Ingin Anak Mandiri Dalam Belajar? Ruangbelajar, Layanan Belajar Online Terbaik Solusinya

ruangbelajar layanan belajar online terbaik

"Ma, sini dong...bantuin Aisha mengerjakan soal matematika, kok susah sekali."

"Mama, temenin Aisha belajar ya, dari tadi baca buku pelajaran dan mendengarkan ibu guru menjelaskan di zoom kok susah dipahami ya."

Duh...ini adalah kalimat yang sering diucapkan Aisha sejak menjalani aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui media daring dari rumah sejak tiga semester yang lalu atau kurang lebih satu tahun setengah. Di satu sisi, diberlakukannya PJJ selama pandemi membuat saya lega dan merasa tenang karena anak-anak beraktivitas dan belajar dari rumah serta tidak harus berkerumun di sekolah. Namun di sisi yang lain, selama satu setengah tahun menjalani aktivitas belajar dari rumah membuat saya kewalahan juga untuk mengatur waktu yang proporsional antara mengurus rumah tangga, menemani serta mengawasi anak-anak terutama Aisha sekolah dari rumah, dan bekerja dari rumah.

Yah...selain menjadi ibu rumah tangga, sejak sembilan tahun yang lalu saya juga bekerja dari rumah sebagai penulis freelance di beberapa situs atau website, dan blog pribadi saya. Kondisi ini terkadang membuat saya stres juga, apalagi pernah kejadian saat sedang dikejar deadline pekerjaan bersamaan dengan Aisha dan kakak-kakaknya sedang menjalani PTN atau Penilaian Tengah Semester, bisa dibayangkan betapa stres dan kewalahannya saya. Apalagi selain Aisha, saya juga harus mengawasi dua kakaknya yang juga menjalani aktivitas sekolah dari rumah atau School From Home dengan jenjang pendidikan yang berbeda, yaitu SMK dan SMP.

Jika ditelusuri, sebenarnya apa saja sih faktor yang menyebabkan anak-anak kerap mengalami kesulitan saat sekolah dari rumah atau School From Home, dan sulit untuk mandiri dalam belajar?

Dari pengalaman dan beberapa sumber artikel yang saya baca, setidaknya ada tiga sumber masalah yang membuat anak kerap mengalami kesulitan dan tidak mandiri dalam belajar selama sekolah daring dari rumah, seperti berikut ini.

✅ Dari Sisi Peran Orangtua

Harus diakui, selama PJJ orangtua kerap mengalami kendala dalam menyiapkan fasilitas yang optimal untuk dukung belajar anak melalui media daring, belum lagi banyak orangtua yang belum mengetahui secara terperinci tentang platform yang mendukung PJJ dan beragam cara untuk mengatasinya jika anak-anak mengalami masalah atau Troubleshooting.

✅ Dari Sisi Peran Guru

Selama PJJ, guru dengan segala keterbatasannya seperti halnya orangtua dituntut harus memiliki peran ekstra, tidak hanya dalam hal fungsi dan pola pemberian materi dengan berbagai platform, seperti orangtua harus memiliki kemampuan memahami troubleshooting berkaitan dengan platform yang dipakai. 

Di sisi yang lain, banyak guru yang belum mahir menggunakan beragam platform pembelajaran dan kurang kreatif sehingga anak-anak jenuh saat belajar, dan pembelajaran secara daring dianggap tidak menarik dan kurang menyenangkan membuat anak kesulitan berkonsentrasi dan fokus. Sehingga lagi-lagi, orangtua harus turun tangan menemani dan mengawasi lebih ekstra saat anak-anak sekolah dari rumah.

✅ Dari Sisi Peran Siswa

Lalu, bagaimana dengan peran siswa sendiri agar PJJ bisa berlangsung optimal? Selain keterbatasan memiliki perangkat dan penggunaan teknologi belajar jarak jauh, banyak anak yang karena keterbatasan usia mengalami kesulitan menggunakan platform pembelajaran yang dipakai gurunya sehingga lagi-lagi orangtua harus full 100% menemani saat anak belajar daring. Belum lagi lemahnya motivasi belajar dan rendahnya disiplin dalam belajar membuat anak-anak makin kesulitan saat PJJ. Bisa dipahami jika banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dan belum bisa mandiri dalam belajar saat sekolah dari rumah atau School From Home.

