Ingin Sehat Finansial dan Semua Tenang Terlindungi? Ini Triknya

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash
Dampak pandemi terhadap perekonomian tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itu, mengatur ulang perencanaan keuangan keluarga sangatlah penting, terutama untuk para generasi sandwich yang tidak hanya menanggung beban keuangan keluarga, namun juga orang tua yang kini telah lanjut usia.
Banyaknya bisnis yang gulung tikar dan perusahaan yang merumahkan karyawannya, tentu akan berimbas pada kondisi ekonomi seseorang. Beruntung jika masih memiliki pekerjaan. Namun tidak sedikit karyawan yang masih bisa bekerja harus menerima penghasilan yang tidak sebesar biasanya karena perusahaan mengalami kesulitan keuangan. Mau tidak mau, rencana keuangan yang telah disusun sebelumnya harus mengalami penyesuaian, disesuaikan dengan besarnya penghasilan yang diterima saat ini.

Jika masalah keuangan ini tidak juga dicarikan solusinya, maka bisa menimbulkan beragam masalah apalagi untuk generasi sandwich dengan dua beban finansial di pundaknya, yaitu membiayai keluarga dan orang tua, apalagi jika kondisi orang tua sudah sakit-sakitan.

Masalah seputar generasi sandwich ini pernah menjadi topik pembicaraan yang popular di media sosial, terutama di masa pandemi ini karena beban finansial yang ditanggung menjadi bertambah berat. Mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu generasi sandwich? Generasi sandwich adalah generasi yang termasuk dalam kategori usia produktif, yang harus bertanggung jawab untuk generasi di atasnya, dalam hal ini orang tua mereka.

Umumnya generasi sandwich tidak hanya menanggung biaya hidup orang tua, namun juga biaya kesehatan apalagi jika kondisi kesehatan orang tua semakin menurun. Beban finansial ini semakin bertambah karena harus menanggung biaya hidup keluarga terutama anak-anak yang sudah memasuki usia sekolah. Tentu membutuhkan biaya rumah tangga yang tidak sedikit.

Terkadang selain masalah beban finansial, generasi sandwich juga dihadapkan pada masalah menjaga kesehatan diri sendiri secara fisik dan mental, karena harus bekerja keras agar penghasilan yang diperoleh bisa mencukupi biaya pengeluaran keluarga dan orang tua. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi sandwich, terutama saat pandemi untuk menjaga kesehatan keuangan agar tetap stabil di tengah berbagai risiko buruk yang mengancam.

Meskipun tantangan finansial yang dihadapi generasi sandwich saat pandemi sangatlah berat. Terutama dalam membuat perencanaan keuangan agar semua yang menjadi tanggungan terlindungi dan terpenuhi kebutuhannya, namun bukan berarti tidak ada solusinya.

Lakukan Trik Ini Untuk Jaga Kesehatan Keuangan Saat Pandemi

1. Lakukan Evaluasi untuk Sumber Penghasilan Saat Ini

Bagi generasi sandwich yang masih bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan tanpa pemotongan seperti saat sebelum pandemi mungkin merasa tidak perlu repot. Tapi ingat, berbagai kemungkinan bisa saja terjadi mengingat hingga saat ini setelah satu tahun lebih pandemi belum juga berakhir. Bisa dibilang risiko ketidakpastian masih sangat tinggi.

Apapun profesi saat ini, entah itu karyawan, pedagang, atau lain-lain, risiko penurunan penghasilan bisa terjadi kapan saja. Sedangkan sebagai generasi sandwich, beban finansial tidak ada penurunan, apalagi jika orang tua sudah dalam kondisi kesehatan yang makin menurun.

Untuk itu, sebagai antisipasi, ada baiknya mulai melakukan evaluasi dan membuat rencana ulang pos-pos pengeluaran di perencanaan keuangan yang sudah disusun. Buatlah rencana keuangan baru dengan memasukkan pos-pos pengeluaran yang pokok saja dan sisihkan sedikit dana untuk kondisi darurat.

Apalagi di masa pandemi ini, risiko kesehatan yang dialami seluruh anggota keluarga terutama orang tua yang sudah lanjut usia sangatlah tinggi. Agar kesehatan keuangan tetap aman dan stabil untuk jangka panjang terutama saat pandemi, menerapkan gaya hidup hemat jadi solusi terbaik.

