Pengalaman Tes Sidik Jari Untuk Anak Di MS Learning and Grow

ms learning and grow

Percayalah, setiap anak dilahirkan unik dan spesial. Masing-masing anak memiliki potensi, minat, bakat, dan tentu saja kecerdasan yang berbeda-beda, tinggal bagaimana cara orangtua membantu anak untuk mengembangkannya. Salah satu cara yang saya lakukan mendapatkan pemahaman lebih jauh tentang potensi, minat, dan bakat yang dimiliki Aisha adalah dengan melakukan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow.
Dari hasil Tes Sidik Jari yang dilakukan Aisha di MS Learning and Grow diketahui bahwa Aisha adalah seorang dengan tipe karakter Compliance yang diiringi Dominance. Seorang dengan tipe karakter seperti ini adalah orang yang fokus pada tugas yang diberikan padanya, cara melihat permasalahan cenderung detil dan terstruktur. Karakternya cukup kuat dan kadang tampak kaku dalam menyelesaikan permasalahan dan pendekatan sosial.
tipe karakter

Mengapa harus melakukan tes sidik jari? Seringkali karena alasan kesibukan, orangtua menjadi kurang peka terhadap perkembangan anak sehingga bakat istimewa yang seharusnya bisa dikembangkan menjadi sia-sia. Padahal, jika orangtua peka dan bisa mendeteksi sejak dini potensi dan bakat anak, bukan tidak mungkin anak bisa tumbuh menjadi seorang yang ahli dalam bidangnya dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan kepribadian positifnya.

Dalam ilmu parenting, tes sidik jari dipercaya bisa membantu mendeteksi sejak dini potensi, minat, dan bakat anak, bahkan tidak hanya itu tes sidik jari juga bisa membantu orangtua memahami profil psikologi anak yang berguna untuk menentukan strategi pola asuh seperti apa yang cocok diterapkan pada anak agar bisa mengembangkan dirinya.

Idealnya, saat anak berusia 2 atau 3 tahun sudah terlihat tanda-tanda minat dan bakatnya, tinggal orangtua harus jeli menangkap momen spesial tersebut. Akan semakin mudah jika anak termasuk seorang yang ekspresif, yang dengan mudahnya bisa menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu yang mengarah pada bakat dan minatnya.

aplikasi ms learning and grow

Namun, tidak semua anak bisa mengekspresikan dirinya atau menunjukkan minatnya terhadap sesuatu dengan jelas. Untuk itu, tes sidik jari bisa menjadi salah satu solusinya. Dalam sebuah buku yang berjudul, Deteksi Minat Bakat Anak yang ditulis oleh Andin Sefrina dijelaskan bahwa tes sidik jari dipercaya secara ilmiah dapat membantu menganalisis potensi atau bakat anak sejak lahir, yang sudah terukir melalui sidik jari.

Lebih lanjut dijelaskan, sidik jari diyakini sebagai rangkaian-rangkaian cetakan DNA atau kode-kode genetik yang dibawa manusia sejak lahir dan tidak akan berubah meskipun usia menua. Hal ini mengindikasikan bahwa sebenarnya manusia itu memiliki potensi, bakat, dan minat sejak lahir. Cetakan itulah yang harus dikembangkan manusia itu sendiri, dan untuk anak maka orangtualah yang berperan untuk mengembangkan cetakan DNA tersebut.

Salah satu cara yang mudah dan praktis untuk mengukur potensi dan bakat anak adalah melalui Tes Sidik Jari, sebab orangtua tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil analisis. Hasil Tes Sidik Jari yang dilakukan Aisha tentunya sangat bermanfaat bagi kami, orangtuanya untuk mulai menentukan strategi pola asuh seperti apa sih yang cocok dengan tipe karakternya, apalagi saat ini Aisha sudah mulai memasuki usia pra remaja.

Setelah mencari banyak referensi aplikasi tes sidik jari yang mudah, praktis, dan biayanya terjangkau, akhirnya saya mantap memilih Aplikasi MS Learning and Grow. Alasan saya memilih MS Learning and Grow adalah karena fitur untuk melakukan Tes Sidik Jari sangatlah mudah, bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus repot datang langsung ke lokasinya. Apalagi fitur-fiturnya sangat lengkap dan hasil analisis yang saya dapatkan sangat detil, bahkan disediakan jadwal untuk konsultasi secara langsung lho.