Meskipun masih menyisakan beragam masalah saat anak-anak menjalani aktivitas sekolah dari rumah, terutama kemandirian dalam belajar, diberlakukannya PJJ tetap memiliki banyak dampak positif kok...diantaranya:

  • Orangtua bisa mengenal lebih mendalam kemampuan belajar anak untuk memberikan semakin banyak dukungan saat anak belajar dari rumah.
  • Anak-anak semakin mahir dan kreatif mengerjakan tugas menggunakan perangkat teknologi digital.
  • Karakter anak terutama soft skill makin berkembang, seperti membantu pekerjaan rumah tangga orangtua, bonding antara orangtua dan anak yang makin erat sehingga anak bisa mengasah kemampuan komunikasinya, dan masih banyak lagi.
  • Banyaknya platform dan portal pembelajaran dari rumah yang berkembang pesat, yang pastinya bisa menjadi solusi untuk membantu menciptakan kemandirian anak dalam belajar.
Sebenarnya...apa sih kemandirian dalam belajar? Menurut Tirtarahardja dan Sulo dalam bukunya "Pengantar Pendidikan" menyatakan bahwa kemandirian dalam belajar adalah aktivitas belajar yang berlangsungnya didorong oleh kemauan sendiri, atas pilihan sendiri, memiliki kepercayaan diri, dan bertanggung jawab atas pembelajaran yang dilakukannya. 
Adapun ciri-ciri anak yang telah memiliki kemandirian dalam belajar adalah percaya diri dan memiliki keinginan untuk bersaing dalam belajar demi kebaikan dirinya sendiri, mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi, memiliki rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas-tugas belajar atau dari sekolah, serta bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya.

Tentu saja, bukan hal yang mudah untuk mengasah kemandirian anak dalam belajar, bahkan Aisha dan kakak-kakaknya saja yang sudah menjalani tiga semester sekolah dari rumah kadang-kadang masih belum memiliki kemandirian dalam belajar terutama untuk urusan mengatur waktu belajar yang proporsional dan menentukan prioritas. Bisa ditebak...ada saja tugas yang bahkan sampai menjelang PAT (Penilaian Akhir Semester) belum juga diselesaikan sehingga wali kelasnya harus bolak-balik mengirimkan pesan WA kepada saya...duhhh! 

ruangbelajar layanan belajar online terbaik

Tidak ingin terulang lagi dan belajar dari pengalaman tiga semester lalu, saya sebagai orangtua harus mencari solusi agar anak-anak terutama Aisha yang masuk duduk di kelas 4 SD memiliki kemandirian dalam belajar. Apalagi belajar mandiri saat PJJ di rumah memiliki banyak manfaat untuk mengembangkan karakter baik dalam diri anak dan tentu saja meningkatkan prestasi belajar anak, diantaranya.

1. Tumbuhnya Motivasi dan Rasa Percaya Diri

Salah satu tips agar anak sukses belajar mandiri tentunya memiliki motivasi yang besar untuk belajar dan disiplin. Mengapa? Karena anak-anak diharapkan bisa mengatur waktu belajar sendiri, membuat perencanaan atau jadwal belajar secara mandiri. Untuk itu, anak harus bisa menumbuhkan motivasi belajar dalam dirinya, karena motivasi bisa membuat anak lebih percaya diri dan memiliki keyakinan bisa berprestasi meskipun masih menjalani aktivitas sekolah dari rumah.

2. Lebih Kreatif dan Aktif Dalam Mencari Sumber Belajar

Tidak bisa dipungkiri, PJJ secara perlahan namun pasti memberikan dampak positif dalam perkembangan belajar anak, salah satunya menjadi lebih kreatif dan aktif mencari sumber belajar sendiri ditengah keterbatasan guru untuk menjelaskan secara detil materi pelajaran. Seperti anak-anak saya, termasuk Aisha yang mulai mahir menggunakan tools mencari referensi belajar melalui berbagai situs perpustakaan digital. Namun tentu saja, untuk menumbuhkan kreativitas dan keaktifan anak mencari sumber pembelajaran, dibutuhkan karakter kemandirian dalam belajar.

