Rekomendasi Permainan Simulasi Untuk Asah Kreativitas Anak

game simulasi di plays.org

Sejak Aisha kecil, sebisa mungkin saya selalu menerapkan konsep bermain sambil belajar karena anak-anak memang cenderung suka bermain. Apalagi dalam proses perkembangannya, aktivitas anak bermain sambil belajar ternyata sangat mendukung anak-anak tumbuh dan berkembang lebih maksimal serta mampu menyerap pembelajaran dengan lebih optimal. Bahkan sampai duduk di kelas 5 Sekolah Dasar, Aisha masih menyukai metode bermain sambil belajar, yang membantunya lebih mudah memahami pelajaran. Dikutip dari laman Raising Children Network, Australia, bermain adalah kunci penting dalam pembelajaran, pengembangan, kepercayaan diri, hingga kesejahteraan anak.

Dengan metode bermain, anak-anak juga akan menemukan hal-hal baru, bereksplorasi, dan menerapkannya dalam praktik kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut dalam laman Raising Children Network, Autralia, para ahli pendidikan anak juga menjelaskan bahwa bermain juga akan memberi anak pengalaman sensorik, fisik, dan kognitif yang berbeda. Jadi, jangan sepelekan aktivitas bermain ya, karena dengan bermain anak-anak akan belajar banyak hal untuk membantunya belajar lebih optimal. Dari aktivitas bermain sambil belajar inilah anak-anak akan mampu mengasah kreativitasnya. 

Bahkan, Montessori, seorang tokoh pendidikan menekankan bahwa ketika anak-anak bermain, maka ia akan menyerap dan mempelajari banyak hal yang terjadi dilingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, perencanaan dan persiapan lingkungan belajar anak harus dirancang dengan seksama sehingga segala jenis permainan yang sudah dipersiapkan akan menjadi kesempatan belajar yang menyenangkan untuk anak. Berikut beberapa manfaat bermain yang penting sekali untuk diketahui orangtua.

☑ Mengasah Kemampuan Kognitif Anak

Hampir semua anak terutama di usia dini sangat suka bermain, bahkan di jenjang sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK ( Taman Kanak-kanak) selalu memiliki fasilitas bermain. Mengapa? Karena aktivitas bermain terutama untuk anak usia pra sekolah sangat baik untuk mengasah kemampuan kognitifnya, termasuk didalamnya kemampuan berpikir, mengingat, berimajinasi, berkomunikasi, serta mencari tahu apa yang mungkin akan terjadi selanjutnya.

Saat anak-anak bermain sambil belajar, secara tidak langsung mereka juga berlatih keterampilan untuk memecahkan masalah, mengasah kreativitas, bereksperimen, berpikir untuk mencari solusi, menciptakan sesuatu yang baru, serta belajar hal-hal baru lainnya. Inilah alasan mengapa sangat disarankan orangtua meluangkan waktu menemani anak-anak bermain sambil belajar. Selain bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak, juga membantu anak meningkatkan kepercayaan dirinya untuk terus bereksplorasi, berimajinasi, dan mengasah kreativitasnya.

☑ Membangun Keterampilan Sosial dan Emosional

Ketika anak-anak sedang bermain, sesungguhnya mereka akan mempelajari berbagai keterampilan yang sangat berguna untuk menjalani kehidupan kelak. Dalam sebuah Jurnal yang diterbitkan California State University disebutkan, aktivitas bermain pada anak-anak menjadi sarana belajar mengendalikan diri, mengatur emosi, berkomunikasi, belajar mematuhi aturan dalam permainan, menyelesaikan konflik, dan lainnya. Dengan bermain, anak-anak akan belajar mengembangkan keterampilan sosial dan enosionalnya sejak usia dini.

☑ Pengenalan Berbagai Gerak

Aktivitas bermain sambil belajar ini juga memiliki manfaat membantu memaksimalkan perkembangan fisik anak. Bermain juga dapat memacu perkembangan perseptual motorik anak pada beberapa area, yaitu koordinasi mata-tangan atau mata-kaki, kemampuan motorik kasar, manajemen tubuh dan kontrol, serta lainnya. Adapun aktivitas koordinasi mata-tangan atau mata-kaki meliputi aktivitas saat menggambar, menulis, manipulasi objek, mencari jejak secara visual, melempar, menendang, dan menangkap. Sedangkan untuk manajemen tubuh dan kontrol, bermain sambil belajar juga membantu menunjukkan kepekaan tubuh, kepekaan akan tempat, keseimbangan, kemampuan untuk memulai, berhenti, dan mengubah petunjuk.

Baca juga:

Liburan ke Planet Mochi, Menjelajahi Luar Angkasa Sambil Belajar Sains

Ingin Anak Mandiri Dalam Belajar, Ruangguru Solusinya

Jadikan Buku, Bekal Anak Bertumbuh

Selain tiga manfaat yang disebutkan di atas, sesungguhnya masih banyak manfaat lain untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Bahkan, melalui aktivitas bermain anak-anak dapat menemukan hal-hal baru yang menarik. Mereka juga bisa mengeksplorasi, meniru, dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, di mana hal ini sangat bermanfaat untuk mengasah keterampilan hidup mereka kelak. Nah, salah satu jenis permainan yang sangat direkomendasikan untuk membantu mengoptimalkan aktivitas bermain sambil belajar anak sekaligus untuk mengasah kreativitas anak adalah jenis permainan simulasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simulasi adalah suatu metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan kondisi yang sesungguhnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan simulasi adalah jenis permainan yang dirancang dan dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan kondisi aslinya. Dalam permainan simulasi, seseorang diajak untuk merasakan secara langsung baik itu dalam tindakan atau pilihan yang mereka buat untuk menyelesaikan permainan tersebut. 