2. Mengurangi Pembelian yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Evaluasi kembali pos pengeluaran rumah tangga, terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Terkadang, saat berbelanja kebutuhan rumah tangga ada saja barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan yang ikut terbeli sehingga menambah beban pengeluaran rumah tangga.

Pilihan belanja kebutuhan rumah tangga secara online bisa jadi solusi terbaik. Selain menghindari membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan, juga lebih aman karena bisa dilakukan dari rumah. Apalagi banyak toko online yang memberikan penawaran potongan harga atau diskon untuk produk kebutuhan rumah tangga. Manfaatkan penawaran tersebut agar belanja kebutuhan rumah tangga lebih hemat.

Sistem belanja online ini merupakan trik untuk jaga kesehatan keuangan, selain bisa berhemat juga menjadi cara untuk mengurangi pembelian barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Dari sisi kesehatan, juga lebih aman karena tidak harus keluar rumah dan berada di lokasi yang identik dengan keramaian.

3. Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Generasi sandwich tentu memiliki beban finansial jauh lebih berat karena penghasilan yang didapatkan harus mencukupi kebutuhan dua rumah tangga. Belum lagi risiko ketidakpastian besarnya penghasilan karena banyak perusahaan mengalami kesulitan keuangan yang berimbas pada pemotongan gaji bahkan PHK. Ada baiknya mulai mempertimbangkan mencari sumber penghasilan baru, untuk meminimalisir risiko ketidakpastian ini.

Banyak peluang bisnis yang bermunculan saat pandemi ini yang bisa dijadikan pilihan pekerjaan sampingan. Bisa juga melibatkan keluarga, terutama untuk pasangan untuk pekerjaan sampingan ini, seperti berjualan Frozen Food, aneka camilan, katering makanan sehat, membuka toko online, dan masih banyak lagi.

Namun pastikan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tidak mengganggu kinerja sebagai karyawan. Apalagi saat pandemi beban pekerjaan bisa saja bertambah berat karena perusahaan harus menerapkan efisiensi pengeluaran dengan mengurangi jumlah karyawan. Untuk itu, melibatkan pasangan dan anak-anak yang sudah besar bisa jadi solusi menambah sumber penghasilan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama.

4. Mulai Terapkan Gaya Hidup Frugal Untuk Keluarga

Harus diakui, pandemi telah mengubah banyak hal, termasuk gaya hidup. Masyarakat kini lebih peduli dengan masalah kesehatan di tengah masalah ekonomi yang menuntut perubahan dalam mengelola keuangan. Mulai menerapkan gaya hidup Frugal untuk keluarga menjadi solusi agar kesehatan keuangan tetap terjaga.

Apa itu gaya hidup Frugal? Secara sederhana, Frugal diartikan sebagai gaya hidup hemat, minimalis, dan cermat dalam mengambil keputusan agar tidak ada pengeluaran yang sia-sia. Mulai menerapkan gaya hidup Frugal berarti harus memprioritaskan pada pengeluaran yang sifatnya penting saja dan lebih mengutamakan nilai serta kualitas suatu barang untuk jangka panjang.

Dengan disiplin menerapkan gaya hidup Frugal, maka akan terbiasa membuat skala prioritas dalam mengambil keputusan termasuk saat berbelanja. Sehingga trik untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan mudah dilakukan. Keberhasilan menerapkan gaya hidup Frugal dalam keluarga untuk generasi sandwich tentu sangat membantu mengurangi beban finansial yang ditanggungnya. Mengapa? Karena generasi sandwich juga perlu memperhatikan kesehatan pribadi.

5. Miliki Perlindungan Kesehatan Agar Semua Tenang Terlindungi

Tidak bisa dipungkiri generasi sandwich umumnya sangat memprioritaskan perlindungan kesehatan untuk orangtua yang sudah lanjut usia. Apalagi saat pandemi di mana risiko masalah kesehatan yang dialami orangtua lebih tinggi. Namun harus diingat, masih ada keluarga yang juga harus diberikan perlindungan kesehatan.

Untuk itu, memiliki perlindungan kesehatan untuk orang tua dan keluarga menjadi prioritas penting yang tidak bisa diabaikan. Apalagi kondisi pandemi mengajarkan banyak hal terutama ketidakpastian serta ancaman kesehatan yang nyata dan tidak boleh diremehkan.