Pengalaman Tes Sidik Jari Untuk Anak Di MS Learning and Grow

Aplikasi MS Learning and Grow melalui fitur Fingerprint Psychological Profiling hadir sebagai media bagi pengguna untuk mendapatkan pemahaman, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain, dalam hal ini orangtua untuk anak-anaknya. Melalui fitur yang terdapat dalam aplikasi ini, orangtua akan mendapatkan gambaran profil psikologis anak dengan cara yang mudah dan cepat. Profil psikologis anak ini akan membantu orangtua menentukan dan menyesuaikan metode pendidikan serta strategi pola asuh yang sesuai dengan tipe karakter anak.

tes sidik jari

Adapun Fingerprint Psychological Profiling merupakan layanan dalam aplikasi untuk melakukan profiling psikologis, sebagai metode untuk mengetahui bakat, potensi, dan profil psikologis bawaan seseorang berdasarkan DISC menggunakan sidik jari. Seperti apa sih pemahaman profil psikologis melalui DISC? Dalam hal ini ada empat karakteristik DISC, yaitu Behavioral Language yang fokus pada prilaku, Understandable Language yang mudah dipahami, Neutral Language tidak ada benar atau salah, serta Practical Language yang mudah diaplikasikan.

Salah satu cara mudah untuk mengetahui dan memahami profil psikologis seseorang adalah dengan Tes Sidik Jari, dimana sidik jari memiliki karakteristik, bersifat unik dan individual, bersifat permanen, dan mudah diklasifikasikan karena data biometrik paling stabil. Pada Aplikasi MS Learning and Grow, analisa profil psikologis menggunakan sidik jari memiliki banyak manfaat dimana penggunaan sidik jari akan menciptakan kemudahan dalam pengambilan data, memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan obyektifitas yang tinggi karena tidak terpengaruh oleh situasi dan kondisi pengguna.

Pengguna juga akan mendapatkan laporan yang komprehensif dan lengkap, mulai dari preferensi kerja otak, profil diri berdasarkan DISC, bakat bawaan hingga rekomendasi pola belajar, karir, dan cara komunikasi. Selain itu, di Aplikasi MS Learning and Grow pengguna dapat melakukan sesi konsultasi baik secara individu maupun kelompok bersama tim konsultan ahli yang tentunya memiliki latar belakang psikologis, nah ini fitur yang paling aku suka!

Selanjutnya, bagaimana cara melakukan Tes Sidik Jari anak yang saya lakukan di Aplikasi 
MS Learning and Grow?

Langkah pertama, tentu harus download Aplikasi MS Learning and Grow, yang bisa didapatkan melalui Google Play Store atau App Sore. Setelah itu, buatlah akun dengan mengisi email (pastikan email aktif ya), nama lengkap, dan password. Jika sudah memiliki akun, tinggal login menggunakan email atau nomor telepon dan password.

cara tes sidik jari di ms learning and grow

Langkah selanjutnya setelah masuk ke Aplikasi MS Learning and Grow, memilih layanan Tes Sidik Jari. Untuk melakukan Tes Sidik Jari dan melakukan konsultasi baru, pengguna harus memasukkan kode voucher. Jika belum memiliki voucher maka terdapat menu “tap di sini” untuk melakukan pembelian voucher dari seller. Setelah voucher diterima, maka langsung bisa diproses untuk masuk ke fitur Tes Sidik Jari dan melakukan Tahapan Profiling Psikologi, ada enam tahapan yang akan dilewati pengguna.

Setelah melalui tahapan pertama, memasukkan kode voucher, maka pengguna akan masuk ke tahap berikutnya, yaitu mengisi data peserta yang akan melakukan Tes Sidik Jari, dengan memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, dan data lainnya. Setelah mengisi data peserta, kemudian lanjut ke tahap berikutnya, yaitu mengunggah sidik jari tangan kanan dan sidik jari tangan kiri.

Nah, saya ingin cerita sedikit nih pengalaman saat mengunggah sidik jari Aisha yang ternyata tidak terbaca oleh sistem, sehingga harus mengunggah ulang. Awalnya, guratan sidik jari Aisha tidak jelas karena saat memfoto sidik jari saya tidak menggunakan flash kamera. Setelah memfoto ulang menggunakan flash kamera akhirnya sidik jari bisa terbaca jelas. Tapi yang membuat saya merasa terbantu, staf MS Learning and Grow langsung responsif, mengirimkan pesan singkat meminta saya memfoto ulang sidik jari Aisha.