Bahkan dalam beberapa permainan simulasi, seseorang belajar untuk mempertanggungjawabkan atas pilihan yang mereka buat ataupun tindakan yang sudah mereka lakukan. Tidak heran jika banyak ahli pendidikan sangat merekomendasikan permainan simulasi untuk proses pembelajaran anak-anak, karena jenis permainan ini bisa dilakukan mulai dari usia dini hingga dewasa. Tentunya dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan usia anak. Selain sangat direkomendasikan, permainan simulasi dianggap dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam proses belajar anak, karena konteksnya lebih detail dan terkesan lebih nyata. 

permainan simulasi

Dalam permainan simulasi, selain bermain anak-anak juga belajar banyak hal, seperti tindakan apa yang harus dilakukan, komunikasi seperti apa yang akan dipilih, hingga mengikuti perintah pada permainan tersebut. Melalui aktivitas ini, anak-anak akan belajar nilai dari sebuah tanggung jawab dan belajar untuk lebih mandiri dalam mengambil keputusan. Ada banyak bentuk permainan simulasi, dari dari sisi tema maupun kontennya, namun pastikan permainan simulasi tersebut sudah sesuai dengan usia anak. 

Selain manfaat tersebut, ternyata masih ada manfaat lainnya dari permainan simulasi untuk mengasah kreativitas serta mendukung proses belajar anak, antara lain:

☑ Membantu Mengasah Daya Ingat Anak

Umumnya, permainan atau game simulasi merupakan salah satu jenis permainan yang memiliki banyak button atau tombol yang memungkinkan pemain untuk memilih berbagai aktivitas atau tindakan sesuai dengan alur permainan tersebut. Dalam beberapa permainan simulasi juga memiliki alur cerita yang memungkinkan pemain mengikuti alur cerita tersebut, sehingga hampir disetiap sub bagian cerita terdapat berbagai macam tombol dengan berbagai fungsi agar pemain dapat mengikuti alur cerita dengan mudah. Untuk mencapai skor akhir atau terhindar dari game over, pemain harus mengingat semuanya yang otomatis akan membantu mengasah kemampuan otaknya untuk mengingat.

☑ Membantu Mengasah Nalar atau Logika

Jangan sepelekan jenis permainan simulasi, ternyata permainan yang satu ini baik untuk mengasah logika anak lho, tidak heran jika jenis permainan ini kerap digunakan dalam test. Salah satu contohnya adalah permainan simulai kendaraan. Jenis permainan simulasi ini cukup banyak diminati anak-anak, salah satunya adalah simulasi untuk memarkirkan kendaraan.  Nah, dalam simulasi ini, pemain harus bisa mengatur kontrol setir yang digunakan tentunya dengan memperhitungkan posisi mobil agar bisa terparkir dengan baik.

Nilai positifnya dalam permainan simulasi ini adalah penalaran atau logika pemain akan diuji, jika berhasil melalui berbagai tahapan maka pemain akan mendaptkan skor tinggi. Jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka pemain akan terbiasa dan tidak akan mengalami kesulitan saat akan memarkirkan mobilnya. Apalagi ada jenis permainan yang memiliki lokasi parkir cukup ekstrim, sehingga tingkat kesulitan untuk menyelesaikan cukup tinggi. Untuk itu, pastikan memilih permainan simulasi sesuai usia ya, agar bermanfaat untuk mengasah kreativitas anak.

☑ Membantu Anak Mengenal Fungsi Aneka Peralatan Sehari-hari

Jenis permainan simulasi biasanya dibuat semirip mungkin dengan kondisi sebenarnya, termasuk dalam peralatan serta benda-benda yang terdapat pada permainan tersebut. Manfaat positif bagi anak dengan memainkan permainan simulasi adalah bisa mengenal fungsi aneka ragam peralatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun hanya dalam bentu permainan, namun dalam permainan simulasi umumnya dibuat semirip mungkin dengan kondisi aslinya.

Ada banyak tema dan konten dalam permainan simulasi yang mirip dengan kondisi sebenarnya, seperti rumah sakit, bengkel, bandar udara, bank, dan lain-lain. Anak-anak yang memainkan game simulasi ini akan mulai belajar dan memahami berbagai macam peralatan agar dapat memenangkan permainan. Selain mendapatkan skor kemenangan, anak-anak juga akan belajar mengenal fungsi dari masing-masing aneka peralatan tersebut.

☑ Membantu Anak Lebih Mudah Beradaptasi Dengan Lingkungan

Mengapa permainan ini di sebut permainan simulasi? Karena tampilan permainan simulasi ini dibuat dan disesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya atau yang ada di dunia nyata. Sehingga saat memainkan game atau permainan ini tidak ubahnya seperti melihat visual di dunia nyata. Permainan ini akan membuat anak-anak belajar mengenal kondisi di lingkungan sekitar secara detail dan ketika dimainkan maka wajib beradaptasi dengan permainan tersebut. Tentu saja lewat permainan ini anak akan belajar beradaptasi, dan karena sudah mengenal kondisi di sekitar maka proses sosialisasi anak akan lebih mudah. Dari proses adaptasi inilah kemudian akan memunculkan kreativitas anak karena sudah mengenal dengan baik kondisi lingkungan tersebut.