Lantas, bagaimana solusinya agar beban finansial untuk masalah kesehatan terutama saat pandemi lebih ringan tanpa harus menguras dompet terlalu dalam untuk membayar biaya perlindungan kesehatan? Miliki Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hosptal Cash, Solusi Agar #SemuaTenangTerlindungi

Untuk generasi sandwich, beban finansial memang bertambah berat terutama saat pandemi. Oleh karena itu, melakukan evaluasi perencanaan keuangan serta melakukan trik-trik khusus menjadi solusi untuk jaga kesehatan keuangan agar tetap stabil. Namun jangan lupa, di samping memikirkan perlindungan finansial dan kesehatan untuk orang tua dan keluarga, generasi sandwich harus memperhatikan kesehatan pribadi terutama kebutuhan perlindungan kesehatan di masa depan.

Mungkin sudah sejak lama dana untuk perlindungan kesehatan orangtua dan keluarga sudah dialokasikan. Namun risiko ketidakpastian tetap ada, di mana mungkin saja terjadi kondisi darurat medis yang melibatkan diri sendiri. Lantas bagaimana nasib orang tua dan keluarga selanjutnya?

Nah…lakukan trik ini, miliki perlindungan kesehatan untuk semua anggota keluarga, termasuk diri sendiri agar #SemuaTenangTerlindungi dengan Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash dari OVO | Proteksi.

Yuk Kenali Dulu Produk Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash dari OVO | Proteksi

OVO | Proteksi bersama Prudential Indonesia menghadirkan produk asuransi jiwa kumpulan syariah, bernama Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash. Produk yang diluncurkan secara resmi pada 28 April 2021 ini merupakan terobosan baru untuk produk asuransi syariah di Indonesia dengan mengintegrasikan e-money dan e-insurance.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital cash adalah produk asuransi jiwa kumpulan syariah yang memiliki manfaat dasar meninggal dunia dan manfaat tambahan santunan rawat inap, perawatan ICU, cacat total akibat kecelakaan, meninggal dunia akibat kecelakaan serta meninggal dunia akibat penyakit menular.

Kalau Mau Mendaftar Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash, Bagaimana Caranya?

Untuk memiliki Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash sangat mudah, namun sebelumnya pastikan sudah memiliki Aplikasi OVO versi terbaru (versi 3.32.1 ke atas). Setelah itu, pastikan memiliki saldo OVO untuk melakukan registrasi asuransi.
Berikut langkah-langkah mendaftar Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash di OVO | Proteksi.

1. Buka Aplikasi OVO dan temukan logo “Proteksi” lalu klik “PRUTect Care – Hospital Cash.”

2. Pilih paket dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada (Satu pengguna OVO dapat memiliki maksimal 1 polis PRUTect Care – Hospital Cash).

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

3. Tersedia 3 pilihan paket, yaitu Silver (Mulai dari Rp. 8.000/bulan); Gold (Mulai dari Rp. 16.000/bulan); Platinum (Mulai dari Rp. 24.000/bulan). Lengkap dengan benefit yang akan didapatkan sesuai pilihan paket.

4. Setelah memilih paket, masuk ke menu pembayaran yang akan dipotong dari saldo OVO Cash. Terdapat 2 pilihan sistem pembayaran, yaitu per bulan dan per tahun. Untuk mempermudah perpanjangan otomatis diakhir periode bisa mengaktifkan fitur “Autodebit.”

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

5. Selanjutnya akan masuk ke Menu Deklarasi Kesehatan berisi poin-poin yang harus dibaca dan disetujui Pemegang Polis.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

6. Masuk ke menu data diri, di mana semua data diri harus dilengkapi dan diisi dengan benar. Pastikan email yang dimasukkan aktif karena sertifikat akan dikirimkan melalui email.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

7. Kemudian masuk ke menu yang memuat ringkasan kepemilikan Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash untuk mengonfirmasi kebenaran data yang sudah diisi.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

8. Setelah membaca syarat dan ketentuan dengan teliti, pastikan mencentang tanda setuju untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

9. Setelah melakukan pembayaran, maka asuransi akan langsung diproses. Dokumen lengkap akan dikirimkan melalui email valid yang telah didaftarkan.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

10. Setelah pendaftaran diverifikasi, ada masa tunggu 30 hari untuk semua penyakit dan 180 hari untuk beberapa penyakit. Tidak ada masa tunggu untuk kecelakaan. Untuk ketentuan lebih lengkap bisa dilihat melalui Sertifikat Asuransi.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

Manfaat Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash Dari OVO | Proteksi