Setelah proses mengunggah sidik jari selesai dilakukan, hasil tes sidik jari akan keluar dalam 30 menit pada jam operasional MS Learning and Grow. Tapi karena kasus kesalahan dalam mengunggah foto sidik jari Aisha, yang berakibat tidak terbaca sistem, hasil Tes Sidik Jari Aisha baru keluar keesokkan harinya. Oh ya, sambil menunggu hasil Tes Sidik Jari, pengguna memilih jadwal konsultasi dengan tim psikolog MS Learning and Grow melalui Zoom Meeting, selama kurang lebih 30 menit, saya suka sekali dengan fitur konsultasi langsung ini!

tes sidik jari anak

Akhirnya, waktu yang saya tunggu tiba juga, yaitu bisa mengakses secara langsung hasil Tes Sidik Jari yang dilakukan Aisha. Laporannya sangat lengkap, dalam bentuk PDF sebanyak 11 halaman, yang meliputi gambaran Diagram Kepribadian beserta penjelasan secara detil, yang meliputi Deskripsi tipe kepribadian, gaya komunikasi, gaya belajar, dan penjelasan lainnya secara lengkap, membuat saya bisa tahu tipe karakter detil Aisha.

Oh ya, dalam Report Analysis hasil Tes Sidik Jari Aisha terdapat penjelasan bagaimana strategi gaya komunikasi yang sesuai tipe karakter Aisha, meliputi cara berbicara, cara menghadapi sikap karakter Aisha, serta cara Aisha dalam merespon konflik. Gaya belajar, juga dijelaskan secara detil, meliputi situasi belajar seperti apa sih yang cocok untuk Aisha, apa yang membuat Aisha termotivasi, gambaran kecerdasan majemuk Aisha, serta peluang karirnya di masa depan sesuai tipe karakter yang dimilikinya.

Setelah membaca dan memahami Report Analysis hasil Tes Sidik Jari Aisha, tibalah jadwal saya untuk melakukan sesi konsultasi dengan tim psikolog MS Learning and Grow. Meskipun sesi konsultasi hanya berlangsung selama kurang lebih 30 menit, namun materi yang dibahas sangat bermanfaat untuk saya dalam menentukan strategi pola pengasuhan yang sesuai dengan tipe karakter Aisha. Selain berkesempatan memahami potensi dan arah pengembangan Aisha di masa depan, juga untuk menyesuaikan pola asuh dan komunikasi.

tes sidik jari di ms learning and grow

Sesi konsultasi kemudian diakhiri dengan kesempatan untuk mengakses rangkuman tips untuk menghadapi tipe karakter Aisha, yang Compliance dengan variasi karakter Compliance - Dominance. Selain bisa mengetahui kesimpulan dari karakter khusus Aisha yang Compliance, juga disertakan solusinya, karena memang tidak semua orangtua bisa memahami secara detil laporan profil psikologi melalui Tes Sidik Jari yang telah dilakukan.

Berikut beberapa petikan rangkuman tips untuk menghadapi tipe karakter Compliance dengan variasi Compliance - Dominance seperti Aisha.
Karakter khusus: kurang tertarik bersosialisasi dengan kelompok besar dan kurang menaruh empati. Solusinya: beri stimulus untuk meningkatkan empati seperti diskusi mengenai sudut pandang orang lain.

Karakter khusus: menyukai mengerjakan semua pekerjaan sendiri agar cepat dan sesuai standar yang dimiliki. Solusinya: sampaikan untuk berbagi peran perlu dilakukan, belajar menahan diri untuk dapat memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyelesaikan tugasnya dahulu.

Karakter khusus: memberikan harapan yang tinggi buat orang lain dan juga dirinya sendiri dengan cara memberikan informasi yang banyak sekali pada orang lain dan harapan besar pada orang lain memenuhi standarnya. Solusinya: sampaikan secara perlahan apa yang ia inginkan tidak perlu disampaikan sekaligus, karena tidak semua keinginan bisa terwujud.
Mengetahui profil psikologi Aisha secara detil melalui Tes Sidik Jari di Aplikasi MS Learning and Grow, tidak hanya membantu saya menemukan strategi pola pengasuhan yang sesuai tipe karakter Aisha, tapi juga sebagai referensi untuk mempersiapkan pola pengasuhan yang tepat karena Aisha sudah mulai memasuki masa pra remaja diusianya yang jelang sebelas tahun.

Dengan Tes Sidik Jari yang sudah dilakukan, akan lebih mudah bagi saya mengenali tipe karakter Aisha sekaligus membantu Aisha untuk bisa memahami dirinya sendiri, karena di usia Aisha yang sebelas tahun tentu sudah bisa diajak untuk berbicara dari hati ke hati secara lebih mendalam.

