Wajib Tahu 5 Cara Alami Membersihkan Peralatan Dapur

cara alami bersihkan peralatan dapur

Horee...libur weekend telah tiba! Saatnya bersih-bersih rumah, terutama area dapur yang hampir setiap hari selalu digunakan untuk memasak aneka menu sehat untuk keluarga. Memang sih, ada jenis desain rumah yang memisahkan antara dapur bersih dan dapur kotor, tapi tidak semua rumah memiliki luas yang cukup untuk memisahkan dapurnya menjadi dua bagian. Jangan berkecil hati bagi yang memiliki luas rumah terbatas, karena dapur akan tetap terlihat cantik, bersih, dan rapi, asalkan peralatan dapur yang dipergunakan terlihat bersih. Tidak hanya itu, dapur memang memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah rumah dimana sebuah bahan makanan yang akan dihidangkan untuk semua anggota keluarga di olah dan di masak di dapur tersebut.

Begitu pentingnya fungsi dapur maka area dapur beserta peralatannya harus benar-benar dipastikan terjaga kebersihannya, dan sebisa mungkin rutinitas membersihkan dapur dilakukan sesering mungkin. Idealnya, dapur harus dibersihkan kembali setelah rutinitas memasak selesai setiap hari, tapi karena kesibukan seringkali dapur hanya dibersihkan sepintas lalu. Padahal, dapur yang bersih dan higienis akan membuat nyaman saat melakukan aktivitas memasak, bahkan tidak hanya itu bahan makanan yang tersimpan dalam dapur untuk diolah kembali menjadi bahan masakan juga akan terjaga kualitas nutrisinya.

Baca juga:

Sembilan Cleaning, Layanan Jasa Bersih Rumah Instant

Resep Masakan Favorit Masyarakat Indonesia  

Saat ini, di pasaran dengan mudah dapat dijumpai beragam produk dari berbagai brand yang siap pakai untuk membersihkan area dapur secara cepat. Namun dari sejumlah produk tersebut, ada sebagian yang mengandung zat-zat kimia yang belum tentu aman untuk kesehatan tubuh. Apalagi peralatan dapur tersebut kerap digunakan sebagai wadah atau tempat bahan masakan di olah. 

Terkadang, jika membersihkan peralatan memasak menggunakan produk tersebut, selama proses pembersihan masih banyak residu atau sisa produk menempel pada peralatan memasak, terutama piring, gelas, dan lainnya. Sedihnya, piring tersebut dipergunakan sebagai wadah atau tempat masakan, bayangkan betapa mengerikannya jika residu tersebut bercampur dengan masakan, tentu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Nah, salah satu solusi untuk mengurangi residu atau sisa akibat bahan-bahan kimia ada baiknya menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan peralatan dapur. Selain lebih murah, juga mudah didapat karena bahan alami tersebut ada didalam dapur. Berikut ini adalah 5 cara mudah untuk membersihkan peralatan dapur yang kerap dipergunakan untuk kebutuhan memasak sehari-hari menggunakan bahan alami yang lebih aman bagi kesehatan.

  1. Noda lemak dan bau amis, merupakan musuh terbesar bagi peralatan dapur dan makan kita, karena jika tidak dibersihkan dengan benar maka bau dan nodanya akan menempel secara terus-menerus dan terbawa pada hidangan yang ditempatkan pada wadah yang sama. Untuk mengatasi hal ini, gunakan air jeruk nipis dan lakukan cara berikut: gosoklah peralatan dapur dan makan yang terkena noda tersebut dengan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10 – 15 menit, lalu bilas peralatan tersebut dengan sabun cuci seperti biasa.
  2. Menggunakan peralatan dapur dan makan dari bahan plastik memang lebih aman karena anti pecah, dan anak-anak dengan leluasa bisa menggunakannya. Tetapi, terkadang wadah dari plastik tersebut sedikit berbau kurang sedap. Namun, ada cara mudah untuk membersihkannya menggunakan bahan alami yaitu garam atau biji kopi. Caranya, letakkan bahan tersebut dalam wadah atau peralatan dari plastik tersebut, tutup lalu diamkan beberapa saat, kemudian kita bisa mencucinya seperti biasa. Garam atau biji kopi tersebut cukup ampuh untuk menyerap bau pada kotak makanan plastik tersebut.
  3. Minum kopi atau teh boleh jadi merupakan aktivitas yang menyenangkan, tapi ternyata minuman tersebut meninggalkan noda yang lumayan membandel pada gelas atau cangkir yang sering kita gunakan dan cukup sulit untuk membersihkannya dengan cara biasa. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan cuka, karena sifat asam yang terkandung pada cuka tersebut cukup ampuh menyamarkan warna atau noda yang ditimbulkan bahan-bahan tersebut.
  4. Seringkali kita temui, panci atau wajan kesayangan kita sangat sulit dibersihkan akibat noda kerak yang tertinggal dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi permasalahan ini, kita bisa menggunakan baking soda yang kerap digunakan sebagai bahan dasar kue. Adapun caranya sebagai berikut: rebus air dengan menggunakan panci atau wajan tersebut, setelah mendidih matikan dan masukkan satu sendok teh baking soda, diamkan selama 30 menit lalu cuci seperti biasa menggunakan spon kawat. Cara ini sangat baik digunakan untuk peralatan dapur yang berbahan dasar alumunium atau stainless steel.
  5. Bak pencuci piring, memiliki fungsi yang sangat penting di dalam dapur, tapi adakalanya saluran pembuangan bak pencuci piring mengalami masalah, seperti mampet akibat gumpalan-gumpalan lemak sisa masakan. Untuk mengatasi hal ini, kita juga bisa menggunakan baking soda dengan cara yang cukup mudah, yaitu taburkan baking soda atau soda kue ke dalam saluran bak pencuci piring tersebut, kemudian tuang cuka diatasnya. Dan hasilnya, saluran bak pembuangan bak pencuci piring yang mampet bisa digunakan kembali.

Wah...ternyata membersihkan dapur tidak repot harus berbelanja dulu ya, membeli aneka produk pembersih dapur karena ada banyak bahan alami yang tersedia justru di dapur itu sendiri. Tentunya menggunakan bahan alami akan jauh lebih aman, tidak perlu khawatir akan meninggalkan residu atau sisa yang membahayakan kesehatan karena saat mencuci peralatan dapur tersebut kurang bersih. Bagi yang tidak ingin berisiko, bisa menggunakan lima cara alami di atas untuk membersihkan peralatan dapur dengan mudah dan cepat.

Tidak ada komentar