Manfaat Dasar:
  • Manfaat meninggal karena sebab apapun.
Manfaat Tambahan:
  1. Manfaat harian rawat inap.
  2. Manfaat perawatan ICU.
  3. Manfaat cacat total akibat kecelakaan.
  4. Manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan.
  5. Manfaat meninggal dunia akibat penyakit menular.
Keunggulan Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash
  • Asuransi berbasis syariah.
  • Harga terjangkau mulai dari Rp5.000-an/bulan*
  • Manfaat asuransi yang diterima sangat banyak sesuai kebutuhan. Mulai dari santunan rawat inap sampai Rp 300.000 per hari selama 90 hari, manfaat meninggal dunia karena kecelakaan dan penyakit menular sampai Rp 63.000.000 dan sederet manfaat lainnya.
  • Registrasi mudah, cepat, dan secara online melalui Aplikasi OVO.
  • Klaim juga bisa dilakukan online lewat aplikasi Pulse dari Prudential Indonesia.
*Paket Silver PRUTect Care – Hospital Cash 1 tahun.

Hampir dua tahun berlalu, namun pandemi tidak juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Jika ingin sehat finansial dan semua tenang terlindungi, generasi sandwich juga harus memiliki jaring pengaman terutama perlindungan kesehatan agar saat terjadi kondisi darurat medis tidak membebani keuangan keluarga. Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash menjadi solusi generasi sandwich yang ingin memiliki perlindungan kesehatan tanpa harus menguras dompet terlalu dalam dan pastinya semua tenang terlindungi.

Jadi tunggu apa lagi nih, yuk segera download aplikasi OVO di sini, lalu klik fitur OVO | Proteksi, selanjutnya pilih paket Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash sesuai kebutuhan kamu dengan harga terjangkau mulai dari Rp5.000-an/bulan* #SemuaTenangTerlindungi.

25 komentar

  1. Asuransi memang penting ya menurutku, sebagai cara untuk bersiap-siap dari hal-hal yang tak bisa kita prediksi di masa depan.

    Kolaborasi OVO dan Prudential ini cukup menarik, mengajak orang berasuransi dengan mudah dan murah, tapi manfaatnya besar buat si pemilik maupun ahli waris.



    BalasHapus
  2. gaya hidup itu emang pegang peranan penting ke kesehatan finansial ya.. Banyak gaya tanpa penghasilan memadai..ya selesai hehe.. Btw asuransi di aplikasi OVO ini praktis banget ya..preminya terjangkau pula..

    BalasHapus
  3. Dengan memilih Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash udah menjadi solusi ya Mak, agar beban finansial untuk masalah kesehatan terutama saat pandemi lebih ringan, dan ga menguras isi dompet terlalu banyak untuk membayar biaya perlindungan kesehatannya, coz terjangkau banget dan mudah.
    Aku penasaraan sama Proteksi ini, mau kepoin dulu.

    BalasHapus
  4. Memiliki asuransi kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Kalo PRU kolaborasi dgn OVO pasti hasilnya asuransi yg mantab jiwa.
    Keren banget!

    BalasHapus
  5. Pandemi ini ya, banyak banget ngasih pelajaran ke kita. Terutama dalam hal mengatur keuangan. Gak bisa lagi semberandal kayak biasanya. Kudu mulai kenceng deh iket pinggangnya. Dan iya, proteksi ini perlu banget. Untuk pegangan jika terjadi apa2. Toh sekarang ada y praktis, preminya terjangkau, bisa online, dan syariah pula. Ya kayak Asuransi Syariah PRUTect Care ini ya.

    BalasHapus
  6. Itu yang harus kita pikirakan mulai sekarang, agar kita kelak ga menjadi beban anak, sehingga generasi sandwich berulang.
    Alhamdulillah baik ortu maupun mertua ku pensiunan guru jadi untuk biaya keseharian bisa dibilang cukup karena di kampung. Jadi kami anak-anak tinggal membantu kebutuhan lainnya dan bukan "menanggung" pengeluarannya.
    Setuju jika memiliki perlindungan kesehatan untuk semua anggota keluarga, termasuk diri sendiri agar #SemuaTenangTerlindungi penting sekali. Diantaranya dengan punya Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash dari OVO | Proteksi ini

    BalasHapus
  7. Sekarang jadi semakin berpikir ya kalau mau mengeluarkan uang. Harus semakin bisa memisahkan mana kebutuhan dan keinginan. Asuransi memang sebaiknya udah jadi kebutuhan. Kolaborasi yang bagus antara OVO dan Prudential

    BalasHapus
  8. Ya, gaya hidup yang dibutuhkan saat ini adalah yang minimalis dan sungguh-sungguh diputuskan berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan semata.
    Seperti menetapkan proteksi untuk masa depan bersama Asuransi Syariah PRUTect Care.
    Nyaman dan mudah sekali caranya.