Dari uraian tersebut nampak jelas jika permainan simulasi sangat membantu untuk mengasah kreativitas anak. Meskipun permainan atau game simulasi sangat direkomendasikan untuk mengasah kreativitas anak, namun pastikan orangtua memilih permainan simulasi sesuai usia anak. Hal ini sangat penting agar aktivitas bermain anak bisa dijadikan sarana untuk belajar ilmu baru serta untuk mengasah kreativitas anak.  Salah satu situs "Play Free Online Video Games" yang sering dikunjungi Aisha untuk bermain permainan simulasi secara online adalah Plays.org.

Rekomendasi Permainan Simulasi untuk Asah Kreativitas Anak di Plays.org

Selama menjalani School From Home (SFH) saat pandemi, intensitas penggunaan komputer untuk menunjang kebutuhan belajar Aisha secara online meningkat cukup signifikan. Tidak hanya untuk aktivitas belajar dengan gurunya, Aisha kerap menggunakan komputer untuk mencari referensi tugas sekolahnya. Agar Aisha tidak jenuh selama pembelajaran online, saya mengizinkan Aisha mengunjungi salah satu situs Play Free Online Video Games, yaitu Plays.org. Tentu saja, sebelum merekomendasikan situs ini, saya terlebih dahulu memantau bahkan memainkan beberapa permainan agar semakin yakin permainan yang terdapat dalam situs ini aman serta sesuai dengan usia Aisha.

Setelah saya telusuri, ternyata ada lebih dari 1.000 game atau permainan online yang bisa diakses secara gratis melalui situs Plays.org. Di antara banyaknya platform game online, salah alasan yang membuat saya nyaman saat Aisha bermain game online di Plays.org adalah selain game-gamenya sederhana, mudah dimainkan, sangat edukatif dan menghibur, juga tidak disisipi iklan-iklan tertentu yang kontennya kadang membuat saya merasa khawatir. Selain bisa diakses secara cepat melalui browser, permainan atau game yang terdapat dalam situs ini sama sekali tidak berbayar, sehingga anak-anak bebas memainkan beragam permainan tentunya dengan durasi waktu di bawah kontrol orangtua.

plays.org play free online video games

Selain itu, alasan lainnya yang membuat saya merekomendasikan situs Plays.org adalah jenis-jenis permainannya sangat sederhana sehingga tidak membutuhkan waktu lama saat bermain dan tentu saja sangat menghibur. Tidak perlu repot mengunduh aplikasi untuk bermain beragam permainan di Plays.org, karena situs ini sangat responsif sehingga bisa di akses dengan sangat lancar melalui browser smartphone. Untuk bermain dan mengakses beragam permainan di Plays.org tidak perlu repot mendaftar atau membuat akun, karena begitu diakses semua jenis permainan bisa langsung dimainkan. Meskipun begitu, bagi yang ingin menyimpan game favorit atau tidak ingin repot mengakses kembali game favorit yang sudah disimpan, tersedia fitur untuk membuat akun secara gratis. 

Dengan kemudahan ini, tentu saja Plays.org sangat direkomendasikan untuk diakses anak-anak, karena selain bermain beragam game online, anak-anak juga memiliki kesempatan untuk belajar dan mengakses berbagai ilmu pengetahuan baru untuk mengasah kreativitas, salah satunya adalah permainan simulasi. Nah, berikut ini beberapa permainan simulasi di Plays.org yang sangat disukai Aisha dan sangat saya rekomendasikan untuk membantu mengasah kreativitas anak, antara lain.

Cake Design: Make a Cake Simulator Game

Permainan simulasi ini sangat disukai Aisha, bahkan masuk dalam list permainan favoritnya di Plays.org. Permainannya pun cukup sederhana karena anak-anak diberikan kesempatan untuk mendesign kue sesuai permintaan pelanggan, tentunya dalam menghias kue anak-anak harus bekerja secepat mungkin agar dapat memenuhi kuota untuk menyelesaikan setiap level. Selain untuk memenuhi kuota tertentu, kecepatan dalam pelayanan tentu akan membuat pelanggan merasa puas dan berpeluang mendatangkan lebih banyak pelanggan.

permainan simulasi cake design

Tidak hanya Aisha lho yang suka sekali dengan permainan simulasi ala penjual kue tart di Plays.org ini, saya juga suka memainkannya, ada keasyikan sendiri yang membuat saya merasa tertantang untuk menyelesaikan setiap pesanan kue dari pelanggan. Ternyata untuk mendapatkan skor tertentu di permainan simulasi Cake Design ini ada dua cara, yaitu:

  1. Dari ukuran kue yang dipesan pelanggan dan kecepatan dalam penyajiannya.
  2. Kue yang memiliki ukuran lebih tinggi akan memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada kue dengan ukuran biasa, karena itu layani dengan cepat pelanggan yang memesan kue dengan ukuran lebih tinggi agar mendapat skor tinggi dan terbaik.
Untuk memudahkan pengguna, terutama anak-anak dan orangtua tersedia fitur tutorial step-step untuk memainkan setiap game secara lengkap. Tidak hanya cara memainkan game tersebut, juga terdapat tips untuk mendapatkan skor terbaik, seperti dalam permainan atau game simulasi Cake Design. 