3. Bisa Mengenali Pola Belajar Diri Sendiri

Tidak mudah bagi anak mengenali pola belajarnya sendiri, jadi dengan memiliki kemandirian dalam belajar, anak mempunyai kesempatan untuk belajar mengenali pola belajar yang tepat untuk dirinya, sehingga bisa membagi waktu belajarnya dengan lebih proporsional dan bisa menentukan skala prioritas.

4. Menjadi Anak yang Bertanggung Jawab

Memiliki rasa tanggung jawab adalah karakter baik yang harus diasah dan dimiliki anak sejak dini, karena karakter inilah yang kelak akan mengantarkan anak ke gerbang kesuksesan. Tapi tentu saja tidak mudah, karena itu kemandirian dalam belajar bisa menjadi cara tepat untuk mengasah rasa tanggung jawab anak. Paling tidak dimulai dari rasa tanggung jawab mengerjakan tugas-tugas serta pekerjaan rumah yang diberikan guru selama PJJ.

5. Bonusnya, Prestasi Akademis Akan Meningkat

Setiap orangtua pasti merasa bangga jika anaknya memiliki prestasi akademis yang baik. Peluang untuk harapan tersebut akan semakin besar jika anak bisa mandiri dalam belajar, karena anak akan bisa belajar dengan baik tanpa harus diawasi atau ditemani orangtuanya. 

Wah...siapa nih yang tidak ingin anaknya memiliki prestasi akademis yang baik? Pastinya semua orangtua menginginkannya. Untuk mencapai tujuan itu, ada syaratnya lho...yaitu kembali lagi ke peran orangtua untuk mendukung anak selama PJJ. Apa saja peran ideal orangtua untuk dukung optimalnya PJJ? Setidaknya ada empat peran orangtua, yaitu sebagai motivator anak, sebagai pengawas belajar anak, sebagai pembimbing, dan tentu saja juga berperan sebagai fasilitator yang harus menyediakan sarana serta prasarana agar anak nyaman saat PJJ.

Berperan sebagai pembimbing, pengawas, dan motivator belajar anak selama PJJ rasanya sudah maksimal saya lakukan, tapi bagaimana yah menciptakan kemandirian anak terutama Aisha dalam belajar? 

Benar...saya harus mengoptimalkan peran saya sebagai fasilitator nih yang tidak hanya membantu anak-anak terutama Aisha mencari referensi belajar yang tepat dan menyediakan perangkat teknologi agar anak-anak nyaman saat PJJ. Namun juga menemukan Aplikasi Belajar Online Terbaik yang tidak hanya membantu meningkatkan prestasi akademis Aisha tapi juga mampu menciptakan karakter kemandirian Aisha dalam belajar...wah dimana yah?

Tenang...untuk Aplikasi Belajar Online terbaik saya sudah memiliki pilihan, yaitu ruangguru, karena kakak sulung Aisha, yaitu Kakak Beril saat di kelas 12 mengikuti bimbingan belajar online di Ruangguru. Kebetulan Kakak Beril yang ketika itu bersekolah di SMK ingin meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Syukurlah...berbekal motivasi dan keinginan belajar yang besar, Kakak Beril bisa masuk PTN lewat jalur SNMPTN di tahun 2021 ini untuk prodi pilihannya Teknik Material di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung.

Berbekal pengalaman Kakak Beril saat persiapan SNMPTN dan SBMPTN, saya mantap nih memilih Layanan Belajar Online Terbaik untuk Aisha, yang tidak hanya membantu meningkatkan prestasi akademis di tahun ajaran baru ini tapi juga menciptakan karakter mandiri dalam belajar, yaitu di ruangbelajar dari ruangguru.

Ingin Anak Mandiri Dalam Belajar? Ruangbelajar Dari Ruangguru, Layanan Belajar Online Terbaik Solusinya

"Sambut Hari Baru Di Tahun Ajaran Baru Dengan Semangat Baru Bersama ruangguru," jadi afirmasi positif saya untuk Aisha dengan harapan di tahun ajaran baru ini meskipun masih PJJ, karakter mandiri Aisha dalam belajar harus semakin berkembang dengan belajar di ruangbelajar, layanan belajar online terbaik dari ruangguru.

ruangbelajar layanan belajar online terbaik

Untuk Tahun Ajaran Baru 2021/2022 ini, akhir Bulan Juni 2021 lalu, saya sudah mendaftar Paket 1 Tahun 2021/2022 Brain Academy Online Regular SD untuk Aisha, dengan harapan tidak hanya prestasi akademisnya yang semakin meningkatkan tapi juga karakter kemandirian Aisha dalam belajar, dengan belajar di ruangbelajar dari ruangguru.