    BalasHapus
  9. Produk OVO Proteksi ini baru diluncurkan secara resmi pada 28 April 2021 ini merupakan terobosan baru untuk produk asuransi syariah di Indonesia dengan mengintegrasikan e-money dan e-insurance.

    BalasHapus
  10. Mudah banget ya caranya tinggal bayar via Ovo dan nominalnya juga terjangkau banget. Memang saat ini penting banget punya asuransi kesehatan, apalagi ini yang berbasis syariah. Jadi Aman lah ya

    BalasHapus
  11. semudah itu yaa punya asuransi syariah. udah gitu pembayarannya juga via OVO gampang banget yaa..

    BalasHapus
  12. Di awal pandemi bersyukur udah siapkan dana darurat walau belum ideal. Makin kesini, makin darurat, hahah ... ya alhamdulillah masih ada penghasilan. Pengeluaran juga bisa dibilang makin hemat karena jarang keluar rumah. Stay healthy, Mbak Elisa!

    BalasHapus
  13. Aku nih yang mash kadang tergoda beli ini dan itu, terutama buku mba El hehehe
    soalnya suka baca sih, terus langganan aplikasi online streaming pula tapi sejauh ini masih hiburan sih

    BalasHapus
  14. Saat ini, memiliki proteksi kesehatan adalah hal yang sangat penting
    Senang jika ada proteksi yg lengkap dan terjangkau seperti OVO PROTEKSI ini

    BalasHapus
  15. Setuju banget dengan gaya hidup frugal ini. Segala pengeluaran yang ga penting sebaiknya memang tidak menjadi prioritas di masa sulit begini.

    Gampang banget nih apply asuransi pake OVO ya mba. Hampir semua orang kan pake dompet digital saat ini, jadi ga ada kesulitan deh.

    BalasHapus
  16. Duet maut OVO dan Prudential bikin gebrakan di dunia proteksi kesehatan ya mam. Sudah proses daftarnya gampang banget, eh, ditambah biaya premi yang sangat terjangkau. Kupokir, kita wajib banget punya produk ini.

    BalasHapus
  17. Untuk urusan menghemat ngerem belanja ini itu sih aku bisa, tapi kalau jajan makanan agak susah. Duh gimana nih, Mak? hihihi
    Btw ini bayarnya beneran 5.000/bulan? Bukan perhari kan? Manfaatnya dapat banyak banget ya. Ini mah bisa daftarin seisi rumah biar terproteksi semua, Mak. Keren banget sih asuransi Prutect Syariah ini

    BalasHapus
  18. Berat banget beban generasi sandwich ini, moga2 dengan ovo proteksi bisa meringankan bebannya

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah sebagai blogger kita sudah bisa mendapat penghasilan sampingan ya Mak jadi bisa membantu perekonomian keluarga.

    BalasHapus
  20. Menarik sekali ini, bisa dimulai dari harga 5000, mana ada premi segitu yah. keren deh OVO gak membebani, kayak beli boba aja nih

    BalasHapus
  21. Banyak ya manfaat bagi nasabah auransi prutech OVO ini yaa, preminya juga terjangkau oleh segala lapisan masyarakat. insyaAllah jika amanah bisa mengkaver biaya kesehatan setiap orang ya mbak.

    BalasHapus
  22. Kadang kita lupa sama kesehatan diri sendiri ketika fokus mengurus orang lain. Banyak manfaat dari asuransi, istilahnya untuk jaga jaga gitu. Baru tau OVO ada produk asuransinya

    BalasHapus
  23. Saya ambil yang Gold
    Biar lebih terasa Proteksi yang diberikan nantinya
    Namun, apapun itu menyiapkan paying sebelum hujan itu lebih baik daripada mencegah

    BalasHapus
  24. Kalau aku pakai yang Gold, Mbak
    Bagi saya lebih baik mencegah dengan mempersiapkan diri dari sekarang
    Salah satunya dengan OVO | Proteksi ini

    BalasHapus
  25. Sekarang memang sebaiknya dipangkas pengeluaran ga penting apalagi kondisi pandemi perputaran ekonomi juga semakin sulit. Prioritaskan yang penting dulu

    BalasHapus