game cake design  plays.org

Berikut tips agar mendapatkan skor tinggi dalam permainan simulasi Cake Design.
  • Periksa dengan teliti design kue yang diinginkan pelanggan sebelum menyajikannya secara cepat, meskipun kecepatan dalam melayani pelanggan adalah suatu hal yang penting, namun ada hal yang tidak kalah pentingnya adalah pesanan kue sesuai dengan keinginan pelanggan atau konsumen.
  • Meskipun pelanggan merasa kesal jika pelayanan sangat lamban namun tetap akan membayar sehingga pemain tetap mendapat skor. Namun berhati-hatilah jika pesanan kue salah, karena tidak akan membayar dan secara otomatis tidak mendapat skor.
  • Perhatikan baik-baik setiap detail dan warna masing-masing bahan untuk menghindari kesalahan saat menghias kue, karena bahan-bahan kue tersebut terlihat mirip satu sama lain.
Permainan simulasi Cake Design ini sangat saya rekomendasikan untuk membantu mengasah kreativitas anak,di mana anak-anak tidak hanya bermain namun juga belajar bertanggung jawab dan kemandirian dalam menentukan pilihan, apakah ingin mendapat skor tinggi dengan melayani secara cepat atau justru tidak mendapat skor karena lambat dalam melayani. Tidak hanya itu, dalam permainan simulasi ini anak belajar ketepatan dan kecepatan, mengasah daya ingat, mengasah logika, dan mengenal fungsi peralatan untuk membuat serta menghias kue. Yuk bermain permainan simulasi Cake Design bersama Aisha!

Airport Rush: Air Traffic Control Simulation Video Games

Meskipun permainan simulasi Airport Rush ini disukai anak laki-laki, namun Aisha suka sekali bermain permainan simulasi ini. Permainannya sangat menarik dan membuat anak-anak merasa tertantang untuk menyelesaikan permainan ini dengan baik. Airport Rush adalah permainan simulasi kontrol lalu lintas udara sederhana yang tidak hanya ditujukan untuk anak-anak tapi juga bisa dimainkan orang dewasa. Pemain akan belajar bagaimana mengelola bandara dan membersihkan landasan pacu sebelm pesawat mendarat, parkir, atau lepas landas dengan tujuan untuk menghindari tabrakan. 

permainan simulasi airport rush

Ada tiga terminal yang tersedia dalam permainan simulasi Aiport Rush yang harus diatur pemain agar tidak terjadi tabrakan antar pesawat yang telah mendarat dan akan parkir. Selain itu, untuk mendapat skor tinggi dan terbaik maka sebisa mungkin mengatur agar semakin banyak pesawat yang berhasil lepas landas. Berikut cara mendapatkan skor tinggi dalam permainan simulasi Airport Rush:
  • Kelola lalu lintas udara sebaik mungkin untuk memastikan keselamatan setiap pesaway yang mendarat dan lepas landas.
  • Atur waktu secara cepat dan tepat agar pesawat yang mendarat, parkir, dan lepas landas dapat mengantri dengan benar tanpa bertabrakan satu sama lain.
  • Permainan akan berakir jika salah satu pesawat bertabrakan, baik saat parkir, mendarat, dan lepas landas.
game airport rush plays.org

Sama seperti permainan simulasi Cake Design, di laman permainan Airport Rush juga terdapat penjelasan mengenai cara bermain disertai tutorial lengkap agar pemain bisa mendapatkan skor terbaik. Bahkan tersedia fitur yang menjelaskan strategi untuk mendapatkan skor tinggi di Airport Rush, sehingga membantu pemain untuk memainkan game ini lebih mudah. Selain menjadi sarana bermain sambil belajar untuk mengasah kreativitas Aisha,  permainan simulasi di Plays.org saya jadikan media untuk mengasah kemampuan bahasa inggris Aisha karena semua penjelasan dalam situs ini menggunakan bahasa inggris.

game airport rush plays.org

Airport Rush menjadi salah satu permainan simulasi yang sangat saya rekomendasikan untuk mengasah kreativitas anak, karena melalui permainan ini anak akan belajar mengasah daya ingat, mengasah nalar atau logika, belajar bekerja dengan cepat dan tepat, bergerak dengan cepat, dan mengenal fungsi berbagai peralatan dalam sehari-hari. Selain itu, anak juga akan mengenal cara mengatur lalu lintas pesawat udara di bandara agar antara pesawat yang mendarat, parkir, dan lepas landas bisa terjadwal dengan baik. Melalui permainan simulasi Airport Rush ini, tidak hanya mengasah kemampuan kognitif anak tapi juga memacu anak untuk mengembangkan daya imajinasinya agar menjadi lebih kreatif.

