Ingin Liburan Saat Pandemi, Berikut 4 Tempat Wisata Favorit Di Indonesia

wisata pantai pandawa

Duh...senangnya melihat foto-foto yang dibagikan teman-teman di media sosial saat mengunjungi lokasi wisata Pantai Pandawa di Pulau Bali. Apalagi sejak lama jika memiliki kesempatan untuk berwisata, saya ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata di Pulau Bali. Sayangnya pandemi virus COVID-19 yang sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir membuat banyak orang termasuk saya harus memikirkan kembali keinginan berwisata. 

Namun, seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, beberapa tempat wisata kini telah di buka. Tentu saja, dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat, baik dalam hal jumlah pengunjung ataupun persyaratan untuk mengunjungi lokasi wisata itu sendiri. Berikut ini 4 tips untuk melindungi diri serta mungkin keluarga agar tetap bisa menikmati liburan saat pandemi dan berwisata dengan aman juga nyaman.

  1. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Agar liburan ke tempat wisata menjadi momen yang menyenangkan, apalagi sejak pandemi tidak pernah melakukan aktivitas liburan, untuk itu pastikan tubuh dalam keadaan sehat. Tubuh yang tidak dalam kondisi sehat akan membuat daya tahan menurun, dan menyebabkan penyakit mudah tertular atau masuk dalam tubuh. Untuk alasan itulah, jika berencana untuk melakukan liburan, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan pastikan mengonsumsi makanan sehat serta bernutrisi.
  2. Pilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai. Berkaitan dengan anjuran protokol kesehatan untuk tetap menjaga jarak meskipun di lokasi wisata, karena itu sebaiknya memilih tempat wisata yang besar kemungkinan tidak terlalu ramai atau ada jaminan jumlah pengunjung di batasi. Alternatif lain yang bisa dipilih untuk tempat wisata bisa memilih lokasi di alam terbuka, seperti pantai, pengunungan, atau wisata alam lainnya sehingga protokol kesehatan jaga jarak bisa dilakukan.
  3. Pastikan untuk selalu membawa masker, hand sanitizer, dan peralatan pribadi lainnya. Di mana pun berada, terutama di luar rumah pastikan untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai dan membawa masker serta hand sanitizer jika nantinya tempat cuci tangan sulit untuk diakses. Selalu ingat untuk membawa masker cadangan atau lebih dari satu, karena masker pun ada jangka pakainya. Selain itu, usahakan untuk membawa peralatan pribadi dari rumah demi keamanan, seperti peralatan mandi, handuk, dan perlengkapan lainnya, demi keamanan dan rasa nyaman selama pandemi, apalagi jika berlibur bersama anak-anak.
Nah...berikut ini ada empat tempat wisata yang menjadi favorit banyak orang, yang selain terkenal dengan keindahan alamnya juga akses menuju lokasi wisata tersebut tidak sulit, yaitu:

1. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa termasuk salah satu obyek wisata favorit dan sangat populer di Pulau Bali. Sebelum menjadi tempat wisata, dahulu Pantai Pandawa lebih dikenal dengan nama Secret Beach oleh kalangan wartawan asing. Hal ini karena letaknya memang agak tersembunyi di balik bukit. Tapi sekarang sudah ada akses jalan menuju Pantai Pandawa dengan cara mengeruk bukit.

Apa sih yang menarik dari Pantai Pandawa? Adapun ciri khas dari wisata Pantai Pandawa adalah keberadaan patung pewayangan keluarga Pandawa yang berada pada tebing batu kapur yang akan menyambut para tamu sebelum tiba di Pantai Pandawa. Alasan inilah yang menyebabkan pantai ini disebut dengan Pantai Pandawa.

Selain itu, di Pantai Pandawa pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah berupa hamparan pesisir pasir putih bersih dengan ombak relatif tenang dan airnya yang sangat jernih. Sehingga memungkinan pengunjung bisa berenang, berjemur, atau hanya sekedar bersantai di bibir pantai menggunakan payung sembari menikmati alam laut serta merasakan udara segar khas pantai.

2. Pantai Pasir Putih Karma

Di Bali memang banyak sekali pantai-pantai yang memilki pasir putih, seperti Seminyak, Legian, Kuta, dan lain-lain. Di mana pantai-pantai tersebut selalu dipenuhi oleh para wisatawan, bahkan jelang mulai dibukanya kembali tempat-tempat wisata di Bali, Pantai Pasir Putih Karma menjadi pilihan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berlibur. Nah...bagi yang ingin pergi ke pantai berpasir putih, namun suasananya ingin lebih hening dan tenang karena tidak banyak orang yang berlalu-lalang, maka pantai Pasir Putih Karma ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa melihat pantai yang berpasir putih, disini juga anda bisa melihat air lautnya yang biru dan jernih. Pantai ini berlokasi di dasar tebing dan hanya bisa dilalui dengan menggunakan eskalator. Untuk masuk ke pantai ini, harus membayar sebesar Rp. 350.000,- dan bisa mengunjungi pantai ini mulai pukul 09.30-18.000 WITA.

3. Curug Citambur

Curug atau air terjun Citambur ini sejak dahulu merupakan salah satu lokasi wisata favorit masyarakat di Kota Cianjur dan sekitarnya, dengan keindahan alamnya yang cantik dan mempesona siapa saja yang berkunjung ke curug ini. Curug Citambur ini memiliki keinggian kurang lebih sekitar 100 meter dan banyak memiliki keunikan. Misalnya, debit air Curug Citambur ini sanagt deras dan melimpah, sehingga bisa menimbulkan uap air yang persis seperi kabut di pagi hari yang tentunya bisa memberikan kesejukkan bagi para pengunjungnya. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, maka sebaiknya berkunjung pada musim hujan, karena debit airnya yang sangat deras serta pemandangan alam yang hijau yang bisa menambah keindahan curug ini. Curug Citambur ini berada di Desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Cianjur Selatan.

4. Puncak Argopuro Lasem - Rembang

Nah...lokasi wisata favorit selanjutnya adalah Puncak Argopuro Lasem. Untuk menuju Puncak Argopuro Lasem ini memang tak terlalu tinggi, yaitu di ketinggian 806 mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun untuk menuju ke lokasi wisata ini harus menempuh jalur pendakian yang cukup panjang, sehingga pastikan sebelum menuju lokasi stamina dalam kondisi prima.

Untuk menuju Puncak Argopuro Lasem ini, ada dua jalur pendakian yang bisa di tempuh yaitu melalui Desa Siwalan Sukun, Sedan atau Desa Ngoto, Pancur. Selain itu juga, waktu yang ditempuh menuju puncak ini memerlukan waktu sekitar 2,5 jam. Tetapi, meskipun waktu yang ditempuh menuju kawasan ini bisa terbilang cukup lama dan melelahkan, namun semua kelelahan yang dirasakan akan terbayar begitu sampai di puncak di mana pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mempesona dan membuat siapa saja enggan beranjak dari tempat tersebut.

Selain empat lokasi wisata favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara ini, Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan destinasi wisata alam lainnya yang tidak kalah cantik dan mempesona. Bahkan, beberapa diantaranya nyaris belum pernah dikunjungi wisatawan, padahal potensi untuk menjadi salah satu destinasi wisata favorit sangat besar. Semoga seiring mulai dibukanya kembali berbagai lokasi wisata di seluruh Indonesia, akan semakin banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berwisata, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.

1 komentar

  1. dari semua tempat di atas saya cuma familiar dengan Pantai Pandawa karena pernah nulis juga tentang pantai itu. Semoga saja nanti saya bisa pergi ke salah satu tempat di atas

    BalasHapus