Sebagai orangtua yang memiliki peran sebagai Fasilitator, ruangguru dengan layanan ruangbelajar tidak hanya mampu memutus jarak, ruang, dan waktu selama Aisha menjalani PJJ untuk lebih memahami beragam mata pelajaran, tapi juga meningkatkan prestasi akademis serta membuat Aisha lebih mandiri dalam belajar.

ruangbelajar layanan belajar online terbaik

Apa itu ruangbelajar dari ruangguru?

ruangbelajar dari ruangguru, merupakan layanan atau tempat siswa mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK untuk belajar mandiri secara online melalui misi-misi belajar atau Learning Journey yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan video pembelajaran beranimasi, rangkuman infografis, serta ribuan kuis serta latihan soal untuk setiap sub-topik mata pelajaran. Sstts...ada tambahan fitur keren lho di Ruangbelajar, dimana siswa terutama orangtua bisa memantau perkembangan belajar secara langsung setiap hari melalui rapor di ruangbelajar.

Keunggulan Layanan Belajar Online Terbaik, ruangbelajar dari ruangguru

☑ Belajar Mandiri Dengan Fitur Sangat Lengkap

Bisakah belajar mandiri di ruangbelajar? Bisa sekali, karena ruangbelajar memiliki beragam fitur yang sagat membantu dalam belajar mandiri dari mana saja dan kapan saja, diantaranya ribuan video belajar yang beranimasi, ribuan kuis, ribuan soal latihan, ribuan rangkuman infografis, serta Catatan Sahabat Ruangguru. Asyiknya...siswa dan orangtua bisa memantau perkembangan belajar secara realtime melalui fitur rapor ruangbelajar.

☑ Belajar Mudah Dengan Metode Step-by-Step

Nah...ini lho keunggulan ruangbelajar yang membuatnya berbeda dengan aplikasi belajar lain, adalah siswa ditantang untuk menyelesaikan setiap misi yang disusun secara runut. Ikutan misi ini memudahkan siswa memahami materi pelajaran di sekolah karena metode pembelajarannya yang step by step.

☑ Pastinya Sesuai Dengan Kurikulum Di Sekolah

Siapa nih orangtua yang mengalami kesulitan memahami kurikulum sekolah yang digunakan sekarang? Pastinya saya termasuk salah satunya yang sampai sekarang mengalami kesulitan membimbing Aisha belajar selama PJJ, karena sekolah Aisha menggunakan kurikulum K-13 Revisi Tematik.Aplikasi Belajar Online Terbaik ruangguru adalah solusinya, karena materi ruangbelajar disusun sesuai kurikulum yang dipakai di sekolah, seperti KTSP, K-13, K-13 Revisi, sehingga siswa bisa memahami pelajaran di sekolah. Ini menjadi salah satu alasan kuat yang membuat saya buru-buru mendaftarkan Aisha di ruangguru sebelum tahun ajaran baru di mulai. Bahkan, di ruangbelajar juga tersedia fitur ruangngaji lho...wah makin lengkap saja materi pembelajaran yang bisa diakses di ruangbelajar.

☑ Materi Pelajaran Disusun Oleh Master Teacher Berpengalaman

Orangtua bisa berlega hati nih jika sudah mendaftar di ruangbelajar dari ruangguru, karena semua materi dan konten ruangbelajar disusun oleh Master Teacher yang berpengalaman dalam mengajar, sehingga semua materi yang disampaikan lebih mudah dipahami dan pastinya tidak membosankan.

ruangbelajar layanan belajar online terbaik

Fitur Keren yang Bisa Diakses Di ruangbelajar, Layanan Belajar Online Terbaik ruangguru

Rasanya tidak lengkap kalau hanya mengulas keunggulan ruangbelajar saja, tanpa membahas fitur-fitur keren yang bisa diakses melalui layanan belajar online terbaik, ruangbelajar. Nah...berikut ini fitur-fitur unggul yang bisa diakses anak kapan saja dan di mana saja asalkan sudah berlangganan paker ruangbelajar.