Fight Virus COVID-19 Hospital Simulation Game

Fight Virus COVID-19 menjadi salah satu permainan simulasi yang sangat saya rekomendasikan tidak hanya untuk mengasah kreativitas anak, tapi juga menambah referensi pengetahuan anak tentang kondisi kesehatan masyarakat yang saat ini sedang dialami di seluruh dunia, yaitu Pandemi Virus COVID-19. Setelah bermain permainan simulasi Fight Virus COVID-19, Aisha jadi tahu betapa berbahayanya penularan virus COVID-19 dan beratnya beban tenaga medis untuk menjaga kesehatan masyarakat.dari bahaya virus COVID-19.

permainan simulasi fight virus COVID-19

Fight Virus COVID-19 merupakan permainan simulasi rumah sakit di mana si pemain bertindak sebagai dokter dan perawat di lingkungan rumah sakit untuk mencegah rumah sakit kelebihan beban akibat banyaknya pasien yang terinfeksi virus COVID-19. Cara bermainnya pun menurut saya sangat sederhana sehingga mudah dimainkan anak-anak, selain itu tentu saja ada unsur edukasinya. Adapun cara bermainnya sebagai berikut:
  1. Saat melihat simbol virus hijau, segera klik untuk membersihkannya agar tidak menulari dan menyebar ke pengunjung rumah sakit lainnya.
  2. Segera klik pasien yang berada di area atau ruangan pemeriksaan medis untuk menguji apakah pasien tersebut mengalami COVID-19 atau tidak.
  3. Klik pada pasien yang berada di ranjang rumah sakit untuk membantu mereka pulih lebih cepat.
Permainan simulasi Fight Virus COVID-19 menjadi salah satu permainan di Plays.org yang sangat saya rekomendasikan karena selain sangat sesuai dengan kondisi saat ini di mana pandemi masih di alami sebagian besar negara di dunia, anak menjadi tahu bagaimana sibuknya rumah sakit terutama para dokter dan perawat selama pandemi virus COVID-19 untuk merawat para pasien. 

game fight virus COVID-19 plays.org

Sama seperti permainan simulasi lainnya di Plays.org, juga terdapat tutorial lengkap cara untuk memainkannya sehingga memudahkan anak-anak yang ingin mengakses game atau permainan ini. Meskipun tutorial untuk memainkan game ini dalam bahasa inggris, namun saya justru merasa sangat senang, karena sambil bermain Aisha bisa belajar bahasa Inggris. Dalam permainan simulasi Fight Virus COVID-19 ini, ada tiga hal penting yang harus dilakukan pemain untuk membantu rumah sakit agar tidak overload karena banyaknya pasien yang datang untuk memeriksakan diri, yaitu:
  • Di Area Penerimaan Pasien. Pemain harus membantu menjaga kebersihan area resepsionis rumah sakit, tetapi tidak perlu berinteraksi dengan pasien di luar tugas tersebut.
  • Di Area Pemeriksaan Kesehatan. Klik meja pemeriksaan kesehatan untuk menguji pasien COVID-19. Terdapat pengukur waktu berwarna hijau di mana jika tidak melakukan pemeriksaan tepat waktu, maka pasien tersebut mungkin saja terlambat untuk dideteksi dan akhirnya menyebarkan virus di sekitar rumah sakit.
  • Bangsal atau Ruang Perawatan. Klik pada pasien yang berada di tempat tidur untuk membantu mereka pulih lebih cepat.
Ini adalah salah satu permainan simulasi di Plays.org yang sangat saya rekomendasikan untuk dimainkan anak-anak, tentunya sesuai usia yang disarankan. Selain sangat membantu untuk mengasah kemampuan kognitif anak, juga membantu mengasah daya ingat, mengasah logika, belajar mengenal sistem di rumah sakit, cara dokter dan perawat bekerja melayani pasien, dan menambah pengetahuan tentang bahaya penyebaran virus COVID-19, sehingga anak-anak akan belajar waspada dan menjaga dirinya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Tidak hanya itu, permainan simulasi Fight Virus COVID-19 juga membantu mengasah imajinasi serta kreativitas anak saat berperan sebagai dokter atau perawat di lingkungan rumah sakit.

Open Restaurant Simulation Game

Satu lagi nih permainan simulasi yang jadi favorit Aisha saat mengakses Plays.org, yaitu Open Restaurant Simulation Game. Permainan simulasi Open Restaurant Simulation Game adalah game atau permainan simulasi restoran di mana pemain berperan untuk melayani tamu atau pengunjung restoran dan mencoba untuk membuat target penghasilan harian setiap hari. "Nanti kalau sudah besar, ingin membuka restoran sendiri," demikian kata Aisha saat memainkan game ini. 

permainan simulasi open restaurant

Nah, melalui permainan simulasi ini, Aisha belajar bahwa memiliki restoran sendiri tidaklah mudah, karena harus menguasai keterampilan melayani pengunjung atau para tamu restoran sebaik mungkin, agar nantinya menjadi pelanggan tetap yang selalu berkunjung ke restoran. Selain memiliki keterampilan melayani tamu, pemilik restoran harus mengetahui bagaimana menyusun anggaran dan laporan keuangan serta membuat target penjualan harian agar omzet bisa tercapai. Sebenarnya, cara memainkan permainan simulasi yang satu ini tidaklah sulit dan cukup sederhana, namun tentu saja dibutuhkan kecepatan dalam melayani tamu, seperti berikut ini:
  • Klik ketika tamu mengunjungi restoran dan antar ke meja yang tepat.
  • Klik ketika menerima pesanan dan mengambil pesanan makanan setelah siap, lalu kumpulkan pembayaran, dan segera bersihkan meja agar pengunjung lain bisa masuk ke dalam restoran.
  • Ketika makanan siap dari dapur, segera hidangkan ke meja pengunjung.
Permainan simulasi ini cukup sederhana, namun tentu saja ada target penghasilan harian yang harus dipenuhi agar bisa membuka restoran kembali di hari berikutnya. Meskipun dari awal terlihat mudah, namun seiring bertambahnya waktu maka akan semakin sulit untuk menyeimbangkan tempat duduk, melayani, dan menerima pembayaran dari para tamu dengan durasi yang makin cepat. 

game open restaurant plays.org

Permainan simulasi Open Restaurant Simulation Game ini sangat disukai Aisha, meskipun seiring bertambahnya waktu permainan semakin sulit. Menurut saya, selain bisa belajar banyak hal. anak-anak juga akan belajar membuat target harian sehingga nantinya akan terbiasa dengan hal tersebut.