Hasil Tes Sidik Jari MS Learning and Grow pada dasarnya menggambarkan potensi genetis seseorang yang dibawa sejak lahir. Namun, bisa saja tipe karakter tidak sepenuhnya muncul atau terlihat pada diri seseorang, karena sekali lagi faktor pengasuhan dan lingkunganlah yang nantinya akan mempengaruhi perkembangan karakter seseorang.

Dengan melakukan Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow, orangtua memiliki kesempatan untuk membimbing anak mencapai sukses melalui potensi terbaik yang dimilikinya.

30 komentar

  1. Menarik sekali .... tes sidik jari ipercaya bisa membantu mendeteksi sejak dini potensi, minat, dan bakat anak. Jika diketahui sedini mungkin maka orang tua mampu mengarahkan buah hatinya dengan tepat ya, Mbak.

    BalasHapus
  2. tes kemampuan dan bakat anak bisa diketahui lewat sidik jari ini ya, aku pernah melakukannya ke anakku, jadi lebih jelas mau diarahkan kemana

    BalasHapus
  3. Ini bisa membantu banget buat orangtua mengerti potensi anak-anaknya, jadi bisa mendukung dan mensupport serta mengarahkan dengan benar potensi si anak.

    BalasHapus
  4. dua anakku si sulung dan si tengah dulu waktu mrk masih kecil sudah pernah tes sidik jadi atau finger print test gini mba, tapi memang secara manual dan bukan pakai aplikasi mba, cm yg jadi pertanyaan apakahs emakin besar klo test lagi hasilnya masih sama ataukah bisa berbeda yaa?

    BalasHapus
  5. wah bagus banget mak ini aplikasinya. Aku baru tau juga, kalo minat dan bakat anak bisa dilihat salah satunya dari sidik jarinya. Kebetulan nama anak kita juga sama Aisya. Nanti klo Aisya udah menginjak 2 tahun aku cobain pake aplikasi ini, makasi ya mak

    BalasHapus
  6. Tes sidik jarinya simpel banget ya mbak jadi pengen ikutan nyobain ke anak-anak supaya tahu potensi anak dan bisa diarahkan sedini mungkin. bBermanfaat banget ya jadi tau kalau treat setiap anak berbeda-beda.

    BalasHapus
  7. Keren banget deh hanya dengan tes sidik jari di aplikasi MS Learning and Grow kita bisa tau karakter kepribadian serta kecerdasan anak. Dan juga kita bisa konsultasi bagaimana cara mengasuh kan mengarahkan anak sesuai dengan karakter kepribadiannya.

    BalasHapus
  8. WWiiiih cakep ini bisa langsung tahu potensi anak melalui sidik jari. Jadi orang tua bisa langsung mengarahkan anaknya ya buat mengikuti bakatnya. Etapi, itu kenapa memakai potonya ya Mbak, nggak langsung jarinya anak ditempelkan ke aplikasinya di layar hape gitu?

    BalasHapus
  9. Tes sidik jari ini memang yahud sangat bermanfaat bagi kita orang tua untuk menganali bakat dan sifat anak.

    BalasHapus
  10. Menarik sekali tes sidik jari ini mbak
    Tes nya juga cukup simple ya
    Jadi pengen juga ikutin anakku tes sidik jari seperti ini

    BalasHapus
  11. Wah sekarang dengan tes sidik jari aja langsung tahu minat dan bakat anak ya mba. Praktis, cepet dan menghenat waktu. Mu tanya mba. Kalau anak kita udah dites pakai sidik jari ini masih perlu ga ya kita kenalkan ama banyak hal pada anak?

    BalasHapus
  12. Menarik ya tes sidik jari ini, jadi pengen ikutan juga nih buat anak saya. Jadi tahu bakat dan minat anak kemana gitu ya. Orang tua jadi mudah mengarahkan dan membimbing berdasarkan bakat dan minat anak yang paling dominan. makasih infonya mbak

    BalasHapus
  13. Banyak juga manfaat dari tes sidik jari. Kalau gak salah, dulu banget pernah tes juga, tapi gak paham kan. Sekarang kayaknya boleh dicoba buat Keponakanku biar tahu dia minat di mana sehingga bisa terarah

    BalasHapus
  14. Asik banget yaa.. Bisa mengetahui karakter anak secara mendalam melalui tes sidik jari MS Learning and Grow. Yang aku bayangkan adalah saat konsultasi ini, kita bisa bertanya pada ahlinya dan outputnya pengasuhan kita bisa menjadi lebih baik terhadap anak.