👉 ruangguru Adventure

Di fitur ruangguru Adventure memiliki tiga elemen utama yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang keseruan belajar di Aplikasi ruangguru, diantaranya Progress Level, Daily Engagement, Milestone Capaian.

👉 ruangguru PET

Siapa nih yang mau punya Teman Belajar di ruangguru? Nah...ruangguru memiliki fitur ruangguru PET atau Teman Belajar yang akan selalu setia menemani belajar setiap hari. Ada tiga pilihan karakter Teman Belajar di aplikasi ruangguru yang diadaptasi dari hewan langka yang ada di Indonesia, yaitu Komodo, Burung Cendrawasih, dan Harimau.

Nah...suka karakter Teman Belajar yang mana nih? Kalau Aisha pilih Teman Belajar Burung Cendrawasih yang dipanggil "Candra" tapi sekarang sudah diganti namanya oleh Aisha dengan panggilan "Yellow." Agar Teman Belajar selalu semangat, sehat, dan ceria, ada tiga misi yang harus dilakukan, yaitu Evolusi dengan mengumpulkan 10 elemen agar Teman Belajar bisa berevolusi, Koleksi, dan Belajar sesuai kurikulum yang dipakai di sekolah.

👉 Jadwal Belajar

Nah...bagi orangtua yang ingin anaknya lebih mandiri dalam belajar, ruangguru sudah mempersiapkan Fitur Jadwal Belajar di mana tiap siswa bisa merencanakan kegiatan belajar dengan lebih mudah, bahkan bisa mendapatkan hadiah. Di fitur ini ada dua pilihan untuk merencanakan kegiatan belajar secara mandiri, yaitu:

  • Fitur Instan, di mana siswa yang memilih waktu dan mata pelajaran kemudian ruangguru yang akan membantu menyusun jadwal belajar.
  • Fitur Atur Sendiri, di mana siswa bisa memilih dan mengatur jadwal belajar sesuai kebutuhan.
👉 Bank Soal

Fitur Bank Soal tersedia di aplikasi ruangguru dan bisa diakses melalui halaman utama atau halaman journey ruangbelajar. Siswa yang sudah berlangganan paket ruangguru bisa mendownload semua paket soal sesuai kelas. Bagi siswa yang ingin mengerjakan latihan soal di Bank Soal tersedia pembahasan. Pembahasan akan muncul setelah siswa selesai mengerjakan paket soal.

Selain pembahasan, di fitur Bank Soal juga tertera total soal yang benar dan salah, waktu pengerjaan, rata-rata nilai serta rata-rata waktu pengerjaan dari pengguna aplikasi ruangguru lainnya. Paket soal juga bisa didownload, bisa langsung di print out, atau dipindahkan dalam bentuk PDF ke Flashdisk. Jadi bisa dibuka lagi kapan saja dan dimana saja melalui perangkat digital  lain.

👉 Asah Otak

Untuk yang suka teka-teki, di aplikasi ruangguru sudah tersedia fitur Asah Otak untuk menguji sejauh mana pemahaman siswa dengan menjawab berbagai macam pertanyaan yang telah disiapkan. Nah...berdasarkan hasil jawaban tersebut, siswa akan direkomendasikan video belajar yang materinya masih perlu dipahami lebih lanjut.

Dengan fitur ini, anak-anak atau siswa bisa belajar lebih terarah dan mengetahui dengan cepat serta tepat di mana letak kekurangan yang masih harus ditingkatkan kembali. Kebetulan Aisha sudah mencoba fitur ini untuk mengerjakan soal matematika. Begitu selesai menjawab, Aisha langsung diberikan rekomendasi video untuk lebih memahami materi pelajaran tersebut...keren kan!