Tidak hanya membantu mengasah kemampuan kognitif anak, permainan simulasi ini juga membantu mengasah kreativitas anak. Selain itu, anak-anak juga akan mengetahui kondisi restoran yang sebenarya ketika melayani tamu, apalagi jika tamu yang berkunjung sangat banyak. Anak juga akan belajar kecepatan dan ketepatan dalam bertindak dan berpikir agar semua tamu yang datang ke restoran bisa terlayani dengan baik.

Tap Supermarket Grocery Store Simulation Game

"Suka sekali dengan permainan simulasi restoran dan supermarket ini, serasa milik sendiri. Mudah-mudahan kalau sudah besar bisa memiliki yang sebenarnya," kata Aisha dengan penuh semangat saat memainkan permainan simulasi Tap Supermarket Grocery Store. Tap Supermarket Grocery Store Simulation Game adalah permainan simulasi toko kelontong di mana pemain memiliki tugas menjaga toko kelontong agar berjalan lancar dan bisa melayani pelanggan dengan baik. 

permainan simulasi tap supermarket grocery store

Ada cara memainkan game ini sangatlah mudah, seperti berikut ini:
  • Klik lingkaran di atas tamu di baris checkout untuk menerima pembayaran.
  • Klik pada lingkaran berputar untuk mengisi kembali stok barang.
  • Hemat uang yang didapatkan untuk dibelanjakan membeli berbagai barang untuk memperluas dan menambah stok barang baru untuk dijual kembali agar penghasilan toko yang didapat semakin besar.
Dari pengalaman menemani Aisha bermain permainan simulasi ini, saya jadi tahu kalau tugas pemain adalah menjaga agar stok barang di supermarket tetap terisi dan saat mengantri pembayaran bisa berlangsung dengan cepat. Jadi dalam permainan simulasi ini, ada tiga hal penting yang harus dilakukan pemain, yaitu memeriksa dan menerima pembayaran pelanggan dengan cepat, menjaga agar stok barang dalam supermarket selalu tersedia, dan memperluas serta menambah jenis barang yang dijual di supermarket.

game tap supermarket grocery store plays.org

Permainan simulasi Tap Supermarket Grocery Store Simulation Game ini memberikan tantangan kepada pemainnya untuk mengelola sebuah toko grocery atau supermarket, agar tidak hanya mencapai target omzet harian namun juga memperluas jaringan usaha. Meskipun fitur dan konten permainan ini sangat sederhana, namun sangat menantang semakin lama pelanggan yang berbelanja di toko semakin banyak sehingga membutuhkan pelayanan yang cepat, baik saat pembayaran maupun penyediaan stok barang.

Menurut saya, permainan simulasi ini sangat menarik dan memiliki nilai edukasi tinggi, karena anak belajar berpikir cepat dan mengambil keputusan, misalnya antara menerima pembayaran di kasir atau mengisi stok barang yang kosong dengan cepat. Permainan simulasi ini juga membantu mengasah kreativitas anak saat memperluas usahanya untuk meningkatkan pendapatan sekaligus menambah jumlah pelanggan. 

tap supermarket grocery store plays.org

Wah...pemain benar-benar diberikan kesempatan untuk belajar mengelola sebuah toko grocery atau supermarket, meskipun hanya dalam bentuk permainan namun menyerupai kondisi toko yang sebenarnya. Melalui permainan simulasi ini, anak belajar tentang fungsi peralatan dalam sebuah toko, seperti meja kasir, rak penyimpanan barang, dan lain-lain.

Demikianlah ulasan lima permainan simulasi yang bisa diakses dan dimainkan melalui situs Plays.org yang sangat direkomendasikan untuk mengasah kreativitas anak. Selain permainan simulasi tersebut, masih banyak permainan simulasi lainnya yang membantu aktivitas anak belajar sambil bermain sekaligus mengasah kreativitas anak. 

Tidak hanya jenis permainan simulasi, karena di Plays.org terdapat lebih dari 1.000 jenis game atau permainan yang bisa diakses dengan mudah, tanpa harus repot mengunduh aplikasi atau melakukan pembayaran untuk mendapatkan fitur secara lengkap. Semua permainan bisa diakses secara gratis dan sangat responsif, meskipun diakses melalui browser di smartphone. 

Untuk anak-anak, memainkan beragam jenis permainan sesungguhnya memiliki banyak manfaat positif, seperti membantu meningkatkan kinerja dan kemampuan otak, menghilangkan stres, menigkatkan fokus, melatih penggunaan logika atau nalar, menganalisa, dan memecahkan masalah. Bahkan, ada jenis-jenis permainan, seperti permainan simulasi yang membantu mengasah kreativitas anak, sehingga aktivitas bermain sambil belajar bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. 