    BalasHapus
  15. anak pertamaku kami cobain tes sidik jari waktu itu program sekolah dan alhamdulillah gak mahal karena rombongan, jadi tahu deh potensi bakat anak. Tapi, anak kedua dan ketiga tidak nih jadi kepo banget hasil untuk anak kedua dan ketiga

    BalasHapus
  16. Wh, menarik sekali ini mbak. Dengan melakukan tes sidik jari kita orangtua bisa mengetahui bakat minat anak ya. Minimal kita bisa memberikan yang terbaik untuk anak

    BalasHapus
  17. Wh, menarik sekali ini mbak. Dengan melakukan tes sidik jari kita orangtua bisa mengetahui bakat minat anak ya. Minimal kita bisa memberikan yang terbaik untuk anak

    BalasHapus
  18. Menarik sekali ya aplikasinya sepertinya aku harus unduh untuk mengetahui lebih detai minat bakat anak. Walaupun kini sudah terlihat minatnya terhadap seni, tetaplah usaha orang tua tidak berhenti hanya mengetahui itu saja. Makasih info dan sharingnga.

    BalasHapus
  19. wah menarik sekali ya, mbak tes sidik jari ini bisa membantu kita memahami kepribadian anak. anak saya dulu juga pernah nih ikutan tes begini di daycare tapi saya lupa hasilnya apa

    BalasHapus
  20. Menarik nih, apalagi ga cuma memberikan hasil tapi ada tipsnya juga biqr kita bisa memaksimalkan bakat dan minat anak ya. Makasih sharingnya mbak ntar aku coba download aplikasinya

    BalasHapus
  21. Anakku juga keduanya sempat dites sidik jari ini untuk mengetahui minat dan bakat mereka, hasilnya lumayan akurat dan bisa jadi panduan mengarahkan anak menekuni suatu hal, bagus nih sudah pengecekan sidik jari secara online

    BalasHapus
  22. Jaman sekaranag orang tua punya suport system seperti mendeteksi bakat minat anak melalui tes sidik jari. Simpel juga caranya, dan lebih bersahabat bisa dicek secara online ya.

    BalasHapus
  23. Ada batasan usia gak, Mbak? Saya tertarik untuk anak saya yang bungsu. Tetapi, dia udah masuk usia remaja.

    BalasHapus
  24. Beberapa tahun yang lalu saya juga melakukan tes sidik jari anak-anak di suatu event. Dari hasilnya memang membantu sekali, jadi tau potensi masing-masing anak dan kecenderungan gaya belajar mereka

    BalasHapus
  25. Iyaya...profiling Sidik Jari Anak menggunakan MS Learning and Grow ini detail sekali.
    Aku takjub sama hasil konsultasinya.
    Dan ingin mencoba untuk kedua anakku dan orangtuanya sekalian gitu.. terlambat gak yaah?

    BalasHapus
  26. Beberapa tahun lalu aku juga dikenalin sama aplikasi ini. Dikoordinir oleh sekolah dan harus datang kesana konsultasi dsb. Sekarang ada aplikasi ini koq ya jadi lebih simple ya.Udah gitu tetap ada konsultasinya. Keren sih ini.

    BalasHapus
  27. Iya bener, Mba kadang bakat anak itu ga semuanya terlihat. Terbukti kedua anakku ini aja beda banget. Si Abang dr balita blm keliatan bakatnya. Dan baru terlihat saat dia di SMP. Sedangkan si Adek dari kecil dah keliatan kalau dia memang bakat gambar. Jadu memabg perlu ya utk beberapa anak yang tidak terlihat utk tes sidik jari

    BalasHapus
  28. Ternyata penting juga ya tes sidik jari pada anak. Jadi ketahuan karakter dan potensi anak sejak dini. Casa tesnya juga gampang ternyata. Tinggal download aplikasinya saja. Ada sesi konsultasi via online pula. Enak banget ini.

    BalasHapus
  29. Wah ternyata ada appnya ya mak buat ngetes kecerdasan anak dr sidik jari? Jadi penasaran nih pengen download dan daftar app MS LEARNING AND GROW jugaaa

    BalasHapus
  30. wah dengan tes seperti ini ga ada lagi anak dipaksa untuk masuk ke jurusan yang ternyata bukan jadi kebisaannya ya mba, semoga semakin banyak anak yang bahagia dengan pilihannya yang sesuai bakatnya.

    BalasHapus