👉 Laporan Belajar

Untuk memudahkan siswa dan orangtua memantau pembelajaran di ruangbelajar, terdapat fitur laporan belajar yang memuat aktivitas belajar, yaitu durasi atau lamanya waktu belajar, jumlah video yang telah ditonton, dan latihan soal. Selain itu juga terdapat fitur untuk melihat rata-rata nilai, baik nilai dari latihan Bab maupun nilai Bank Soal.

ruangbelajar layanan belajar online terbaik

👉 Fitur Baru ruangbelajar yang Akan Di Rilis

Nah...selain fitur-fitur ciamik yang sudah dijelaskan di atas, ternyata ruangguru juga akan merilis fitur baru di ruangbelajar. Apa saja fitur baru tersebut? Simak berikut ini ya...
  • Adapto. Fitur baru ini memungkinkan siswa mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video, sehingga membuat pembelajaran jauh lebih interaktif disertai dengan jawaban yang akan mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan kata lain, siswa nantinya benar-benar diarahkan untuk memilih materi belajar sendiri...wah benar-benar siswa harus mandiri dalam belajar nih!
  • Rencana Belajar (Playlist Belajar). Fitur baru ini disematkan untuk memudahkan siswa atau user ketika menonton kembali video pembelajaran atau melihat list materi pembelajaran yang sempat terpotong ketika ada suatu keperluan mendadak. Tujuan fitur baru ini adalah agar siswa lebih disiplin dan bisa membuat rencana pembelajaran sesuai timeline atau agenda di sekolah.
  • Subtitle Video. Fitur baru ini bertujuan membantu siswa memahami konten video pembelajaran lebih detil, tanpa melewatkan poin-poin penjelasan dari tutor di video pembelajaran tersebut. 
  • Fitur Pencarian. Fitur baru ini memungkinkan siswa menemukan materi belajar secara lebih cepat atau mencari materi pembelajaran sesuai kebutuhannya.
  • Pet Mission. Siapa nih yang suka bermain game online terutama game merawat hewan peliharaan? Fitur ini memungkinkan siswa atau pengguna memiliki hewan peliharaan di Aplikasi Ruangguru di mana hewan tersebut bisa berevolusi jika siswa atau pengguna bisa menyelesaikan misi harian, yaitu 4 misi dalam seminggu untuk mendapatkan 1 batu evolusi.
  • Tes Minat Bakat. Fitur ini merupakan tes psikologi dalam bentuk Tes RIASEC, yang bertujuan membantu menemukan karir yang tepat dan sesuai dengan kemampuan dirinya. Dengan fitur tes minat, maka siswa akan dibantu memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan tentu saja bakat dimana tes bakat diukur dari kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif, dan reasoning.
ruangbelajar layanan belajar online terbaik

Wah...dengan begitu banyaknya keunggulan serta fitur ruangbelajar, sangat tepat jika dikatakan ruangbelajar adalah Layanan Belajar Online Terbaik untuk ciptakan kemandirian anak dalam belajar. Mendaftarkan Aisha di Aplikasi Belajar ruangguru, sungguh adalah pilihan yang tepat, karena hingga saat ini saya masih kesulitan untuk membantu Aisha belajar sejak sekolah memakai Kurikulum K-13 Revisi Tematik. 

Khusus untuk Adik-adik yang masih duduk di kelas 1 - 2 SD dan sekolahnya memakai Kurikulum K-13 Revisi Tematik, ada produk terbaru dari ruangbelajar SD, yaitu video pembelajaran animasi Dafa dan Lulu. Dua tokoh animasi ini akan mempermudah siswa kelas 1 dan 2 SD memahami materi belajar untuk pembelajaran tematik. Cocok nih buat orangtua seperti saya yang pusing dengan materi pembelajaran tematik.

Soal harga paket langganan ruangbelajar...jangan khawatir sangat terjangkau, bahkan selalu tersedia promo dan diskon yang bikin hemat anggaran pengeluaran orangtua di masa pandemi. Wah...berlangganan paket belajar online di ruangbelajar banyak bonusnya ya, selain bisa mengakses banyak fitur dan ribuan video pembelajaran, harga paketnya juga sangat terjangkau. 

Selain itu, siswa juga bisa lebih mandiri dalam belajar karena ruangbelajar adalah Layanan Belajar Online Terbaik untuk membantu meningkatkan prestasi akademis siswa dan juga menciptakan karakter mandiri dalam belajar selama PJJ. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera berlangganan paket belajar di ruangbelajar dari ruangguru...Aisha sudah berlangganan lho!