Meskipun begitu, pastikan orangtua telah memiliki kesepakatan dengan anak mengenai durasi mengakses berbagai jenis permainan agar tidak menimbulkan risiko yang membahayakan kesehatan anak. Sangat disarankan untuk mendampingi anak-anak saat bermain dan mengakses situs permainan secara online, agar jenis permainan yang dipilihnya sesuai dengan usianya. Yuk tetap semangat mengasah kreativitas anak dengan berbagai rekomendasi permainan simulasi di Plays.org!

Referensi Artikel:
https://plays.org/
https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/04/17443741/5-manfaat-bermain-sambil-belajar-bagi-anak-usia-dini
https://www.silabus.web.id/permainan-simulasi-pembelajaran-pendidikan-anak

45 komentar

  1. Seru banget memang permainan simulasi ini. Aku sendiri masih suka memainkannya buat refreshing sambil melatih otak

    BalasHapus
  2. Plays.org adalah situs ramah anak dan ortu ini ya, Mbak elisa. Bisa dicoba ini untuk ngegame bareng anak, xixixi

    Aman ini ya, gak takut lagi ada iklan yang neko² ya, mbak elisa

    BalasHapus
  3. Seruuu banget kalo main games di PLAYS.org
    pilihan games-nya bejibun, dan kita GA USAH download/install/isi data apapun
    cihuy beuds dah

    BalasHapus
  4. Dunia anak memang identik dengan bermain, jadi akan lebih mudah bagi mereka belajar dari permainan yang dilakukan, tentu ortu haru ikut mendampingi agar tujuan pembelajarannya dapat tercapai. Aneka permainan dibplays.org ini bisa jadi pilihan dalam menstimulasi kecerdasan anak, belajar melalu permainan yang edukatif.

    BalasHapus
  5. yang seru yang mighty castle itu yaaaa
    aku mainnya sampe deg degan hahahha ternyata pinteran anakku ynag SMP *tepok jidat

    BalasHapus
  6. aku udh cobain beberapa gamenya, emang menantang anak untuk berstrategi dan berhitung, serta melatih balancing ya

    BalasHapus
  7. Bermain adalah kunci penting dalam pembelajaran, pengembangan, kepercayaan diri, hingga kesejahteraan anak. Wah, well noted banget ini Mba. Yg penting ortu memilihkan mana sumber permainan yg sip ya. Contohnya PLAYS ini.
    Dengan metode bermain, anak-anak juga akan menemukan hal-hal baru, bereksplorasi, dan menerapkannya dalam praktik kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  8. Seperti orang dewasa ya, kita juga cepat menyerap/memahami sesuatu ketika perasaan senang, anak-anak pun demikian. Mereka akan mudah belajar sembari bermain.
    Bermain di Plays.org memang menyenangkan ya, banyak sekali permainan yang bisa mengasah otak.

    BalasHapus
  9. Saya main airport rush ini belum pernah menang mbak, selalu aja terjadi tabrakan pesawat. Herannya, anakku malah bisa.

    Sepakat belajar itu banyak metode dan modelnya, salah satunya bisa melalui permainan

    BalasHapus
  10. games online jadi salah satu cara untuk menstimulasi otak anak dan mengasah kreativitasnya

    BalasHapus
  11. Dari beberapa ulasan yang telah aku baca mengenai Plays.org, situs ini bisa diandalkan sebagai tempat anak bermain game online. Game nya juga aman, sesuai dengan usia anak, selain itu juga bagus buat mengasah kreativitas anak ya mbak.

    BalasHapus
  12. Seru banget ya, game tidak selamanya buruk asal tepat sasaran dan ga kecanduan. Contohnya banyak permainan simulasi yang bisa melatih otak

    BalasHapus
  13. Banyak permainan edukatifnya ya di plays.org ini, bagus buat mengasah dan menstimulasi anak ya mba

    BalasHapus
  14. Sekarang makin banyak permainan anak yang membantu daya ingat anak. Tapi bagaimanapun kita sebagai orangtua memang bertujuan harus memilih permainan yang tepat ya mba

    BalasHapus
  15. maen di plays.org emang menyenangkan. bikin lupa waktu. banyak permainan yg mengedukasi dan menghibur. rekomen deh

    BalasHapus
  16. Ternyata a ak main game nggak selamanya meresahkan orangtua ya, dan nggak selalu bikin candu selama game yang dimainkan game edukatif

    BalasHapus
  17. Lewat games, anak-anak juag bisa mengasah banyak ekmampuannya mulai dari kecerdasan matematika, logika dan lainnya. Beruntungnay sekarang games pun mudah diaksses melalui web di plays.org banyak sekali kategori permainanya ya

    BalasHapus
  18. Anak2 saya suka pesawat, mau ah coba airport rush ini. Trimakasih rekomendasinya, Mama Elisa. Memang karena saking banyaknya mainan, kalau satu hari coba satu, tiga tahun lebih baru selesai coba semua (mana selalu ada update mainan baru yaa...tambah panjang deh tahunnya hehehe)

    BalasHapus
  19. Game sering dianggap merusak perkembangan anak dan stigma negatif lainnya padahal game banyak manfaatnya ya mengasah otak, menambah pengetahuan tentang bahasa tinggal kita pilih game yang edukatif di plays org..

    BalasHapus
  20. Game sering dianggap merusak perkembangan anak dan stigma negatif lainnya padahal game banyak manfaatnya ya mengasah otak, menambah pengetahuan tentang bahasa tinggal kita pilih game yang edukatif di plays org..

