota keluarga pasti merasa nyaman saat berada di rumah, anak-anak juga bebas bermain di lantai tanpa khawatir ada kotoran yang menganggu.

superpell korean strawberry

Ternyata selain pewangi pakaian Molto Korean Strawberry, terdapat produk Korean Strawberry series lainnya yang pastinya akan membantu meringankan pekerjaan ibu rumah tangga untuk urusan mencuci pakaian, mencuci piring kotor, dan membersihkan rumah. Nah, produk Unilever Korean Strawberry series ini bisa di beli secara online melalui Tokopedia dan JD.ID, atau di berbagai supermarket terdekat. 

Wah senangnya, apalagi setelah mencoba Molto Korean Strawberry, pakaian seluruh anggota keluarga menjadi lebih wangi. Pokoknya rekomendasi pelembut dan pewangi pakaian yang wanginya bikin jatuh cinta, serta merupakan pelembut pakaian terbaik saat ini dan seterusnya adalah Molto Korean Strawberry. Jadi jangan ragu untuk mencobanya juga ya, dijamin wanginya bikin jatuh cinta!

18 komentar

  1. Ishhh benerrr bgt mbaa.
    Cucianku juga sering apek gt.
    Mupeng buat cobain Molto ini dah

    BalasHapus
  2. Kunci dari pelembut yang bisa bikin kita repeat order memang dari wanginya ya .... by the way, wangi Korea itu macam apa ya? Jadi penasarn sama ih Molto Korean Strawberry.

    BalasHapus
  3. Aku jarang menggunakan pewangi kecuali pas musim hujan. Tetapi memang benar kalau pakaian yang bersih, rapi dan wangi itu menjadi mood booster. Nanti mau coba deh pakai molto korean strawberry

    BalasHapus
  4. waa, kebayang nih harumnya, ingin coba pakai juga, kalau Molto mah ga perlu diragukan lagi, varian baru ini masih wilayah jabotabek kah?

    BalasHapus
  5. Aduh jadi ingin coba deh
    Di Bandung udah ada belum yah? Apa sudah ada tapi ga terlalu memperhatikan deretan rak ya

    BalasHapus
  6. Saya pengguna Molto juga lho, tapi yang wangi Korean Strawberry ini belum pernah nih. Semoga segera bisa mendapatkan nya ya

    BalasHapus
  7. Aku juga udah coba ni pewangi dan pelembut pakaian Molto. Wanginya soft dan lembut banget. Soalnya aku suka kesal sama pewangi yang baunya obat banget

    BalasHapus
  8. Mbak, apakah dengan menggunakan Molto ini, baju akan tetap wangi walau melewati asap? Karena saya sering naik ojol, atau makan di rumah makan, bau asap dan bau minyak gorengan nempel di jilbab dan baju. Rasanya nggak nyaman.

    BalasHapus
  9. Udah pakai Molto yang ini. Aromanya segar banget. Sayang nyarinya di toko masih susah. Semoga stoknya diperbanyak.

    BalasHapus
  10. Wah aku juga pengguna molto tapi warna biru. Varian ini belum pernah nyoba sih bisa nih masuk list belanjaanku bulan depan ..sepekat nih kalo nyuci sebaiknya diperhatikan juga ya jumlahnya kalo kebanyakan jadinya sabunnya gak sesuai dg jumlah baju. Ini buat di mesin cuci khususnya

    BalasHapus
  11. kadang kalau kelamaan direndam atau dalam mesin cuci juga bikin baju jadi bau, mbak. kalau pakai rinso ini misalnya kelamaan direndam bakalan nggak bau ya kayaknya soalnya pakain jadi wangi

    BalasHapus
  12. Serius bisa jadi mood booster kalau pakaian wangi. Apalagi wangi Korean Strawberry dari Molto ini..hmm, jadi suka cium bau wangi baju sendiri hihihi

    BalasHapus
  13. Penasaran d sm molto korean strawberry ini. Aromanya lembut sepertinya.. belanja berikutnya deh mau cobain..

    BalasHapus
  14. Dari nama2 jenis wanginya sdh merasakan bahwa aromanya pasti segar dan manis. baru tahu sunlight ada varian strawberry

    BalasHapus
  15. Kayaknya bakal sweet banget baunya ya. Bau-bau buah yang selalu enak banget

    BalasHapus
  16. Paling suka emang wanginya molto ini.. Awetttt banget dan wanginya nagih gitu

    BalasHapus
  17. Kalau sudah bau tak sedap tuh kudu banget ketemu dengan pelembut dan pewangi pakaian yang wanginya bisa diandalkan seperti Molto Korean Strawberry.
    Usir segala jenis bau tak sedap pada pakaian.

    BalasHapus
  18. Kalau ibuku favorit nya biru kakk.
    Merah belum pernah coba jadi pengen beliin ibuk yang. Merah ini. Molto tuh enak banget pas ditaroh di baju maupun udah keringnya

    BalasHapus