Resep Masakan Indonesia yang Banyak Penggemarnya Hingga Kini

Resep Masakan Indonesia
Foto: Pixabay.com
Siapa nih yang suka kangen masakan khas daerahnya jika sedang merantau ke kota atau bahkan negara lain? Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki jenis masakan khas yang dalam perkembangannya sangat digemari masyarakat, bahkan dari daerah atau negara lain. Salah satu jenis masakan yang sangat digemari masyarakat Indonesia, dan sangat terkenal di mancanegara karena pernah dinobatkan sebagai makanan terenak dan terlezat di dunia, yaitu rendang. Banyak wisatawan mancanegara yang secara khusus berkunjung ke Indonesia karena tertarik ingin mencicipi makanan yang bercita rasa pedas ini. 

Ada banyak faktor yang membuat rendang terpilih menjadi makanan terlezat di dunia dan digemari hampir seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya karena beragam bumbu yang digunakan untuk membuat makanan yang satu ini sehingga kaya dengan cita rasa khas Indonesia, yaitu dominan rasa rempah. Adapun beragam bumbu rempah yang digunakan untuk membuat rendang adalah cabe, bawang, kunyit, lengkuas, jinten, dan bumbu rempah lainnya. Tidak lupa adalah santan kental dari kelapa pilihan yang berkualitas sehingga cita rasa rendang menjadi lezat dan gurih. Selain cocok menjadi hidangan makanan sehari-hari, rendang juga kerap menjadi hidangan utama di momen hari raya di berbagai daerah di Indonesia, sehingga bisa dikatakan jika makanan khas yang satu ini adalah masakan Indonesia yang banyak digemari masyarakat.

Ternyata selain rendang, Indonesia juga kaya dengan masakan khas lainnya yang bisa dibilang sangat digemari masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apa saja sih masakan khas Indonesia itu? Berikut ini beberapa resep masakan Indonesia yang banyak penggemarnya hingga saat ini.

Gado-gado, Masakan Sehat Khas Indonesia yang Sangat Digemari Masyarakat

Meskipun masakan yang satu ini banyak dijual di berbagai sudut Kota Jakarta dan beberapa kota yang dekat dengan Kota Jakarta, sehingga tidak heran jika gado-gado sangat digemari masyarakat. Gado-gado adalah resep masakan Indonesia yang dibuat dari berbagai bahan beragam sayuran dan ditambahkan kuah bumbu kacang. Adapun jenis sayuran yang sering digunakan untuk bahan membuat gado-gado adalah beragam sayuran yang berwarna hijau, tahu, toge, kentang, wortel, atau bahan lainnya sesuai dengan selera. Sedangkan bumbu kadang biasanya dibuat dari kacang yang telah digoreng sebelumnya, kemudian bumbu kacang tersebut disiramkan ke atas sayur gado-gado, dan untuk menambah cita rasa taburi dengan bawang goreng. Sangat cocok untuk dinikmati bersama kerupuk dan nasi hangat, bikin lupa segalanya.

Ketoprak, Masakan Indonesia yang Mudah Dijumpai Di Berbagai Sudut Kota

Makanan yang satu ini bisa dibilang sangat mudah dijumpai diberbagai tempat, dan menjadi salah satu makanan yang banyak diburu serta digemari masyarakat. Sama perti gado-gado, ketoprak pun terdiri dari sayuran namun tidak sebanyak gado-gado tentunya. Bahan utama membuat ketoprak ada tahu atau tempe, mie bihun, biasanya ditambah lontong, toge, serta disiram dengan bumbu kacang yang diulek bersama cabe, kencur, bawang, serta kulit jeruk. Agar ada rasa manisnya, maka ditambah dengan gula merah yang diulek bersama bumbu kacang. Setelah ditambahkan mie bihun yang sebelumnya telah diseduh dengan air panas, ketoprak ditaburi bawang goreng dan siap disantap bersama kerupuk...hmmm rasanya pasti enak dan bikin ketagihan. Biasanya penjual ketoprak berkeliling saat malam hari, karena jenis makanan ini juga cocok dikonsumsi saat malam hari, ringan dan tidak terlalu berat tapi banyak nutrisinya.

Rawon, yang Kini Semakin Disukai Masyarakat Dari Berbagai Daerah

Makanan Indonesia khas Surabaya ini hampir mirip dengan soto namun kuahnya berwarna hitam. Kuah rawon berwarna hitam karena ditambahkan kluwek. Kluwek berbentuk seperti pala buat namun dalanya berwarna hitam. Nah...rawon ini juga isinya adalah daging sapi. Untuk memasak rawon sebenarnya banyak tutorialnya di youtube. Biasanya rawon dimakan dengan nasi hangat dan juga toge gundul. Toge gundul bentuknya kecil-kecil.

Pempek, Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Bersama Kuah Cuko

Pempek adalah resep makanan Indonesia dari pelembang yang juga masih banyak penggemarnya. Pempek terbuat dari sagu, garam, ikan, bawang putih dan udang kering untuk cukanya. Nah ikan yang digunakan utntuk pembuatan pempek biasanya ikan tenggiri. Namun jika tidak ada ikan tenggiri, gunakan ikan apa saja. Pempek dibuat dengan memasukan semua bahan seperti sagu, bawang putih dihaluskan, ikan dihaluskan, garam. Semua dicampur jadi adonan hingga kalis. Lalu dicetak sesuai bentuk yang diinginkan. Pempek juga terdapat beberapa varian isi seperti telur, pepaya tumis. Nah, untuk cukanya dibuat dengan gula merah, udang kering, asam jawa dan bawang putih yang diberikan air. Setelah semua matang tinggal santap pempek bersama cuka.

Batagor, Makanan Lezat dan Sangat Digemari Masyarakat 

Makanan khas Bandung ini masih banyak sekali dijual dan diminati. Batagor bahkan sudah dijual di kota lain selain Bandung. Batagor sendiri singkatan dari baso tahu digoreng. Meskipun tidak ada basonya ya. Nah, batagor itu terbuat dari tepung terigu yang dibentuk sedemikian rupa lalu ditengahnya terdapat sagu. Selanjutnya digoreng hingga kecoklatan. Batagor disantap dengan bumbu kacang. Bumbu kacangnya harus dimasak juga. Setelah itu diberi jeruk sambal dan bawang goreng.

Jengkol Balado, Makanan yang Banyak Penggemarnya Cocok Untuk Penyuka Pedas

Beberapa orang sangat menyukai jengkol. Tetapi ada juga yang tidak mau karena rasanya yang bau. Jengkol balado banyak dijual di rumah makan padang. Jengkol balado cara pembuatannya mudah yaitu jengkol yang direndam semalamam. Lalu besoknya masak jengkol dengan bumbu pedas. Bumbu pedas atau balado dibuat dari cabe merah, bawang putih dan merah, tomat yang dihaluskan. Kemudian tumis dengan jengkol hingga matang.

Makanan khas Indonesia yang banyak digemari masyarakat, tidak hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara sangatlah banyak, dan yang dituliskan di atas hanya sebagian kecil dari resep masakan Indonesia. Setiap daerah, kota dan desa memiliki beragam jenis masakan khas yang sangat digemari masyarakat hingga akhirnya bisa menyebar di berbagai kota di Indonesia, dan dari sekian banyak masakan Indonesia, ada beberapa makanan khas yang saya suka seperti gado-gado, pempek, ketoprak, rendang, dan masih banyak lagi, kalau kalian suka masakan apa?

Tidak ada komentar