    BalasHapus
  21. Seru main game gini ya, anak-anak jadi bisa mengasah kreativitasnya dengan main simulasi supermarket. Berasa kayak latihan kelak semoga Aisha terwujud memiliki supermarket atau restoran

    BalasHapus
  22. nah, boleh ini rekomedasi mainan online ini buat anak di rumah, lumayan nambah permainan dan eduksi juga buat anak yah, moga athifah suka deh

    BalasHapus
  23. Wah artikelnya kumplit banget ini bund. Lengkap banget ulasannya. Membantu banget nih untuk para ibu.

    BalasHapus
  24. Senangnya..
    Anak-anak gen alpha ini memang cerdas dengan caranya yaa.. Senang karena orangtuanya memfasilitasi yang terbaik untuk mengembangkan kecerdasan anak.

    BalasHapus
  25. Wah gamenya menarik semua nih, jadi pengen ngajakin anakku main juga mbak, apalagi gak perlu pakai download aplikasi ya.
    Tapi tetep emang kalau sama anak2 sebaiknya didampingi ya biar gak keterusan dan lupa waktu main gamenya.

    BalasHapus
  26. Bermain game online yang edukatif membawa banyak manfaat bagi anak ya mbak
    bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan

    BalasHapus
  27. sama nih dengan saya mbak, saya juga memilihkan permainan game online untuk anak-anak saya mbak. Terutama permainan stimulasi yang dapat mengasah kreativitas anak.

    BalasHapus
  28. Seru-seru nih games yang dimainkan Aisha. Jadi pengin juga nih nyobain yang airport rush, supermarket dan fight virus. Tipe-tipe permainan time management ya ini, kesukaanku banget nih. Loohh kok malah mamak yang mau ngegames? :))

    BalasHapus
  29. Pilihan game di Plays.org itu ya ampun banyak banget. Sampai bingung pilihnya. Bayangin, bisa akses game sebanyak itu tanpa perlu instal, download, registrasi dan segala hal ribet lainnya. Siapa yang gak mau~

    BalasHapus
  30. anakku suka banget main game online di plays ini mbak
    banyak pilihan game Edukasdi disana

    BalasHapus
  31. anak-anakku juga suka main game di Play.org mbak. Soalnya banyak pilihan dan tentunya aman buat anak-anak. Seneng banget deh pas tahu ada situs game online ini.

    BalasHapus
  32. Sepakat, permainan simulasi itu edukasinya tinggi dan bisa asah kreativitas anak. Seperti jenis permainan simulasi di plays org ini, yang dibuat semirip mungkin dengan kondisi sebenarnya, termasuk dalam peralatan serta benda-benda yang terdapat pada permainan tersebut, sehingga akan bermanfaat dalam proses stimulasi kreativitas anak.

    BalasHapus
  33. Seru juga nih ngegame di plays dot org, banyak juga permainan menarik yang bisa digunakan untuk mengasah kreativitas anak yaa..

    BalasHapus
  34. Jadi kangen ngegame. Saya suka dulu main game yang temanya time management gitu, ngurus cafe, bikin burger gitu-gitu seru banget. Kapan-kapan mampir deh ke plays.org buat ngegame lagi.

    BalasHapus
  35. Bagus nih gamenya ada yang bertema pandemi. Ini termasuk sosialisasi bahaya covid ke taraf berpikir anak-anak. Lalu yang Airport Rush, itu persis sistem kerja ATC di bandara. Anak-anak jadi tahu ada profesi ATC, bukan cuma pilot dan pramugari. Gamenya kebanyakan punya nilai mendidik.

    BalasHapus
  36. Wah permainan di plays.org ini update juga ya, mbak sampai ada permainan covid juga. Saya dulu juga suka nih permainan simulasi kayak gini soalnya seru dan melatih konsentrasi juga

    BalasHapus
  37. Anakku seneng banget, Mbak. Main di plays.org bisa nggak berhenti karena banyak permainan yang bisa dieksplor hehehe.

    BalasHapus
  38. Karena dunia anak adalah dunia bermain, kt sebagai org tua perlu menyediakan media bermain yg asik dan edukatif yah kak. Intip webnya ah ternyata banyak permainan yang seru

    BalasHapus
  39. Sepertinya seru ya mba main games di plays.org. Bagus jg buat anak ya soalnya ada permainan edukasinya jg

    BalasHapus
  40. Cara bermain yang mudah dan praktis dengan hanya mengakses plays.org
    Senang sekali..
    Semoga anak-anak bertambah kreativitasnya dan tidak bosa di rumahaja.

    BalasHapus
  41. Mbak... Anak-anak memang suka banget ngegame ya mbak. Untungnya plays.org merupakan situs game yang bersahabat banget dengan anak ya mbak

    BalasHapus
  42. Aku juga main beberapa game dari plays.org lho kak hihi happy bangett bisa bermain sama anak2 juga yah

    BalasHapus
  43. Ternyata game online juga bisa membantu mengasah kreativitas anak ya, Mbak. Asal pilih game yang tepat seperti yang ada di plays.org ini.

    BalasHapus
  44. Anak saya juga suka main plays.org. Banyak sekali pilihan gamenya, free, tanpa ikan dan engga usah download. Anakku suka main preschool games.

    BalasHapus
  45. Aku baru tahu permainan simulasi punya manfaat sebanyak itu. Dan Permainan game yang bikin cake, ke supermarket dll itu masuknya permainan simulasi. Anakku juga suka soalnya. Termasuk main di plays.org juga

    BalasHapus