Referensi Artikel:

Website dan Aplikasi Ruangguru

15 komentar

  1. Ruangguru bisa menjadi salah satu solusi pembelajaran online rerbaik. Membantu sekali tentunya, buat anak2 yang masih kebingungan dengan penjelasan guru2 apalagi waktunya juga terbatas. Fitur Ruangguru banyak sekali ya dan materi yang diajarkan juga dipaparkan dengan baik sehingga anak2 mudah memahaminya.

    BalasHapus
  2. Sebenarnya skrng itu murid sekolah bisa jadi lebih canggih dari orang tuanya ya mbak kalau masalah teknologi hanya saja ketika mereka sekolah daring di rumah, rasa ingin diperhatikan orang tua mungkin muncul. Dan kita sebagai ortu harus bisa menyikapinya. Ruanggu belajar ini bisa jadi solusi

    BalasHapus
  3. asik banget di ruang belajar itu lengkap ya mbak elisa, ada mini gamesnya juga biar anak makin betah ya. etapi jangan sampai main gamesny aterus ya.hehe

    BalasHapus
  4. Sangat membantu sekali ya mbak aplikasi ruangbelajar dari ruangguru ini. Apalagi untuk anak2 yang sudah kelas 3 sd sampai SMA , dimana pelajarannya sudah cukup sulit. Membutuhkan pendampingan dan penjelasan yang detil dari orang tua sebagai pendamping dan guru. Cuma ya itu, kendala pjj tidak semua orang tua bisa mendampingi maksimal, karena ada yang bekerja. Seperti anaku yang masih kelas 2, harus didampingi dengan serius, kalau tidak gak jadi belajar dia, tapi malah mainan. Kalau ada aplikasi sebagus ruangguru ini, bisa membantu anak untuk belajar mandiri.

    BalasHapus
  5. Lucu banget ada ruang guru pet ya. Anak-anak jadi berasa ditemeni hewan kesukaannya waktu belajar, bikin makin semangat. Seru-seru..

    BalasHapus
  6. Bila dicemati, belajar daring membuat anak pintar tambah pntar, yang bodoh tambah bodoh, Yang miskin tambah miskin. Miskin apa? miskin akses materi pelajaran kerena terkendala oleh keterbatasan. Terutama bagi kami anak pedesaan. Untungnya, sekarang daerah kami selalu belajar tatap muka. Walaupun tidak sepenuhnya. Selamat malam, ananda Mutia.

    BalasHapus
  7. Lengkap banget ya fiturnya. Kuncinya belajar mandiri, aku jadi ingin nyobain untuk anakku nih. Thanks mbak

    BalasHapus
  8. Makin lengkap aja nih Ruang Guru. Tapi kira-kira, ruang guru bisa ngajarin anak belajar membaca nggih sih, Mbak? wkwkk.. anakku udah kelas 1, tapi kemampuan membacanya masih perlu dilatih dan diajarin tiap hari.

    BalasHapus
  9. Banyak banget ya manfaat RuangBelajar dari RuangGuru ya...
    Di masa pandemi ini, orang tua harus pintar-pintar mencari solusi mengatasi supaya anak engga bosan dan jenuh, belajar secara online.
    Terima kasih reviewnya...

    BalasHapus
  10. Ruangguru memudahkan dan membantu kewarasan orang tua, beneran deh.. bersyukur banget di era spt ini ada bimbel online kalo nggak BDR bisa keteteran banget.

    BalasHapus
  11. Makasih sharingnya mau aku coba terapkan karena anakku itu apa-apa udah bilang gak bisa padahal belum dicoba sendiri.

    BalasHapus
  12. Beneran lucu banget aplikasi ruangguru ini.
    Aku kemarin untuk membantu kakak dan adik belajar lebih intensif, jadi instal ruangguru. Alhamdulillah sangat terbantu sekali dengan video pembelajaran yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  13. Pokoknya Ruangbelajar by Ruangguru ini top banget. Jadi layanan belajar online terbaik, materi yang disampaikan mudah dipahami, bisa belajar via video, Ada latihan soal. Berlangganan Ruangbelajar juga terjangkau banget, lebih murmer dibandingkan bimbel lain di di luaran sana.

    BalasHapus
  14. Sekarang ini memang lebih baik menjadikan anak anak belajar mandiri ya mbak
    dan memang Ruangbelajar by Ruangguru adalah pilihan terbaik ya

    BalasHapus
  15. Membantu banget fiturnya ya bun semangat ananda belajar

    BalasHapus